Home » Tutorial » 7 Cara Download Video IG Tanpa Aplikasi dan Tersimpan di HP

7 Cara Download Video IG Tanpa Aplikasi dan Tersimpan di HP

Iuwashplus.or.id Instagram sudah semakin berkembang dan punya lebih banyak fitur. Selain Story, ada juga fitur Reels, IGTV, Threads, dan sebagainya. Bagi yang suka menikmati konten video di Instagram, pelajari caranya download video IG tanpa aplikasi.

Tidak sedikit pengguna Instagram yang memakai aplikasi ini sebagai hiburan semata. Meskipun sebagian yang lain menggunakan Instagram dan platform media sosial lainnya untuk berjualan dan bekerja. Di dalam Instagram, sering muncul video yang lucu dan menghibur.

Tidak ada tombol download di aplikasi Instagram seperti yang ada di TikTok. Kalau kamu ingin menyimpan konten video menarik dari Instagram, download video dari IG secara manual. Ada dua cara yang tersedia, yaitu dengan aplikasi tambahan dan tanpa download aplikasi lain.

Download Video dari Instagram Melalui Berbagai Platform

Download Video dari Instagram Melalui Berbagai Platform

Instagram sendiri merupakan aplikasi media sosial lintas platform yang berarti bisa kamu akses di berbagai jenis perangkat. Kamu bisa memasang dan mengakses Instagram di smartphone, tablet, dan PC. Tapi Instagram di seluruh platform tersebut sama-sama tidak mempunyai tombol download.

Di Play Store ada aplikasi tambahan yang bisa dipakai untuk download konten Instagram. Tapi itu berarti kamu harus merelakan penyimpanan di smartphone untuk aplikasi lain sebelum download konten Instagram yang sangat menarik. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi web.

Berbagai situs web memungkinkan kamu untuk download konten Instagram tanpa aplikasi tambahan. Situs web tersebut juga bisa diakses di smartphone, tablet, dan PC sehingga kamu bisa download konten Instagram di perangkat apapun yang kamu gunakan.

Website untuk Download Video IG Tanpa Aplikasi

Website untuk Download Video IG Tanpa Aplikasi

Semua situs web yang ada dalam daftar berikut ini bisa diakses lewat smartphone, tablet, serta laptop atau PC. Pastikan perangkat yang sama juga menjalankan aplikasi Instagram karena seluruh situs web berikut akan meminta kamu untuk menyalin link video dari aplikasi atau situs web Instagram.

1. Savefrom

Savefrom lebih dikenal sebagai situs web yang sering dipakai untuk download konten video dari YouTube. Padahal sebenarnya website ini juga bisa dipakai untuk download video dari berbagai platform yang lainnya, termasuk Instagram.

Cara menggunakannya sama seperti ketika kamu download konten video YouTube lewat situs web Savefrom. Detail cara download video Instagram menggunakan Savefrom bisa kamu pelajari di bawah ini.

  • Buka Instagram di smartphone lalu temukan konten video yang akan di download, bisa berupa Reels, IGTV, atau Insta Story.
  • Tap ikon tiga titik yang merupakan ikon Menu pada bagian kanan atas di setiap video, kemudian tap Link jika videonya berupa Reels atau IGTV atau Copy Link kalau videonya berupa Insta Story.
  • Buka Google Chrome atau web browser lain di smartphone yang sama, kemudian kunjungi situs download video Savefrom.net.
  • Setelah halaman utama Savefrom muncul, tempelkan link dari Instagram yang sudah disalin tadi ke kolom putih dengan frame hijau, lalu tap tombol Enter.
  • Video akan muncul di bagian bawah kolom, lengkap dengan keterangan format dan tombol Unduh. Tap Unduh dan tunggu hingga video tersimpan ke penyimpanan smartphone.

Cara ini juga bisa diterapkan di perangkat komputer. Untuk mengakses akun Instagram bisa memakai aplikasi Instagram desktop atau Instagram web di Instagram.com. Gunakan satu web browser yang sama untuk mengakses akun Instagram dan Savefrom.

