Home » Islami » Doa Setelah Sholat Hajat Mustajab Serta Tata Cara Sholat Hajat

Doa Setelah Sholat Hajat Mustajab Serta Tata Cara Sholat Hajat

Iuwashplus.or.id Sholat hajat merupakan salah satu ibadah sunah yang bisa dilakukan oleh seorang umat muslim. Ketika Anda memiliki keinginan atau sebuah hajat yang ingin sekali bisa dikabulkan oleh Allah SWT, maka bisa lakukan sholat ini. Namun, apa doa setelah sholat hajat mustajab yang bisa dipanjatkan?

Selain niat, tentu seorang umat muslim perlu mempelajari, memahami atau bahkan menghafalkan doa setelah sholat hajat. Doa yang umat muslim panjatkan ketika melakukan sholat hajat menjadi wasilah atau sarana kepada kepada Allah SWT.

Apa itu Sholat Hajat?

Apa itu Sholat Hajat

Selain memanjatkan doa agar hajat didengarkan oleh Allah, ternyata melaksanakan sholat hajat juga merupakan salah satu bentuk ikhtiar supaya keinginan umat muslim bisa diijabah oleh Allah. Sholat hajat juga salah satu upaya agar umat muslim bisa terhindar dari berbagai bahaya dan kesulitan.

Apabila umat muslim mengalami kesulitan dalam hidup dan membutuhkan Allah sebagai tempat berlindung, maka bisa lakukan sholat hajat. Hajat adalah salah satu Tindakan sunnah yang disarankan untuk umat muslim ketika sedang mengingingkan sesuatu.

Sholat ini juga ditujukan ketika umat muslim membutuhkan Allah sebagai penolong dari berbagai macam bahaya. Sholat hajat mustajab dipercaya mampu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi hamba-Nya atau bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Misal, jika Anda adalah seorang umat muslim yang ingin sekali bisa lolos seleksi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan sudah di tahap akhir setelah melakukan segala macam bentuk ikhtiar, maka mendirikan sholat hajat musjatab adalah bentuk ikhtiar lainnya yang bisa dilakukan.

Dengan melakukan sholat hajat mustajab ini, barangkali keinginan Anda untuk menjadi PNS dikabulkan oleh Allah SWT.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Sholat Hajat?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Sholat Hajat

Ketika kebutuhan Anda dirasa sangat besar dan butuh pertolongan, maka Rasulullah sendiri sudah mengajarkan kepada hamba-Nya untuk tidak sekedar berdoa saja, namun juga melakukan ibadah sholat sunnah dengan jumlah dua rakaat yang disebut sholat hajat. Ya, sebagai umat muslim, Anda diminta untuk terlebih dahulu melaksanakan sholat hajat.

Lalu kapan waktu yang disunnahkan untuk melakukan shalat hajat? Pada dasarnya, sholat hajat sendiri bisa umat muslim lakukan kapan saja. Hanya saja, umat muslim dilarang untuk melakukan ibadah sholat sunnah ini di waktu setelah sholat subuh sampai dengan matahari terbit.

Anda juga tidak diperbolehkan menjalan sholat ini setelah waktu ashar sampai dengan matahari tenggelam. Adapun waktu terbaik yang Islam anjurkan untuk melaksanakan sholat hajat mustajab adalah ketika malam.

Lebih bagus lagi kalau Anda mendirikannya di sepertiga malam bagian terakhir.  Islam menjelaskan bahwa sepertiga malam merupakan waktu ketika Allah SWT turun menuju langit terendah untuk menyaksikan para hamba-Nya yang beribadah dan rela untuk meninggalkan tidurnya yang nyenyak.

Baca Juga  Doa Setelah Tahajud (Arab, Latin dan Arti) dan Dzikir Setelahnya

Hukum Sholat Hajat Mustajab

Hukumnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sholat hajat sendiri hukumnya adalah sunnah. Sebagaimana disebutkan di dalam kitab fiqih bahwa beberapa ulama menyatakan sholat hajat sebagai bagian dari pembahasannya.

