Home » Pendidikan » Doa Qunut Subuh Arab dan Latin Beserta Arti dan Manfaatnya

Doa Qunut Subuh Arab dan Latin Beserta Arti dan Manfaatnya

JAKARTA – Istilah “qunut” memiliki makna ketaatan yang diiringi oleh kerendahan hati. Sebagai contoh, saat Allah berfirman kepada Hadrat Maryam, Dia mengatakan: “Hai Maryam, taatilah Tuhanmu dengan taat yang sempurna.” Dalam konteks sholat, “qunut” merujuk pada doa yang kita bacakan pada rakat kedua setiap sholat.

Dalam artikel ini, iu wash plus akan membahas mengenai Doa Qunut dalam shalat. Tentunya, kita semua tahu betapa pentingnya shalat bagi umat muslim. Doa Qunut ini juga tidak kalah esensial, karena dapat membantu kita memohon perlindungan dan petunjuk dari Allah SWT. Oleh sebab itu, artikel ini hadir untuk menjelaskan arti dan manfaat Doa Qunut agar kita semakin memahami dan khusyuk ketika melaksanakan shalat.

Penjelasan Mengenai Do’a Qunut

Apa Itu Doa Qunut

Doa Qunut merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Doa ini biasanya dibaca saat menjalankan shalat subuh, tepatnya pada rakaat kedua setelah membaca Al-Fatihah dan surat pendek. Doa Qunut terdiri dari beberapa kalimat yang berisi pujian kepada Allah SWT, permohonan ampun, serta memohon perlindungan dan pertolongan dari-Nya.

Shalat subuh adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Shalat ini memiliki keistimewaan tersendiri karena dilakukan pada saat fajar, ketika suasana masih tenang dan banyak orang belum terjaga dari tidur mereka. Oleh karena itu, shalat subuh menjadi waktu yang tepat untuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT.

Doa Qunut menjadi bagian penting dalam shalat subuh, karena melalui doa ini kita dapat menyampaikan rasa syukur, kepasrahan, serta memohon perlindungan dan pertolongan Allah dalam menghadapi segala tantangan hidup. Selain itu, dengan mengamalkan doa Qunut, kita juga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Mengamalkan doa Qunut secara rutin dalam shalat subuh tentunya akan memberikan manfaat yang signifikan, baik dari sisi spiritual maupun psikologis. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami dan mengamalkan doa Qunut dalam shalat subuh sehari-hari.

Baca Juga: Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadhan Bahasa Arab dan Artinya

Bacaan Doa Qunut Subuh Arab, Latin Dan Artinya

Bacaan Doa Qunut Subuh Arab, Latin Dan Artinya

Di antara ciri khas hamba yang rendah hati adalah saat ia senantiasa meminta petunjuk dari Sang Pencipta. Kita berdoa untuk mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kita kepada Allah SWT. Kewajiban utama kita adalah memohon kebaikan dan ampunan dari-Nya dalam waktu baik maupun buruk.

Allah SWT menyebutkan dalam Al-Quran:

وَإِذَا سَألَك عِبَادِي عَنِّي فإنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُواْ لِي وَلْيُؤمِنُواْ بِي لَعَلَّهُمْ يَرشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku. Maka hendaklah mereka memenuhi seruan-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku agar mereka mendapat petunjuk yang lurus.

(Surat Al-Baqarah, 2:186)

Doa Qunut merupakan doa yang dilantunkan saat shalat Subuh (sholat Fajr). Kata Arab “قنوت – Qunoot” memiliki beragam makna linguistik, salah satunya adalah ‘Berdiri’.

Sebagai istilah Fiqh, artinya adalah; Doa atau pujian kepada Allah SWT yang dibaca pada rukun tertentu dalam shalat (saat berada dalam posisi i’tidal – berdiri). Doa Qunut pertama kali diperkenalkan saat Nabi Muhammad SAW menghadapi kesulitan selama masa awal kenabian di Makkah.

