Home » Pendidikan » Bacaan Doa Dzikir Pagi dan Petang Pembuka Rezeki

Bacaan Doa Dzikir Pagi dan Petang Pembuka Rezeki

Dzikir pagi dan petang merupakan amalan penting dalam Islam yang dilakukan setelah shalat Subuh dan Ashar. Amalan ini memiliki keutamaan tinggi, sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran dan Hadis.

Dalam Al-Quran dan Hadis, telah dijelaskan tentang keutamaan dzikir pagi dan petang. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Imran ayat 191, “Ingatlah Allah dengan berdzikir di waktu pagi dan petang.” Ini menunjukkan bahwa dzikir pagi dan petang adalah amalan yang sangat dianjurkan dan memiliki keutamaan yang tinggi.

Rasulullah SAW juga menekankan pentingnya dzikir pagi dan petang dalam sebuah hadis riwayat Abu Dawud, “Barangsiapa yang membaca dzikir pagi dan petang, maka ia akan dilindungi oleh Allah dari segala kejahatan yang ada di bumi dan langit.”

Dzikir pagi dan petang memberikan manfaat seperti mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan kualitas hidup, melindungi dari gangguan syaitan, dan mengurangi stres.

Bacaan Doa Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah yang Shahih

Bacaan Doa Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah yang Shahih

Dibawah ini kita akan membagikan beberapa bacaan doa dzikir pagi dan petang lengkap yang sesuai dengan sunnah yang shahih. Inilah ulasan lengkapnya yang akan langsung dipaparkan sebagai berikut:

1. Ta’awwuz (Bacaan Dzikir Pagi dan Petang Dibaca 1 Kali)

Dzikir pagi dan petang Ta’awwuz adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dengan membaca dzikir ini bertujuan untuk memohon perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT terhadap segala keburukan dan bahaya yang mungkin mengancam diri kalian. Ta’awwuz sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti “memohon perlindungan” atau “memohon pertolongan”.

Dzikir pagi dan petang Ta’awwuz sangat penting karena bisa membantu kalian untuk menjaga keselamatan dan keamanan dari segala ancaman dan godaan yang datang dari setan atau manusia. Berikut adalah beberapa dzikir pagi dan petang Ta’awwuz yang bisa kalian amalkan :

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

Latin : A’uudzu billaahi minasy-syaithoonir-rojiim

Artinya yaitu : “Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.”

Baca Juga: Manfaat Membaca Doa Qunut di Pagi dan Petang

2. Bismillah (Bacaan Dzikir Pagi dan Petang)

Di antara dzikir-dzikir yang dianjurkan untuk dilakukan pada pagi dan petang hari adalah membaca Bismillahirrahmannirrahim. Bismillahirrahmannirrahim adalah kalimat pembuka yang sering kali diucapkan sebelum memulai segala sesuatu.

ِبِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Latin : Bismillahirrahmannirrahim

Artinya yaitu : “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”

Dalam Islam, membaca Bismillahirrahmannirrahim di pagi dan petang hari adalah sangat dianjurkan. Banyak keutamaan yang terkait dengan membaca kalimat tersebut. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca Bismillahirrahmannirrahim di pagi dan petang hari :

  • Membuka pintu keberkahan
Baca Juga  Doa Wudhu Arab Latin Beserta Cara Wudhu yang Benar

Membaca Bismillahirrahmannirrahim di pagi dan petang hari dapat membuka pintu keberkahan dan kebaikan. Allah SWT sangat menyukai orang yang memulai segala sesuatu dengan menyebut nama-Nya.

  • Mendapat perlindungan dari Allah SWT

Dengan membaca Bismillahirrahmannirrahim di pagi dan petang hari bisa memberikan perlindungan dari Allah SWT. Allah SWT akan memelihara hamba-Nya yang senantiasa mengingat dan menyebut nama-Nya.

  • Memperkuat iman

Dengan membaca Bismillahirrahmannirrahim dan mengingat nama Allah SWT secara terus-menerus, bisa memperkuat keyakinan kita kepada-Nya.

  • Menjauhkan dari keburukan

Membaca Bismillahirrahmannirrahim di pagi dan petang hari akan menjauhkan kalian dari keburukan dan kemaksiatan. Dimana kalian akan selalu dijaga oleh Allah SWT jika senantiasa mengingat dan menyebut nama-Nya.

3. Ayat Kursi (Bacaan Dzikir Pagi dan Petang, Dibaca 1 Kali)

Selain dzikir pagi dan petang, membaca Ayat Kursi juga sangat dianjurkan dalam Islam. Ayat Kursi adalah ayat ke-255 dari Surat Al-Baqarah yang merupakan surat ke-2 dalam Al-Quran. Ayat Kursi adalah salah satu ayat yang paling agung dalam Al-Quran dan memiliki keutamaan yang sangat besar.