Sayyid Sabiq dalam kitab Fiqih Sunnah, lalu ada Syaikh Musthofa Al Bugho di kitabnya yang berjudul Fiqih Manhaji menjelaskan bahwa hukum dari sholat hajat ini adalah sunah.

Sholat sunnah ini bisa umat muslim kerjakan dengan jumlah minimal 2 rakaat. Adapun untuk jumlah maksimal sholat hajat sendiri adalah 12 rakaat. Umat muslim bisa mengerjakan sholat hajat sekali saja dalam sehari.

Namun, Islam menyarankan bahwa membaca doa setelah sholat hajat mustajab sebaiknya dilakukan sebanyak 7 kali setiap malamnya.

Ya, jika Anda memiliki keinginan yang ingin dikabulkan oleh Allah, maka sangat disarankan untuk memanjatkan doa setelah sholat hajat selama 7 malam sampai keinginan Anda telah Allah SWT kabulkan.

Keutamaan Sholat Hajat Mustajab

Keutamaannya

Menjadi salah satu bentuk ikhtiar yang sangat disarankan untuk dilakukan, tentu saja ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan dengan sholat hajat ini.

Berikut adalah keutamaan dari menjalankan sholat hajat:

1. Hajatnya Allah SWT Kabulkan

Menjadi salah satu dari sekian ibadah sunnah, sholat hajat adalah sholat yang khusus ditunaikan untuk meminta permohonan kepada Allah agar keinginan umat muslim bisa dengan mudah Allah SWT kabulkan.

Jadi, keutamaan dari melaksanakan sholat mustajab tentunya adalah apapun hajatan, keinginanan, keperluan atau kepentingan yang ingin sekali diijabah oleh Allah SWT akan terkabulkan melalui sholat ini.

2. Allah Meninggikan Derajatnya

Mengerjakan ibadah sholat sunah hajat bukan hanya bagus untuk urusan yang ada di dunia saja, namun juga di akhirat.

Umat muslim yang menunanikan ibadah shalat hajat dengan bersungguh-sungguh, maka Allah akan mengampuni dosanya dan meninggikan derajatnya.

3. Dicintai Allah SWT

Bukan hanya ibadah sholat wajib saja yang mendapatkan banyak pahala, namun soalat sunnah pun juga demikian. Allah SWT telah menjanjikan banyak pahala untuk hamba-Nya yang rajin menjalankan ibadah sholat sunah.

Sholat sunnah hajat mustajab bisa memberi manfaat tambahan untuk umat muslim yang mau mendirikannya. Ketika seorang muslim mau mendirikan ibadah wajib dengan rutin dan ditambah dengan berbagai macam ibadah sunnah, yakinlah bahwa ia akan semakin dicintai oleh Allah SWT.

Menjalankan ibadah sholat hajat adalah salah satu bentuk seseorang dalam mendekatkan diri kepada Tuhan-nya. Saat Anda memiliki masalah atau memiliki keinginan yang besar, maka cobalah untuk berserah diri atau tawakal.

Tawakal merupakan ikhtiar terakhir yang umat Islam bisa coba lakukan. Dengan shalat hajat, maka seorang umat muslim yang merasa kesulitan akan Allah dekati dan cintai.

4. Diampuni dosa-dosanya

Umat muslim yang memperbanyak ibadah wajib maupun sunnah, ternyata telah Allah menjanjikan untuk hapuskan dosa-dosa tersebut. Jadi, ketika Anda mencoba untuk jalankan ibadah dengan benar-benar khidmat dan khussyu, maka Allah bukan hanya meninggikan derajatnya saja.

Ya, Allah SWT juga akan ampuni segala dosa-dosa yang sudah umat muslim tersebut lakukan. Ketika hamba-Nya mau rutin untuk melaksanakan sholat hajat, Allah akan memberikan pengampunan yang tulus.

5. Mempercepat Terkabulnya Doa

Selain dosanya diampuni, ternyata sholat hajat juga punya keutamaan lainnya. Ya, umat muslim yang mau rutin menjalankan ibadah sholat sunnah ini, maka Allah AWT akan mempercepat terkabulnya doa yang senantiasa dipanjatkan oleh hamba-Nya.

