Home » Berita » 10 Kolam Renang di Purwokerto Untuk Liburan Bersama Keluarga

10 Kolam Renang di Purwokerto Untuk Liburan Bersama Keluarga

Iuwashplus.or.id Mendekati musim liburan sekolah, berbagai tempat wisata di Indonesia mulai jadi incaran wisatawan. Salah satu tempat yang paling favorit adalah kolam renang terdekat di Purwokerto. 

Wahana bermain air ini selalu ramai baik musim liburan atau saat weekend. Nah, bagi Anda warga lokal maupun luar kota, berikut rekomendasi kolam renang di Purwokerto. 

10 Rekomendasi Kolam Renang Terdekat di Purwokerto Untuk Isi Liburan

10 Rekomendasi Kolam Renang Terdekat di Purwokerto Untuk Isi Liburan

Purwokerto merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang kaya akan keindahan alam. Letak geografisnya yang berada di dataran tinggi membuat kawasan ini memiliki banyak destinasi bernuansa alam.

Selain gunung dan Curug, Anda juga bisa menemukan destinasi lain seperti kolam renang atau Waterboom. Dan agar tidak salah pilih, berikut rekomendasi kolam renang di Kota Purwokerto:

1. Tirta Kencana Purwokerto

1. Tirta Kencana Purwokerto

Kami berikan rekomendasi kolam renang yang berada di pusat Kota Purwokerto bernama Tirta Kencana. Untuk alamatnya sendiri ada di Jalan Gerilya Timur, Berkoh, Kec. Purwokerto Selatan, Kab. Banyumas Jawa Tengah.

Keunggulan dari wahana bermain ini adalah tempatnya yang luas dan juga bersih. Pilihan jenis kolam renangnya juga lengkap mulai dari anak-anak hingga dewasa. Selain itu, pengunjung juga bebas menikmati wahana seperti seluncuran, ember tumpah dan lain sebagainya. 

Tirta Kencana Purwokerto buka mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00. Untuk tiket masuknya sendiri terbilang murah yaitu sekitar Rp. 7.000 untuk satu orang.

Nama Kolam RenangTirta Kencana Purwokerto
AlamatJL.Gerilya Timur, Berkoh, Kec. Purwokerto Selatan, Kab. Banyumas Jawa Tengah
Jam Buka07:00-17:00 WIB 
Tiket MasukRp. 7.000
Rating Dari Pengunjung⭐⭐⭐⭐⭐

2. Langen Tirto

2. Langen Tirto

Masih berada di Pusat Kota Purwokerto, selanjutnya ada Langen Tirto sebagai rekomendasi kolam renang yang bisa Anda kunjungi saat liburan tiba. Keunggulan dari tempat ini ada pada view di sekitar kolam yang bernuansa sejuk dan asri. Hal ini dikarenakan Langen Tirto terletak di kawasan wisata Baturaden yang terkenal dengan keindahan alamnya. 

Baca Juga  Skandal Video Viral Ciwidey Wanita Bercadar, Pamer Bagian Sensitif di Lokasi Wisata!

Selain itu, fasilitas yang disediakan di Langen Tirto juga sangat lengkap mulai dari jenis kolam renang untuk segala usia, mushola, kamar mandi dan wc umum. Terakhir, kolam renang ini buka mulai dari Senin hingga Minggu mulai dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. 

Nama Kolam RenangLangen Tirto
AlamatJl Raya Baturaden B Prompong Kutasari, Kecamatan Baturaden, Banyumas Jawa Tengah
Jam Buka08:00-16:00 WIB
Tiket MasukRp. 5.000 
Rating Dari Pengunjung⭐⭐⭐⭐⭐

3. GWK Baturaden Purwokerto Waterpark

3. GWK Baturaden Purwokerto Waterpark

Untuk Anda yang mencari kolam renang yang buka di Purwokerto dengan fasilitas lengkap, GWK Baturaden Waterpark adalah salah satunya.  Berlokasi di Jl. Baturaden, Karang Tengah, Kec. Baturaden, Banyumas Jawa Tengah, tempat ini terkenal dengan fasilitasnya yang lengkap dengan arena bermain air lumayan luas.

