Home » Berita » Review Pantai Menganti, Alamat, Harga Tiket dan Rute

Review Pantai Menganti, Alamat, Harga Tiket dan Rute

Iuwashplus.or.id Berwisata ke pantai sampai saat masih menjadi favorit banyak orang. Tidak heran jika pantai-pantai selalu banyak pengunjung ketika musim liburan tiba. Keseruan bermain ombak dan pasir di pantai memang jadi daya pikat tersendiri bagi para wisatawan, tak terkecuali di pantai Menganti yang ada di Kebumen, Jawa Tengah.

Pemandangan pantai Menganti juga tidak kalah eksotis dibanding dengan pantai-pantai indah lainnya yang ada di Indonesia. Tidak salah jika destinasi wisata ini Anda masukkan ke list tempat yang akan dikunjungi saat liburan tiba.

Asal-usul Penamaan Nama Pantai Menganti

Asal-usul Penamaan Nama Pantai Menganti

Sebelum berkunjung ke pantai yang ada di Kabupaten Kebumen ini, Anda perlu menambah wawasan terlebih dahulu dengan mengetahui legendanya. Di balik keelokan pantainya yang beritu memikat, ada kisah berkembang yang dipercayai oleh masyarakat setempat sampai saat ini.

Konon, ada seorang panglima perang yang berasal dari Kerajaan Majapahit yang melarikan diri ke daerah pesisir selatan Pulau Jawa yang dahulunya bernama Jawadwipa. Alasan mengapa panglima perang ini melarikan diri adalah karena hubungan asmara yang dijalin kala itu tidak mendapatkan restu dari Raja.

Panglima dan kekasihnya kemudian sepakat untuk bertemu di pesisir pantai yang memiliki pasir putih yang indah. Dalam penantiannya, panglima rupanya begitu kecewa karena pujaan hatinya tersebut tidak kunjung menampakkan diri dan terus menunggu di atas bukit kapur sambil memandangi lautan luas. Di situlah mengapa pantai ini dinamai Pantai Menganti, yang artinya menanti.

Adanya Mitos yang Perlu Diketahui

Adapun mitos yang harus diikuti oleh para pengunjung di sana ialah, tidak boleh menggunakan baju berwarna hijau karena akan menyamai warna gaun yang dikenakan Nyi Roro Kidul. Mitos ini juga berlaku ketika Anda mengunjungi Pantai Parangtritis. Kesamaan mitos berupa pantangan dari kedua pantai ini mungkin karena sama-sama pantai yang berada si pesisir Pulau Jawa.

Baca Juga  Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G, Tablet Tahan Air Kekinian

Legenda versi lain dari asal-usul pantai ini jauh berbeda dari yang sudah disebutkan di atas. Konon, dahulu kala terjalinlah persahabatan yang dijalin antara salah satu Wali Songo bernama Syekh Maulana Malik Ibrahim dengan Syekh Subakir. Mereka melakukan perjalanan bersama dalam upaya menyebarkan Agama Islam.

Ditengah perjalanannya, kedua sahabat ini memutuskan untuk menyebarkan Agama Islam secara terpisah, dan kemudian membuat perjanjian akan bertemu kembali di Pantai ini. Kala itu, Syekh Maulana datang terlebih dahulu lalu menanti kedatangan sahabatnya, Syekh Subakir.

Menurut cerita yang kepastiannya masih simpang siur, Syekh Maulana kemudian pergi ke Arab, sementara Syekh Subakir pergi ke Gunung Tidar yang berada di Magelang. Meskipun kedua legenda ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya, Pantai Menganti adalah pantai yang sangat cantik dan direkomendasikan untuk Anda kunjungi.

Baca Juga: Hotel.co.id: Situs Cari Hotel Termurah dan Terbaik 2023

Ragam Spot Wisata di Pantai Menganti

Ragam Spot Wisata di Pantai Menganti

Romantisme Pantai Menganti sudah terasa ketika Anda memijakkan kaki pertama kali di pantai ini. Pemandangan dengan pasir pantainya yang bersih membuat para wisatawan bisa mendapatkan suasana liburan yang menyenangkan.

Selain pantainya, ada beberapa objek wisata lain yang bisa Anda nikmati di sana. Inilah beberapa objek atau spot menarik lain yang ada di pesisir Jawa ini.

1. Spot Wisata Jembatan Merah

Jembatan Merah bisa dibilang spot yang paling menarik di sini. Jembatan yang berjarak sekitar 300 meter dari pantai ini menjadi spot paling banyak dikunjungi untuk berfoto dan mengabadikan momen bersama pasangan maupun keluarga.

Lokasi yang dekat dengan pantai membuat pemandangan di sekitar jembatan begitu terlihat asri dan indah. Udara segar tentu juga bisa Anda nikmati saat berada di atas jembatan ini.

2. Tanjung Karang Bata dan Bukit Sigatel

Tanjung Karang dan Bukit Sigatel adalah spot yang bisa Anda nikmati selanjutnya secara gratis. Kedua tempat ini berada di lokasi yang berdekatan sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari spot dengan keindahan alam yang alami dan asri.

Saat menyusuri bukit ini, pastikan Anda memakai pakaian yang nyaman dan mempersiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup. Jangan lupa untuk beristirahat jika merasa lelah sebelum melanjutkan penyusuran.

