Home » Informasi » Langkah Mudah Membuat Surat Izin Sakit Lewat WA (WhatsApp)

Langkah Mudah Membuat Surat Izin Sakit Lewat WA (WhatsApp)

Iuwashplus.or.id | Ketika waktu berlalu, masih terdapat sejumlah siswa dan karyawan yang menghadapi kendala untuk hadir di sekolah atau tempat kerja seiring kondisi kesehatan mereka yang menurun. Dalam situasi tersebut, seringkali mereka memilih untuk tidak menghadiri sekolah atau bekerja. Selain itu, banyak di antara siswa maupun karyawan yang tidak memberikan surat izin sakit kepada pengajar atau atasan mereka.

Sebetulnya, jika ada kebingungan dalam menyusun surat izin sakit dengan menggunakan kertas, kalian dapat memanfaatkan aplikasi jejaringan sosial seperti WhatsApp untuk mengirimkan surat izin sakit. Terlebih lagi, di era yang serba canggih ini, hampir segala sesuatu dapat dilaksanakan dengan kemudahan. Kalian dapat mengajukan permohonan izin tidak hadir di sekolah atau tempat kerja akibat kondisi kesehatan yang kurang baik melalui pesan singkat.

Walaupun surat izin sakit dikirimkan lewat pesan singkat, perlu diingat bahwa penyusunan surat izin tersebut harus dilakukan dengan baik dan benar. Dalam menyusun surat izin sakit, harus memuat informasi penting seperti nama, kelas atau posisi pekerjaan, serta mengikuti kaidah Ejaan yang Disempurnakan (EYD) yang sesuai. Untuk memahami cara penyusunan surat izin sakit, kalian dapat menyimak langkah-langkah berikut ini.

Cara Menulis Surat Izin Sakit Lewat WA (WhatsApp)

Cara Menulis Surat Izin Sakit Lewat WA (WhatsApp)

Di zaman yang serba digital ini, mengirimkan surat izin sakit bisa kita lakukan dengan lebih praktis menggunakan aplikasi WhatsApp. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kalian ikuti untuk menyusun dan mengirimkan surat izin sakit melalui WhatsApp:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih kontak atau grup yang memerlukan surat izin, seperti atasan atau guru.
  3. Ketik pesan dengan format jelas dan rinci.
  4. Lampirkan surat izin sakit dari dokter.
  5. Periksa kembali isi pesan dan lampiran.
  6. Tekan tombol kirim.
Baca Juga  3 Contoh Surat Izin Sakit Kerja dan Cara Penulisannya Yang Benar

Demikianlah langkah-langkah sederhana untuk menyusun dan mengirimkan surat izin sakit melalui WhatsApp. Ingatlah untuk selalu memberi tahu pihak sekolah atau perusahaan saat kita tidak dapat hadir di sekolah atau tempat kerja karena sakit. Dengan demikian, kita tidak dianggap absen atau tidak hadir tanpa alasan yang jelas.

Untuk tata cara penulisan surat izin sakit yang lebih lengkap dan detail kalian bisa melihat nya di

Cara Menulis Surat Izin Sakit Lengkap Untuk Semua Kalangan

Berikut Contoh Surat Izin Sakit Melalui WA (WhatsApp)

1. Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja Via WA

[Perusahaan/tempat kerja],

Dengan hormat, saya, [nama lengkap], ingin menginformasikan bahwa saya tidak dapat hadir bekerja pada tanggal [tanggal] dikarenakan kondisi kesehatan yang menurun.

Berikut ini terlampir surat izin sakit dari dokter:

[lampirkan foto atau file surat izin sakit dari dokter].

Atas perhatian dan pengertiannya, saya mengucapkan terima kasih.

2. Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah Via WA (Siswa)

[Salam],

Selamat pagi, semoga Bapak/Ibu [Wali Kelas] senantiasa dalam keadaan sehat.

Saya, [Nama Lengkap] dari kelas [Kelas..], ingin mengabarkan bahwa pada hari ini saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar karena sedang mengalami sakit [Nama Penyakit].

Oleh karena itu, saya mohon izin kepada Bapak/Ibu Guru untuk tidak hadir di sekolah.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu Guru.

3. Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah Via WA (Orangtua)

Kepada Yth.
Kepala Sekolah/Ibu Wali Kelas
(Sebutkan nama sekolah)
Di Tempat

Dengan hormat,

Nama: (Sebutkan nama lengkap siswa)
Kelas: (Sebutkan kelas siswa)
Nomor Induk Siswa: (Sebutkan nomor induk siswa)

Sebagai orang tua dari siswa yang bersangkutan, saya ingin menginformasikan bahwa anak saya saat ini sedang mengalami sakit [Nama Penyakit] dan tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar pada [Hari/Tanggal]. Oleh karena itu, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu Guru agar anak saya dapat tidak hadir di sekolah.

Baca Juga  Kiyowo Artinya Lucu dalam Bahasa Korea? Ini Makna Sebenarnya!

Atas perhatian dan pengertian Bapak/Ibu Guru, saya mengucapkan terima kasih.

Tips Dalam Mengajukan Izin Melalui WA (WhatsApp)

Tips Dalam Mengajukan Izin Melalui WA (WhatsApp)

Mengajukan izin tidak masuk kerja dapat dilakukan melalui WhatsApp. Namun, beberapa orang merasa ragu untuk melakukannya karena khawatir terkesan tidak sopan. Padahal, kita bisa menyusun surat izin yang formal melalui WhatsApp, terutama ketika situasinya mendesak dan tidak direncanakan sebelumnya. Berikut ini beberapa saran yang dapat kalian ikuti untuk mengajukan izin tidak masuk kerja melalui WhatsApp.

  1. Pertahankan Kesopanan.
    Saat menyusun izin tidak masuk kerja melalui WhatsApp, pastikan kalian tetap menjaga kesopanan dalam pesan yang dikirim. Kesopanan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan saat menghubungi atasan dalam situasi kerja.
  2. Hindari Pesan yang Bertele-tele.
    Usahakan untuk tidak membuat pesan yang panjang dan bertele-tele. Kalian harus memastikan pesan izin yang disampaikan mudah dipahami dan tidak memiliki makna ganda. Kirimkan pesan tersebut dalam satu balon obrolan yang sudah mencakup keseluruhan informasi izin yang ingin disampaikan.
  3. Gunakan Bahasa yang Baik dan Sopan.
    Pastikan saat mengajukan izin, kalian menggunakan bahasa yang sopan dan baik dalam menyampaikan pesan. Bahasa yang sopan dan baik tidak harus selalu mengikuti aturan KBBI secara ketat. Kalian perlu menyusun pesan dengan bahasa yang mudah dipahami. Dengan demikian, atasan atau bos kalian akan merasa dihargai dan dianggap sebagai pihak yang berwenang.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara sederhana menyusun surat izin sakit melalui WA (WhatsApp). Dengan mengikuti pedoman yang telah disampaikan di atas, kalian dapat menyusun surat izin dengan mudah. Contoh-contoh yang disediakan dapat dijadikan sebagai acuan agar kita tidak merasa kebingungan saat hendak mengirimkan pesan izin melalui WhatsApp. Selalu pastikan untuk mengikuti etika komunikasi yang baik dan menjaga kesopanan saat mengajukan izin kepada atasan atau pihak yang berwenang.

BACA JUGA:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status