Home » Berita » Xiaomi Note 7: Review Fitur, Spesifikasi, dan Harga

Xiaomi Note 7: Review Fitur, Spesifikasi, dan Harga

JAKARTA – Xiaomi Redmi Note 7, dilengkapi dengan hardware kelas menengah atas, ditawarkan dengan harga di bawah 2 juta dan mampu mengesankan dalam pengujian. Performa dan layar tampilan cukup baik, serta daya tahan baterai yang luar biasa. Kejutan lainnya adalah kualitas kamera yang mumpuni. Namun, terdapat beberapa keterbatasan dalam fitur, seperti absennya NFC. Rasio harga-kinerja Xiaomi Redmi Note 7 sangat kompetitif, hanya sedikit smartphone yang mampu bersaing di segmen ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 7

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 7

UMUM

BrandXiaomi
ModelXiaomi Redmi Note 7 Global
RAM3/4/6GB LPDDR4
Memori Internal32 / 64 GB (hingga 256 GB dapat diperluas)
Harga Baru Rp1.274.000
Harga BekasRp1.200.000
Sistem Operasi (OS)Versi Android: 9.0 Pai
Antarmuka Pengguna (UI)MIUI 10 Global

DETAIL

Layar6,3 inci 19,5:9 Full-HD+ (2340 x 1080 Piksel) LC-Display (409 PPI)
ProsesorSnapdragon 660 @ 2,2 GHz & 1,84 GHz
Chip GrafisQualcomm Adreno 512 @ 650 MHz
Kamera48 MP Samsung ISOCELL GM1 dengan bukaan ƒ/1.8 + 5 megapiksel ƒ/2.4
Kamera Depan13 MP dengan bukaan f/2.0
Baterai4.000 mAh dengan Pengisian Cepat
KonektivitasAC WLAN, Bluetooth 5.0, USB Typ-C, GPS/GLONASS/BDS, Hybrid-SIM
FiturSensor sidik jari, Face Unlock, jack 3,5 mm, inframerah, Gorilla Glass 5
Berat massal159,21 x 75,21 x 8,1mm / 186g
WarnaHitam, Merah, Biru
kartu SIMNano-SIM
Banyak SIMDual-SIM
SensorSensor akselerasi, sensor sidik jari, sensor jarak, sensor kecerahan
Resolusi video1920×1080 (2,1 MP)
Kecepatan rekaman60fps

Fitur, Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Note 7

Fitur, Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Note 7

Fitur unggulan Xiaomi Redmi Note 7 adalah sistem operasi Android 9.0 Pie. Dilengkapi layar 6,3 inci FullHD+ Display, kamera utama ganda 12 + 2 Megapixel, dan kamera depan 13 Megapixel, perangkat ini menawarkan pengalaman visual dan fotografi yang memukau. Memori RAM 3 / 4 GB dan penyimpanan internal 32 / 64 GB menjamin kinerja responsif dan ruang penyimpanan cukup. Lapisan anti air P2i dan teknologi Qualcomm Quick Charge 4 melengkapi keunggulan perangkat ini.

Kelebihan yang dimiliki produk ini mencakup performa kelas menengah yang cukup memuaskan, menjadikannya pilihan yang tepat untuk berbagai kebutuhan. Kamera yang disematkan pada produk ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang indah, sehingga pengguna dapat menikmati hasil jepretan yang memuaskan. Selain itu, durasi baterai yang kuat memungkinkan kita untuk menggunakan produk ini dalam jangka waktu yang lebih lama tanpa harus sering melakukan pengisian daya.

Baca Juga  Tdomino Boxiangyx Download Cara Daftar Alat Mitra Higgs Domino

Namun, produk ini juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, produk ini tidak dilengkapi dengan fitur NFC yang kini semakin populer dan banyak digunakan dalam berbagai transaksi. Kedua, produk ini tidak mendukung rekaman video dalam format UHD, sehingga kualitas video yang dihasilkan mungkin kurang memuaskan bagi sebagian pengguna. Terakhir, varian murah dari produk ini hanya menawarkan kapasitas penyimpanan yang terbatas, sehingga kalian mungkin akan membutuhkan kartu memori tambahan untuk menyimpan lebih banyak data dan file.