Membaca Ayat Kursi setiap hari bisa memberikan perlindungan dari segala macam bahaya, menghilangkan kesulitan dan mendatangkan keberkahan. Membaca Ayat Kursi juga bisa membantu mengatasi rasa takut dan kecemasan juga memberikan ketenangan dan kedamaian dalam hati.

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Latin : Allahu la ilaha illa huw, al-hayyul-qayyum, la ta’khuzuhu sinatuw wa la na’um, lahu ma fis-samawati wa ma fil-ard, man zallazi yasyfa’u ‘indahu illa bi’iznih, ya’lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bisyai’im min ‘ilmihi illa bima sya’, wasi’a kursiyyuhus-samawati wal-ard, wa la ya’uduhu hifzuhuma, wahuwal-‘aliyyul-‘azim

Artinya: “Allah tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi) melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang (berada) di hadapan mereka, dan di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari Ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS Al Baqarah: 255).

Baca Juga: Ayat Kursi: Arab, Latin, Arti dan Waktu Terbaik Membacanya

4. Al-Ikhlas (Bacaan Dzikir Pagi dan Petang, Dibaca 3 Kali)

Dzikir Al-Ikhlas terdiri dari empat ayat yang terdapat dalam surat Al-Ikhlas di dalam Al-Quran. Dzikir ini sangat mudah dilakukan dan bisa kalian lakukan di mana saja dan kapan saja. Berikut ini doa dan artinya :

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ۝ اللَّهُ الصَّمَدُ۝ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ۝ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ۝

Latin : Qul huwal laahu ahad Allah hus-samad lam yalid wa lam yoolad wa lam yakul-lahu kufuwan ahad

Artinya: “Katakanlah, Dia-lah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah (Rabb) yang segala sesuatu bergantung kepada-Nya. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan-Nya.” (QS Al Ikhlas: 1–4)

Baca Juga  Bacaan Sholawat Jibril, Arti, Keutamaan dan Asal Usulnya Lengkap

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai dzikir Al-Ikhlas dan juga manfaat yang bisa kalian dapatkan setelah mengamalkannya.

Dzikir Al-Ikhlas bisa dilakukan pada pagi hari setelah shalat subuh atau pada petang hari setelah shalat Ashar. Caranya sangat mudah, cukup membaca surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, kemudian diikuti dengan membaca surat Al-Falaq dan surat An-Nas sebanyak tiga kali juga. Selanjutnya, mengangkat kedua telapak tangan ke arah langit dan mengucapkan doa agar dilindungi dari segala jenis gangguan dan bencana.

Manfaat dari Dzikir Al-Ikhlas

Dzikir Al-Ikhlas memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan bagi yang mengamalkannya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari dzikir Al-Ikhlas:

  • Menghadirkan keikhlasan dalam hati
  • Melindungi dari gangguan syaitan
  • Mendapatkan pahala
  • Membantu menghilangkan stress

5. Al-Falaq (Bacaan Dzikir Pagi dan Petang, Dibaca 3 Kali)

Salah satu dzikir yang sangat dianjurkan adalah membaca surat Al-Falaq. Surat Al-Falaq merupakan surat ke-113 dalam Al-Quran yang terdiri dari 5 ayat. Surat Al-Falaq berisi tentang perlindungan Allah dari kejahatan yang disembunyikan oleh setan dan musuh. Berikut adalah bacaan dzikir pagi dan petang Al-Falaq :

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ۝ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ ۝ وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ ۝ وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ ۝ وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ۝

Latin : Qul a’uzuu bi rabbil-falaq min sharri ma khalaq wa min sharri ghasiqin iza waqab wa min sharrin-naffaa-thaati fil ‘uqad wa min shar ri haasidin iza hasad

Artinya: “Katakanlah: ‘Aku berlindung kepada Rabb Yang Menguasai Subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang mengembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki’.” (QS Al Falaq: 1–5).

Baca Juga: Kelebihan Membaca Doa Kedua Orang Tua Waktu Pagi dan Petang

6. An-Nas (Bacaan Dzikir Pagi dan Petang, Dibaca 3 Kali)

Dzikir An-Nas memiliki arti yang sangat dalam dan mengandung makna yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang dzikir An-Nas dan bagaimana cara membacanya.

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ۝ مَلِكِ النَّاسِ ۝ إِلَهِ النَّاسِ ۝ مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ ۝ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ ۝ مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ۝

Latin : Qul a’uzu birabbin naas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min sharril was waasil khannaas. Al lazii yuwas wisu fii suduurin naas. Minal jinnati wan naas.

Artinya : “Katakanlah: ‘Aku berlindung kepada Rabb (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan (Ilah) manusia. Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi. Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada-dada manusia. Dari golongan jin dan manusia’.” (QS An-Nas : 1–6).

Keutamaan dan Keajaiban Membaca Doa Dzikir Pagi dan Petang

Keutamaan dan Keajaiban Membaca Doa Dzikir Pagi dan Petang

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali lupa akan pentingnya mengingat sang Pencipta. Dzikir pagi dan petang merupakan salah satu cara untuk senantiasa ingat akan Allah SWT dan bersyukur atas segala karunia yang telah diberikan kepada kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas keutamaan dan keajaiban yang terkandung dalam membaca doa dzikir pagi dan petang.

