Home » Pendidikan » 8 Contoh Pidato Persuasif Singkat Tema Pendidikan, Narkoba, dll

8 Contoh Pidato Persuasif Singkat Tema Pendidikan, Narkoba, dll

Iuwashplus.or.id Pidato persuasif adalah jenis pidato yang di dalamnya berisi tentang pesan ajakan yang dapat memengaruhi masyarakat untuk melakukan sesuatu. Tujuan dari dibuatnya pidato ini adalah untuk memberikan penguatan tanggapan bagi sekelompok masyarakat yang sesuai dengan topik tertentu.

Selain itu, jenis pidato ini juga dapat membentuk masyarakat agar dapat memberikan tanggapan dan aktif dalam menanggapi sebuah pidato tertentu. Untuk mengetahui tentang jenis pidato ini secara lebih jelas, Anda bisa menyimak beberapa contoh pidatonya berikut ini!

8 Contoh Pidato Persuasif dengan Tema yang Berbeda

8 Contoh Pidato Persuasif dengan Tema yang Berbeda

Ada beberapa ciri yang membuat sebuah pidato dapat dikategorikan sebagai pidato persuasif, yaitu di dalamnya terkandung kalimat atau perintah ajakan, mengandung kalimat yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu, dan memiliki kalimat yang bersifat membangun dalam hal positif.

Biasanya, orang-orang bisa lebih memahami tentang apa yang dimaksud dengan jenis pidato ini ketika melihat dan membaca sendiri beberapa contohnya. Untuk itu, simak dengan baik beberapa contoh pidato yang bersifat persuasif berikut ini:

1. Pidato Persuasif dengan Tema Narkoba

Selamat pagi, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Dengan ini, kami mengucap salam kepada Ibu Kepala SMA Negeri 07 Surabaya dan seluruh staf guru serta teman-teman lainnya yang telah hadir di acara ini.

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat yang telah diberikan, sehingga kami semua bisa berkumpul bersama di aula besar ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato singkat yang berkaitan dengan narkoba.

Narkoba sering dianggap sebagai salah satu hal yang dapat membahayakan generasi muda, karena obat-obatan terlarang ini dapat merusak sel-sel otak dan tubuh manusia. Namun, seiring berjalannya waktu semakin ada banyak orang yang menyalahgunakan keberadaan narkoba.

Tindakan tegas yang bisa dilakukan agar tidak terperosok ke jurang yang sangat gelap ini adalah dengan mengabaikan keberadaannya. Sebab, ketika seseorang mencoba mengonsumsi narkoba, maka mereka akan merasa ketagihan dan ingin terus mencobanya.

Ketika hal ini terjadi, tubuh kita akan dibodohi dan perlahan dapat hancur. Narkoba tidak hanya bisa menyerang fisik seseorang saja, tapi juga psikis orang tersebut. Dalam arti lainnya adalah seseorang yang mengonsumsi narkoba dapat lebih mudah gelisah dan cemas.

Jadi, ada kemungkinan orang-orang terdekatnya pun akan mendapat pengaruh yang buruk, tak terkecuali orang tua dari orang yang mengonsumsinya. Para orang tua khawatir anaknya akan terjerumus di lubang hitam ini dan tidak bisa kembali seperti semula lagi.

Oleh karena itu, saya selalu mengatakan kepada semua orang bahwa jangan pernah penasaran dan mendekati benda haram ini apa pun alasannya. Sebab, narkoba tidak hanya bisa membuat seseorang terkena masalah hukum saja, tapi juga masalah sosial yang cukup besar.

Sekian pidato yang bisa saya sampaikan, dan saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian yang telah diberikan.

2. Pidato Persuasif Singkat tentang Kebersihan Lingkungan

Selamat siang, Bapak/Ibu guru yang kami hormati serta teman-teman sekalian yang telah hadir di acara ini. Sebelum saya mengucap banyak kalimat, mari kita panjatkan puji syukur terlebih dahulu kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan pada kami untuk berkumpul dan berbincang bersama.

