Home » Pendidikan » Cerita Pendek (Cerpen) Terbaik Tentang Tema Persahabatan

Cerita Pendek (Cerpen) Terbaik Tentang Tema Persahabatan

Iuwashplus.or.id ada rekomendasi buat bacaan cerita pendek yang tentang persahabatan nih! Tema yang universal banget dan pasti udah sering kita alamin sendiri. Milih beberapa cerita terbaik tentang tema yang luas gini emang gak gampang, tapi kami pilih cerita dari para ahli penulis cerpen terbaik yang pastinya semua ceritanya nyentuh soal persahabatan. Bahkan, persahabatan jadi tema utama di banyak cerita-cerita ini. Yuk, langsung aja kita liat daftarnya!

Berikut 12 Cerpen Singkat Persahabatan

1. Binatang di Hutan

Judul: Binatang di Hutan
Pengarang: Henry James
Tanggal Rilis: 6 Februari 2005

Cerpen pertama kita mau ceritain nih tentang satu cerita panjang dari tahun 1903 yang sering juga disebut ‘novella’ yang ditulis sama Henry James, judulnya ‘The Beast in the Jungle’. Di cerita ini, James bikin karakter cowok dan cewek yang berteman tapi hubungan mereka gak pernah berubah jadi romantis karena si cowok, John Marcher, takut banget bakal ada bencana yang ngerusakin hidup dia. Nah, dari situ James justru ngeliatin bagaimana takut akan kematian itu bisa bikin kita jadi gak mau hidup dengan berani.

May, si cewek yang sabar dan loyal nemenin John terus dan berusaha bantu dia ngalahin takutnya itu. Tapi, si ‘beast’ yang ngeri di dalam hutan pikiran John bakal keluar gak sih? Cerita ini adalah salah satu karya terbaik dari James soal kematian dan gimana ketakutan yang gak masuk akal bisa bikin kita jadi gak berani hidup. Menurut kita, cerita ini jadi contoh terbaik bagaimana James berhasil ngebantah klise cerita cinta yang udah umum banget.

2. Sahabat yang Berbakti

2. Sahabat yang Berbakti

Judul: Sahabat yang Berbakti
Pengarang: Oscar Wilde
Tanggal Rilis: 1888

Baca Juga  Pengertian Buku Fiksi, Ciri-ciri, Struktur, dan Jenisnya Lengkap

Cerpen kedua ada satu dongeng anak dari penulis asal Irlandia, Oscar Wilde (1854-1900) yang judulnya ‘The Devoted Friend’. Ceritanya masuk dalam kumpulan cerita ‘The Happy Prince and Other Tales’ yang diterbitin tahun 1888.

Jadi, di cerita ini ada si Miller yang namanya Hugh, yang mengaku-ngaku deh kalau dia temenan yang baik banget sama si Hans. Tapi, sebenernya Hugh cuma manfaatin Hans aja terus minta bantuan ke dia terus menerus tanpa pernah ngebales budi baiknya. Ceritanya tentang persahabatan yang cuma satu arah doang gitu dan bikin kita kasian sama Hans yang udah baik hati ke Hugh, tapi Hugh malah egois banget sama temennya itu. Sigh, bener-bener temen pas butuh doang deh ya.

3. Telemakus Teman

Judul: Telemakus Teman
Pengarang: O. Henry Alias William Sydney Porter
Tanggal Rilis: Tidak Diketahui

Cerpen ketiga kita mau ceritain tentang penulis cerpen dari Amerika Serikat yang namanya O. Henry, yang sebenernya nama aslinya William Sydney Porter (1862-1910). Ciri khas dari cerpen-cerpen pendek buatannya tuh isinya ironic, kadang-kadang sentimental, dan endingnya selalu bikin kita kaget.

Di cerpen ‘Telemachus, Friend’ ini, naratornya lagi balik dari perburuan di New Mexico terus dia denger cerita dari si pemilik hotel yang namanya Telemachus Hicks. Nah, waktu narator nunjuk ke telinga Hicks yang kepotong, Hicks bilang kalo telinganya itu adalah relic dari persahabatan yang sejati.

4. Bulu

4. Bulu

Judul: Bulu
Pengarang: Saki Alias Hector Hugh Munro
Tanggal Rilis: Tidak Diketahui

Cerpen keempat ada cerita dari Hector Hugh Munro (1870-1916) yang nulisnya pake nama samaran Saki, judulnya ‘Fur’. Di cerita ini, kita dapet sudut pandang yang agak sinis soal persahabatan. Ada cewek muda yang namanya Suzanne yang pengen banget punya kado mahal dari sepupunya yang kaya, Bertram. Temennya, Eleanor, punya rencana biar si Bertram beliin Suzanne stole dari bulu rubah perak yang jadi fokus cerita ini.

