Home » Islami » Bacaan Sholawat Jibril, Arti, Keutamaan dan Asal Usulnya Lengkap

Bacaan Sholawat Jibril, Arti, Keutamaan dan Asal Usulnya Lengkap

Iuwashplus.or.idAda berbagai jenis sholawat yang bisa dijadikan sebagai amalan terbaik dan mempunyai berbagai keutamaan. Di antara banyaknya sholawat tersebut, sholawat jibril merupakan salah satu sholawat yang banyak dilakukan oleh umat muslim. Pasalnya, sholawat tersebut mampu memberikan berbagai kemudahan.

Namun, tak banyak orang yang mengetahui sejarah, keutamaan, dan cara membacanya. Oleh karena itu, artikel ini memberikan penjelasan yang lengkap tentang asal usul sholawat jibril tersebut di sini.

Definisi Bacaan Sholawat Jibril dan Asal Usulnya

Definisi Bacaan Sholawat Jibril dan Asal Usulnya

Sholawat ini merupakan jenis sholawat pendek yang tak banyak orang mengetahuinya. Padahal, sholawat tersebut mempunyai banyak keutamaan bagi umat muslim yang rutin membacanya.

Sholawat sendiri merupakan doa yang diucapkan oleh umat muslim untuk ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. Karena itulah, sholawat mampu memberikan berbagai manfaat karena di dalamnya ada syafaat rasulullah. Sholawat tersebut juga menjadi salah satu hal yang disukai Allah.

Lalu, bagaimana asal usul dari salah satu sholawat tersebut? Jadi, sholawat jibril merupakan sholawat yang diucapkan oleh malaikat Jibril. Jadi, dulunya sholawat tersebut dibuat oleh malaikat Jibril untuk Nabi Adam saat akan mempersunting Siti Hawa.

Mengapa hal itu dilakukan oleh malaikat Jibril? Pasalnya, saat itu Allah melarang Adam untuk menikahi Hawa sebelum Adam mempunyai sebuah mahar untuk diberikan kepada Hawa. Jadi, malaikat Jibril membantu Adam untuk memberikan mahar agar bisa menikahi Hawa, yaitu sebuah sholawat.

Karena diciptakan oleh malaikat Jibril itulah, maka sholawat tersebut dinamakan seperti itu, sesuai dengan nama malaikat Jibril. Jadi, sebenarnya sholawat tersebut sudah ada sejak Nabi Adam dan Siti Hawa masih berada di surga. Oleh karena itu, sholawat itu juga dikenal oleh para penghuni surga sejak dulu.

Sholawat Jibril: Arab, Latin, dan Artinya

Sholawat Jibril Arab, Latin, dan Artinya

Sholawat adalah salah satu amalan yang sangat disukai oleh Allah, sehingga Allah dan para malaikat juga selalu melakukan sholawat. Allah menjelaskan hal itu dalam firmannya yang termuat di Al-Ahzab (56) yang berbunyi seperti ini.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Arti:

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

Terkait dengan sholawat yang dibuat oleh malaikat Jibril tersebut, sholawat itu digunakan untuk meminta kelimpahan rahmat dari Allah SWT dan juga kasih sayang dari Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad juga pernah mengatakan bahwa kebaikan sholawat itu akan kembali pada orang yang melafalkannya.

Baca Juga  Hukum Idghom Mutamatsilain, Mutaqaribain dan Mutajanisain

Hal tersebut diriwayatkan oleh HR Imam Muslim berikut ini.

“Rasulullah saw bersabda: Barang siapa yang membaca shalawat kepadaku satu kali, maka Allah dan malaikat akan membaca shalawat kepadanya sebagaimana banyaknya shalawatnya kepadaku.” HR. Muslim.

Sebaiknya biasakan diri untuk mengucapkan sholawat tersebut. Tenang saja, sholawat itu pendek sehingga tidak akan kesulitan untuk menghafal dan mengucapkannya setiap hari. Adapun bacaan sholawat tersebut adalah sebagai berikut.

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shalallaahu ‘ala Muhammad

Arti:

Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad.

Keutamaan Membaca Sholawat Jibril secara Rutin

Keutamaan Membaca Sholawat Jibril secara Rutin

Saat diajarkan oleh Jibril untuk mengucapkan sholawat tersebut, Nabi Adam bertanya kepada Allah “siapa Muhammad itu, ya Allah?” Kemudian Allah menjawab “Hai, Adam. Kau tak perlu cemburu dengan Muhammad. Dia adalah kekasihku. Dia adalah nabi akhir zaman.”

Karena sudah ada sejak Nabi Adam masih di surga, maka sholawat tersebut juga disebut-sebut sebagai sholawat yang tertua atau paling lama digunakan. Nah, dengan melafalkan sholawat tersebut, Allah menjanjikan beberapa keutamaan berikut ini kepada para hamba-Nya.