Baca Juga  8 Doa Kedua Orang Tua Lengkap Arab, Latin dan Tarjamhannya

Maka dari itu, sebagai umat muslim yang taat, maka Allah telah menganjurkan untuk menunaikan sholat hajat jika punya keinginan maupun kepentingan yang rasa-rasanya sangat mendesak untuk diijabah oleh Allah SWT.

Dengan demikian, segala macam keinginan yang dimiliki akan segera Allah kabulkan. Baik itu soal pendidikan, jodoh, karir, rezeki atau segala macam masalah yang sedang umat muslim hadapi.

6. Terhindar Dari Bahaya

Ketika Anda mengalami kesulitan, maka dianjurkan untuk menjalankan sholat hajat mustajab dan rutin berdoa. Setelah menjalankan sholat, maka bacalah doa setelah sholat hajat mustajab. Isi dari doa itu salah satunya adalah meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Harapannya, dengan membaca doa setelah sholat hajat mustajab kepada Allah, maka segala macam kesulitan dan masalah bisa Allah permudah. Allah SWT selalu memberikan pertolongan untuk mereka, para hamba-Nya yang menggantungkan pertolongan kepada-Nya dengan sungguh-sungguh.

Yakinlah bahwa Allah tidak hanya melindungi umat-Nya ketika sulit saja, namun Allah SWT pun senantiasa menjaga para hambanya dari berbagai macak bahaya.

Jadi, keutamaan sholat hajat selain agar kepentingan Anda bisa dikabulkan oleh Allah, maka segala kesulitan yang sedang Anda hadapi juga Allah sirnakan.

7. Bisa Bersama Rasulullah Di Surga

Siapapun orang di dunia ini pasti inginkan surga ketika meninggalkan dunianya kelak. Adapun untuk mewujudkan hal ini, maka bisa lakukan dengan cara sholat hajat. Keutanaab menjalankan ibadah sholat hajat mustajab adalah dianugearhi surga oleh Allah.

Hamba-Nya yang rajin menjalankan ibadah sholat hajat akan dihadiahi surga dan bisa tinggal di sana bersama-sama dengan Rasulullah SAW. Jadi, ada baiknya jika sebagai umat muslim, Anda menjaga dengan baik sholat hajat mustajab agar peluang dihadiahkan surga semakin besar.

8. Mendapatkan Perasaan yang Tenang

Keutamaan selanjutnya ketika rutin menjalankan shalat hajat adalah bisa memberikan perasaan tenang bagi umat muslim. Ya, Allah akan berikan perasaan tenang pada hati dan pikiran umat Islam yang mau menjalankan ibadah ini.

Meskipun hanya ibadah sholat sunnah, namun seorang umat muslim bisa ditenangkan hatinya. Apalagi jika Anda sedang dilanda banyak masalah. Hati yang tenang akan menjernihkan pikiran. Masalah bisa selesai dan perasaan akan menjadi lebih tenang ketika sudah mengadu kepada Allah SWT.

Jadi, tidak perlu risau dengan apapun masalah yang Anda hadapi karena Allah SWT tidak pernah meninggalkan hamba-Nya sendirian.

9. Menumbuhkan Rasa Ikhlas

Keutamaan menjalankan ibadah sholat hajat mustajab yang selanjutnya adalah mampu menumbuhkan rasa ikhlas dalam diri seorang umat muslim.

Rutin menjalankan ibadah shalat hajat mustajab akan membuat seorang muslim ikhlas untuk menerima apapun yang nantinya menjadi garis takdir Allah SWT. Saat Allah memberinya masalah dan kesusahan bertubi-tubi, maka umat muslim disadarkan, bahwa hanya Allah tempat untuk berlari.

Hanya Allah, tempat untuk menumpahkan segala macam kesedihan yang dialami oleh umat Islam tersebut. Dari situ, umat Islam belajar untuk ikhlas dan lebih sabar pada apapun yang menjadi ujian Allah. Ya, sholat hajat mustajab ini juga menjadi salah satu cara untuk bisa tumbuhkan rasa ikhlas.

