Home » Berita » Anime Movie: Pengertian, Ciri Khas, dan Platform Streaming Terpopuler

Anime Movie: Pengertian, Ciri Khas, dan Platform Streaming Terpopuler

Anime movie tentu bukan sesuatu yang asing dan kurang familiar di telinga kita, terutama bagi para penyuka Jepang. Bahkan bagi orang awam, terdapat beberapa alasan untuk menyukai film produksi Jepang ini. Bisa jadi karena visualnya yang bagus dan menarik, atau hanya sekadar hiburan pengisi waktu luang.

Namun, bagi mereka yang mungkin sama sekali tidak pernah menonton anime pasti bertanya-tanya. Apa yang dimaksud anime movie? Jadi tanpa banyak basa basi, berikut ulasan lengkapnya!

Apa Itu Anime Movie?

Apa Itu Anime Movie?

Anime movie adalah istilah yang merujuk pada semua film animasi yang ada di Jepang. Pada umumnya, para animator berdasar pada manga guna menghasilkan film anime yang apik. Walaupun ada pula yang tidak melalui tahap ini saat memproduksi anime.

Jika demikian, apakah anime movie termasuk juga anime? Apakah sama atau dua hal yang berbeda? Jawabannya, sama! Sebab anime sendiri bukanlah media, melainkan hanya gaya animasi. Jadi apapun yang dianimasikan di Jepang, hal tersebut disebut sebagai anime.

Terkadang, anime movie yang dirilis ada hubungannya dengan anime sebelumnya. Namun film anime juga bisa berdiri sendiri tanpa season anime yang terhubung dengannya. Seperti misalnya One Piece yang memiliki ribuan episode anime dan kemudian dirilis juga filmnya.

Dengan demikian, tidak ada perbedaan signifikan antara anime movie dan anime dari segi visual. Hal yang membedakan keduanya adalah durasi, yang mana anime berdurasi puluhan menit namun memiliki episode yang panjang dan terdiri dari beberapa season. Namun anime movie biasanya bisa selesai hanya dalam waktu dua jam.

Perbedaan Anime dan Kartun

Setelah mengetahui pengertian anime movie, selanjutnya mari kita kupas perbedaan anime dan kartun yang perlu diketahui. Berikut ulasannya! 

1. Latar Belakang Anime

Pertama, perbedaan mendasar antara anime dengan kartun adalah latar belakang yang berbeda. Jika anime berasal dari Jepang, maka kartun bisa berasal dari negara mana saja. Seperti misalnya One Piece yang berasal dari Jepang, dan Spongebob Squarepants yang merupakan hasil produksi Amerika.

Baca Juga  anoBoy Apk Download (Streaming Anime Gratis Tanpa Iklan) 2023

2. Style Gambar Anime Movie

Karakteristik gambar anime begitu khas, seperti bentuk wajah yang agak lancip, mata bulat yang besar, ekspresi yang sedikit lebih dramatis, serta warna rambut yang bervariasi. Sebaliknya, kartun memiliki gaya yang lebih sederhana dengan bentuk yang cenderung unik dan lucu.

3. Episode Anime Movie

Jika dibandingkan dengan kartun, anime memiliki lebih banyak episode. Contohnya anime One Piece yang memiliki episode hingga 1000 lebih. Sementara kartun memiliki episode yang lebih pendek serta seri yang singkat.

4. Genre Anime Movie

Siapa yang tak tahu jika anime memiliki banyak genre dan subgenre. Jika ditotalkan, jumlah genre dan subgenre yang ada di dalam anime berjumlah 33. Sangat banyak, bukan?

Keragaman genre tersebut membuat anime semakin digemari banyak orang lantaran dapat memantik diskusi dan perhatian publik. Sementara kartun memiliki genre yang terbatas, seperti petualangan atau komedi. 

5. Biaya Produksi Anime Movie

Dilihat dari segi budget, menggarap anime jauh lebih banyak memakan biaya. Meski sama-sama gambar dua dimensi, namun anime memakan durasi produksi yang lebih lama serta kerap memanfaatkan bantuan teknologi lebih maju untuk menciptakan grafis yang lebih detail dan rumit.

Ciri Khas Anime Movie

Ada beberapa ciri khas yang terdapat dalam anime, yang mana ke-khas-annya ini tentu tidak bisa kamu temukan di dalam tayangan lain. Pertama, anime memiliki banyak genre dan subgenre. Tidak ada tayangan lain yang memiliki ragam genre seperti anime.

Genre dan subgenre inilah yang membuat anime memiliki daya pikat. Genre juga membuat alur cerita terasa lebih greget.

Kedua, anime memiliki tampilan visual yang lebih detail. Karakteristik visual anime ini menjadi pembeda dibanding dengan tampilan visual lain. Sebagai penonton, kamu tentu bisa merasakan ciri khas tersebut.

Ketiga, kaya ekspresi. Hal ini pula yang menjadi ciri khas anime movie, dimana dalam anime tokohnya begitu ekspresif. Bahkan tak jarang jika ekspresi yang ditampilkan terkesan berlebihan.

Terakhir, jalan cerita yang kompleks. Anime biasanya memiliki banyak karakter pendukung dibanding karakter utama. Hal tersebut tentu saja membuat alur ceritanya menjadi sangat kompleks.  

Baca Juga  30 Caption Instagram Keren Memperingati Hari Pramuka Nasional ke-62

Mengapa Anime Movie Banyak Disukai?

Barangkali tak sedikit dari kita yang pernah sekilas mempertanyakan, ‘Mengapa banyak orang suka terhadap anime movie?’ Di dalam artikel ini, kami mencoba menyuguhkan jawabannya. Apa saja? Cekidot!

