Home » Aplikasi » 12 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa

12 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa

Kisah bernuansa roman memang selalu memiliki daya magis untuk memikat audiens, baik itu berupa novel, film, atau bahkan anime. Yups, bagi para penggemar anime, genre romance pun begitu banyak diminati. Bahkan, sebagian orang yang addict, bisa saja hanya ingin menonton anime romance dan mengabaikan genre lain.

Untuk anime sendiri sebenarnya memiliki ragam genre. Jadi untuk mengetahui dan memahaminya, yuk simak ulasan berikut ini!

Mengenal Genre Anime Romance

anime romance

Anime romance adalah satu dari banyak ragam genre anime. Anime sendiri merupakan animasi asal Jepang yang masih berbentuk dua dimensi. Dalam film, genre ini sama halnya dengan film romantis yang mempu membuat penontonnya mleyot dan mesem-mesem.

Tak ayal jika anime masih banyak diminati oleh orang dewasa meskipun sepintas identik dengan kartun. Meski tidak bisa dipukul rata, namun anime tidak kalah seru dengan film-film pada umumnya apalagi dengan tersedianya banyak genre yang bisa dipilih.

Sedikitnya terdapat 33 genre dan subgenre di dalam anime. Genre sendiri mewakili unsur utama dalam anime tersebut. Setidaknya terdapat 17 genre di dalam anime, diantaranya adalah action, adventure, avant garde, boys love, comedy, drama, fantasy, girls love, gourmet, horror, mystery, romance, sci-fi, slice of life, sports, supernatural, dan suspense.

Sementara subgenre adalah pengembangan dari genre yang membuat anime tersebut memiliki ciri khas sendiri. Subgenre di dalam anime pun tidak kalah banyak, yakni ecchi, harem, hentai, isekai, josei, mecha, netore (NTR), reverse harem, school life, seinen, shoujo, shoujo-ai, shounen, shounen-ai, yaoi, dan yuri.

Rekomendasi Anime Romance Terbaik

Sebagai salah satu ikonik Jepang, terkadang anime dipandang sebelah mata dan dianggap sebagai kartun yang identik dengan anak-anak. Namun rekomendasi anime romance berikut akan mematahkan stigma tersebut lantaran menyuguhkan cerita bak roller coaster yang tidak hanya bernuansa cinta atau kebahagiaan, tetapi juga perjuangan. 

Baca Juga  Mangasusu Mod Apk Download, Baca Komik Manga Sub Indo

1. 5 Centimeters Per Second (2007)

Berjudul asli Byousoku 5 Centimeter, anime romance ini tak hanya menyuguhkan cerita roman picisan, tetapi juga menampilkan persahabatan yang sangat menyentuh. Dengan alur yang apik ini, anime ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Anime ini menceritakan Toono Takaki dan Shinohara Akari yang mana keduanya telah lama memiliki hubungan spesial. Namun keduanya harus terpaksa untuk berpisah lantaran keluarga Akari pindah rumah.

Hubungan yang semula dijalani dengan lancar, harus terpisah jarak yang panjang. Mulanya, hubungan kedua sejoli ini begitu baik dan komunikasi sering terjalin melalui surat. Akan tetapi, rindu dan jarak selalu menjadi penghalang di antara mereka.

2. Hotarubi No Mori E (2011)

Bagaimana jadinya jika genre romance dipadukan dengan fantasi? Tentu makin seru! Alur ceritanya menjadi unik dan ciamik, seperti Hotarubi No Mori E ini. Anime romance fantasi ini menceritakan romansa antara manusia dan roh penjaga hutan.

Semuanya bermula disaat Hotaru, seorang anak perempuan berusia 6 tahun, tersesat di hutan. Di perjalanan itulah Hotaru bertemu roh penjaga hutan bernama Gin, yang kemudian membantunya untuk pulang.

Lewat pertemuan pertama itu, Hotaru menjadi sering mengunjungi hutan ketika musim panas tiba. Hal tersebut selalu dilakukannya dengan tujuan dapat bertemu dengan Gin.  Sayangnya, sebagai sosok roh, Gin tidak bisa menyentuh Hotaru. Meski demikian, keduanya tetap menjalin hubungan dan saling mencintai hingga dewasa. Hubungan keduanya jadi terdengar manis dan menarik, bukan?

3. Shigatsu Wa Kimi No Uso (2014)

Shigatsu Wa Kimi No Uso, atau yang dalam bahasa Inggris berjudul Your Lie in April, merupakan anime dengan alur cerita yang cukup ringan. Karya Naoshi Arakawa ini tidak melulu berkutat pada kisah romantis, tetapi banyak diselipi dengan humor.

Anime ini berkisah tentang pianis Kousei Arima, yang menjadi tidak tertarik lagi dengan piano setelah kematian ibunya. Keadaan tersebut membuat Kaori Miyazono, seorang pemain biola, membantu Kousei Arima untuk bangkit serta menemukan cintanya. Anime ini berjumlah 24 episode dan patut ditonton.

4. Kimi No Nawa (2016)

Anime satu ini sangat direkomendasikan dan sayang jika dilewatkan. Judul anime yang dalam bahasa Inggris disebut Your Name ini begitu populer lantaran memiliki alur cerita bak roller coaster. Mulai dari plot sedih, membingungkan, hingga manis nan romantis.