1. Mampu Membuka 70 Pintu Kebaikan dan Rahmat

Keutamaan yang paling pertama dari sholawat tersebut adalah dibukakannya 70 pintu rahmat dan kebaikan kepada siapapun yang membaca sholawat tersebut setiap harinya. Hal ini juga sudah dikatakan oleh Nabi Muhammad bahwasanya Allah menitipkan cinta-Nya kepada orang yang membaca sholawat tersebut.

Orang itu akan membuka 70 pintu kebaikan untuk dirinya sendiri saat membaca sholawat itu. Dengan begitu, orang tersebut akan selalu mendapatkan kebahagiaan dan keberkahan dalam hidupnya. Dia tak akan menjadi manusia yang mempunyai hati dan pikiran kotor.

Jika kita sudah tidak lagi mempunyai pikiran yang kotor, kita bisa menjalani kehidupan dengan lebih positif. Kita juga akan mendapatkan banyak kebaikan. Pasalnya, kebaikan merupakan suatu energi dan energi itu bersifat menarik. Jadi, energi positif juga akan memancing hal-hal positif lainnya untuk datang ke dalam kehidupan kita.

2. Memperoleh Berbagai Kebaikan dan Dihindarkan dari Keburukan

Manfaat lainnya dari sholawat ini adalah Allah menjamin orang yang rutin membaca sholawat tersebut untuk mendapatkan berbagai macam kebaikan dari manapun dan siapapun.

Bahkan, Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa siapapun yang mengucapkan sholawat itu kepadanya satu kali saja sudah bisa menghapus sepuluh keburukan di dalam dirinya. Selain itu, hal tersebut juga bisa menjadikan derajat orang tersebut menjadi terangkat atau lebih tinggi.

Derajat tinggi yang dimaksud di sini bukanlah status atau jabatan yang tinggi di masyarakat, tetapi di mata Allah. Jika banyak orang berpikir bahwa itu tidak penting, justru derajat yang tinggi di mata Allah jauh lebih baik. Pasalnya, jika kita menjadi manusia yang dicintai oleh Allah, maka kita mudah mendapatkan segalanya.

Baca Juga  Doa Setelah Tahajud (Arab, Latin dan Arti) dan Dzikir Setelahnya

Allah akan memberikan apapun yang kita inginkan dan butuhkan tanpa perlu kita memintanya. Oleh karena itulah, perbanyak untuk melakukan sholawat tersebut dan juga ibadah lainnya agar kita mendapatkan cinta Allah. Dengan begitu, kehidupan kita di dunia dan di akhirat akan lebih mudah.

3. Mampu Melihat Nabi Muhammad di Dalam Mimpi

Membaca sholawat tersebut juga memperbesar kesempatan Anda untuk bertemu dengan rasulullah di dalam mimpi. Ya, hal itu dikarenakan sholawat menjadi penghubung antara kita dan Nabi Muhammad. Dengan banyak bersholawat, maka Nabi Muhammad akan mengenali kita.

Hal ini juga pernah diriwayatkan oleh As-Sakhari. Dulu, ada seorang laki-laki dari bangsa Syiria yang menemui Nabi Muhammad. Dia mengatakan bahwa ayahnya sudah sangat tua dan buta, tetapi ingin melihat Nabi Muhammad.

Akhirnya, Nabi Muhammad menyarankan anak itu untuk mengajarkan ayahnya agar melakukan sholawat tersebut. Ayah dari lelaki itu bisa melihat nabi di dalam mimpinya. Bahkan, itulah yang menjadikannya bisa meriwayatkan hadits dari Nabi Muhammad.

Apa keuntungannya jika kita bisa melihat Nabi Muhammad? Jadi, kita bisa memperoleh banyak syafaat dari beliau. Hal itu juga menjadikan kita mempunyai keimanan yang lebih kuat. Itulah yang nantinya menjadikan kita sebagai manusia yang rajin beribadah dan selalu mendekatkan diri kepada Allah.

Hal tersebut juga menjadikan kita lebih dicintai oleh Nabi Muhammad. Jika dicintai olehnya, maka di akhirat nanti kita juga bisa berjumpa dengan beliau. Itu merupakan keinginan dari banyak umat muslim di dunia, sehingga Anda tidak boleh melewatkan kesempatan tersebut.

4. Membuka Banyak Pintu Rezeki

Manfaat lainnya dari sholawat tersebut adalah dibukakannya pintu rezeki dari segala arah dan tanpa disangka-sangka. Jadi, barangsiapa yang sering mengucapkan sholawat tersebut niscaya tak akan pernah kekurangan rezeki.