Ketika kita memahami makna dan hikmah di balik Doa Qunut, kita akan lebih menghargai pentingnya doa ini dalam praktik shalat kita. Dengan mengikuti tata cara dan bacaan Doa Qunut yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, kita akan semakin memperdalam keimanan dan ketaatan kita sebagai umat Muslim.

Melaksanakan Doa Qunut dalam shalat Subuh juga merupakan manifestasi dari ketaatan dan kerendahan hati kita di hadapan Allah SWT. Kita menyampaikan permohonan dan harapan kita kepada-Nya, serta memohon perlindungan dan petunjuk-Nya dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian dalam kehidupan.

1. Doa Qunut Subuh Panjang

Doa Qunut Subuh Panjang

Bacaan doa qunut subuh panjang dalam bahasa arab adalah sebagai berikut:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Baca Juga  Urutan Dzikir Setelah Sholat yang Tepat Lengkap Arab Dan Latin

Tulisan latin doa qunut subuh panjang tersebut adalah:

“Allahummah dinii fii man haadaiit, Wa ‘aafinii fiiman ‘aafait, wa tawallanii fii man tawallaiit, Wa baarik lii fii ma a’thaiit, Wa qinni birohmatika syarra maa qadhaiit, Fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaiik, Wa innahu la yazillu man wa lait, Wa la ya’izzu man ‘adait, Tabarakta rabbana wa ta’alait, Fa lakal hamdu a’la ma qadhait, Astagfiruka wa atubu ilaik, Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin Nabiyyil ummiyyi Wa ‘ala alihi Wa shahbihi Wa sallam.”

Arti doa qunut subuh panjang tersebut adalah:

“Ya Allah berilah aku petunjuk sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah diriku sebagaimana orang-orang yang sudah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan untukku dari apa yang sudah Engkau berikan. Selamatkanlah diriku dari bahaya kejahatan yang sudah Engkau tentukan. Engkaulah yang berhak menghukum dan bukan dihukum. Tidak akan hina orang yang telah Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang telah Engkau musuhi. Maha Suci Engkau duhai Tuhan kami dan Yang Maha Tinggi. Bagi-Mu seutuhnya pujian di atas apa yang telah Engkau tentukan. Diriku memohon ampun kepada-Mu dan menyatakan bertaubat kepada-MU. Semoga engkau ya Allah mencurahkan rahmat dan karuniamu atas junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga, dan semua para sahabatnya.”

2. Doa Qunut Subuh Pendek

Doa Qunut Subuh Pendek

Bacaan doa qunut subuh pendek dalam bahasa arab adalah sebagai berikut:

للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

Tulisan latin doa qunut subuh pendek tersebut adalah:

“Allahummah dinii fii man hadaiits, wa ‘aafiinii fii man ‘aafaits, wa tawallanii fii man tawallaits, Wa baarik lii fii maa a’thaits, Wa qi nii birohmatika syarra maa qadlaits, Fa innaka taqdli wa laa yuqdlaa ‘alaik, Wa innahuu laa yadzillu man waalaits, Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaits.”

Arti doa qunut subuh pendek tersebut adalah:

“Ya Allah, berilah kepadaku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berikanlah kesejahteraan untukku di antara orang-orang yang Engkau beri kesejahteraan, tolonglah diriku di antara orang-orang yang kau beri pertolongan, berikanlah keberkahan untukku dari apa-apa yang telah Engkau berikan kepadaku, dan peliharalah diriku aku dari semua keburukan yang telah Engkau putuskan, karena sesungguhnya Engkau yang berhak memutuskan dan tidak diputuskan atasMu, dan tidak ada kehinaan kepada orang yang sudah Engkau tolong, Mahasuci Engkau duhai Tuhan kami, yang lagi Maha Tinggi.”