10. Menjadikan Rasa Tawakal Lebih Kuat

Dengan umat Islam menjalankan ibadah sunnah shalat hajat mustajab, maka seseorang tersebut akan diliputi rasa yakin bahwa hanya Allah SWT, satu-satunya dzar yang bisa mengabulkan apa yang ia butuhkan.

Melalui perasaan tersebut, maka seorang muslim akan tumbuh rasa tawakal di dalam hatinya. Rasa tawakal ini akan semakin menguat seiring waktu dan didasari dengan rasa ikhlas.

Baca Juga  Hukum Iqlab: Pengertian, Cara Baca dan Contohnya di Al-Qur’an

11. Dapat Mengendalikan Kebutuhan

Ketika umat muslim mau menjalan ibadah shalat hajat, maka hatinya akan diliputi rasa tenang. Adapun ketika hatinya menjadi tenang, maka umat muslim akan belajar mengendalikan keinginan dan juga apa yang menjadi kebutuhannya.

Melalui ibadah shalat hajat, maka seseorang akan belajar untuk senantias mensyukuri apapun yang sudah ia miliki.

Tata Cara Sholat Hajat

Tata Cara Sholat Hajat

Ketika seorang umat muslim ingin menjalankan ibadah sholat sunnah hajat mustajab, maka lakukan sesuai dengan syariat Islam. Inilah beberapa tata cara dalam menjalankan sholat hajat:

  • Membaca niat sholat hajat mustajab, adapun niatnya adalah:

أُصَلِّي سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعاَلَى

  • Takbiratul ihram
  • Membaca doa iftitah (sunnah)
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat apapun yang ada dalam alquran
  • Rukuk
  • I’tidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Bangkit dan melakukan gerakan yang sama dengan rakaat pertama
  • Akhiri dengan duduk tasyahud akhir
  • Salam
  • Membaca doa setelah sholat hajat.

Doa Setelah Sholat Hajat Mustajab (Arab, Latin, Terjemahan dan Audio MP3)

Doa Setelah Sholat Hajat Mustajab (Arab, Latin, Terjemahan dan Audio MP3)

Setelah menjalankan sholat hajat, maka bisa bacalah doa ini:

Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Arab

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat yang Mustajab Latin

Lâ ilâha illallâhul halîmul karîm. Subhânallâhi rabbil ‘arsyil karîmil ‘azhîm. Alhamdulillâhi rabbil ‘âlamîn. As Aluka mûjibâti rahmatik, wa ‘azâ’ima maghfiroti, wa ghanîmata min kulli birrin, was salâmata min kulli itsmin. La tada‘î dzanban illâ ghafartah, wa lâ hamman illâ farrajtah, wa lâ hâjatan hiya laka ridhan illâ qadhaitahâ ya arhamar râhimîn.

Arti Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau terlantarkan aku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.”

Panjatkanlah doa setelah sholat hajat mustajab ini sebagai perantara kepada Allah agar keinginan Anda bisa dikabulkan segera.

Memanjatkan doa usai sholat hajat bisa menjadi sarana terbaik untuk berikhtiar kepada Allah SWT agar apa yang diinginkan bisa tercapai dan Anda bisa menjadi salah satu bagian dari umat muslim yang Allah cintai.

Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat dalam bentuk suara audio MP3:

Akhir Kata

Jika keinginanmu untuk menjadi kaya maka mohonlah kekayaan yang dipadu dengan keimanan, kemurahan hati dan keberkahan. Semoga harta itu menjadi bekal di hari akhirat.

Jika kamu mengharapkan keturunan maka mohonlah keturunan yang soleh, sehat dan berlimpah rejeki. Doa anak soleh tak pernah terputus meski setelah kematian.

Jika kamu meminta jodoh maka haraplah jodoh yang membawa kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Banyak pasangan yang datang dan pergi dari pengadilan meski menikah atas nama cinta.

Jangan terlalu spesifik dalam meminta keinginanmu karena kita sendiri tidak tahu apa yang terbaik untuk diri kita sendiri.

Biarlah Allah yang mengaturnya.

InsyaAllah keinginan yang baik akan dikabulkan entah itu cepat atau lambat.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status