Baca Juga  Cara Dan Contoh Menulis Surat Izin Sakit Sekolah Dan Kerja

Seperti yang kita semua tahu, lingkungan sekolah dapat menjadi cerminan budaya dari sekolah itu sendiri. Alangkah tak bijak jika warga di sekolah tersebut tidak menjaga kebersihan lingkungannya dengan baik. Tentu itu akan membuatnya tidak enak dan tidak nyaman untuk dipandang.

Lingkungan sekolah yang bersih memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran setiap siswa dan siswi. Ketika sekolah memiliki lingkungan yang bersih, hal ini dapat membuat siswa dan siswi lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Oleh karena itu, sebagai keluarga di sekolah ini kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan di setiap sudutnya. Nantinya, setiap kelas harus memiliki kedisiplinan yang tinggi terhadap kebersihan lingkungan.

Sebagai contoh, setiap kelas harus memiliki jadwal piket yang harus dipatuhi oleh para murid di dalam kelas itu. Jadi, ketika pelajaran sudah harus dimulai, kelas sudah dalam keadaan yang bersih dan nyaman.

Sediakan tempat sampah di setiap sudut kelas, agar murid-murid bisa selalu membuang sampah di tempatnya tersebut. Hanya dengan melakukan berbagai tindakan kecil seperti ini, kebersihan lingkungan sekolah dapat lebih terjaga dengan baik.

Untuk itu, marilah kita berusaha untuk membiasakan diri membuang sampah di tempatnya dan membersihkan debu-debu yang menempel di sisi jendela maupun pintu kelas. Nyatanya, kebersihan juga dapat berpengaruh baik terhadap kesehatan warga sekolah.

Sebagai penutup dari pidato pada kali ini, terima kasih untuk kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan pidato ini. Apabila ada salah kata yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja, saya mengharapkan permintaan maaf yang sebesar-besarnya. Demikian pidato yang bisa saya sampaikan.

3. Pidato Persuasif dengan Tema Pendidikan

Hadirin yang saya hormati, Bapak Kepala SMA Negeri 08 Jakarta, seluruh staf dan guru, serta teman-teman yang menghadiri acara ini, saya ucapkan salam dan terima kasih karena telah meluangkan waktunya sejenak untuk mendengarkan pidato dari saya.

Sekolah adalah tempat di mana orang-orang menempuh pendidikan dan pengajaran yang di dalamnya tidak lepas dari berbagai bentuk kerawanan. Semakin besar usia siswa dan siswi, maka semakin besar juga risiko kerawanan yang dapat terjadi.

Jika sekolah tidak bisa memberikan nasihat dan perintah yang baik kepada setiap muridnya, maka hal ini dapat membuat situasi semakin tidak terkontrol. Hal ini bisa dilihat pada cerita-cerita sebelumnya yang menunjukkan perilaku siswa yang sering bertengkar.

Tidak hanya itu, ada juga beberapa siswa yang menggunakan obat-obatan terlarang untuk melampiaskan emosinya sesaat. Pergaulan yang menyimpang bisa menjadi alasan mengapa semua ini terjadi.

Untuk mengatasi permasalahan yang terus berlanjut seperti itu, sekolah harus ikut bertanggung jawab dalam menjaga moral para muridnya. Selain itu, orang tua dan murid itu sendiri juga harus memiliki peran dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Kesadaran pribadi siswa dan siswi adalah poin terbesar yang harus ditanamkan sejak dini. Untuk itu, mari kita mulai mengajarkan kepada anak-anak mengenai mana yang baik dan mana yang buruk, agar mereka tidak terlanjur terjerumus ke dunia yang gelap.

Sekian pidato yang bisa saya sampaikan. Terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah diberikan dan membuat saya merasa disambut ketika berkunjung kemari.

4. Pidato Persuasif untuk Bisa Menjadi Pengusaha

Hadirin sekalian yang saya hormati, para petinggi perusahaan Sukma Makmur Wijaya, peserta Seminar Pengembangan Pemuda untuk Menjadi Pengusaha yang Sukses, dan panitia lainnya yang menghadiri acara ini, saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

Baca Juga  Contoh Teks Pidato Singkat Berbagai Tema dengan Strukturnya

Sebelum kita masuk ke pembahasan yang lebih dalam, bukankah kita sering mendengar cerita bahwa ada banyak pengusaha sukses yang meniti karirnya dari nol besar. Ada banyak pengusaha sukses yang memulainya dari latar belakang orang susah namun memiliki mimpi yang sangat besar.