Baca Juga  7 Cara Cek Paket Telkomsel Mudah, Cepat dan Praktis

2. DownloadGram

Situs web ini tidak hanya memungkinkan kamu untuk download video IG tanpa aplikasi. DownloadGram bisa mengunduh semua jenis konten yang ada di Instagram, termasuk foto yang dibagikan ke Instagram Feed. Banyak orang suka dengan website ini karena tampilannya.

DownloadGram tampil sempurna dengan interface yang sangat sederhana dan didominasi oleh warna hitam dan putih. Tidak ada iklan apapun yang tampak di website ini sehingga pengguna Instagram bebas download konten dengan lebih tenang dan nyaman. Cara downloadnya ada di bawah ini.

  • Akses Instagram lewat PC atau smartphone untuk menikmati konten menarik, jika ada yang ingin diunduh, tap tiga titik di kanan atas konten tersebut.
  • Tap Link atau Copy Link untuk menyalin link konten Instagram tersebut untuk mendownload video Instagram.
  • Jalankan aplikasi web browser yang telah terpasang di smartphone atau PC kemudian kunjungi downloadgram.org.
  • Tap atau klik di kolom kosong, kemudian tempelkan link konten Instagram yang sudah disalin sebelumnya, kemudian klik atau tap Download Now.
  • Tunggu sesaat hingga muncul video yang dimaksud lengkap dengan tombol Download di bagian bawahnya. Klik atau tap tombol Download tersebut.

Setelah langkah yang terakhir di atas, video atau konten Instagram lain yang kamu inginkan akan langsung diunduh dan disimpan ke galeri smartphone. Kamu bisa menontonnya kapan saja dan dimana saja secara offline, tanpa harus tersambung ke jaringan internet.

3. SSS Instagram

Situs web lain yang fungsinya juga untuk download konten menarik dari Instagram adalah SSS Instagram. Seperti DownloadGram, SSS Instagram juga bisa dipakai untuk mengunduh video, foto, dan carousel yang ada di Instagram.

Cara download video IG tanpa aplikasi dengan SSS Instagram juga kurang lebih sama dengan cara yang sebelumnya. Bedanya, SSS Instagram punya interface yang lebih menarik dengan warna-warna cerah yang lebih disukai oleh para pengguna Instagram yang masih muda.

  • Nikmati konten Instagram langsung melalui aplikasi smartphone maupun PC atau laptop. Saat menemukan konten yang bagus, tap ikon tiga titik vertikal di kanan atas lalu pilih copy link.
  • Beralih ke aplikasi web browser bawaan maupun tambahan yang ada di smartphone atau PC lalu kunjungi sssinstagram.com untuk download video Instagram gratis.
  • Sudah tersedia tombol Paste di kolom yang muncul di halaman utama SSS Instagram. Klik atau tap tombol Paste tersebut, lalu klik atau tap tombol Download di sebelahnya.
  • Setelah beberapa detik, preview video yang kamu inginkan akan muncul di bagian bawah kolom beserta tombol Download lain. Tap Download yang berwarna biru.
  • Beberapa detik kemudian, konten video yang kamu inginkan akan tersimpan di penyimpanan smartphone atau PC tanpa watermark.

Kalau kamu download konten video yang berupa carousel Instagram, SSS Instagram akan memperlihatkan preview beberapa konten tersebut secara terpisah. Jadi kamu bisa download semuanya satu per satu atau download salah satu konten video yang kamu inginkan.

4 iGram

Lalu ada juga website untuk download konten Instagram yang bernama iGram. Situs web ini punya tampilan yang mirip dengan SSS Instagram dan didominasi oleh warna-warna cerah khas Instagram. Sama seperti SSS Instagram, iGram juga bisa download semua jenis konten dari platform Instagram.

Selain untuk perangkat Android dan Windows, iGram juga bisa diakses di perangkat dengan sistem operasi Mac OS dan iOS. Selama perangkatnya tersambung ke jaringan internet, kamu bisa download video IG tanpa aplikasi dengan cepat dan mudah menggunakan iGram.