Baca Juga: Niat Puasa Ramadhan Dan Waktu Untuk Berniat yang Tepat

Tiga Macam Doa Qunut

Dalam menjawab pertanyaan ini, kita akan membahas berbagai jenis doa Qunut dan menjelaskannya secara lengkap. Doa Qunut merupakan doa yang dibaca dalam shalat, khususnya pada shalat subuh dan witir. Terdapat tiga macam doa Qunut yang umum dikenal, yaitu Qunut Nazilah, Qunut Witir, dan Qunut Shubuh.

  1. Qunut Nazilah: Doa Qunut ini biasanya dilakukan ketika umat Muslim menghadapi situasi darurat atau bencana, seperti perang, bencana alam, atau kondisi krisis lainnya. Qunut Nazilah membantu memohon perlindungan, pertolongan, dan keberkahan dari Allah SWT dalam menghadapi situasi tersebut. Dalam doa ini, kita memohon agar diberikan kemudahan dan kekuatan untuk mengatasi cobaan yang dihadapi.
  2. Qunut Witir: Doa Qunut ini dibaca pada rakaat ketiga shalat witir, yang merupakan shalat sunnah yang dilakukan setelah shalat Isya. Shalat witir bisa dikerjakan dengan jumlah rakaat yang ganjil, minimal satu rakaat dan maksimal sebelas rakaat. Qunut Witir dilakukan untuk memohon ampunan dan keberkahan dari Allah SWT serta memohon perlindungan dari godaan setan.
  3. Qunut Shubuh: Doa Qunut ini dibaca pada rakaat kedua shalat subuh, yang merupakan shalat wajib yang dilakukan setiap pagi. Qunut Shubuh membantu memohon keberkahan, hidayah, serta perlindungan dari Allah SWT sepanjang hari. Dalam doa ini, kita memohon agar diberikan kesempatan untuk selalu beribadah dan menjalankan amal shaleh.

Secara umum, doa Qunut memiliki tujuan yang sama yaitu memohon kebaikan, perlindungan, dan petunjuk dari Allah SWT. Namun, setiap jenis Qunut memiliki konteks dan waktu tertentu dalam pelaksanaannya.

Baca Juga: Doa Wudhu Arab Latin Beserta Cara Wudhu yang Benar

Dalil Doa Qunut

Doa qunut merupakan salah satu bagian dari shalat yang dianjurkan untuk dibaca pada shalat witir. Meski demikian, doa ini juga sering dibaca pada shalat-shalat lainnya, terutama saat situasi tertentu seperti shalat istisqa atau shalat ghaib.

Pertama-tama, kita perlu memahami bahwa doa qunut memiliki beberapa versi yang berbeda, tergantung pada mazhab yang diikuti. Akan tetapi, pada dasarnya, semua versi doa qunut ini berasal dari beberapa hadits yang diriwayatkan oleh para sahabat Rasulullah SAW.

  1. Hadits dari An-Nu’man bin Bashir
Baca Juga  Doa Nabi Yunus Arab, Latin, Arti & Hikmah Ditelan Ikan Paus

Salah satu dalil yang menjadi landasan hukum doa qunut adalah hadits dari An-Nu’man bin Bashir, yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad. Dalam hadits ini, Rasulullah SAW bersabda:

عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ الْوِتْرُ حَقٌّ فَمَنْ لَمْ يُوتِرْ فَلَيْسَ مِنَّا ‏”‏

Dalam bahasa Indonesia, hadits ini berarti, “Witir adalah hak (wajib hukumnya), maka barangsiapa yang tidak melaksanakan shalat witir, maka ia bukan termasuk golongan kita.”

  1. Hadits dari Ubay bin Ka’ab

Dalil lain yang menjadi dasar doa qunut adalah hadits yang diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab. Dalam hadits ini, Rasulullah SAW mengajarkan cara membaca doa qunut. Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi, dengan lafazh sebagai berikut:

عَنْ عُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم أَنَّهُ كَانَ يَقْنُتُ فِي الْوِتْرِ قَبْلَ الرُّكُوعِ

Artinya, “Dari Ubay bin Ka’ab, dari Nabi SAW, bahwasanya beliau membaca doa qunut dalam shalat witir sebelum ruku.”