Selain bermain air, disini Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing, hunting foto, kuliner ataupun nongkrong cantik di cafe. Dan meskipun fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap, biaya masuk GWK Baturaden Purwokerto Waterpark sangat terjangkau yaitu hanya Rp.15.000 untuk satu orang. 

Nama Kolam RenangGWK Baturaden Purwokerto Waterpark
AlamatJl. Baturaden, Karang Tengah, Kec. Baturaden, Banyumas Jawa Tengah
Jam Buka08:00-16:00 WIB
Tiket MasukRp. 15.000
Rating Dari Pengunjung⭐⭐⭐⭐⭐

4. Tirta Kembar Purwokerto

4. Tirta Kembar Purwokerto

Selain Bina Taruna Swim Club, masih ada Tirta Kembar yang bisa Anda jadikan pilihan untuk belajar berenang. Di tempat ini tersedia beberapa jenis kolam dengan kedalaman yang bervariasi dan bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan.

Meski dibuka untuk umum, namun kualitas air di kolam renang ini terbilang bersih. Lingkungan sekitar kolam juga sangat terjaga dengan fasilitas pendukung yang lumayan lengkap. Tirta Kembar bisa dikatakan sebagai kolam renang murah di Purwokerto karena tiket masuknya hanya Rp. 3.000 untuk satu orang. 

Nama Kolam RenangTirta Kembar Purwokerto
AlamatJl. Dr. Angka, Bancarkembar, Purwokerto Utara, Kec. Purwokerto, Banyumas Jawa Tengah.
Jam Buka06.00- 17.00 WIB
Tiket MasukRp. 3.000 
Rating Dari Pengunjung⭐⭐⭐⭐⭐

5. Java Heritage Purwokerto

5. Java Heritage Purwokerto

Rekomendasi selanjutnya ada Java Heritage Purwokerto yang beralamat di JL. Dr. Angka Nomor 71, Sokanegara, Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya, kolam renang ini terletak di dalam hotel bintang empat yaitu Java Heritage Purwokerto.

Baca Juga  Review Pantai Menganti, Alamat, Harga Tiket dan Rute

Keunggulan dari kolam renang ini ada pada view yang menghadap langsung ke bangunan hotel yang megah dan mewah  serra nuansa sejuk alam Purwokerto. Area sekitar kolam renang juga terasa nyaman, bersih dan menenangkan. Dan yang penting, kamu bisa menggunakan kolam renang ini bebas  tanpa harus reservasi kamar. 

Selain kolam renang, kamu juga bisa menikmati fasilitas lain seperti fitness center, sauna, restoran, studio aerobik dan lain sebagainya. 

Nama Kolam RenangJava Heritage Purwokerto
AlamatJL. Dr. Angka Nomor 71, Sokanegara, Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.
Jam Buka24 jam
Tiket MasukRp. 100.000
Rating Dari Pengunjung⭐⭐⭐⭐⭐

6. Kolam Renang City Walk Purwokerto

6. Kolam Renang City Walk Purwokerto

Masih berada di daerah Purwokerto, kali ini ada Kolam Renang City Walk yang beralamat di JL. H.R Bunyamin, Purwokerto Jawa Tengah. Keunggulan dari tempat wisata air ini adalah sumber airnya yang alami dan bebas dari kaporit. 

Selain itu, pilihan kedalaman airnya pun beragam mulai dari paling dangkal sekitar 40 cm meter hingga paling dalam 3 m. Sehingga bisa dikatakan, City Walk adalah kolam renang untuk anak maupun dewasa terbaik di Purwokerto. 

Di tempat ini  juga disediakan pilihan wahana bermain air seperti perosotan, ember tumpah dan lain sebagainya. Fasilitas pendukungnya pun juga sangat lengkap mulai dari kamar mandi, kantin, mushola hingga lahan parkir.

