Home » Tutorial » Cara Menghilangkan Iklan Di Android Yang Terus Muncul

Cara Menghilangkan Iklan Di Android Yang Terus Muncul

JAKARTA – Apabila ponsel Android kalian terus menampilkan iklan: pada layar kunci, di area notifikasi, atau bahkan langsung di homescreen (desktop) dan kalian ingin menghilangkannya, kami akan menjelaskan secara detil dalam panduan berikut.

Iklan pop-up pada Android bisa disebabkan oleh aplikasi yang sering digunakan dan sejatinya tidak harmful, serta beberapa program yang mungkin tidak diinginkan dan sulit untuk dideteksi serta diidentifikasi dengan akurat, sehingga mengakibatkan kemunculan iklan. Semua opsi akan dibahas secara berurutan. Contoh jalur bisa ditemukan pada pengaturan Android pure dan smartphone Samsung.

Dengan mengikuti panduan dibawah ini, kita dapat mengurangi atau menghilangkan iklan yang mengganggu pada perangkat Android kita. Selalu berhati-hati saat mengunduh aplikasi dan mengizinkan izin, serta jangan ragu untuk mengambil tindakan jika kalian merasa perangkat kalian terinfeksi oleh adware atau malware. yuk simak panduanya baik-baik!

Cara Menghilangkan Iklan Di Layar Kunci & Di Area Notifikasi Android Dari Situs Web

Iklan Di Layar Kunci & Di Area Notifikasi Android Dari Situs Web

Bagian awal membahas situasi yang cukup simpel, tetapi beberapa pengguna Android yang kurang berpengalaman mungkin belum mengetahuinya. Hal ini akan berfungsi apabila kalian melihat ad pop-up pada layar kunci serta area notifikasi, yang secara kasar sesuai dengan screenshot berikut (umumnya dengan browser dan alamat website).

Alasan di balik iklan tersebut adalah subscription notifikasi dari beragam website ketika tombol “Allow” diklik pada browser. Bagi banyak website, ini merupakan metode untuk mendapatkan revenue, dan melalui push notification, iklan dikirim ke kalian. Sangat gampang untuk menghilangkannya:

  1. Akses notification settings pada browser kalian. Misalnya, di Google Chrome.
  2. Klik menu button – Settings – Site Settings – “Notifications”.
  3. Pada list, kalian akan melihat daftar website yang bisa mengirim notifikasi kepada kalian. Di antara itu, ada yang menampilkan iklan.
  4. Klik pada website tersebut dan klik “Remove and Reset” (di Chrome, kalian juga bisa disable notifikasi, namun lebih baik menghapus pengaturannya dan tidak lagi mengizinkan push notification dari situs ini).

Setelah langkah tersebut, notifikasi ini tidak akan muncul lagi. Kecuali jika kalian telah menambahkan beberapa website ke homescreen kalian (kalian mungkin telah melihat suggestion untuk menambahkannya ke homescreen kalian di bagian akhir beberapa website). Dalam kasus ini, hapus website tersebut sebagai aplikasi regular.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kita bisa mengurangi kemunculan iklan yang mengganggu pada perangkat Android kita. Selalu berhati-hati saat mengizinkan notifikasi dari website yang tidak dikenal, dan jangan ragu untuk menghapus notifikasi yang tidak diinginkan. Dengan menjaga kebersihan notifikasi, kalian akan mendapatkan pengalaman browsing yang lebih enjoyable dan less cluttered.

Baca Juga: Browser Anti Blokir Iklan Dan Internet Positif Untuk Android Dan PC

Mengapa Iklan Selalu Muncul Di Layar Awal, Aplikasi, Dan Layar Kunci Android?

Pernahkah kalian mengalami iklan yang terus muncul di homescreen, aplikasi, dan layar kunci perangkat Android kalian? Fenomena ini tentu sangat mengganggu dan mengurangi kenyamanan saat menggunakan smartphone. Berikut adalah beberapa alasan mengapa iklan sering muncul di berbagai bagian perangkat Android kalian:

Baca Juga  5 Aplikasi Edit Video Gratis Untuk Pemula: Mudah & Berkualitas

1. Aplikasi dengan iklan bawaan

Beberapa aplikasi gratis yang kita unduh dari Google Play Store memiliki iklan bawaan. Pengembang memperoleh pendapatan dari iklan ini untuk mendukung pengembangan dan pemeliharaan aplikasi. Sebagai konsekuensinya, iklan akan muncul di dalam aplikasi atau bahkan di layar kunci dan homescreen.

