Home » Tutorial » Cara Menyimpan Foto Profil WhatsApp Teman

Cara Menyimpan Foto Profil WhatsApp Teman

Lu pernah pengen nge-save foto profil WhatsApp dari seseorang? Nah, gua punya nih panduan singkat buat lo nge-download foto profil siapapun di WhatsApp, ga peduli lo pake perangkat apa.

Ada banyak alasan kenapa lo mungkin pengen nge-save foto profil di WhatsApp. Bisa jadi itu orang yang lo suka, orang yang lagi nge-stalk lo, atau mungkin aja foto profilnya bagus banget.

Apapun alasannya, prosesnya simpel banget buat di capai.

Satu-satunya drawback yang mungkin muncul adalah ketersediaan penyimpanan di HP lo. Tapi sekarang kan ada cloud storage yang bisa bantu mengatasi masalah ini.

Dalam beberapa paragraf berikutnya, iuwashplus.or.id bakal tunjukin gimana lo bisa download foto profil WhatsApp dari aplikasi itu sendiri, baik lo pake perangkat Android, iPhone, atau komputer. Ini termasuk layanan seperti WhatsApp Web, klien resmi untuk Windows dan macOS.

Jadi, yuk kita lihat gimana caranya nge-save foto profil tanpa buang-buang waktu!

Cara Menyimpan Foto Profil di WhatsApp

Cara Menyimpan Foto Profil di WhatsApp
ilustrasi foto profil whatsapp tersimpan ke galery

Sebelum kita mulai, ada beberapa informasi yang mungkin bisa membantu lo nge-lakuin proses ini lebih gampang.

Pertama, gua harus informasiin bahwa saat ini ga ada fitur di WhatsApp yang bisa memungkinkan lo nge-download foto profil orang lain. Ini bukan fungsi bawaan dari layanan tersebut.

Atau, lo bisa hindari masalah ini dengan men-tap foto profil pengguna atau memilih bagian informasi dari profil yang lo tertarik, dan kemudian mengambil screenshot.

Yuk kita lihat gimana caranya download foto profil WhatsApp dari temen atau salah satu kontak lo. Di bawah ini lo akan nemuin proses ini di jelasin untuk perangkat Android, iPhone, dan PC.

Baca Juga  Transfer BCA ke DANA: Cara Cepat, Praktis, dan Efisien

1. Menyimpan Foto Profil WhatsApp Di Android

Menyimpan Foto Profil WhatsApp Di Android
ilustrasi Menyimpan Foto Profil WhatsApp Di Android

Di perangkat Android, lo harus memulai dengan membuka WhatsApp dan men-tap foto profil kontak yang ingin lo download gambarnya.

Lalu, lo akan mengambil screenshot dengan menekan kombinasi tombol yang di sediakan untuk ini.

Ini nih gimana caranya di Android:

  • Buka WhatsApp di HP lo, tap Tab Chat di kiri atas.
  • Klik ikon awan yang terletak di pojok kanan bawah dan scroll daftar kontak di layar hingga lo nemuin foto profil yang pengen lo simpen.
  • Tap foto profil thumbnail dari orang yang relevan dengan cara men-tap fotonya untuk melihatnya secara penuh layar. Alternatifnya, setelah lo mencapai jendela yang berisi daftar kontak lo, lo bisa men-tap nama orang yang foto profilnya ingin lo simpen. Tap lagi namanya di atas, dan di layar Info yang muncul, tap foto profilnya untuk melihatnya secara penuh layar.
  • Nge-save foto profilnya lo ga perlu repot-repot banget, lo cukup ambil screenshot aja sekarang. Lo harus menekan tombol power + home atau power + volume down secara bersamaan. Ini tergantung pada model dan merk HP lo. Screenshot itu akan ditandai dengan suara seperti suara kamera dan efek flash akan muncul di layar sesaat sebelum preview muncul.

Setelah lo mengambil screenshot, lo bisa memotongnya untuk menghilangkan bagian layar lainnya selain gambar yang pengen lo simpen. Ini akan membuat hasil download terlihat lebih profesional.

2. Menyimpan Foto Profil WhatsApp Di iPhone

Menyimpan Foto Profil WhatsApp Di iPhone
ilustrasi Menyimpan Foto Profil WhatsApp Di iPhone

Untuk nge-lakuin ini di iPhone, lo bakal nge-lakuin langkah yang sama seperti di bab Android.

