Home » Informasi » 7 Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Islam dan Primbon, Tanda Buruk?

7 Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Islam dan Primbon, Tanda Buruk?

Iuwashplus.or.idKetika tidur, kita seringkali memimpikan sesuatu. Entah karena terlalu memikirkannya atau hadir sebagai sebuah pertanda. Seperti halnya mimpi digigit ular yang terkadang membuat takut sebagian besar orang. Padahal, arti mimpi digigit ular tidak selalu buruk. 

Beberapa orang bahkan menafsirkan mimpi digigit ular sebagai suatu hal yang baik. Setiap pandangan memiliki arti yang berbeda-beda, pun berdasarkan tempat gigitannya bermacam-macam. Bahkan arti-arti yang ditafsirkan itu tidak harus diyakini sebagai sesuatu hal yang pasti akan terjadi.

Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Islam

Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Islam

Dalam Islam, ada berbagai arti dari mimpi digigit ular. Beberapa diantaranya berkaca dari kisah-kisah Nabi hingga ayat-ayat suci Al-Qur’an. Pun artinya juga bermacam-macam. Mulai dari berarti buruk, mengisyaratkan tanda-tanda, hingga berhubungan dengan datangnya jodoh.

Berdasarkan Kitab Qawaid Tafsir al-Ahlam, Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan mengatakan bahwa mimpi digigit ular termasuk dalam kategori mimpi yang buruk secara lahir dan batin. Ditafsirkan seperti itu, karena keduanya tidak memberikan manfaat sama sekali. 

Secara lahir, ular merupakan hewan yang berbahaya dan kerap tidak disukai. Maka dari itu, hal ini bisa ditafsirkan sebagai wujud kesialan. Sementara secara batin menandakan bahwa akan ada hal buruk yang bisa saja terjadi pada orang tersebut. 

Jika sesuatu yang buruk itu dilakukan oleh seseorang, pelakunya pun bisa ditafsirkan berdasarkan tempat di mana Anda digigit ular. Meskipun begitu, tafsir dalam kitab tersebut bukan berarti sebuah patokan yang sudah paten. Namun ada beberapa tafsir mimpi yang bisa menjadi referensi bagi Anda.

Baca Juga  Proxy: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsi Pentingnya

1. Berdasarkan Tafsir Al-Ahlam

Ibnu Sirin dalam Tafsir al-Ahlam mengklasifikasikannya dalam beberapa bagian. Hal ini didasarkan dari besar ukuran ular dan seberapa berbahanya jenis ular yang keluar dalam mimpi tersebut. Sebab, dua poin itu mengartikan seberapa kuat dan hebat kekuatan yang dimiliki musuh.

Apabila bermimpi melawan serangan ular, itu menandakan bahwa Anda akan menyerang dan melawan musuh yang akan datang. Namun jika berhasil membunuh ular tersebut, itu menandakan bahwa Anda akan menang melawan musuh yang menyerang.

Pun Anda bisa saja bermimpi hanya melihat ular dalam keadaan sudah mati. Hal itu menandakan bahwa musuh yang akan menyerang sudah ditaklukkan oleh Tuhan. Sementara hal-hal buruk yang akan dikirimkan musuh tidak akan menimpa Anda.

Jika bermimpi tubuh dililit ular, mimpi tersebut menunjukkan bahwa beberapa teman yang ada di sekeliling Anda bisa jadi musuh tanpa disadari. Meskipun begitu, hal ini tidak boleh menjadi patokan dan membuat Anda jadi berprasangka buruk terhadap orang-orang sekitar.

2. Berdasarkan Jami’ Tafsir Al-Ahlam

Beberapa arti dari mimpi digigit ular mengindikasikan adanya musuh yang akan berbuat jahat kepada kita. Dalam Jami’ Tafsir al-Ahlam halaman 193, Syekh Abu Bakar Muhammad bin ‘Umar al-Ihsani membagi jenis musuh dalam beberapa kategori berdasarkan letak ular yang ada dalam mimpi.

Jika memimpikan ular ada di dalam rumah, itu mengartikan bahwa musuh yang mengincar Anda adalah saudara atau kerabat sendiri. Apabila ular berada di kamar pribadi, maka bisa jadi musuh tersebut adalah teman sekamar Anda. Seperti suami atau istri, atau bahkan teman sendiri.

Namun jika dalam mimpi itu ular sedang berada di luar rumah seperti di halaman, bisa saja musuh tersebut bukan dari kerabat atau keluarga sendiri. Melainkan teman atau orang-orang yang pernah Anda kenal. Mengingat segala sikap yang kita lakukan bisa melukai perasaan orang tanpa disadari.