2. Adware atau malware

Adware adalah jenis perangkat lunak yang secara otomatis menampilkan atau mengunduh iklan ketika kita menggunakan aplikasi atau menjelajah internet. Malware, di sisi lain, adalah perangkat lunak jahat yang dapat menyebabkan masalah keamanan dan kinerja pada perangkat kita. Kedua jenis perangkat lunak ini bisa menyebabkan iklan yang tidak diinginkan muncul di perangkat Android.

3. Pemberitahuan dari situs web

Beberapa situs web meminta izin untuk mengirimkan pemberitahuan, yang bisa berupa iklan atau promosi. Jika kita mengizinkan, pemberitahuan ini akan muncul di area notifikasi dan bisa juga muncul di layar kunci.

4. Perangkat terinfeksi

Jika perangkat kita terinfeksi oleh virus atau malware, iklan yang tidak diinginkan bisa muncul di berbagai bagian perangkat, termasuk layar kunci, aplikasi, dan homescreen.

Cara Mengetahui Aplikasi Mana yang Menampilkan Iklan di Android, dan Cara Menghapusnya

Ada beragam aplikasi di Play Store yang bisa membantu kalian mengungkap cara menampilkan ad pop-up pada smartphone Android kalian. Mereka beroperasi berdasarkan prinsip yang berbeda, dan menggunakan satu aplikasi saja tidak selalu memberikan informasi yang dibutuhkan.

Kami merekomendasikan menggunakan dua aplikasi berikut secara bersamaan (keduanya tersedia di Play Store):

1. Uninstaller – Uninstall app

1. Uninstaller - Uninstall app

Aplikasi ini memang bukan aplikasi terkini, tetapi bisa berfungsi dengan baik pada versi Android terbaru. Setelah dijalankan, aplikasi ini akan menampilkan list dari semua aplikasi yang terinstal, dengan aplikasi terbaru berada di posisi teratas.

Jika kalian melihat aplikasi yang tidak pernah kalian instal (terkadang tersembunyi di bawah kategori sistem dan memiliki icon “bersama Android”), maka ada kemungkinan kalian telah mengaktifkan instalasi dari unknown sources dan aplikasi lain (yang kalian instal sendiri) telah mendownload serta menginstal aplikasi tambahan yang menampilkan ad. Apabila masalah iklan muncul baru-baru ini, kalian bisa mencoba menghapus semua aplikasi terbaru tersebut.

Sebagai langkah pencegahan dan penyelesaian, berikut beberapa tips yang dapat kalian terapkan:

  1. Matikan opsi “Unknown Sources”.
  2. Periksa izin aplikasi.
  3. Gunakan aplikasi keamanan terpercaya.
  4. Rutin memeriksa daftar aplikasi terinsta.

Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan dan penyelesaian ini, kalian dapat mengurangi risiko iklan mengganggu dan menjaga perangkat Android kalian tetap aman dari aplikasi yang tidak diinginkan.

2. Malwarebytes: App Antivirus

2. Malwarebytes: App Antivirus

Apabila pencarian manual tidak memberikan hasil, cobalah untuk melakukan scanning menggunakan Malwarebytes Anti-Malware untuk Android, yang secara khusus ditujukan untuk mengatasi jenis infeksi seperti ini.

Baca Juga  5 Aplikasi Translate Offline Terbaik Android, IOS, Dekstop

Setelah selesai menggunakannya, terlepas dari hasilnya, kami menyarankan untuk menghapus semua aplikasi yang direkomendasikan sebelumnya: tidak perlu menyimpannya secara permanen di smartphone (karena hal ini bisa membuang-buang resources dan memberatkan perangkat secara tidak perlu) hanya untuk menangani masalah spesifik.