Fitur:

Kelebihan:

  • Performa kelas menengah yang baik
  • Kamera dengan kualitas gambar yang indah
  • Durasi baterai yang kuat

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur NFC
  • Tidak mendukung rekaman video dalam format UHD
  • Varian murah dengan kapasitas penyimpanan terbatas

Review Xiaomi Redmi Note 7: Casing Stabil dan Berkualitas Tinggi

Review Xiaomi Redmi Note 7: Casing Stabil dan Berkualitas Tinggi

Xiaomi kembali mengguncang deretan ponsel kelas menengah dengan kehadiran Redmi Note 7. Apa saja yang ditawarkan oleh produsen asal Cina ini dalam Redmi Note 7 dan dijual dengan harga di bawah 2 juta, sungguh mengesankan. Dari segi performa, smartphone ini berada di antara perangkat pesaing seperti Honor 10 (dalam uji coba) dan Samsung Galaxy A50 (dalam uji coba), namun harganya 1,4 juta lebih murah. Harga yang sangat kompetitif ini hampir membuat ponsel Xiaomi ini menduduki puncak dalam perbandingan harga dan kualitas, tetapi Motorola masih bisa bersaing dengan model G7 yang murah. Namun, banyak hal yang mendukung Redmi Note 7.

Perangkat ini memiliki kualitas pembuatan yang tinggi, dengan rangka yang terbuat dari plastik dan bagian belakang yang terbuat dari Gorilla Glass. Dengan layar 6,3 inci, Xiaomi termasuk salah satu perangkat terbesar di kelas harganya, tetapi tetap nyaman saat digenggam. Kekurangan pada modul kamera yang menonjol di bagian belakang dan memiliki tepi yang keras sedikit mengganggu. Bahkan dengan pelindung yang disertakan, kamera tidak menyatu dengan sempurna, melainkan masih terasa menonjol. Dengan berat 186 gram, Redmi Note 7 lebih berat daripada perangkat Xiaomi lainnya yang pernah kita uji, tetapi ini tidak terasa mengganggu.

Layar LCD Besar dengan Performa Memuaskan

Layar LCD Besar dengan Performa Memuaskan

Layar LCD yang disajikan memiliki resolusi Full-HD-Plus (1.080 x 2.340 piksel) pada diagonal 6,3 inci, yang tidak hanya menyediakan ruang yang luas, tetapi juga tampilan yang detil. Hal ini jarang ditemukan pada smartphone di bawah 2 juta. Di bagian atas layar terdapat notch berbentuk tetesan air. Kecerahan maksimal sebesar 407 candela per meter persegi dan kontras papan catur sebesar 133:1 mungkin bukan hal yang istimewa, tetapi cukup baik.

Dengan coverage warna yang iuwash plus ukur mencapai 115 persen dari standar warna RGB dan 83 persen dari DCI-P3 yang lebih luas, layar ini memberikan kekuatan warna yang cukup. Kualitas ini cukup solid, dan gambar yang ditampilkan seharusnya mampu memuaskan kebanyakan pengguna – meskipun ada sedikit penurunan nilai karena white point yang sedikit bergeser ke biru. Meskipun di kelas harga ini terdapat ponsel dengan layar yang lebih baik, seperti Galaxy A40 dengan layar OLED-nya. Namun, layar Xiaomi Redmi Note 7 ini masih mendapatkan nilai yang baik dari kami. Sayangnya, streaming HDR pada platform video tidak didukung.

Baca Juga  8 Romance Anime yang Rilis Sepanjang Musim 2023

Prosesor Lama, Namun Tetap Menyajikan Performa Solid

Jarang kita temui prosesor kelas menengah yang cukup bertenaga dengan harga di bawah 2 juta, namun Xiaomi Redmi Note 7 berhasil menarik perhatian di segmen ini. Tentu saja, prosesor Snapdragon 660 dari Qualcomm yang digunakan telah berumur lebih dari dua tahun, namun performa handalnya tetap terjaga. Performa yang ditawarkan cukup solid, aplikasi terbuka dengan cepat dan berjalan lancar. Dengan menghasilkan 14 frame per detik dalam pengujian grafis onscreen, smartphone kelas menengah ini mungkin bukan termasuk ke dalam jajaran perangkat “gaming monster”, tetapi sebagian besar game mobile akan berjalan dengan lancar pada pengaturan grafis rendah. Versi perangkat yang iuwash plus uji memiliki 3 GByte RAM, sedangkan varian yang lebih mahal menawarkan 4 GByte.