5. Setelah Perlombaan

5. Setelah Perlombaan

Judul: Setelah Perlombaan
Pengarang: James Joyce
Tanggal Rilis: 1914

Baca Juga  Pengertian Buku Fiksi, Ciri-ciri, Struktur, dan Jenisnya Lengkap

Cerpen kelima kita mau ceritain tentang salah satu cerita dari kumpulan cerita ‘Dubliners’ karangan James Joyce yang judulnya ‘After the Race’. Di cerita ini fokus ke kejadian setelah balapan mobil selesai dan ngelanjutin cerita selama sehari penuh dan sampe malam. Protagonisnya, Jimmy Doyle, dan temen-temen Eropa dia jalan-jalan di Dublin, makan malam di hotel, ngomongin politik dan musik dan lain sebagainya, terus mereka naik kereta ke pelabuhan dan naik kapal yacht untuk minum-minum, nari-nari, dan main kartu sampe mabok.

6. Mulut Cantik dan Mata Hijauku

Judul: Mulut Cantik dan Mata Hijauku
Pengarang: JD Salinger
Tanggal Rilis: 6 Juli 1951

Cerpen keenam ada cerita dari J.D. Salinger yang judulnya ‘Pretty Mouth and Green My Eyes’. Pokoknya cerita ini tentang kebohongan dan tipu muslihat, di mana tiga orang yang terlibat dalam cinta segitiga ini semuanya jujur-jujuran.

Lee dan Joanie bohong sama Arthur dengan selingkuh tanpa sepengetahuannya. Sementara itu, Arthur juga bisa bohong, menelepon temannya pura-pura kalo istrinya udah balik ke rumah. Persahabatan antara Arthur dan Lee jadi pusat cerita dari Salinger ini.

7. Sahabat

Judul: Sahabat
Pengarang: Grace Paley
Tanggal Rilis: 10 Juni 1979

Cerpen ketujuh kita mau ceritain tentang cerita dari Grace Paley (1922-2007) yang judulnya ‘Friends’. Cerita ini tentang tiga sahabat perempuan, Ann, Susan, dan Faith. Nah, Faith yang jadi naratornya dan cerita ini menceritain tentang kunjungan ketiga sahabat ke Selena yang lagi sekarat, terus setelah itu mereka bertiga ngomongin kenangan masa lalu dan persahabatan mereka bersama.

8. Beberapa dari Kami Telah Mengancam Teman Kami

Judul: Beberapa dari Kami Telah Mengancam Teman Kami
Pengarang: Donald Barthelme
Tanggal Rilis: Tidak Diketahui

Baca Juga  Pengertian Buku Fiksi, Ciri-ciri, Struktur, dan Jenisnya Lengkap

Cerpen kedelapan ada cerita dari penulis Amerika Serikat, Donald Barthelme (1931-89) yang judulnya ‘Some of Us Had Been Threatening Our Friend Colby’. Barthelme tuh sering disebut-sebut sebagai penulis ‘postmodernist’ (tapi dia sendiri gak terlalu nyaman dengan label itu) atau ‘metafiction’ (yang dia kurang suka). Banyak cerita buatannya yang absurd dan lucu banget, tapi kadang-kadang juga bikin kita merinding.

Cerita pendek ini pertama kali diterbitin di kumpulan cerita ‘Amateurs’ pada tahun 1976. Isinya bikin gak nyaman banget, tentang kelompok temen yang lagi ngomongin gimana caranya ngegantung temen mereka yang udah bikin kesalahan yang gak dijelasin itu. Sigh, gak bisa bayangin gimana kelompok temen bisa sampe ke tahap itu.

9. Kebencian, Persahabatan, Pacaran, Cinta, Pernikahan

Judul: Kebencian, Persahabatan, Pacaran, Cinta, Pernikahan
Pengarang: Alice Munro
Tanggal Rilis: 2 Mei 2016

Cerpen kesembilan ada cerita dari penulis cerpen kontemporer terkenal, Alice Munro (lahir 1931) yang judulnya ‘Hateship, Friendship, Courtship, Loveship, Marriage’. Cerita ini diatur di Ontario, Kanada, dan fokus ke persahabatan antara Sabitha dan Edith. Nah, Edith membujuk Sabitha untuk memalsukan surat cinta dari ayah Sabitha untuk Johanna, pembantu rumah tangga yang belum menikah. Tapi akibat keisengan jahat Edith dan Sabitha bakal bikin Johanna jadi korban yang nggak berdaya.

10. Dari Mana Saya Menelepon

Judul: Dari Mana Saya Menelepon
Pengarang: Raymond Carver
Tanggal Rilis: 1983

Cerpen terakhir kita mau ngasih tau tentang cerita pendek dari penulis Amerika Serikat yang namanya Raymond Carver (1938-88) yang judulnya ‘Where I’m Calling From’. Cerita ini pertama kali diterbitin di majalah New Yorker pada tahun 1982.

Isinya tentang seorang pria yang lagi berusaha untuk berhenti dari kecanduan alkohol di pusat rehabilitasi dan dia berusaha hubungin mantan istrinya dan pacarnya yang sekarang, makanya judul ceritanya ‘Where I’m Calling From’. Cerita ini ngebahas tentang kesepian, keterasingan, dan kebutuhan akan hubungan dan persahabatan.

BACA JUGA:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status