Nama Kolam RenangKolam Renang City Walk Purwokerto
AlamatH6WV+P8P Ruko City Walk, Pakembaran, Bancarkembar, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Jam Buka09.00-16.00 WIB
Tiket MasukRp. 15.000
Rating Dari Pengunjung⭐⭐⭐⭐⭐

7. Kolam Renang Buken Purwokerto

Kolam Renang Buken Purwokerto

Di nomor selanjutnya ada Kolam Renang Buken Purwokerto yang berlokasi di Banjarsari Kulon, Kec. Sumbang, Banyumas Jawa Tengah. Di tempat ini tersedia berbagai jenis kolam renang dengan kedalaman yang bervariasi. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin membawa anak kecil ataupun balita.

Selain itu, suasana di sekitar kolam juga sangat bersih dan nyaman untuk semua pengunjung. Kolam Renang Buken Purwokerto juga menyediakan fasilitas super lengkap seperti kamar mandi, mushola, kantin, tempat parkir, loker dan tempat istirahat.

Nama Kolam RenangKolam Renang Buken Purwokerto
Alamat Banjarsari Kulon, Kec. Sumbang, Banyumas Jawa Tengah
Jam Buka08:00-16:00 WIB
Tiket MasukRp. 5.000-Rp. 10.000 
Rating Dari Pengunjung⭐⭐⭐⭐⭐

8. Kirana Private Pool Purwokerto

8. Kirana Private Pool Purwokerto

Butuh kolam renang yang bisa digunakan secara private? Kirana Private Pool jawabannya. Berlokasi di desa Beji, Kedungbanteng, Kec. Purwokerto, Banyumas Anda bisa menyewa kolam renang ini mulai dari harga Rp. 200.000 hingga Rp. 250.0000 untuk setiap 3 jam pemakaian. 

Baca Juga  Cara Cek Bantuan UMKM 2023, Syarat dan Mengajukannya

Selain kolam renang yang bersih, disini Anda juga bisa menikmati fasilitas lain seperti dapur, kamar mandi, toilet ataupun villa untuk menginap. Pemandangan alam di sekitar Kirana Private Pool juga masih sangat asri sehingga akan membuat Anda betah berlama-lama disana. 

Nama Kolam RenangKirana Private Pool Purwokerto
AlamatBeji, Kedungbanteng, Kec. Purwokerto, Banyumas Jawa Tengah
Jam Buka08.00-19.00 WIB
Tiket MasukRp. 200.000 – Rp. 250.000 
Rating Dari Pengunjung⭐⭐⭐⭐⭐

9. Kolam Renang Tengah Sawah Purwokerto

9. Kolam Renang Tengah Sawah Purwokerto

Sesuai dengan namanya, kolam renang di Purwokerto ini terletak benar-benar di tengah hamparan sawah. Lokasinya terletak di Desa Melung, Kec. Kedungbanteng, Banyumas Jawa Tengah. Menurut warga sekitar, kolam renang tersebut dikelola oleh pemerintah setempat dan bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga setempat. 

Keunggulan dari tempat ini jelas memiliki keindahan alam dengan view langsung ke hamparan sawah. Selain itu, sumber mataa airnya juga berasall dari mata air alami sehingga bebas dari kaporit.

Selain berenang di air yang sejuk, Anda juga bisa berswa foto, menikmati kuliner tepi sawah atau sekedar santai di pinggir kolam renang. Untuk tiket masuknya, kolam renang tengah sawah hanya membandrol harga sekitar Rp. 5000/ orang.