Perlengkapan Tanpa NFC dan Dengan Kapasitas Penyimpanan yang Terbatas

Dalam handphone kelas menengah, jarang kita temukan fitur-fitur seperti sertifikasi tahan debu dan air. Xiaomi Redmi Note 7 juga tidak menyediakan fitur tersebut. NFC dan pengisian daya nirkabel juga tidak tersedia. Varian Redmi Note 7 yang telah kita uji hanya memiliki kapasitas penyimpanan 32 GByte, tetapi hanya 21 GByte yang tersedia untuk pengguna. Kapasitas ini terbilang sedikit. Varian yang lebih mahal memiliki 64 hingga 128 GByte. Namun, kalian bisa dengan mudah meningkatkan kapasitas penyimpanan: slot Dual-SIM menyediakan pilihan untuk menambahkan Nano-SIM kedua (4G) atau kartu MicroSD hingga 256 GByte.

Koneksi nirkabel disediakan melalui Wi-Fi dengan standar 802.11ac terkini, internet LTE dengan kecepatan unduh maksimum 300 Mbit/detik, dan Bluetooth 5.0. Baik antarmuka USB Type-C (USB 2.0) maupun soket audio untuk headset kabel disertakan. Selain itu, Xiaomi dilengkapi dengan pemancar inframerah yang memungkinkan handphone berfungsi sebagai remote kontrol universal. Melalui aplikasi yang telah terpasang, kita dapat mengendalikan berbagai model TV, kamera, dan perangkat lainnya. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 9, yang diberi antarmuka pengguna khusus Xiaomi dengan aplikasi dan fitur tambahan. Namun, tidak ada “bloatware” yang mengganggu.

Mono-speaker yang disediakan hampir tidak layak disebut, begitu pula sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang perangkat. Selain kabel USB dan adaptor daya, Xiaomi juga menyertakan casing pelindung silikon, tetapi tidak ada headset yang disertakan. Secara umum, perlengkapan smartphone kelas menengah ini dapat dikatakan “cukup memuaskan”.

Kualitas Kamera Foto Kelas Menengah Atas

Kualitas Kamera Foto Kelas Menengah Atas

Dalam segmen harga ini, kamera bagi kita menjadi kejutan positif. Xiaomi memang mempromosikan kamera utama 48-megapixel mereka. Secara default, foto diambil dengan resolusi 12-megapixel, yang berarti empat piksel digabungkan untuk meningkatkan kualitas. Namun, kalian juga bisa mengganti dengan menekan tombol dan menggunakan 48 megapixel penuh dari sensor utama. Sensor ini didukung oleh sensor kedalaman 5-megapixel. Selain efek bokeh, tidak ada fitur perangkat keras lainnya. Kamera depan dilengkapi dengan sensor 13-megapixel untuk selfie.

Baca Juga  Redmi Pad SE Resmi Dirilis! Ketahui Spesifikasi dan Keunggulannya

Foto yang diambil pada siang hari sangat meyakinkan: bebas dari noise dan menampilkan banyak detail. Jika kita melihat gambar dengan sangat teliti, kita akan menemukan sedikit kekurangan ketajaman dan penggunaan blur, tetapi hal ini hampir tidak terlihat dalam tampilan penuh. Kualitas foto siang hari setidaknya termasuk kelas menengah atas. Bahkan dalam kondisi pencahayaan yang sulit, kamu bisa puas dengan hasil fotonya. Beberapa detail tambahan mungkin dapat tetap ada, tetapi pada dasarnya hasilnya bagus. Foto kamera depan cukup baik, tetapi tanpa auto-fokus, selfie terkadang menjadi buram.

Sedikit mengecewakan adalah perekaman video. Di sini, kamu bisa merekam dengan resolusi Full-HD pada 60 frame per detik, tetapi tidak dalam resolusi Ultra-HD – meskipun prosesor cocok untuk itu, seperti yang ditunjukkan oleh model ponsel lainnya. Perekaman slow motion tersedia dalam resolusi Full-HD pada 120 frame per detik. Untuk fitur video, stabilisator gambar digital disediakan. Secara keseluruhan, ini adalah kamera ponsel yang baik, yang jarang ditemukan dalam kisaran harga ini.