Bahkan, ada beberapa pengusaha sukses juga yang pernah bercerita bahwa sebenarnya dia hanyalah lulusan SD atau SMP saja. Bagi sebagian orang, mungkin ini terdengar mustahil. Namun, nyatanya mereka bisa tumbuh menjadi sosok pengusaha sukses dengan kemampuan yang ada dalam dirinya.

Meski pendidikan resminya terhenti sampai di bangku SD atau SMP saja, tapi mereka tidak pernah berhenti belajar, sehingga hal ini mengantarkannya ke jalan yang lebih baik. Sebagian orang mengatakan bahwa pendidikan yang tinggi tidak bisa selalu menjamin pekerjaan yang baik.

Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar, karena semakin tinggi pendidikan yang ditempuh oleh seseorang, hal ini membuatnya lebih mudah untuk meraih impiannya. Kendati demikian, proses untuk meraih impian ini harus diiringi dengan tekad dan semangat yang kuat.

Pada intinya, anak-anak muda zaman sekarang yang masih memiliki fisik yang kuat, pikiran yang terus berkembang, jiwa yang muda, harus selalu berusaha untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Manfaatkan kesempatan yang masih terbuka dengan lebar dan jangan sampai kehilangan kesempatan itu.

Mari kita membulatkan tekad untuk mencapai impian yang tinggi, dan jangan pernah menyerah hanya karena masalah yang sepele. Demikian pidato yang ingin saya sampaikan, dan terima kasih atas perhatian serta waktunya.

5. Pidato yang Bersifat Persuasif tentang Pendidikan Berkarakter

Bapak/Ibu sekalian yang saya hormati,

Memantau putra dan putri agar terhindar dari segala macam potensi pengaruh buruk adalah kewajiban bagi para orang tua. Sebab, semua orang tua tentu tidak mau anak-anaknya terjerumus ke dalam lubang hitam yang dapat merusak moral maupun akhlaknya di masa depan.

Cara yang dapat dilakukan untuk membuat anak-anak terhindar dari pengaruh buruk ini adalah dengan mengajari mereka tentang pendidikan agama sejak sedini mungkin. Tidak hanya itu, para orang tua juga bisa mengajarinya tentang semangat belajar yang dapat bermanfaat untuk masa depannya.

Sesekali orang tua bisa mendengarkan curahan hati anak-anaknya, agar mereka bisa merasakan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Berikan solusi dan nasihat dengan cara yang baik, agar mereka tidak merasa dihakimi oleh kedua orang tuanya.

Pada dasarnya, arti sebuah moral sangatlah penting bagi setiap individu. Ketika adat santun dan ramah sudah hilang di lingkungan kita, maka hal ini dapat membuat bangsa Indonesia tidak mampu menopang kokohnya pilar kebhinekaan yang telah dijunjung tinggi selama ini.

Oleh karena itu, mari kita selalu berusaha untuk menghargai perbedaan dan etika bermasyarakat, agar Indonesia bisa terus berkembang menjadi negara yang maju. Sekian pidato dari saya, dan saya harap putra dan putri Bapak/Ibu bisa tumbuh menjadi pribadi yang membanggakan.

6. Pidato Persuasif tentang Perilaku di Media Sosial

Sahabatku sekalian yang saya cintai, alangkah bersyukurnya kita bisa hidup di dunia yang lebih canggih seperti sekarang ini. Semua aktivitas bisa dilakukan secara lebih mudah hanya dengan mengandalkan internet ataupun media sosial.

Namun, kecanggihan teknologi yang ada sekarang ini sering membuat orang-orang melupakan pentingnya untuk menjaga tutur bicaranya. Alangkah baiknya jika kita semua selalu mengucapkan perkataan yang baik dan melakukan perbuatan yang baik saat menggunakan media sosial.