Selain itu, kami juga menyarankan untuk menonaktifkan opsi instalasi aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Berikut beberapa langkah tambahan yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan keamanan perangkat Android kalian:

  1. Perbarui sistem operasi.
  2. Hati-hati saat mengunduh aplikasi.
  3. Pertimbangkan untuk menggunakan VPN.
  4. Aktifkan fitur keamanan tambahan.

Dengan mengikuti saran-saran ini, kalian akan meningkatkan keamanan perangkat Android dan mengurangi risiko iklan yang mengganggu serta ancaman keamanan lainnya.

Periksa Izin Aplikasi Di Pengaturan

Periksa Izin Aplikasi Di Pengaturan

Apabila hingga saat ini belum ada solusi yang berhasil atau kalian merasa bahwa aplikasi sebelumnya telah mengatasi masalahnya, berikut beberapa hal yang perlu kalian perhatikan: Banyak aplikasi yang berguna dapat menyebabkan munculnya iklan secara terus-menerus di smartphone Android kalian, terutama jika kalian memberikan izin. Fakta bahwa kalian terbiasa menggunakan aplikasi ini dan penilaian hampir seluruhnya positif tidak menjamin bahwa aplikasi tersebut sepenuhnya aman.

Sebelumnya, telah disebutkan bahwa aplikasi seperti pengait, keamanan, pemilih nomor dan panggilan, pemblokir, beberapa aplikasi pembersih, dan “battery saver” bisa jadi penyebabnya, tetapi bukan berarti daftar tersebut lengkap. Misalnya, ada aplikasi pemindai kode QR, kamera, dan keyboard pihak ketiga yang juga memerlukan izin yang tidak diperlukan dan menampilkan iklan.

Berikut langkah-langkah yang perlu kalian lakukan. Lihat pada pengaturan izin khusus di smartphone Android kalian. Pada versi dan model yang berbeda, pengaturan ini berada di tempat yang berbeda. Berikut ini contohnya untuk Android 7 murni, Android 9, dan Samsung Galaxy:

Overlay (menampilkan di atas jendela lain, “always on top”): Jika aplikasi memiliki izin ini, maka ia dapat menampilkan apapun di mana saja pada smartphone. Kalian dapat melihat daftar aplikasi yang memiliki izin ini:

  1. Di Android 7 – Pengaturan – Aplikasi – Tombol menu di sudut kanan atas – Konfigurasi aplikasi – Overlay di atas jendela lain.
  2. Di Android 9 – Pengaturan – Aplikasi dan notifikasi – Lanjutan – Akses istimewa – Overlay aplikasi lain.
  3. Di Samsung Galaxy – Pengaturan – Aplikasi – Tombol menu di sudut kanan atas – Hak istimewa akses – Always on top.

Apabila tidak ada aplikasi bawaan yang terdaftar dalam daftar aplikasi kalian yang perlu menampilkan sesuatu di layar awal atau layar kunci, kalian dapat mencabut izin ini untuk aplikasi tersebut.

Device Administrator adalah aplikasi dengan akses istimewa ke Android yang dapat melakukan hampir segalanya dengan smartphone atau tablet kalian. Untuk melihat daftar aplikasi ini, kalian dapat:

  1. Di Android 7 – Pengaturan – Keamanan – Administrator.
  2. Di Android 9 – Pengaturan – Aplikasi dan notifikasi – Lanjutan – Akses istimewa – Device Administrator.
  3. Di Samsung Galaxy – Pengaturan – Biometrik dan keamanan – Pengaturan keamanan lainnya – Administrator perangkat.
Baca Juga  Begini Cara Top Up Higgs Domino Dengan Mudah

Biasanya, dalam daftar tersebut hanya ada aplikasi Google (seperti “Find My Device”, “Google Pay”, dan sejenisnya), produsen smartphone, dan kadang-kadang aplikasi antivirus (meskipun tidak semuanya benar-benar aman). Jika daftar dalam kasus kalian lebih panjang dan berisi aplikasi yang seharusnya tidak memiliki akses administratif, cobalah untuk mencabut hak akses administrator yang tidak diperlukan.

