Home » Aplikasi » Centang Hijau di WhatsApp, Tanda Apa Itu? Ketahui Jawabannya di Sini!

Centang Hijau di WhatsApp, Tanda Apa Itu? Ketahui Jawabannya di Sini!

Guna menandai akun terverifikasi dan belum, setiap platform media sosial memberikan fasilitas khusus. Instagram, TikTok, dan Twitter memberikan fasilitas centang biru untuk menandai akun terverifikasi. Pertanyaannya, apakah centang biru dan centang hijau di WhatsApp fungsi sama?.

Sebagian dari kamu tentu sudah pernah dikirimi pesan oleh akun yang tidak tersimpan di dalam kontak tetapi ada tanda centang hijau pada profilnya. Jangan terburu-buru panik, ketahui apa maksud tanda tersebut. 

Apa Itu Centang Hijau di WhatsApp?

Centang Hijau di WhatsApp

Pesatnya kecanggihan teknologi saat ini tidak hanya memberi efek positif tetapi juga negatif. Beberapa waktu terakhir ada banyak sekali kasus penipuan melalui WhatsApp yang mengatasnamakan brand besar. Hal itu tentu saja membuat banyak orang merasa panik. 

Dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan seluruh penggunanya, WhatsApp mengembangkan lencana centang hijau. Lencana tersebut dikhususkan bagi akun yang telah terverifikasi. 

Centang hijau WhatsApp juga sering disebut verified badge. Pada penerapannya, lencana ini digunakan untuk menunjukan bahwa akun WA bisnis terkait telah terverifikasi dan terbukti sebagai bisnis yang resmi.

Tanda centang hijau WA ini disematkan di samping nama akun bisnis yang terdaftar di WhatsApp. 

Pemilik bisnis dengan tanda centang hijau bisa langsung mengirimkan pesan ke orang-orang yang terhubung dengan layanannya. Misalnya saja, kamu mendaftarkan nomor yang juga terdaftar di WhatsApp ke Tokopedia, maka sewaktu-waktu Tokopedia dapat mengirimkan pesan berisi promo atau informasi khusus ke akun WhatsAppmu. 

Baca Juga  anoBoy Apk Download (Streaming Anime Gratis Tanpa Iklan) 2023

Tanda bahwa yang mengirimkan pesan adalah benar-benar dari Tokopedia adalah adanya centang hijau di samping kanan nama akun. 

Cara Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp

Tidak sembarangan orang bisa memiliki tanda centang hijau di akunnya. Terlebih pemilik akun centang hijau diberikan hak khusus oleh developer WhatsApp untuk dapat mengirim ke user lain secara bebas. Oleh karenanya, pihak developer akan memberikan lencana tersebut pada akun yang telah mendaftarkan dirinya secara resmi dengan mengikuti syarat dan ketentuan khusus. 

Untuk mendapatkan centang hijau WA, sebelumnya kamu perlu menggunakan WhatsApp Business API. Begini cara daftarnya:

  • Daftarkan akun untuk menjalin kerjasama dengan Mitra Resmi WhatsApp (Official WhatsApp Partner) di Indonesia. 
  • Tinggal tunggu mitra resmi WhatsApp memproses pendaftaran akun business-mu pada pihak WhatsApp.
  • Setelah prosesnya selesai, nantinya akan langsung muncul centang hijau pada sebelah kanan nama akun WhatsApp business. 

Cara Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp

Bukan hanya sekedar tanda, verified badge pada WhatsApp menyajikan berbagai keuntungan untuk para penggunanya. Oleh karenanya, tidak sedikit pelaku bisnis ingin memilikinya. 

Apakah kamu salah satunya? Jika iya, lakukan beberapa langkah berikut untuk membuat WhatsApp memiliki lencana centang hijau.  

