Home » Berita » Cara Cek Bantuan UMKM 2023, Syarat dan Mengajukannya

Cara Cek Bantuan UMKM 2023, Syarat dan Mengajukannya

Iuwashplus.or.id Para pemilik UMKM tentunya akan merasa terbantu dengan adanya program bantuan dari pemerintah yang satu ini. Saat mendapatkannya, kamu tentunya perlu tahu bagaimana cara cek bantuan UMKM 2023 yang sudah diberikan oleh pemerintah.

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian negara. Mereka tidak hanya menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, tetapi juga berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara.

UMKM juga menjadi pendorong utama inovasi dan kreativitas dalam dunia bisnis. Selain itu, UMKM juga memperkuat perekonomian masyarakat lokal dengan mendukung produksi lokal dan mempromosikan kegiatan usaha di tingkat komunitas.

Kriteria UMKM

Kriteria UMKM

Sebelum mengetahui cara cek batuan dana UMKM, kamu perlu mengetahui kriteria UMKM terlebih dahulu. Untuk masuk dalam kategori UMKM, usahamu harus memenuhi beberapa kriteria yang didasarkan pada ukuran usaha dan pendapatannya.

Untuk menentukan kategori Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), perlu mempertimbangkan kriteria yang berlaku. Usaha mikro memiliki aset maksimal Rp 50 juta dan pendapatan tahunan dari bisnis tersebut tidak lebih dari Rp 300 juta.

Usaha kecil memiliki aset perusahan dalam rentang Rp 50 juta hingga Rp 500 juta dan pendapatan tahunan yang berada di antara Rp 300 juta hingga Rp 2,5 miliar. Sedangkan, usaha menengah memiliki aset bisnis antara Rp 500 juta hingga Rp 10 miliar.

Baca Juga  Trending di Youtube! Ini Fakta & Lirik Lagu 'Horizon' Jaehyun NCT

Pendapatan tahunan yang dimiliki usha menengah berada antara Rp 2,5 miliar hingga Rp 50 miliar. Jika usaha sesuai dengan kriteria tersebut, maka termasuk dalam kategori UMKM.

Bantuan dari Pemerintah untuk UMKM

Bantuan dari Pemerintah untuk UMKM

Selain melakukan cek bantuan UMKM berupa uang, terdapat berbagai bantuan lainnya. Beberapa jenis bantuan dari pemerintah yang akan diterima oleh UMKM adalah:

1. Dukungan Pemerintah kepada UMKM

Pemerintah memberikan dukungan yang signifikan kepada UMKM melalui berbagai program bantuan dan kebijakan. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah program bantuan untuk modal usaha, yang dapat berupa pinjaman berbunga rendah atau tidak ada bunga.

Selain itu, pemerintah juga menyelenggarakan pelatihan serta pendampingan bagi UMKM untuk meningkatkan berbagai keterampilan. Pembebasan pajak juga diberikan kepada UMKM sebagai insentif untuk memperkuat usaha mereka.

2. Pelatihan serta Pendampingan dari Pihak Swasta dan Lembaga Keuangan

Di samping bantuan yang diberikan oleh pemerintah, lembaga swasta, berbagai organisasi nonpemerintah, dan lembaga keuangan juga mengadakan program pelatihan serta pendampingan untuk mendukung pelaku UMKM.

Program ini bertujuan untuk membantu UMKM menambah ilmu dan keterampilan yang diperlukan dalam menjalankan usaha. Dengan mengikuti program ini, UMKM dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang berbagai hal.

Di antaranya adalah manajemen bisnis, strategi pemasaran, dan perkembangan teknologi terkini yang dapat mereka terapkan dalam usaha mereka.

3. Akses untuk Sumber Daya Keuangan

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh UMKM adalah keterbatasan modal. Untuk mengatasi hal ini, terdapat sejumlah sumber daya keuangan yang dapat digunakan oleh UMKM. Selain bank dan lembaga keuangan, UMKM dapat menggunakan program pembiayaan mikro dan koperasi.
Program tersebut juga dapat memberikan peluang akses ke modal dengan syarat yang lebih mudah dipenuhi. Dengan akses yang lebih mudah ke sumber daya keuangan, UMKM dapat mengembangkan dan memperluas usaha mereka.

Baca Juga  6 Cara Log In To Instagram Saat Lupa Kata Sandi

4. Kolaborasi serta Jaringan Bisnis

Kolaborasi serta jaringan bisnis juga menjadi faktor penting dalam pertumbuhan dan perkembangan UMKM. Dengan menjalin kerjasama dengan UMKM lainnya, UMKM memiliki kesempatan untuk memperluas pangsa pasar mereka dan meningkatkan SDM.