Nama Kolam RenangKolam Renang Tengah Sawah Purwokerto
AlamatDesa Melung, Kec. Kedungbanteng, Banyumas Jawa Tengah
Jam Buka08-16.00 WIB
Tiket MasukRp. 5.000 
Rating Dari Pengunjung⭐⭐⭐⭐⭐

10. Bina Taruna Swim Club

10. Bina Taruna Swim Club

Bina Taruna Swim Club merupakan tempat untuk berlatih renang terbaik di Kota Purwokerto. Disini, Anda akan dilatih oleh instruktur profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Karena dilatih oleh instruktur handal, suasana belajarnya pun sangat menyenangkan dan fokus pada materi. Selain itu, pilihan kolamnya juga beragam dan bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Nama Kolam RenangBina Taruna Swim Club
AlamatJl. Perintis Kemerdekaan, No. 187, Karang Bawang, Kec. Purwokerto, Banyumas Jawa Tengah. 
Jam Buka08.00-16.00 WIB
Tiket MasukRp. 10.000
Rating Dari Pengunjung⭐⭐⭐⭐⭐

Tips Liburan Aman di Kolam Renang Terdekat di Purwokerto

Berencana pergi berlibur ke kolam renang dI Purwokerto bersama si kecil? Biar tetap aman dan terkendali, simak tips dan persiapan sebelum bermain air di kolam renang yang telah kami rangkum di bawah ini:

1. Sebaiknya Pergi Saat Hari Kerja

Sama seperti tempat wisata pada umumnya, kolam renang pasti selalu ramai saat hari libur tiba. Bagi sebagian orang, keadaan ini mungkin akan sangat mengganggu sehingga membuat rasa tidak nyaman. 

Oleh karena itu, sebaiknya datang di hari kerja mulai dari Senin sampai Jumat. Karena pada hari itu, kondisi kolam renang lumatan sepi sehingga jadi lebih nyaman dan puas bermain air. 

2. Selalu Gunakan Pakaian Khusus Renang

Ingat untuk selalu menggunakan pakaian khusus renang agar aktivitas bermain air Anda semakin nyaman.

Karena sudah dirancang secara khusus, pakaian renang juga dapat memimiloris terjadinya pakaiannya tersangkut, jiplak atau merosot. 

3. Jangan Pergi di Siang Hari

Selain di haari kerja, waktu yang tepat untuk datang ke kolam renang adalah saat pagi atau sore hari.

Karena pada waktu itu, matahari tidak terlalu terik sehingga tidak terlalu membuat kulit gosong. 

4. Jangan Lupa Sunscreen

Berada di tempat yang langsung terekspos sinar matahari sangat membahayakan kesehatan kulit kita. Untuk itu, saat melakukan aktivitas renang, jangan lupa gunakan sunscreen dengan SPF tinggi.

Sunscreen akan melindungi kulit Anda dari sengatan sinar matahari secara langsung. Gunakan produk sunscreen terbaik setengah jam sebelum berenang dan jangan lupa untuk reapply setiap dua jam sekali. 

5. Berenang di Kolam yang Sesuai Dengan Kemampuan Kita

Kolam renang umumnya memiliki tepi kedalaman yang berbeda-beda. Ada yang khusus untuk anak-anak dan dewasa.

Demi menjaga keselamatan, sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan kita. Jangan berenang di  kolam dengan kedalaman yang tidak sesuai dengan tinggi badan Anda. 

6. Jangan Lupa Mandi

Setelah puas berenang, sebaiknya langsung bilas tubuh dengan menggunakan air bersih dan sabun.

Hal ini berguna untuk menghilangkan sisa kaporit yang ada di dalam tubuh Anda. 

7. Tetap Awasi Anak Saat Bermain Air

Jangan lupa untuk selalu awasi si kecil saat bermain air di kolam renang. Demi keselamatan kenalan pelambung di badan mereka selama berada di dalam air.

Terakhir, ajak si kecil pemanasan ringan sebelum berenang untuk menghindari terjadinya kram. 

Baca Juga: Pemandian Pariban Berastagi, Wisata Air Dengan Konsep Unik

Akhir Kata

Itulah 10 rekomendasi kolam renang terdekat di Purwokerto. Semoga bisa jadi referensi untuk Anda dan keluarga saat mengisi kekosongan selama liburan kenaikan kelas.

Ingat untuk tetap jaga keselamatan selama di tempat wisata ya. Terimakasih. 

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status