  • Buka aplikasi Instagram memakai salah satu akun yang sudah terdaftar, lalu cari video yang akan diunduh, dan tap ikon tiga titik vertikal di kanan atas video tersebut.
  • Setelah muncul berbagai pilihan menu, pilih menu copy link atau link yang ditandai dengan ikon mata rantai.
  • Tutup aplikasi Instagram kemudian buka aplikasi web browser seperti Firefox, Chrome, Opera, Edge, atau yang lainnya.
  • Kunjungi situs web iGram.world lalu tap atau klik tombol Paste di samping kolom kosong kemudian klik atau tap tombol Download.
  • Pada bagian Search Result akan muncul preview video serta tombol Download baru, tap tombol Download berwarna biru tersebut.
Baca Juga  Transfer BCA ke DANA: Cara Cepat, Praktis, dan Efisien

Aplikasi download video berbasis web yang satu ini hanya memerlukan waktu beberapa detik saja untuk menyimpan konten video yang kamu sukai tadi ke penyimpanan smartphone atau PC. Ulangi langkah-langkah di atas untuk mengunduh semua konten menarik yang kamu inginkan.

5. Snap Insta

Seperti yang sudah-sudah, Snap Insta juga merupakan aplikasi berbasis web yang bisa dimanfaatkan untuk mengunduh video, foto, dan konten lain dari Instagram tanpa harus memasang aplikasi downloader khusus. Dengan Snap Insta, kamu bebas download konten tanpa app selain web browser.

Tapi kalau kamu suka download banyak konten dari aplikasi Instagram, Snap Insta menawarkan aplikasi khusus untuk Android yang bernama SnapTik. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan gratis lewat Play Store dan bisa dipakai untuk download konten sesering mungkin.

  • Sebelum mengakses situs web Snap Insta, buka dulu aplikasi Instagram, lalu temukan konten video yang akan diunduh.
  • Tap ikon tiga titik yang berjajar vertikal di bagian kanan atas konten video tersebut, kemudian pilih menu link atau copy link untuk download video IG tanpa aplikasi.
  • Tutup aplikasi Instagram lalu buka aplikasi web browser di perangkat yang sama, lalu kunjungi situs web snapinsta.app.
  • Langsung saja tap atau klik tombol Paste yang ada di bagian kanan kolom kemudian klik atau tap tombol Download berwarna hijau di sampingnya.
  • Hanya dalam beberapa detik saja video Instagram yang lucu dan menghibur akan tersimpan di PC tanpa aplikasi PC selain web browser yang memang sudah terpasang.

Aplikasi SnapTik yang merupakan besutan Snap Insta hanya tersedia untuk perangkat Android saja, bukan untuk perangkat lainnya. Tidak tersedia versi Windows maupun iOS. Kalau kamu bukan pengguna Android, cukup gunakan situs web Snap Insta tanpa memakai aplikasinya.

6. Save From Web

Namanya memang menyerupai situs web pertama dalam daftar ini. Tapi Save From Web merupakan situs web lain yang tidak berhubungan dengan Savefrom. Meskipun berbeda, tapi fungsi keduanya kurang lebih sama, yaitu untuk download konten video tanpa APK.

Save From Web bisa dipakai untuk mengunduh berbagai konten video tanpa batas di perangkat seluler maupun PC. Selain untuk download konten Instagram, Save From Web juga bisa download konten dari TikTok, Twitter, dan Facebook. Cara memakainya bisa dipelajari di bawah ini.

  • Cari konten video yang menarik dan akan diunduh di aplikasi Instagram PC maupun smartphone, lalu klik ikon menu di kanan atas video tersebut.
  • Klik ikon link atau copy link yang ada diantara berbagai menu lain yang muncul, kemudian beralih ke aplikasi web browser di smartphone atau PC.
  • Kunjungi situs web savefromweb.com kemudian halaman utamanya akan menunjukkan berbagai menu, klik menu Instagram Downloader untuk download video IG tanpa aplikasi.
  • Di bagian bawah Paste a video URL ada dua tombol, pertama klik dulu tombol Paste from clipboard kemudian klik tombol Download berwarna merah.
  • Setelah muncul pratinjau video, klik lagi tombol Download lalu tunggu hingga konten video tersebut tersimpan di penyimpanan perangkat.
Baca Juga  CroxyProxy (Download Gratis) Solusi Bypass Situs Web

Selain download konten dari TikTok, Facebook, dan Instagram, Save From Web juga bisa download konten dari banyak platform lain tanpa iklan, misalnya dari Flickr, Twitch, Vimeo, YouTube, Tumblr, Snapchat, Telegram, dan lain sebagainya. Semua konten dari platform tersebut bisa diunduh gratis.