Bahkan, ketika Anda sedang mengalami kekurangan, akan selalu ada saja rezeki atau bantuan yang datang. Oleh karena itu, ketika sedang menghadapi masalah, banyak umat muslim yang menjadikan sholawat tersebut sebagai salah satu cara untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Mengapa hal tersebut bisa menjadikan Allah menolong kita? Jadi, ketika kita bersholawat, maka itu bisa menghapuskan dosa dan keburukan di dalam diri kita. Selain itu, kita akan memperoleh syafaat dari Nabi Muhammad.

Dengan demikian, hati kita akan menjadi lebih ikhlas. Ketika kita sudah ikhlas, Allah akan memberikan pertolongannya. Pasalnya, Allah adalah Dzat yang suci dan menyukai segala sesuatu yang baik. Sementara itu, sholawat adalah hal yang baik, sehingga itu mampu menjadikan Allah ridho dengan kita.

5. Membantu Melariskan Dagangan

Jika Anda adalah seorang pedagang, maka jadikan sholawat ini sebagai salah satu senjata utama untuk melariskan dagangan. Sudah ada banyak orang yang membuktikan keutamaan yang satu ini. Oleh karena itu, cobalah saja untuk melakukannya setiap hari atau saat akan membuka toko.

Baca Juga  Masya Allah, Tabarakallah, Alhamdulillah: Arti & Implementasinya

Dijamin, dagangan tersebut akan lebih cepat laku. Selain itu, rezeki yang diperoleh dari berdagang juga akan lebih berkah dan bermanfaat. Kombinasikan sholawat ini dengan surat lainnya seperti Al-Fatihah dan Al-Ikhlas. Dengan begitu, rezeki akan berdatangan dan dagangan bisa terhindar dari berbagai gangguan buruk.

Selain digunakan untuk melariskan dagangan, sholawat tersebut juga bagus untuk memperlancar karir. Jadi, para pencari kerja sebaiknya mengamalkan sholawat yang satu ini agar cepat mendapatkan pekerjaan yang terbaik.

Pelajar dan pekerja juga bisa mengamalkannya agar Allah memberikan kelancaran dalam melakukan kegiatan menuntut ilmu ataupun mencari rezeki. Allah juga akan melindungi siapapun yang mengucapkan sholawat tersebut dari berbagai keburukan dan marabahaya di sekitarnya.

6. Memberikan Keselamatan

Keutamaan lainnya dari sholawat tersebut adalah diberikannya keselamatan untuk siapapun yang mengucapkan sholawat tersebut secara lahir dan batin. Allah memang sudah menjamin hal tersebut.

Hal itu dijanjikan Allah dengan mengatakan bahwa siapapun yang bersholawat sebanyak 300.000 kali dalam seminggu akan mendapatkan keselamatan dari Allah. Oleh karena itu, kami menyarankan umat muslim untuk melakukan sholawat tersebut setiap harinya.

Namun, jangan memaksakan diri untuk melafalkan itu sebanyak 300.000 kali seminggu. Ucapkan saja sholawat tersebut sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jadi, lakukan itu sebisanya. Namun, pastikan untuk membacanya setiap hari agar merasakan banyak keutamaannya.

Keselamatan itu tak hanya akan didapatkan di dunia saja, tetapi juga di akhirat kelak. Orang-orang yang sering melafalkan sholawat tersebut nantinya akan mendapatkan pertolongan dari Allah. Pasalnya, nabi akan mengingat siapapun yang sering menyebut namanya dalam sholawat.

Oleh karena itulah, sebaiknya ajarkan juga tentang sholawat itu kepada orang tersayang dan keluarga. Hal itu akan menjadikan di akhirat kelak semua orang tersayang Anda akan bisa berkumpul dan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad.

7. Dipermudah saat Ajal

Ternyata, sholawat yang satu ini juga bisa menolong kita saat sedang menghadapi sakaratul maut. Siapapun umat muslim yang mengucapkan sholawat tersebut sebanyak 3 kali setelah selesai melaksanakan sholat fardhu setiap harinya akan mendapatkan kemudahan dan pertolongan saat ajalnya.

Jadi, saat ajal, orang tersebut akan didatangi oleh malaikat yang diperintahkan oleh Allah. Malaikat akan menjadi pelindung setiap manusia yang mendekati ajal.

Itulah yang menjadikan sholawat ini sangat layak untuk dibaca karena bisa menjadikan kita mendapatkan perlindungan dari Allah melalui malaikat-malaikatNya.

Terakhir, cara terbaik untuk mengamalkan sholawat Jibril tersebut adalah dengan melafalkannya sebanyak 1000x setiap selesai sholat fardhu. Selain itu, jika ada hajat yang diinginkan, maka itu juga bisa diperoleh dengan melakukan sholawat ini.

Caranya adalah dengan melakukan sholat hajat saat tengah malam sebanyak dua rakaat. Kemudian, bacalah sholawat tersebut setelah selesai melakukan sholat hajat tersebut.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status