1. Anime Punya Daya Magis

Eits, jangan samakan poin pertama ini dengan hal-hal mistis, ya! Daya magis di sini lebih mengarah pada konotasi. Dimana saat seseorang menonton anime, ia akan merasa seperti tersihir dan terhipnotis. Kemudian tanpa sadar, ia bisa merasakan masuk ke dalam dunia anime yang dipenuhi ragam nuansa dan emosi.

Anime juga dapat memantik imajinasi penonton ke arah penggambaran yang lebih luas. Bahkan bisa saja penonton dibuat lupa dengan dunia nyata di sekelilingnya saat tengah menonton anime.

2. Visualisasi yang Menarik

Kendati berupa gambar dua dimensi, anime menyuguhkan grafis latar belakang dan karakter yang menarik dan memanjakan mata. Bahkan tak ayal jika anime memiliki grafis yang detail, penuh warna, dan juga terasa nyata. Hal ini tentu menjadi daya pikat untuk dinikmati.

3. Plot yang Memikat

Alasan utama banyak orang menyukai anime lantaran plot-nya yang memikat. Lewat plot cerita, penonton akan memperoleh ragam perspektif mengenai budaya atau nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui plot cerita, anime bahkan dapat dengan mudah menampilkan kritik sosial atas kejadian di masa lalu, kejadian yang sedang berlangsung, maupun kejadian yang akan datang kemudian.

Selain itu, ragam genre anime mampu memantik tema-tema yang layak didiskusikan, yang menarik untuk diperhatikan, dan bahkan yang bisa diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari.

4. Anime Soundtrack yang Mendukung

Tak dapat dinyana jika soundtrack dalam anime menjadi salah satu alasan lain mengapa anime banyak disukai. Soundtrack anime umumnya telah dicocokkan dengan genre anime tersebut. Uniknya, soundtrack anime akan terdengar lebih sempurna dibanding soundtrack pada film lain.

Soundtrack ini sangat mendukung dalam menciptakan dan menghidupkan plot cerita. Selain itu, pemilihan dan penempatan musiknya dirasa begitu pas, enak didengar, serta membuat plot anime terasa lebih emosional.

Kendati banyak situs dan platform yang menawarkan layanan streaming, namun tidak semua platform tersebut legal dan ber-subtitle Indonesia. Berikut adalah platform-platform legal bagi kamu yang belum mengetahui dimana cara menonton anime movie!

1. Amazon Prime Video

Kendati tak banyak yang mengetahui jika platform satu ini juga menyuguhkan tayangan anime, namun tentu bukan tak layak untuk dicoba. Amazon Prime Video terbilang cukup lengkap, bahkan film yang diangkat dari serial anime Evangelion pun ada di sini.

Baca Juga  Batoto Apk Download, Baca Komik Manga Terlengkap Terbaru!

2. Bilibili/Bstation

Bstation adalah platform streaming anime garapan Bilibili. Bagi pengguna smartphone, aplikasi ini dapat diunduh lewat Playstore maupun Appstore. Namun jika ingin mengakses dari PC atau laptop, kamu bisa mengunjungi laman bilibili.tv.

Di Bstation, anime yang disuguhkan terbilang lengkap, bahkan anime populer One Piece pun memiliki episode yang lengkap dan rilis setiap minggu. Namun, ada beberapa anime yang tidak bisa ditonton secara gratis, kamu harus mengupgrade akunmu menjadi premium jika ingin menikmatinya.

3. Funimation

Platform yang ada di bawah naungan Sony Funimation ini menawarkan uji coba gratis selama 2 minggu bagi para pengguna baru. Terdapat ragam serial anime yang bisa kamu tonton di platform ini, lho. Gimana, tertarik mencobanya?

4. IQIYI

Siapa yang tidak familiar dengan platform satu ini? Platform yang menawarkan layanan streaming film ini juga menyediakan anime terpopuler hingga yang baru saja rilis. Terdapat banyak anime yang bisa ditonton secara gratis, namun ada juga beberapa judul yang mengharuskan beralih ke layanan VIP.

Jika merasa terganggu dengan kemunculan iklan, kamu pun disarankan beralih ke VIP. Tentu saja dengan biaya langganan yang cukup terjangkau. Untuk mencobanya, kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Appstore dan Playstore.

5. Viu

Kendati terkenal dengan layanan streaming drama Korea, nyatanya Viu juga menawarkan streaming anime yang cukup lengkap. Beragam anime bisa kamu tonton di sini, seperti misalnya Attack on Titan, Black Clover, Detective Conan, Hunter x Hunter, dan masih banyak lagi.

Aplikasi dengan rating 4,1 ini sangat mudah diakses. Kamu bisa mengunduhnya dari Appstore maupun Playstore jika ingin menggunakannya di smartphone, atau dengan mengakses web-nya di laptop atau PC.

6. Youtube Anime Movie

Eits, siapa nyana jika platform streaming ini juga menyuguhkan anime yang legal. Namun memang tidak semua channel yang mengupload anime adalah legal, ya. Salah satu channel legal yang menawarkan streaming anime adalah Muse Indonesia.

Selain mudah diakses, channel tersebut juga menyuguhkan anime yang cukup lengkap dan gratis. Bahkan, tayangan-tayangan yang dimunculkan pun sudah dilengkapi dengan subtitle bahasa Indonesia agar penonton tak kebingungan mengikuti alur ceritanya.

Dewasa ini, tentu berbagai kemudahan layanan streaming anime movie bisa dengan mudah ditemukan. Di antara platform-platform di atas, platform manakah yang paling kamu sukai? Komen di bawah, ya!

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status