Home » Islami » Bacaan Al Fatihah Lengkap Ayat 1-7 (Arab, Latin dan Terjemahan)

Bacaan Al Fatihah Lengkap Ayat 1-7 (Arab, Latin dan Terjemahan)

Iuwashplusorid Salah satu rukun sholat yang harus dipenuhi adalah membaca QS Al Fatihah. Bahkan sholat yang didalamnya tidak ada bacaan tersebut maka dianggap sebagai sholat yang tidak sah. Surat ini merupakan pembuka dalam kitab suci Al Qur’an dan sebut Ummul Kitab atau induk Al Qur’an.

Sebagai induknya Al Qur’an, tentu ada banyak keutamaan yang terkandung di dalamnya. Bahkan surat pembuka ini oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam disebut sebagai surat yang paling agung di dalam kitab suci Al Qur’an. Karena menjadi surat yang sering dibaca berulang di dalam sholat.

Pengertian Surah Al Fatihah

Pengertian Surah Al Fatihah

Di dalam Bahasa Arab, artinya adalah pembukaan. Karena sebelum surat yang lainnya, maka dibuka dulu dengan bacaan Fatihah. Banyak ulama yang menyatakan bahwa surat tersebut merupakan ringkasan dari seluruh kandungan isi Al Qur’an.

Surat yang diturunkan di Makkah ini terdiri dari 7 ayat. Pada 3 ayat pertama isinya berupa pujian kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sedangkan pada 3 ayat berikutnya berupa doa dan permohonan manusia agar diberikan pertolongan dan petunjuk yang lurus.

Nama Lain Surah Al Fatihah

Nama Lain Surah Al Fatihah

Sebagai surat yang paling agung, surat pembuka dalam Al Qur’an ini memiliki beberapa nama. Setidaknya ada beberapa nama yang disandang surat tersebut.

Nama-nama yang dimaksud akan dijelaskan melalui tabel di bawah ini agar lebih mudah dipahami.

Nama lainArtinya
Ummul KitabInduk Kitabullah
Ummul Qur’anInduk Al Qur’an
Al MatsaniBerulang-ulang
Al SalahShalat, doa
Al Qur’anul ‘AzhimAl Qur’an yang agung
Al AsasFondasi
Ar RuqyahRuqyah
Al WafiyahYang menyeluruh
Al KafiyahYang sempurna

Dari beberapa nama yang disandang tersebut, dapat diketahui bahwa kandungan dari bacaan Fatihah mencakup ajaran tauhid, janji Allah, keimanan serta kabar gembira bagi hamba yang beriman.

Itulah mengapa surat tersebut menjadi salah satu surat yang agung dan paling utama di dalam Al Qur’an.

Keistimewaan Surat Al Fatihah

Keistimewaan Surat Al Fatihah

Sebagai surat pembuka dalam kitab suci Al Qur’an, tentunya ada banyak keistimewaan yang dimiliki oleh surat ini.

Adapun keistimewaan dari surat yang dikenal dengan ummul kitab ini antara lain adalah:

1. Merupakan Ummul Kitab

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, surat pembuka dalam Al Qur’an ini merupakan Ummul Kitab atau induk Kitabullah serta Ummul Qur’an atau induk Al Qur’an. Mengapa bisa disebut sebagai induk Al Qur’an?

Baca Juga  Doa Qunut Subuh Arab dan Latin Beserta Arti dan Manfaatnya

Karena surat ini mengandung dasar seluruh nasihat, kisah, hukum serta surah-surah yang lain sehingga semua akan kembali kepada Al Fatihah. Bahkan surat ini tidak terdapat di dalam kitab lain yang diturunkan sebelum Al Qur’an. Inilah yang menjadi salah satu keistimewaannya.

2. Menjadi Salah Satu Rukun Sholat

Salah satu keistimewaan dari ummul kitab ini adalah menjadi rukun sholat sehingga hukumnya wajib dibaca dalam setiap sholat, baik sholat fardhu maupun sholat sunnah. Hal ini juga berkaitan dengan penyebutannya sebagai Ummul Kitab.

Karena dalam penulisan Al Qur’an dimulai dengan surat tersebut dan bacaan Al Qur’an di dalam ibadah sholat juga dimulai dengan surat tersebut. Dengan demikian, sholat yang dilakukan tanpa bacaan Fatihah maka dianggap tidak sah.

Meski begitu, bagi mereka yang belum hafal dengan surat tersebut maka diperbolehkan untuk menggantinya dengan membaca tasbih, tahmid maupun tahlil.

3. Dibaca Secara Berulang

Di dalam QS Al Hijr ayat 87, Allah SWT telah berfirman:

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَٰكَ سَبْعًا مِّنَ ٱلْمَثَانِى وَٱلْقُرْءَانَ ٱلْعَظِيمَ

Wa laqad ātaināka sab’am minal-maṡānī wal-qur`ānal-‘aẓīm

Artinya:

Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al Quran yang agung.