Baca Juga  Social Spy WhatsApp Apk Download Aman Anti Banned

Kisahnya bermula dari pertemuan Mitsuha Miyamizu dengan pria bernama Taki Tachibana. Keduanya tidak saling mengenal, namun mampu saling bertukar tubuh. Hal tersebut menumbuhkan benih-benih asmara di antara keduanya. Garapan Makoto Shinkai ini mampu memberikan kesan emosional bagi penontonnya.

5. Weathering With You (2019)

Weathering With You adalah anime romance terbaik di tahun 2019. Di awal rilisnya, anime ini mampu menarik banyak atensi dan menuai banyak ulasan positif. Anime ini digarap oleh sutradara yang sama dengan penggarap anime Kimi No Nawa, dimana anime tersebut mendulang kesuksesan di 2016 lalu.

Anime ini berkisah mengenai Hina dan Hodaka. Hina sendiri adalah gadis biasa yang ternyata memiliki kekuatan luar biasa, ia mampu mengubah cuaca serta menurunkan hujan. Sementara Hodaka adalah seorang pekerja di sebuah penerbitan majalah kecil.

Mereka berdua saling bertemu dan mengenal, lalu keduanya membuat kesepakatan untuk menggunakan kekuatan Hina untuk mencapai keinginan mereka berdua. Lalu, penasaran kan bagaimana bisa anime ini termasuk ke dalam genre romance?

6. Kanojo, Okarishimasu (2020)

Kanojo, Okarishimasu menjadi rekomendasi anime romance teratas yang sangat menyentuh hati. Berkisah tentang Kazuya, seorang mahasiswa yang tengah patah hati lantaran diputuskan pacarnya tanpa alasan.

Untuk mengobati patah hatinya, Kazuya memutuskan mencari pacar sewaan melalui aplikasi. Berangkat dari sana, ia bertemu dengan perempuan cantik bernama Chizuru. Kazuya berpendapat bahwa perempuan tersebut adalah obat terbaik untuknya. Sehingga tak pelak, benih-benih cinta muncul di antara mereka. Meskipun Kazuya sendiri menyadari bahwa rasa cinta di antara mereka hanyalah sementara.

7. Hige Wa Soru. Soshite Joshikousei Wo Hirou (2021)

Meski judulnya agak panjang dan belibet, namun alur cerita anime ini cukup nyentrik dan menarik. Semuanya bermula saat Yoshida, seorang pria pegawai kantoran biasa yang pulang dalam keadaan setengah sadar.

Keesokan harinya, Yoshida tiba-tiba menyadari ada gadis SMA yang menginap di apartemennya. Gadis itu bernama Sayu Ogiwara yang sedang kabur dari rumah.

Baca Juga  Download CooCoo WhatsApp Mod APK Versi 5.1 1 2023

Mulanya, anime ini banyak mendapat kecaman sebab menampilkan kisah antara pria dewasa dan anak SMA. Namun pengembangan diri yang terjadi pada tokoh utamanya mampu menarik atensi penonton dan menjadikannya sebagai salah satu anime yang direkomendasikan.

8. Ijiranaide, Nagatoro-san (2021) 

Jika menginginkan anime dengan karakter saling berseberangan, Ijiranaide, Nagatoro-san adalah jawabannya. Tokoh pria memiliki karakter pemalu, sementara perempuan justru sangat berani. Bahkan tak tanggung-tanggung, ia berani mengejar pria idamannya. 

Bisa dibayangkan, bukan, bagaimana Naoto Hachioji begitu terganggu dengan hadirnya Hayase Nagatoro? Namun sebagaimana kisah romansa klasik pada umumnya, lambat laun Naoto Hachioji malah merasa terbiasa dan berbahagia atas kehadiran Nagatoro.

9. Hori-san to Miyamura-kun (2021)

Hori-san to Miyamura-kun atau yang lebih tenar dengan sebutan Horimiya menjadi salah satu anime romance dengan alur cerita yang cukup ringan. Sesuai judulnya, anime ini menceritakan tentang siswa SMA bernama Kyoka Hori dan Izumi Miyamura.

Keduanya memiliki karakter yang bertolak belakang, dimana Hori digambarkan sebagai siswi supel, cerdas, nan populer. Sedangkan Miyamura memiliki pembawaan suram dan tertutup layaknya seorang kutu buku.

Akan tetapi di luar sekolah, Hori hanyalah gadis rumahan yang sibuk mengurus rumah dan adiknya yang bernama Souta. Begitu pula dengan Miyamura yang memiliki tato serta banyak tindik. Keduanya saling mengetahui sisi lain tersebut saat Miyamura mengantarkan Souta yang mimisan untuk pulang ke rumah. Kejadian itu memantik kedekatan di antara keduanya.

10. Yofukasi no Uta (2022) 

Yofukasi no Uta atau yang dikenal dengan judul Call of The Night, tayang pertama kali pada 8 Juli 2022 silam dan menjadi salah satu anime musim panas. Anime ini mengangkat kehidupan vampir.

Berkisah tentang pemuda bernama Yamori Kou yang memutuskan berhenti sekolah lantaran tak mendapatkan kepuasan di kehidupan sehari-harinya. Saat itu, ia bertemu Nanakusa Nazuna, gadis vampir yang mengenalkan keindahan di malam hari. Pertemuan mereka justru membuat Kou ingin berubah menjadi vampir.

Itulah 10 rekomendasi anime romance terbaik yang bisa kamu tonton di sela-sela kesibukan. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa sebarkan ke teman-teman lainnya, ya!

Baca juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status