Baca Juga  Hitungan Weton Jawa Untuk Pernikahan dan Maknanya

3. Arti Mimpi Digigit Ular Berdasarkan Tempat Gigitannya

Pun ada juga yang mengklasifikasikan berdasarkan tempat gigitannya. Jika tangan kanan yang digigit ular, bisa jadi akan mendapatkan rezeki berupa materi dalam jumlah yang besar. Sementara arti mimpi digigit ular di tangan kiri, mengartikan ada banyak dosa yang telah dilakukan. 

Pun bisa juga ada kesalahan yang dilakukan kepada manusia. Namun apabila bermimpi kepala digigit ular, bisa menjadi pertanda bahwa Anda akan mengalami banyak kesulitan dalam hidup. Entah disebabkan oleh pengambilan keputusan yang kurang tepat atau tergesa-gesa dalam bersikap.

Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Primbon Jawa

Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Primbon Jawa

Selain ditafsirkan dari sudut pandang agama, beberapa mimpi juga kerap ditafsirkan dari sudut pandang budaya. Seperti halnya yang terjadi dalam budaya orang Jawa, beberapa kejadian kerap diartikan berdasarkan primbon atau kitab yang berisikan ramalan. Memang aktivitas ini terlihat kuno.

Namun masih banyak orang yang seringkali menjadikan primbon sebagai acuan dalam berkehidupan. Penafsiran arti mimpi digigit ular menurut Primbon Jawa cukup bervariasi. Sementara yang diuraikan di bawah ini adalah penafsiran yang terbagi atas jenis ularnya.

1. Ular Kecil

Apabila ditilik dari sudut pandang Primbon Jawa, arti mimpi digigit ular kecil berkaitan dengan kehidupan asmara, tetapi mimpi tersebut menandakan akan ada hambatan di dalamnya.

Faktor pemicunya pun bervariasi. Mulai dari keluarga, teman, latar belakang, masa lalu, dan lain sebagainya.

2. Ular Kobra

Sementara jika mimpi digigit ular kobra, berkaitan dengan adanya perasaan iri, tidak suka, hingga dengki dari orang lain. mengingat ular kobra adalah jenis ular berbisa mematikan.

Oleh karena itu, penafsirannya merujuk pada pertanda akan terjadi hal-hal yang buruk.

Baca Juga  170+ Nama Kucing Lucu, Unik, Bagus, Dan Tips Merawat Kucing

3. Arti Mimpi Digigit Ular Berbisa

Pun Primbon Jawa juga menafsirkan arti mimpi digigit ular berbisa yang menandakan akan ada seseorang yang mengusik hidup Anda.

Mengusik dalam hal ini, berupa perbuatan jahat yang ditimbulkan dari adanya perasaan benci atau iri terhadap kesuksesan yang telah Anda capai.

4. Banyak Ular

Jika bermimpi digigit banyak ular, dimunkinkan mimpi ini berkaitan dengan perasaan suka antar manusia.

Bahwa bisa jadi sedang ada orang yang tertarik mendekati. Entah untuk membuat Anda suka kepadanya maupun sekadar penasaran.

Cara Menyikapi Ketika Mimpi Digigit Ular

Cara Menyikapi Ketika Mimpi Digigit Ular

Jika ada mimpi yang mampir ketika tidur, tidak perlu terlalu dipikirkan. Untuk menepis semua prasangka-prasangka buruk, Anda hanya perlu sedikit menenangkan diri agar kembali berpikiran positif. Minumlah segelas air putih secara perlahan ketika bangun. Duduklah di tempat ternyaman.

Tenangkan diri sembari menghirup udara perlahan dan menghembuskannya. Lakukan beberapa kali agar tubuh menjadi lebih rileks. Apabila terbangun di tengah malam Anda juga bisa melakukan ibadah atau berdoa singkat. Bagi Anda orang muslim, bisa melaksanakan salat.

Seperti Salat Tahajud, Witir, hingga Hajat. Melalui ibadah tersebut, Anda bisa berkomunikasi dengan Tuhan untuk meminta perlindungan atas hal-hal buruk yang mungkin akan terjadi. Sementara bagi non-muslim, bisa mengubah posisi tidur dan jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu. 

Kesimpulan 

Arti mimpi digigit ular yang ditafsirkan di atas memang bisa saja terjadi pada kehidupan Anda. Namun seyogyanya, kita tetap berpikir positif terhadap kejadian-kejadian yang mampir di saat tidur. Sembari dibarengi dengan terus berdoa kepada Yang Maha Kuasa.

Selain itu, jangan lupa untuk terus berbuat baik kepada setiap orang. Sekalipun kepada seseorang yang telah berbuat jahat kepada Anda. Sebab setiap perbuatan akan dibalas setimpal dengan apa yang mereka kerjakan. Begitu pula setiap perbuatan baik akan dibalas dengan hal baik juga.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status