Keuntungan lainnya adalah dapat saling mendukung dalam meraih kesuksesan. Melalui kolaborasi dan jaringan bisnis, UMKM dapat memperoleh peluang baru, meningkatkan daya saing, dan memperluas jejaring pelanggan mereka.

Cara Mendaftar dan Mengajukan Bantuan UMKM

Cara Mendaftar dan Mengajukan Bantuan UMKM

Sebelum melakukan cek bantuan UMKM, kamu harus memastikan bahwa usahamu sudah terdaftar. Bagi pelaku UMKM yang ingin mendapatkan bantuan, penting untuk mengetahui cara mendaftar dan mengajukannya.

Tahapan umum yang dapat diikuti dalam mengajukan bantuan UMKM antara lain:

  • Memeriksa persyaratan serta kriteria penerimaan bantuan yang akan diajukan. Pastikan bahwa usaha memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh program bantuan tersebut.
  • Menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan, contohnya formulir, identitas diri seperti KTP, surat izin usaha, serta dokumen yang dibutuhkan lainnya. Pastikan semua dokumen tersebut telah terkumpul secara lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.
  • Mengisi formulir aplikasi yang ada dengan lengkap dan benar. Pastikan bahwa semua informasi yang kamu berikan telah diverifikasi dan valid.
  • Lakukan pengajuan formulir aplikasi dan berikan dokumen yang diperlukan ke lembaga terkait sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan. Pastikan pengajuan dilakukan sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan.
  • Selanjutnya, tunggulah verifikasi dan evaluasi yang akan dilakukan oleh pihak berwenang. Proses ini memerlukan waktu, jadi pastikan untuk bersabar dan memantau perkembangan pengajuan.

Sebelumnya, kamu harus memastikan bahwa UMKM atau usaha yang sedang kamu jalankan sudah terdaftar secara resmi di pemerintahan. Jika belum, kamu perlu untuk mendaftarkan usaha secara resmi terlebih dahulu.

Baca Juga  Iklan Bahasa Inggris: Cara Menulis, Tips Menulis, Dan Contohnya

Cara Cek Bantuan UMKM 2023

Cara Cek Bantuan UMKM 2023

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek bantuan UMKM dari pemerintah melalui e-form BRI:

1. Siapkan KTP atau e-KTP

Sebelum memulai proses pengecekan, pastikan kamu sudah menyiapkan KTP atau e-KTP milikmu. Dokumen ini diperlukan untuk verifikasi identitas saat menggunakan e-form BRI.

2. Kunjungi website eform BRI

Buka browser di laptop atau smartphone kamu dan masuk ke website eform.bri.co.id/bpum. Situs ini merupakan e-form yang disediakan oleh BRI untuk melakukan pengecekan terkait bantuan UMKM.

3. Isi nomor KTP

Setelah masuk ke halaman e-form BRI, temukan kolom yang telah disediakan untuk memasukkan nomor KTP. Ketikkan dengan teliti nomor KTP yang sesuai dengan identitasmu.

4. Masukkan kode verifikasi

Selanjutnya, akan ada kode verifikasi yang perlu dimasukkan untuk memastikan bahwa kamu adalah manusia dan bukan bot. Ketikkan kode verifikasi tersebut sesuai dengan yang tertera di halaman.

5. Lakukan inquiry

Setelah memasukkan nomor KTP dan kode verifikasi, cari tombol atau opsi yang bertuliskan “inquiry” dan klik atau pilih itu. Tombol ini akan memulai proses pengecekan bantuan UMKM.

6. Tunggu notifikasi hasil pengecekan

Setelah melakukan inquiry, tunggu sejenak untuk mendapatkan hasil pengecekan. Jika kamu termasuk sebagai salah satu penerima bantuan UMKM, kamu akan menerima notifikasi yang menunjukkan bahwa kamu memenuhi syarat untuk menerima bantuan tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengecek penerima bantuan UMKM melalui e-form BRI.

Penutup

Dengan menggunakan langkah-langkah tersebut, kamu sekarang dapat dengan mudah melakukan cek bantuan UMKM melalui e-form BRI. Pastikan untuk mempersiapkan KTP atau e-KTP sebelumnya dan mengikuti setiap langkah dengan teliti.

Jangan lupa untuk menunggu notifikasi hasil pengecekan setelah melakukan inquiry. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui apakah kamu memenuhi syarat sebagai penerima bantuan UMKM.

Jadi, segera lakukan cek bantuan UMKM melalui e-form BRI dan manfaatkan kesempatan untuk mendapatkan dukungan yang dibutuhkan dalam mengembangkan usahamu.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status