Ketahanan Baterai Luar Biasa dan Opsi Pengisian Cepat

Ulasan terbaik dalam pengujian iu wash plus pada Xiaomi Redmi Note 7 ini diberikan pada baterai: Dalam tes kontinu menggunakan koneksi internet LTE dan tingkat kecerahan layar menengah, baterai 4.000 mAh mampu bertahan selama 11 jam 28 menit. Ini merupakan nilai yang sangat baik. Secara umum, baterai juga mendukung fitur fast charging, namun adaptor yang disertakan Xiaomi tidak menunjukkan performa terbaik sehingga membutuhkan waktu 2 jam 24 menit untuk mengisi daya. Pada 30 menit pertama yang sangat efektif dari proses pengisian daya, Redmi hanya mencapai 26 persen kapasitas baterai – jadi, pengisian daya berlangsung cukup lambat. Namun, kita tidak bisa mengeluhkan kualitas baterai tersebut, smartphone Xiaomi ini tidak akan mengecewakan kalian dengan mudah.

Prestasi Solid dengan Harga yang Kuat

Elemen utama yang menjadi pertimbangan tentunya adalah harga: Dari sisi perangkat keras, Xiaomi Redmi Note 7 merupakan ponsel kelas menengah yang solid, namun jarang sekali kita menemukan ponsel dengan kualitas ini dengan harga yang begitu menarik. Saat ini, Redmi Note 7 dijual sekitar 1,4 Jutaan. Bagi kalian yang memutuskan untuk membeli ponsel ini, tentu tidak akan merasa kecewa. Motorola memang menawarkan beberapa alternatif menarik, seperti Moto G7 Play yang lebih affordable atau Moto G7 Power, tetapi dalam hal performa dan kamera, Xiaomi unggul di antara yang lain.

Faq

Apa perbedaan xiaomi redmi 7 dan redmi note 7?

Perbedaan utama antara Xiaomi Redmi 7 dan Redmi Note 7 terletak pada performa, kamera, dan kapasitas baterai. Redmi 7 menggunakan processor Snapdragon 632, kamera utama 12MP, kamera depan 8MP, dan baterai 4.000mAh. Sementara Redmi Note 7 dilengkapi dengan processor Snapdragon 660, kamera utama 48MP, kamera depan 13MP, dan baterai 4.000mAh dengan teknologi Quick Charge 4.

Dengan demikian, Redmi 7 cocok bagi kamu yang menginginkan smartphone dengan performa standar dan harga terjangkau, sedangkan Redmi Note 7 lebih sesuai bagi kalian yang mengutamakan performa tinggi dan kualitas kamera yang lebih baik.

Berapa lama waktu pengecasan xiaomi redmi note 7?

Dalam era teknologi yang terus berkembang, pertanyaan mengenai durasi pengisian daya perangkat seperti Xiaomi Redmi Note 7 kerap muncul. Xiaomi Redmi Note 7 memiliki baterai 4000 mAh dan teknologi Quick Charge 3.0. Waktu pengisian daya penuh pada kondisi optimal berkisar antara 2 hingga 2,5 jam. Namun, durasi ini bisa bervariasi tergantung faktor-faktor tertentu. Oleh karena itu, disarankan untuk mengikuti panduan penggunaan dari produsen guna menjaga performa dan keawetan baterai.

Berapa harga HP Redmi Note 7 sekarang?

Harga smartphone Redmi Note 7 dibandrol dengan Rp1.274.000 dengan varian Xiaomi Redmi Note 7 6/128GB New Smartphone 4G LTE, tentunya harga ini mengalami fluktuasi seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, kami menyarankan kamu untuk terus memantau perkembangan harga serta promosi yang ditawarkan oleh berbagai penjual. Jangan ragu untuk mencari tawaran menarik dan melakukan perbandingan harga, agar kalian bisa mendapatkan smartphone idaman dengan budget yang efisien.

Apakah Redmi Note 7 ada mode malam?

Dalam perihal fitur yang terdapat pada Redmi Note 7, kami ingin menginformasikan bahwa perangkat ini dilengkapi dengan mode malam, atau dikenal sebagai ‘night mode’. Fitur ini memungkinkan kalian untuk mengambil foto berkualitas tinggi dalam kondisi pencahayaan rendah. Mode malam pada Redmi Note 7 menggabungkan beberapa eksposur untuk menciptakan hasil yang optimal dan ‘eye-catching’.

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status