Berdasarkan kedua dalil di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa doa qunut merupakan bagian penting dari shalat witir dan dianjurkan untuk dibaca. Selain itu, ada beberapa versi doa qunut yang berasal dari hadits-hadits lain, namun pada intinya, semua versi tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memohon perlindungan, petunjuk, dan kebaikan dari Allah SWT.

Baca Juga: Inilah Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaatnya Untuk Diri Sendiri

Khasiat Dan Manfaat Utama Doa Qunut

Khasiat Dan Manfaat Utama Doa Qunut

Doa Qunut merupakan doa yang sangat penting dalam shalat Subuh dan menawarkan beragam khasiat serta manfaat bagi mereka yang mengucapkannya. Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat utama dari doa qunut:

1. Mendekatkan diri kepada Allah

Melalui pengucapan doa Qunut, kita bisa merasakan keintiman yang lebih erat dengan Sang Pencipta. Ini terjadi karena dalam doa tersebut terdapat permohonan ampunan, pertolongan, dan perlindungan kepada Allah SWT. Sebagai umat-Nya, kita tentu ingin selalu berkomunikasi dengan-Nya dan memohon rahmat serta lindungan dalam menjalani kehidupan ini. Dalam konteks spiritual, Doa Qunut menjadi salah satu cara untuk strengthen our bond dengan Yang Maha Kuasa dan memperkuat iman kita sebagai umat Muslim.

2. Memohon Petunjuk dan Hikmah

Dalam doa Qunut, kita juga memohon guidance atau petunjuk dari Allah SWT. Saat kita mengucapkan doa ini, harapan kita adalah untuk mendapatkan arahan yang tepat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebagai umat Muslim, kita percaya bahwa hanya Allah yang mampu memberikan kita petunjuk yang benar, mengingat Dia adalah Sang Maha Mengetahui tentang segala hal yang ada di dunia ini. Oleh karena itu, doa Qunut menjadi salah satu cara bagi kita untuk meminta dukungan spiritual dari-Nya agar bisa menghadapi berbagai tantangan dan menjalani hidup dengan lebih bijaksana.

3. Memohon Perlindungan dari Kemudharatan

Dalam doa Qunut, kita juga meminta perlindungan dari berbagai kemudharatan, baik yang terlihat maupun yang tersembunyi. Saat kita merapalkan doa ini, harapan kita adalah untuk mendapatkan shield atau perlindungan dari Allah SWT terhadap ancaman dan bencana yang mungkin menghampiri. Sebagai umat Muslim, kita meyakini bahwa hanya Allah yang mampu melindungi kita dari berbagai bahaya yang ada, mengingat Dia adalah Sang Maha Kuasa dan Maha Penyayang.

Oleh karena itu, doa Qunut menjadi salah satu cara bagi kita untuk memohon pertolongan-Nya agar kita terlindung dari berbagai masalah, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, pekerjaan, maupun dalam pergaulan sosial. Doa ini juga membantu kita untuk selalu berada dalam lindungan-Nya, sehingga kita bisa menjalani kehidupan dengan lebih aman dan tentram.

4. Memohon Kebaikan di Dunia dan Akhirat

Doa Qunut mencakup permohonan agar kita diberkahi dengan kebaikan di dunia dan akhirat. Saat kita mengucapkan doa ini, kita berharap untuk meraih kesuksesan dan prosperity di dunia, sekaligus mencapai kebahagiaan abadi di akhirat.

Melalui doa ini, kita mengajukan permohonan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala kesulitan, keburukan, dan godaan yang mampu menghalangi kita dalam meraih tujuan hidup. Selain itu, kita juga memohon agar di dalam akhirat kelak kita bisa mendapatkan tempat yang mulia di sisi-Nya, serta dianugerahi rahmat dan ampunan atas segala kesalahan yang pernah kita lakukan.