  • Bagi yang belum mendaftar akun WhatsApp Business Solution, silakan mendaftar terlebih dahulu. 
  • Silakan verifikasi akun Facebook Business Manager.
  • Ketikkan nomor dan nama akun yang ingin digunakan.
  • Nantinya pihak mitra akan mendaftarkan akunmu secara resmi ke WhatsApp Business. 
  • Tunggu hingga akun berubah menjadi official WhatsApp business verified.
  • Jika sudah diterima, nantinya akun akan langsung memiliki centang hijau. 

Syarat Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin mendapatkan centang hijau. Sebenarnya tidak banyak, namun hao itu yang menentukan apakah pendaftaran WhatsApp Business Verified berhasil atau tidak. Berikut rinciannya:

  • Memiliki ID Facebook Business Manager
  • Menggunakan layanan dari BSP WhatsApp
  • Memiliki website resmi khusus bisnis/ perusahaan
  • Bisnis sudah cukup populer dan dikenal oleh publik
  • Bisnis harus sudah berbentuk CV/ PT atau Yayasan
Baca Juga  Proxy: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsi Pentingnya

Manfaat Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp

Seorang yang memiliki bisnis besar sebaiknya memang mendaftarkan WhatsApp-nya secara resmi agar mendapatkan centang hijau. Hal ini karena berbagai keuntungan yang hanya bisa dinikmati oleh pemilik akun terverifikasi. Berikut beberapa diantaranya:

  • Meningkatkan kepercayaan khalayak bahwa akun yang mengirimi mereka pesan asli dari penyedia layanan, bukan hacker ataupun seorang penipu. 
  • Membuat tampilan WhatsApp semakin tampak profesional dan berbeda dari WhatsApp biasa.
  • Lebih mudah memberikan informasi kepada target audience baik terkait promosi produk maupun peringatan mengenai hal-hal penting. 
  • Meningkatkan kualitas akun tanpa modal besar. Mengapa begitu? Karena ketika akun terverifikasi mengirimkan pesan, meskipun penerima pesan tidak menyimpan kontak tersebut, mereka tidak curiga jika mendapatkan pesan scam. Dengan begitu jika menyampaikan promosi, maka akan dipercaya bahkan menarik minat khalayak. 
  • Penjualan produk dapat meningkat pesan berbekal pesan broadcast yang berisi informasi perilisan produk atau lainnya. 
  • Meningkatkan keefektifan dalam menyampaikan pesan penting kepada seluruh pelanggannya. 

Harga Setiap Kategori Pesan/ Template WhatsApp

Tersedia beberapa kategori pesan WhatsApp yang dapat digunakan oleh pemilik akun centang hijau. Bagi yang penasaran apa saja itu, simak pembahasannya di bawah ini:

1. Kirim Pesan ke Pelanggan

Untuk memfasilitasi pengguna WhatsApp Business, disediakan 3 kategori pengiriman pesan ke pelanggan, yakni Utility Conversation, Authentication Conversation, dan Marketing Conversation. Mengenai biaya yang ditanggung akan dijelaskan pada poin beriku:

  • Utility Conversation: Dikenakan biaya Rp300.00 per satu nomor Indonesia dalam 24 jam sesi pesan
  • Authentication Conversation: Dikenakan biaya Rp440.00 per satu nomor Indonesia dalam 24 jam sesi pesan
  • Marketing Conversation: Dikenakan biaya Rp600.00 per satu nomor Indonesia dalam 24 jam sesi pesan
Baca Juga  8 Tv Online Gratis Internasional yang Dapat Ditonton Dengan Mudah

2. Menerima Balasan dari Pelanggan

Biaya service conversation yang akan ditanggung pemilik layanan yaitu Rp275.00 per satu nomor Indonesia dalam 24 jam sesi pesan. Perlu diketahui, biaya tersebut hanya dikenakan ketika pemilik akun verified membalas pesan pelanggan. 

Jika ingin menghemat biaya, silakan melakukan pemblokiran nomor tidak aktif atau terdeteksi spam dengan mengakses fitur Blacklist Number.

Baca juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status