Banyak ulama yang sepakat bahwa surat pembuka Al Qur’an ini tidak ditemukan di Taurat, Zabur maupun Injil. Selain itu, surat ini disebut sebagai As Sab’ul Matsani yang artinya adalah 7 ayat yang selalu berulang. Hal ini karena surat tersebut wajib dibaca dalam setiap sholat.

4. Pernyataan Keimanan Seorang Hamba Kepada Allah

Keistimewaan Al Fatihah berikutnya adalah sebagai pernyataan keimanan dari seorang hamba kepada Allah SWT. Membaca surat tersebut menjadi bagian dari habluminallah karena memungkinkan seorang hamba untuk terhubung dan berkomunikasi dengan Allah SWT.

Selain itu, Allah akan memberikan apa yang diminta oleh hamba-Nya seperti yang terdapat pada isi surat tersebut. Sebagaimana ketika imam sholat membaca bagian akhir dari surat tersebut dan kemudian dijawab dengan Aamiin, maka Allah akan mengabulkannya.

5. Mencakup 3 Macam Tauhid

Selain disebut dengan As Sab’ul Matsani, surat ini juga disebut Al Qur’an Al Azhim yang artinya adalah Al Qur’an yang terbesar. Makna dari nama tersebut adalah bahwa bacaannya menjadi salah satu bentuk pemantapan tauhid, seperti yang terdapat pada ayat pertama.

Setidaknya ada 3 jenis tauhid yang terkandung dalam bacaan Al Fatihah. Yaitu Tauhid Rububiyyah pada bacaan Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin, Tauhid Uluhiyyah pada bacaan Iyya kana’ budu wa iyya kanasta’in, serta Tauhid Asma’ dan Sifat pada bacaan Arrahmanirrahim.

Selain itu, kandungan di dalam surat tersebut juga mencakup janji dan ancaman, perintah serta larangan, jalan kebahagiaan dan cara melaluinya, juga kisah manusia yang dimurkai Allah karena melanggar hukum dan ketetapan-Nya.

6. Bisa Menjadi Obat Hati dan Badan

Dijelaskan oleh Ibnu Qoyyim rahimahullah, bahwa surat pembuka yang menjadi induk Al Qur’an tersebut merupakan obat hati dan obat badan. Karena pada dasarnya penyakit hati dibedakan menjadi dua, yaitu rusaknya ilmu dan rusaknya kehendak atau niat.

Baca Juga  Niat Sholat Jumat Imam & Makmum Arab Latin Beserta Caranya yang Benar

Kedua penyakit hati tersebut akan menimbulkan dua bahaya, yaitu berupa kesesatan akibat rusaknya ilmu, serta bahaya kedua berupa murka Allah akibat rusaknya kehendak atau niat. Bacaan Fatihah bisa menjadi obat hati agar terhindar dari kesesatan dan murka Allah SWT.

Bacaan tersebut juga bisa menjadi obat badan seperti yang sudah dibuktikan oleh banyak orang yang bisa sembuh dari sakitnya melalui surat tersebut atas izin Allah SWT.

Manfaat Surat Al Fatihah

Manfaat Surat Al Fatihah

Selain memiliki banyak keistimewaan, Ummul Kitab ini juga memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Sebagai umat muslim, tentunya perlu untuk mengetahuinya. Adapun manfaat dari membaca surat yang menjadi pembuka Al Qur’an tersebut antara lain adalah:

1. Mendapatkan Pahala

Surat terbaik yang menjadi induk Al Qur’an ini akan mendatangkan pahala bagi siapa saja yang mengamalkannya secara rutin. Seperti yang diketahui, bagi umat muslim yang membaca ayat Al Qur’an maka baginya ada pahala.

Bahkan dalam sebuah hadits disebutkan bahwa siapa yang membaca satu huruf di dalam Al Qur’an maka baginya satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan tersebut akan mendapatkan balasan 10 kalinya. Termasuk ketika membaca Ummul Kitab yang terdapat di dalam Al Qur’an.

Bahkan pahala membaca surat tersebut seperti pahala membaca sepertiga Al Qur’an. Hal ini berkaitan erat dengan kandungan isi di dalam Ummul Kitab yang memang merangkum semua ayat di dalam Al Qur’an.

2. Dikabulkannya Doa

Salah satu manfaat membaca Ummul Kitab adalah dikabulkannya doa. Karena surat tersebut bisa menjadi perantara agar doa dan keinginannya terkabul. Adapun cara mengamalkannya adalah dengan membaca surat tersebut sebanyak 7 kali.

Kemudian bisa dilanjutkan dengan membaca sholawat Nabi sebanyak 100 kali dan QS Al Insyirah 70 kali. Hal ini seperti yang terdapat dalam buku Mukjizat Surah-Surah Al Qur’an yang dijelaskan oleh Haidar Ahmad Al A’raji.