Baca Juga  15 Cara Mengatasi Laptop Lemot Beserta Penyebabnya

Setelah membuka WhatsApp dan memilih foto profil yang lo tertarik, lo masih harus mengambil screenshot dengan menekan kombinasi tombol yang dirancang untuk tujuan ini.

Yuk liat gimana caranya di iPhone:

  • Pertama, buka WhatsApp di HP lo, dan tap Chat di bagian bawah. Tap pensil di pojok kanan atas (atau salah satu chat yang terbuka) dan kemudian pilih yang membuat lo tertarik.
  • Selanjutnya, di layar yang muncul, lo bisa men-tap profil yang terkait dengan gambar yang ingin lo download. Di layar Informasi Kontak yang muncul, tap foto profil pengguna.
  • Untuk nge-save foto profil ini, lo harus mengambil screenshot. Kalau lo punya iPhone model X atau yang lebih baru, ini melibatkan menekan volume atas + tombol samping di tepi kanan secara bersamaan. Setelah lo mengambil gambar ini, lo bisa men-tap thumbnail yang muncul di sudut kiri bawah layar lo untuk mengubah gambar sesuai keinginan. Lo bisa memotong gambar hanya menunjukkan foto profil tanpa bagian lain dari layar yang kurang menarik.

Sekarang lo punya opsi dimana gambar lo disimpan, baik di aplikasi Photos atau Files. Nah, sekarang lo udah selesai.

Catatan: Mengenai poin ketiga, kalau lo punya model iPhone yang lebih lama sebelum iPhone X, lo harus menekan tombol home di depan perangkat dan tombol daya di atas atau di tepi kanan HP (tergantung pada modelnya) secara bersamaan.

3. Menyimpan Foto Profil WhatsApp Di PC atau Mac

Menyimpan Foto Profil WhatsApp Di PC atau Mac
ilustrasi Menyimpan Foto Profil WhatsApp Di PC atau Mac

Kalau lo pengen nge-lakuin ini dari PC, lo harus akses WhatsApp melalui klien browser WhatsApp Web. Lalu lo akan membuka chat dari orang yang punya foto profil yang lo suka dan ingin download.

Yuk liat gimana caranya dari PC:

  • Pertama, lo harus akses WhatsApp melalui klien WhatsApp Web untuk Windows atau macOS. Kalau belum, sambungkan akun Web lo ke HP lo dengan memindai kode QR yang ditampilkan di layar. Kalau lo bingung nih, lo bisa lihat artikel kita tentang WhatsApp untuk PC untuk dapet instruksi yang lebih detail.
  • Lo harus memilih pensil atau awan di pojok kiri atas. Klik nama kontak yang punya foto yang pengen lo download dan pilih namanya dari layar yang muncul.
  • Kalau kotak muncul di kanan, lo bisa klik foto profil dan gambar bakal memenuhi layar.
Baca Juga  Social Spy WhatsApp Apk Download Aman Anti Banned

Sekarang, lo harus mengambil screenshot dari gambar ini dengan cara yang sama seperti yang lo lakukan dengan HP. Ini nih yang harus lo lakuin:

Windows – Buka Capture Tool dengan menekan Win+Shift+S di keyboard lo. Pilih New dan tahan tombol kiri mouse untuk memilih bagian layar yang ingin lo tangkap. Di kasus ini, cuma parameter gambar aja. Lepaskan tombol kiri untuk mengambil screenshot. Klik ikon disket untuk nge-save gambar.

macOS – Macs akan membutuhkan pengguna untuk menekan rangkaian tombol juga. Tekan cmd+shift+4, dan sambil tahan tombol kiri mouse, pilih bagian layar yang pengen lo tangkap. Lepaskan tombol untuk mengambil gambar layar dan gambar itu akan disimpan di folder yang ditentukan atau di desktop.

Penutup

WhatsApp

Sekarang kita udah sampe akhir panduan dan gua harap informasi gua membantu. Sayangnya, tim pengembang WhatsApp memutuskan bahwa fitur yang memungkinkan lo langsung nge-save foto profil itu ga bagus, jadi udah dihapus. Tapi sekarang lo punya gambaran yang lebih baik tentang gimana cara nge-lakuin ini tetep.

Seperti biasa, kalau lo punya pertanyaan, kekhawatiran, atau keraguan, lo selalu bisa tinggalin komentar di bawah supaya gua bisa bantu. Gua pasti bakal balikin pesan lo sesegera mungkin.

Thank You.

BACA JUGA:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status