Penutup

Sering kali dalam diskusi terkait permasalahan ini, disarankan untuk menginstal AdGuard untuk Android (dapat diunduh di situs resmi adguard.com/id/) guna memblokir iklan. Secara umum, metode ini memang efektif untuk memblokir banyak iklan.

Akan tetapi, pada aplikasi yang tidak diinginkan, penyebab utama masalah belum terselesaikan, hanya dampaknya yang diatasi: yang terjadi hanyalah AdGuard ini memblokir akses ke iklan (iklan-iklan tersebut tidak bisa diunduh dari internet untuk ditampilkan kepada kalian), namun aplikasi penyebab iklan tetap beroperasi. Menurut pendapat saya, lebih baik menghindari jenis aplikasi ini dan mencari alternatif dari developer yang lebih bertanggung jawab.

Semoga salah satu pendekatan di atas membantu kalian dalam mengidentifikasi penyebab masalah dan mengatasi permasalahan iklan yang sering muncul di device Android kalian.

Faq

Kenapa sekarang sering banyak iklan di android?

Ada beberapa alasan mengapa kalian mungkin sering menemui banyak iklan di perangkat Android kalian. Beberapa faktor yang berkontribusi meliputi:

  1. Aplikasi Gratis
  2. Perizinan
  3. Malware dan Adware
  4. Situs Web dan Notifikas

Untuk mengurangi jumlah iklan di perangkat Android kalian, pastikan untuk selalu mengunduh aplikasi dari sumber yang tepercaya seperti Google Play Store, periksa izin aplikasi, dan gunakan aplikasi keamanan yang handal. Selain itu, jangan mengizinkan notifikasi dari situs web yang mencurigakan.

Bagaimana cara menghentikan iklan yang tiba-tiba muncul?

Untuk menghentikan iklan yang tiba-tiba muncul di perangkat Android kalian, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Periksa Aplikasi yang Terinstal.
  2. Gunakan Aplikasi Keamanan.
  3. Periksa Izin Aplikasi.
  4. Nonaktifkan Notifikasi dari Situs Web.
  5. Gunakan Adblocker.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kalian akan dapat mengurangi atau menghentikan iklan yang tiba-tiba muncul di perangkat Android kalian. Selalu pastikan untuk mengunduh aplikasi dari sumber tepercaya dan menjaga keamanan perangkat kalian dengan aplikasi keamanan yang handal.

Bagaimana cara menghilangkan iklan game di hp android?

Untuk menghilangkan iklan yang muncul saat kalian bermain game di perangkat Android kalian, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Upgrade ke Versi Premium: Beberapa game menawarkan opsi untuk meng-upgrade ke versi premium atau tanpa iklan. Dengan membayar sedikit biaya, kalian bisa menikmati gameplay yang bebas dari iklan.
  2. Gunakan Mode Offline: Banyak game yang menampilkan iklan memerlukan koneksi internet untuk memuat iklan tersebut. Jadi, cobalah memainkan game tersebut dalam mode offline atau non-Wi-Fi, jika memungkinkan, untuk mengurangi kemunculan iklan.
  3. Pasang Adblocker: Pertimbangkan untuk menginstal adblocker, seperti AdGuard, untuk membantu mengurangi jumlah iklan yang muncul saat kalian bermain game. Namun, ingatlah bahwa adblocker hanya akan membantu memblokir iklan dan tidak mengatasi penyebab masalah.
  4. Pertimbangkan Game Alternatif: Jika iklan dalam game tertentu terlalu mengganggu, coba cari game alternatif yang serupa tetapi memiliki lebih sedikit iklan atau menawarkan pengalaman bebas iklan.
  5. Pastikan Game dari Sumber Tepercaya: Selalu unduh game dari sumber tepercaya, seperti Google Play Store, untuk memastikan kalian tidak menginstal game yang berpotensi mengandung adware atau malware.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kalian akan dapat mengurangi atau menghilangkan iklan yang muncul saat bermain game di perangkat Android kalian. Selalu pastikan untuk menjaga keamanan perangkat kalian dengan mengunduh aplikasi dari sumber tepercaya dan menjaga perangkat kalian up-to-date.

Baca Juga: Cara Membuka Situs Yang Diblokir: Penyebab & Cara Mengatasi

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status