Dengan demikian, doa Qunut menjadi sarana yang efektif untuk memperkuat hubungan kita dengan Allah SWT, sekaligus mengajarkan kita untuk selalu optimis dalam menghadapi tantangan hidup serta meminta keberkahan-Nya, baik di dunia maupun di akhirat.

5. Meningkatkan Kualitas Shalat

Doa Qunut berperan penting dalam meningkatkan kualitas shalat kita. Ketika kita mengucapkan doa ini, kita diajak untuk lebih fokus dan khusyuk dalam melaksanakan ibadah shalat. Dengan demikian, doa Qunut membantu kita untuk menjalani setiap gerakan shalat dengan kekhusyukan yang lebih dalam, serta menciptakan koneksi yang lebih erat antara kita dengan Allah SWT.

Baca Juga  Hukum Lam Ta'rif dan Isim Ma'rifat; Definisi, Jenis dan Contoh

Selain itu, doa Qunut juga mengajarkan kita pentingnya rasa syukur dan kebutuhan akan bimbingan serta perlindungan dari Allah. Ketika kita menyampaikan permohonan ini dalam shalat, kita akan semakin menyadari betapa bergantungnya kita kepada-Nya dalam menghadapi berbagai situasi dalam hidup.

Melalui doa Qunut, kita juga diajak untuk selalu mengingat dan merenungi kebesaran Allah, yang pada akhirnya akan membuat kita lebih aware dan senantiasa menjaga kualitas shalat kita. Sebagai hasilnya, shalat yang kita lakukan akan semakin baik dan bermakna, membawa manfaat baik secara spiritual maupun mental bagi kehidupan kita.

6. Memberikan Ketenangan Hati

Salah satu manfaat utama doa Qunut adalah memberikan rasa ketenangan dan kedamaian pada hati kita. Sebab, doa ini mencakup permohonan perlindungan serta bantuan dari Allah SWT, yang membuat kita merasa lebih aman dan terjaga.

Dalam kesibukan dan tantangan kehidupan modern ini, seringkali kita merasa cemas, stres, dan terbebani. Namun, ketika kita mengucapkan doa Qunut, kita diajak untuk melepaskan segala kekhawatiran dan menyerahkan semua urusan kepada Allah, sang Maha Pengatur segala sesuatu.

Selain itu, doa Qunut juga mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga hubungan yang harmonis dengan Allah SWT, yang merupakan sumber kedamaian dan kebahagiaan sejati. Dengan demikian, semakin kita menghayati doa Qunut, semakin kita merasa terhubung dengan-Nya, yang pada akhirnya akan memunculkan rasa tenteram di dalam hati kita.

Dengan rutin melantunkan doa Qunut dalam shalat kita, kita akan merasakan kedamaian batin yang jauh lebih dalam, yang tentunya akan berdampak positif pada kualitas hidup kita secara keseluruhan.

Dengan demikian, doa Qunut menawarkan berbagai khasiat dan manfaat bagi mereka yang mengucapkannya. Selain membantu meningkatkan kualitas shalat, doa ini juga membantu kita untuk lebih dekat dengan Allah serta mendapatkan perlindungan dan kebaikan di dunia dan akhirat. Mari kita tingkatkan kualitas ibadah kita dengan mengucapkan Doa Qunut secara konsisten dan khusyuk.

Baca Juga: Niat Sholat Taubat Zina Dan Cara Menghindari Perbuatan Zina

Faq

Apa hukum membaca doa qunut?

Hukum doa Qunut pada umumnya adalah sunnah, yang berarti dianjurkan untuk dilakukan tetapi tidak wajib. Doa Qunut biasanya dibaca saat shalat subuh dalam rakaat kedua, setelah ruku’ dan sebelum sujud. Namun demikian, ada beberapa pendapat ulama yang berbeda mengenai hukum doa Qunut ini, tergantung pada mazhab yang diikuti.