7. InstaSave

Pilihan lain untuk download konten Instagram dengan mudah, cepat, dan gratis adalah InstaSave. Aplikasi web yang satu ini punya tampilan yang lebih sederhana dibandingkan dengan beberapa aplikasi web yang sebelumnya. Selain itu, juga tidak ada iklan yang mengganggu di situs web InstaSave.

Dari namanya, bisa diketahui kalau InstaSave merupakan situs web khusus yang hanya bisa download konten video dan foto dari aplikasi Instagram saja. Kamu tidak bisa memakai InstaSave untuk download konten dari platform media sosial lain. Cara download video dengan InstaSave bisa dipelajari disini.

  • Buka aplikasi web browser di laptop atau PC kemudian ketik Instagram.com di added barnya. Masuk dengan memakai akun Instagram yang sudah kamu miliki.
  • Setelah berhasil masuk, berbagai konten akan muncul di beranda, temukan konten yang menarik lalu klik menu atau tiga titik di kanan atas konten tersebut.
  • Buka tab baru di aplikasi web browser yang sama, lalu kunjungi situs web instasave.website kemudian klik Paste yang ada disamping kolom Paste Instagram URL.
  • Klik tombol Download berwarna biru yang ada di samping kolom, preview video akan muncul dengan tombol download video IG tanpa aplikasi yang baru. Klik tombol Download biru sekali lagi.
  • Tunggu sebentar dan konten video Instagram yang kamu inginkan akan masuk ke penyimpanan PC maupun laptop yang dipakai untuk mengakses Instagram.

Kadang, ada iklan banner yang muncul menutupi konten setelah mengklik tombol Download yang pertama. Tinggal klik Close pada iklan tersebut untuk menutupnya sehingga kamu bisa segera mengunduh konten dari situs web InstaSave.

Kelebihan Memakai Aplikasi Online

Kelebihan Memakai Aplikasi Online

Kalau ada banyak aplikasi di Play Store yang bisa dipakai untuk download konten Instagram dengan mudah, kenapa harus pakai aplikasi berbasis web? Karena website jauh lebih praktis dan punya berbagai kelebihan lainnya. Beberapa kelebihan situs web untuk download konten IG antara lain:

1. Tidak Memenuhi Penyimpanan

Setiap aplikasi mempunyai ukuran yang berbeda dan bisa memenuhi penyimpanan perangkat kalau ukurannya terlalu besar. Dengan mengakses berbagai situs web di atas, kamu hanya perlu memakai web browser yang sudah ada untuk download ke galeri tanpa harus mengorbankan penyimpanan.

2. Bisa Diakses di Semua Platform

Kalau kamu sering berpindah perangkat, misalnya dari aplikasi IG di smartphone ke website Instagram di PC, menggunakan aplikasi berbasis web seperti yang ada dalam daftar di atas jauh lebih menarik. Tidak perlu pasang aplikasi di semua perangkat karena downloadernya bersifat fleksibel.

Penutup

Download video IG tanpa aplikasi tidak akan memakan banyak waktu. Proses download dengan berbagai aplikasi berbasis web tersebut sangat cepat dan mudah. Situs web untuk download konten Instagram juga tidak berisi iklan yang mengganggu kenyamanan para pengunjungnya.

Setiap kali akan mengunduh konten dari Instagram, langsung saja salin link konten tersebut kemudian paste atau tempelkan ke salah satu situs web dalam daftar di atas. Selanjutnya, situs web tersebut akan langsung mengunduh video yang kamu inginkan ke penyimpanan perangkat secepat kilat.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status