Baca Juga  10 Kolam Renang di Purwokerto Untuk Liburan Bersama Keluarga

3. Balon Udara dan Sepeda Gunung

Berbeda dengan spot di Tanjung Karang Bata dan Bukit Sigatel yang bisa dinikmati secara cuma-cuma, objek balon udara dan sepeda gunung juga bisa dinikmati dengan membayar Rp 15.000 saja. Sangat terjangkau untuk menikmati view pantai yang begitu indah dari atas balon udara ataupun sepeda. Anda bisa membawa jajanan ketika naik ke atas, karena Pantai Menganti ini masih belum bisa memberikan makanan khas yang beragam kepada para wisatawan.

Jika ingin menguji adrenalin, maka wahana ini wajib untuk dicoba. Dengan catatan, fisik Anda pada saat itu benar-benar sedang dalam kondisi prima. Wahana ini pasti akan bertambah seru jika Anda naiki bersama kekasih atau pasangan.

4. Berenang di Pantai Menganti

Berada di pantai tentu saja berenang adalah hal yang sayang jika dilewatkan. Jika ingin bermain ombak atau berenang di pantai, jangan lupa untuk membawa baju ganti serta menggunakan pelampung agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk Anda yang tidak lihai berenang, maka bermain pasir di bibir pantai sambil menikmati ombak juga bisa dilakukan. Berenang di bibir pantai saja juga sudah bisa memberikan sensasi ombak yang sangat menyenangkan. Perlu diketahui, ombak di pantai Menganti cukup kuat, jadi ketika berada di pantai tetap perhatikan keselamatan anggota keluarga lain terlebih yang masih anak-anak.

Baca Juga: Pemandian Pariban Berastagi, Wisata Air Dengan Konsep Unik

Informasi Alamat, Tiket Masuk, Fasilitas dan Jam Buka Pantai Menganti

Informasi Alamat, Tiket Masuk, Fasilitas dan Jam Buka Pantai Menganti

Berencana melakukan perjalanan jauh tentu membutuhkan banyak persiapan. Bagi Anda yang saat ini sedang mencari-cari informasi tentang Pantai Menganti sebagai tempat tujuan wisata, berikut ini adalah beberapa rangkuman yang wajib untuk disimak.

Dengan mengetahui segala informasi ini, Anda bisa lebih matang dalam mempersiapkan perjalanan bersama keluarga maupun pasangan.

1. Alamat dan Rute

Salah satu pantai eksotik di pesisir Jawa ini berada di Jl Pantai Menganti, Karangduwur, Kebumen, Jawa Tengah dengan rute yang cukup berkelok-kelok dan berbukit. Meski demikian, semua kelelahan selama perjalanan terbayar lunas dengan pemandangan luar biasa dari pantai ini yang begitu menawan hati.

Keindahan pantai bisa langsung terasa dari atas bukit meski Anda belum menyentuh ombak dan pasirnya. Jarak antara Pantai dari pusat Kota Kebumen ini terbilang dekat, yaitu sekitar 40 km ke selatan.

Baca Juga  Skandal Video Viral Ciwidey Wanita Bercadar, Pamer Bagian Sensitif di Lokasi Wisata!

2. Tiket Masuk

Tiket masuk ke pantai ini sangatlah terjangkau. Untuk menikmati sensasi ombak Samudra Hindia di Pantai yang indah ini tidak akan membuat kantong Anda jebol. Dengan harga yang relatif bisa dijangkau ini, Anda bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Uang tiket masuk yang perlu dipersiapkan adalah Rp 10.000. Perlu anda ketahui, jika parkir mobil atau motor di sana gratis karena tiket masuk tadi sudah termasuk biaya parkir. Tentu harga tiket masuk ini sangatlah murah, jadi tidak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang terpikat ingin berlibur melepas penat di salah satu pantai di Jawa Tengah ini.

3. Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki pantai yang sudah dikelola oleh pemerintah ini terbilang sudah lengkap, sehingga tidak heran jika pantai ini selalu penuh oleh wisatawan. Selain menawarkan pantainya yang begitu cantik dan spot foto yang sangat epik, fasilitas yang memudahkan para pengunjung menjadi daya tarik tersendiri. Inilah beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati diantaranya.

  • Parkir luas
  • Spot foto
  • Toilet
  • Food court
  • Musholla

4. Jam Buka Pantai

Salah satu hal menarik dari Pantai Menganti ini adalah buka 24 jam, sehingga Anda bisa datang di kawasan pantai ini bebas pada waktu kapan saja. Tapi jika Anda ingin mencari waktu terbaik untuk menikmati pantai ini adalah pada waktu sunrise sekitar jam 05.00 dan waktu sunset sekitar jam 18.00.

Perlu diingat sekali lagi, pantai ini memiliki rute perjalanan yang berliku dan ditambah dengan minimnya penerangan, maka lebih baik pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan. Dengan memperhatikan waktu ini, perjalanan Anda jadi lebih tenang dan terhindar dari hal-hal yang sema sekali tidak diinginkan. Paling penting, Anda bisa menikmati pesona pantai dengan perasaan aman dan nyaman.

Baca Juga: 10 Kolam Renang di Purwokerto Untuk Liburan Bersama Keluarga

Akhir Kata

Membaca ulasan Pantai Menganti dari sini tentunya membuat Anda semakin tertarik ingin menilik dan menikmati keindahan pantainya secara langsung. Jika saat ini Anda kebetulan sedang berada di Kebumen, jangan lupa untuk menyambangi pantai cantik ini.

Sementara bagi Anda yang memang berencana ingin berlibur ke sana, maka persiapkan segalanya dengan matang termasuk, kondisi tubuh dan kendaraan yang akan digunakan.

“Kehidupan adalah pantai yang luas. Setiap tetes air adalah sejarah yang akan dihapus oleh deburan ombak.”Paulo Coelho

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status