Pada mazhab Hanafi, doa Qunut dianggap sunnah muakkad (sunnah yang ditekankan) dalam shalat subuh. Sedangkan pada mazhab Syafi’i, doa Qunut merupakan sunnah yang dianjurkan pada shalat subuh dan shalat witir.

Pada mazhab Maliki dan Hanbali, doa Qunut tidak ditekankan pada shalat subuh, tetapi dianjurkan pada shalat witir atau shalat-shalat lainnya dalam situasi tertentu, seperti saat memohon pertolongan atau perlindungan dari bencana.

Meskipun ada perbedaan pendapat mengenai hukum doa Qunut, pada umumnya umat Islam sepakat bahwa doa ini memiliki banyak khasiat dan manfaat, serta membantu mendekatkan diri kepada Allah.

Bagaimana jika tidak hafal doa qunut?

Jika kamu tidak hafal doa Qunut, tidak perlu khawatir karena hukum doa Qunut adalah sunnah, yang berarti dianjurkan tetapi tidak wajib. Jadi, shalatmu tetap sah meskipun tidak membaca doa Qunut.

Namun, jika kamu ingin memperoleh manfaat dan khasiat dari doa Qunut, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Berusaha menghafal doa Qunut secara perlahan. Kamu bisa memulainya dengan menghafal beberapa kalimat terlebih dahulu, lalu menambahkannya secara bertahap hingga menguasai seluruh doa.
  2. Membaca doa Qunut dari buku atau aplikasi smartphone saat shalat. Hal ini bisa membantumu membiasakan diri dengan bacaan doa Qunut sekaligus melatih hafalan.
  3. Menggantikan doa Qunut dengan doa lain yang kamu hafal, seperti doa istighfar atau doa memohon kebaikan dan perlindungan. Walaupun tidak sama dengan doa Qunut, niat baik dan keikhlasan dalam berdoa tetap diperhitungkan oleh Allah.

Ingatlah bahwa yang terpenting adalah keikhlasan hati dan usaha untuk mendekatkan diri kepada Allah. Semoga usahamu dalam menghafal doa Qunut membuahkan hasil dan mendapatkan berkah.

Kapan doa qunut dibaca?

Doa Qunut pada umumnya dibaca dalam shalat subuh dan shalat witir, namun waktu dan posisinya dalam shalat bisa berbeda tergantung mazhab yang diikuti:

  1. Shalat Subuh:
  • Pada mazhab Syafi’i, doa Qunut dibaca pada rakaat kedua shalat subuh, setelah ruku’ dan sebelum sujud.
  • Pada mazhab Hanafi, doa Qunut juga dibaca pada rakaat kedua shalat subuh, tetapi setelah bangun dari ruku’ dan sebelum membaca Al-Fatihah.
  • Sementara pada mazhab Maliki dan Hanbali, doa Qunut tidak ditekankan pada shalat subuh.
  1. Shalat Witir:
  • Pada mazhab Syafi’i, doa Qunut dibaca pada rakaat ketiga shalat witir, setelah ruku’ dan sebelum sujud.
  • Pada mazhab Hanafi, doa Qunut juga dibaca pada rakaat ketiga shalat witir, tetapi sebelum ruku’.
  • Pada mazhab Maliki dan Hanbali, doa Qunut dianjurkan pada rakaat ketiga shalat witir, setelah ruku’ dan sebelum sujud.

Selain itu, doa Qunut juga bisa dibaca dalam shalat-shalat lainnya dalam situasi tertentu, seperti saat memohon pertolongan atau perlindungan dari bencana. Perlu diingat bahwa ada perbedaan pendapat mengenai waktu dan posisi doa Qunut dalam shalat, jadi kamu dapat mengikuti mazhab yang sesuai dengan keyakinanmu.

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status