Baca Juga  10 Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat yang Mudah Dihapal

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, ada 3 faktor yang dapat menyebabkan seseorang sering mengucap perkataan dan melakukan perbuatan buruk, yaitu faktor lingkungan, faktor pendidikan, dan faktor orang tua.

Membahas tentang faktor lingkungan dalam media sosial, saat ini ada banyak kasus pencemaran nama yang dilakukan oleh sebagian orang, sehingga hal ini membuat orang-orang di sekitarnya tertarik untuk menirunya. Padahal mereka tahu bahwa hal yang dilakukannya itu dilarang oleh agama.

Sementara untuk faktor pendidikan yang dimaksud di sini bisa dilihat pada banyaknya orang yang tidak bisa menyelesaikan pendidikannya hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Seseorang yang kurang pengetahuan ataupun wawasan akan lebih rentan melakukan perbuatan yang buruk.

Sedangkan faktor orang tua di sini bisa dilihat dari kurangnya anak mendapat pendidikan dan informasi penting dari kedua orang tuanya. Jadi, mereka tidak tahu mana hal yang bisa dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan.

Karena sekarang kalian semua sudah tahu apa saja faktor yang dapat menyebabkan seseorang sering mengucap perkataan dan melakukan perbuatan buruk, jadi segeralah untuk menghindari perbuatan tersebut. Jagalah tutur kata kita di kehidupan nyata maupun di kehidupan maya.

7. Teks Orasi Persuasif tentang Menghargai Guru

Selamat siang untuk Bapak/Ibu guru SMP Negeri 02 Surabaya. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kami semua.

Sampai saat ini guru masih menjadi pahlawan bagi kita semua, karena mereka bersedia memberikan segenap ilmu yang sangat bermanfaat, kasih sayang yang sangat berharga, dan waktu hanya untuk mendidik murid-muridnya agar bisa tumbuh menjadi individu yang pintar.

Tidak ada yang bisa dilakukan untuk membalas semua jasa yang telah diberikan oleh seorang guru, karena jasa tersebut akan selalu membekas di dalam hati. Untuk itu, mulai sekarang mari kita selalu menghormati dan menghargai guru yang masih bersedia membantu kita untuk mencapai mimpi.

Janganlah kalian berani membantah perkataan guru, karena semua itu demi kebaikan murid-muridnya. Bapak/Ibu guru di sekolah tidak pernah meminta apa pun, dan mereka hanya mengharapkan kesuksesan murid-muridnya.

Sekian pidato singkat dari saya, dan jika ada salah kata saya ucapkan permintaan maaf yang sangat tulus.

8. Pidato Persuasif dengan Tema Berhenti Merokok

Yang terhormat Bapak/Ibu guru serta teman-teman semua yang telah hadir hari ini, pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan nikmat yang telah diberikan. Pada kesempatan kali ini saya akan mengucap sepatah dua kata terkait bahaya merokok.

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang dapat memberikan efek buruk terhadap kesehatan manusia. Meski begitu, masih ada banyak orang yang mengabaikan tentang hal ini. Merokok tidak hanya dapat merusak kesehatan tubuh perokoknya saja, tapi juga orang yang menghirup asapnya.

Hari ini mungkin kalian belum merasakan efeknya, tapi bagaimana dengan 10-20 tahun nanti? Perlahan organ tubuh kalian akan memburuk dan hal ini dapat memengaruhi usia dari para perokok.

Melalui pidato yang saya sampaikan hari ini, saya mengajak semua orang untuk berhenti merokok demi kebaikannya sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Sekian pidato dari saya, dan semoga isi dari pidato ini dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap kehidupan banyak orang.

Seperti yang Anda lihat pada beberapa contoh pidato persuasif di atas, di bagian tengah pidato tersebut terdapat kalimat ajakan yang bersifat positif. Hal itu sesuai dengan ciri-cirinya yang mengandung kalimat ajakan di dalamnya.

Pahami isi dari setiap contoh tersebut dengan baik, maka Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan ketika harus membuat pidato jenis ini.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status