3. Menyembuhkan Penyakit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu keistimewaan doa Al Fatihah adalah bisa menjadi obat bagi hati dan badan. Artinya, surat tersebut bisa menyembuhkan penyakit. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam Intisari Kitab Mujarobat karya Mohammad Ulin Nuha.

Adapun cara mengamalkannya adalah dengan membaca surat tersebut sebanyak 1 kali atau 7 kali. Kemudian dilanjutkan dengan melafalkan bacaan doa memohon kesembuhan seperti yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadits shahih.

Dalam hal menyembuhkan penyakit ini, seseorang bisa mengamalkan bacaan tersebut untuk menyembuhkan dirinya sendiri maupun sebagai sarana untuk menyembuhkan orang lain. Cara mengamalkannya bisa dengan membacanya dan ditiupkan ke dalam air kemudian diminum.

4. Mendapatkan Ilmu dan Hikmah

Manfaat lain membaca Al Fatihah adalah mendapatkan ilmu dan hikmah. Dengan melafalkan bacaan Fatihah dalam keadaan suci secara rutin, maka hal itu akan membuat seseorang terbebas dari pikiran yang buruk dan senantiasa terdorong untuk melakukan kebaikan.

Baca Juga  Niat Puasa Ramadhan Dan Waktu Untuk Berniat yang Tepat

Bahkan surat tersebut bisa dibacakan untuk orang lain, seperti suami, istri, anak, kedua orang tua, saudara dan siapapun yang diinginkan. Agar orang yang dibacakan surat tersebut dilembutkan hatinya sehingga menjadi pribadi yang lebih baik atas izin Allah SWT.

Selain itu, dengan mengamalkan bacaan Fatihah secara rutin, maka hal ini akan membuat daya ingat semakin kuat sehingga tidak mudah lupa. Tentunya manfaat ini sangat luar biasa, karena bisa memudahkan umat muslim dalam menghafal ayat Al Qur’an.

5. Dinaikkan Derajatnya

Membaca Al Fatihah juga akan memberikan manfaat baik berupa dinaikkan derajatnya sehingga semakin dekat dan dicintai oleh Allah SWT. Bahkan bacaan tersebut juga bisa bermanfaat untuk menjauhkan seseorang dari kemiskinan.

Adapun cara mengamalkannya adalah dengan membaca surat Ummul Kitab sebanyak 41 kali setelah sholat sunnah qobliyah subuh dan sholat subuh. Kemudian bacaan Fatihah diikuti doa yang memohon perlindungan dari rasa malas, kekikiran, hutang serta tekanan orang lain.

Bacaan tersebut jika diamalkan secara rutin juga akan menjadi pembuka pintu rezeki sehingga mendapatkan kelimpahan rezeki yang berkah dari Allah. Namun tentu saja harus dibarengi dengan ikhtiar yang sungguh-sungguh, bukan hanya berpangku tangan dan berdoa saja.

6. Dimudahkan Semua Urusannya

Manfaat lainnya yang akan didapatkan dengan mengamalkan bacaan Ummul Kitab adalah dimudahkan semua urusannya, termasuk dalam hal rezeki. Bahkan dengan amalan tersebut, hati akan lebih bersih dan wajah tampak bercahaya.

Adapun cara mengamalkannya adalah dengan membaca Ummul Kitab sebanyak 100 kali. Yaitu bisa dengan membacanya setiap selesai sholat fardhu sebanyak masing-masing 20 kali, sehingga dalam sehari bisa membaca 100 kali. Tentunya harus rutin, istiqomah dan yakin.

Tulisan Arab Surah Al Fatihah, Latin dan Artinya

Tulisan Arab Surah Al Fatihah, Latin dan Artinya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, membaca Ummul Kitab menjadi salah satu rukun sholat sehingga hukumnya wajib dan tidak boleh ditinggalkan. Oleh karena itu, setiap umat muslim perlu mengetahui dan memahami bagaimana bacaan surat tersebut secara benar. Seperti berikut ini.

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Bismillāhir-raḥmānir-raḥīm

1. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Alḥamdulillāhi rabbil-‘ālamīn

2. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Ar-raḥmānir-raḥīm

3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

مَٰلِكِ يَوْمِ ٱلدِّينِ

Māliki yaumid-dīn

4. Yang menguasai di Hari Pembalasan.

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

Iyyāka na’budu wa iyyāka nasta’īn

5. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.

ٱهْدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلْمُسْتَقِيمَ

Ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm

6. Tunjukilah kami jalan yang lurus,

صِرَٰطَ ٱلَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ

Sirāṭallażīna an’amta ‘alaihim gairil-magḍụbi ‘alaihim wa laḍ-ḍāllīn

7. (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Al Fatihah merupakan induk dari Al Qur’an sehingga memiliki banyak keistimewaan. Salah satunya adalah menjadi rukun sholat yang menjadikannya sebagai bacaan wajib dalam setiap sholat, baik sholat fardhu maupun sholat sunnah. Jika sholat tidak ada bacaan tersebut maka dianggap tidak sah.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status