Berikut keutaman dan kejaiban ketika membaca doa dzikir pagi dan petang:

  1. Perlindungan dari Gangguan Setan
Baca Juga  Niat dan Cara Sholat Istikharah Serta Doa Setelah Istikharah

Membaca doa dzikir pagi dan petang dapat melindungi kita dari gangguan setan. Saat kita melantunkan dzikir, kita akan diberi kekuatan spiritual yang mampu menjauhkan setan dari kehidupan kita.

  1. Ketenangan Hati

Dzikir pagi dan petang memiliki efek yang luar biasa dalam memberikan ketenangan dan kedamaian hati. Ketika kita melantunkan dzikir, kita merasa lebih dekat dengan Allah SWT, sehingga hati kita akan merasa tenang dan damai.

  1. Melancarkan Rezeki

Keutamaan lain dari membaca doa dzikir pagi dan petang adalah melancarkan rezeki. Dengan rutin melantunkan dzikir, kita membuka pintu rezeki yang lebih luas dan berkah dari Allah SWT.

  1. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Dzikir pagi dan petang juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas ibadah kita. Ketika kita rutin melantunkan dzikir, kita akan lebih khusyuk dalam beribadah dan mampu meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

  1. Menghindarkan dari Bencana dan Musibah

Salah satu keajaiban membaca doa dzikir pagi dan petang adalah menghindarkan kita dari bencana dan musibah. Dengan melantunkan dzikir secara rutin, kita memohon perlindungan dari Allah SWT agar terhindar dari segala bentuk bencana dan musibah.

  1. Membangun Hubungan yang Baik dengan Sesama

Dzikir pagi dan petang juga membantu kita membangun hubungan yang baik dengan sesama. Ketika kita lebih sering mengingat Allah SWT, kita akan lebih peka terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain, sehingga kita akan lebih mudah menjalin hubungan yang harmonis dengan sesama.

  1. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Membaca doa dzikir pagi dan petang secara rutin akan membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT. Dengan mendekatkan diri kepada-Nya, kita akan selalu mendapatkan petunjuk dan perlindungan dalam menjalani kehidupan.

Baca Juga: Mengamalkan Dzikir Setelah Sholat Ketika Pagi dan Petang

Akhir Kata

Demikian yang bisa dijelaskan tentang bacaan dzikir pagi dan petang sesuai dengan sunah yang shahih. Kalian bisa praktekan langsung, dimana dengan membaca dzikir secara rutin dan niat mendekatkan diri kepada Allah SWT, maka kalian akan dijauhkan dari segala godaan setan dan manusia.

Dzikir pagi dan petang membantu kita bersyukur atas nikmat Allah dan melindungi dari gangguan. Oleh karena itu, penting meluangkan waktu untuk membaca doa dan dzikir guna meningkatkan kualitas hidup.

Sebagai umat muslim, mari kita rutin membaca doa dan dzikir pagi serta petang untuk mendapatkan rezeki halal, menguatkan hubungan dengan Sang Pencipta, dan menjadi contoh bagi orang di sekitar kita.

Faq: Pertanyaan Umum Mengenai Dzikir Pagi dan Petang

Bagaimana cara membaca dzikir pagi dan petang yang benar?

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, dzikir pagi dan petang sangat penting untuk menjaga keseimbangan spiritual kita. Untuk memastikan kita melakukannya dengan benar, yakni dengan menyiapkan diri, memilih waktu yang tepat, dan menggunakan doa yang sesuai yang mana telah kami jelaskan di artikel ini.

Apa kesalahan umum saat membaca dzikir pagi dan petang?

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, dzikir pagi dan petang sangat penting untuk menjaga keseimbangan spiritual kita. Untuk memastikan kita melakukannya dengan benar, berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu diikuti:

  1. Menyiapkan Diri.
  2. Memilih Waktu yang Tepat.
  3. Menggunakan Doa yang Sesuai.

Bagaimana agar dzikir pagi dan petang lebih bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari?

Berikut adalah beberapa tips agar dzikir pagi dan petang lebih bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari kita:

  1. Menyatukan Hati dan Pikiran.
  2. Menambah Pengetahuan.
  3. Melakukan Amalan Lainnya.
  4. Berbagi dengan Orang Lain.
  5. Evaluasi Diri.
  6. Sabar dan Istiqomah.

Dzikir pagi dan petang merupakan salah satu amalan yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Dengan melakukannya secara benar dan konsisten, kita akan mampu menjaga keseimbangan spiritual dan mendapatkan manfaat yang luar biasa dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, marilah kita tingkatkan kualitas dzikir kita dan jadikan kehidupan ini lebih bermakna dan bermanfaat bagi diri kita maupun orang-orang di sekitar kita.

Baca Juga: Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Menurut Islam di Pagi dan Petang Hari

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status