Home » Pendidikan » Doa Setelah Sholat Witir Arab, Latin, Arti dan Sesuai Sunnah

Doa Setelah Sholat Witir Arab, Latin, Arti dan Sesuai Sunnah

JAKARTA – Doa setelah sholat witir adalah suatu doa yang dibaca oleh umat muslim seusai melaksanakan sholat witir. Sholat witir sendiri merupakan salah satu sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam setelah sholat tarawih dan isya, terdiri dari satu rakaat atau ganjil.

Doa setelah sholat witir juga doa yang dilantunkan sebagai bentuk rasa syukur dan permohonan agar kita diberikan keberkahan, perlindungan, serta petunjuk dalam menjalani kehidupan. Doa ini dapat ditemukan dalam berbagai literatur Islam, baik dalam bentuk teks maupun audio.

Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang bangun pada malam hari, kemudian dia membaca ayat Kursi, niscaya Allah akan menjaga dirinya dan tetangga rumahnya dari gangguan syaitan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang melaksanakan sholat witir dengan tiga rakaat, maka ia telah membebaskan dirinya dari kesyirikan (menyekutukan Allah).” (HR. Abu Dawud)

Doa setelah sholat witir memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya adalah:

  1. Sebagai ekspresi rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan.
  2. Memohon perlindungan dan petunjuk agar kita selalu berada di jalan yang lurus.
  3. Meminta keberkahan dalam kehidupan kita, baik secara lahir maupun batin.
  4. Mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kualitas ibadah dan amalan, khususnya sholat witir sebagai salah satu bentuk ibadah sunnah.

Bacaan Doa Setelah Sholat Witir Arab, Latin dan Artinya yang Lengkap

Bacaan Doa Setelah Sholat Witir Arab, Latin dan Artinya yang Lengkap

Sholat Witir merupakan salah satu sunnah yang sangat dianjurkan untuk kita lakukan setiap harinya, terutama di akhir waktu malam. Untuk memperkaya pengetahuan kita seputar doa yang diucapkan setelah melaksanakan Sholat Witir, yuk kita simak informasinya secara lengkap dalam dibawah ini.

Baca Juga  Doa Iftitah Dalam Sholat Serta Hukum Membacanya Dalam Sholat

Bacaan Doa Setelah Sholat Witir Arab yang dianjurkan oleh sunnah nabi:

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ. اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan Doa Setelah Sholat Witir latin:

”Alloohumma innaa nas’aluka iimaanan daaiman, wanas’aluka qolban khoosyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shoodiqon, wanas’aluka ‘amalan shoolihan, wanas’aluka diinan qoyyiman, Wanas’aluka khoiran katsiron, wanas’alukal-afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukro ‘alal-‘aafiyati, wanas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi. Alloohumma robbanaa taqobbal minnaa sholaatanaa wasiyaa manaa waqiyaa manaa watakhus-syu’anaa watadhorru’anaa ata’abbudanaa watammim taqshiironaa yaa alloohu yaa alloohu yaa alloohu yaa arhamar-rohimiin. Washollalloohu alaa khoiri kholqihi muhammadin wa alaa aalihi washohbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi robbil-aalamiina.”

Artinya:

“Ya Allah, kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, dan kami memohon kepada-Mu hati yang khusyuk. Kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, dan kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar. Kami memohon kepada-Mu amal yang saleh, dan kami memohon kepada-Mu agama yang lurus. Kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, dan kami memohon kepada-Mu pengampunan dan kesehatan. Kami memohon kepada-Mu kesempurnaan kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu rasa syukur atas kesehatan tersebut. Kami memohon kepada-Mu kecukupan tanpa bergantung pada manusia. Ya Allah, ya Tuhan kami, terimalah shalat, puasa, dan ibadah kami, dan sempurnakanlah kekurangan kami, ya Allah, ya Allah, ya Allah, ya Maha Penyayang. Semoga Allah memberkati Nabi Muhammad, keluarga, dan sahabatnya, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Urutan Bacaan Dzikir Setelah Shalat Witir Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Urutan Bacaan Dzikir Setelah Shalat Witir Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Shalat witir merupakan salah satu jenis shalat sunnah yang sangat dianjurkan. Setelah melaksanakan shalat witir, kita dianjurkan untuk mengucapkan Dzikir sebagai bentuk syukur dan pujian kepada Allah SWT.

Baca Juga  Bacaan Al Fatihah Lengkap Ayat 1-7 (Arab, Latin dan Terjemahan)

Berikut urutan bacaan Dzikir setelah shalat witir yang lengkap, beserta artinya:

1. Membaca Syahadat

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ

Ashhadu anna la ilaha illa Allahu wa ashhadu anna Muhammadan Rasulullah

Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

2. Membaca Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Astaghfirulloh al-adziim alladzii laa ilaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaih.

Aku memohon ampun kepada-Mu ya Allah, Dzat yang tiada sesembahan kecuali Dia. Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertobat kepada-Nya.

3. Doa Memohon Ridha dan Surga Allah SWT

اَلَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُك رِضَاك وَالْجَنَّةَ وَأَعُوذُ بِك مِنْ سَخَطِك وَالنَّارِ

Allāhumma innī as’aluka ridhāka wal jannah, wa a‘ūdzu bika min sakhathika wan nār.

Ya-Allah, aku memohon ridha dan surga-Mu. Aku juga berlindung kepada rahmat-Mu dari murka dan neraka-Mu.

4. Membaca Tasbih 3x

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ

Subhānal malikil quddūs.

Mahasuci Tuhan yang kudus

5. Membaca Doa Pujian Kesucian

سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ

Subbūhun, quddūsun, rabbunā wa rabbul malā’ikati war rūh.

Suci dan qudus Tuhan kami, Tuhan para malaikat dan Jibril

6. Membaca Doa Pujian Ampunan 3x

اللَّهُمَّ إنَّك عَفْوٌ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allāhumma innaka ‘afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa, fa‘fu ‘annī.

Tuhanku, sungguh Kau maha pengampun lagi pemurah. Kau menyukai ampunan, oleh karenanya ampunilah aku

7. Membaca Doa Pujian Kasih Sayang Allah

يَا كَرِيْمُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Yā karīmu, bi rahmatika yā arhamar rāhimīna.

Wahai Zat yang maha pemurah, aku memohon atas berkat rahmat-Mu, wahai Zat yang paling penyayang dari segenap penyayang

8. Membaca Doa Mohon Ampun dan Keselamatan

للَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِرِضَاك مِنْ سَخَطِك وَبِمُعَافَاتِك مِنْ عُقُوبَتِك وَأَعُوذُ بِك مِنْك لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْك أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْت عَلَى نَفْسِك

Allāhumma inī a‘ūdzu bi ridhāka min sakhathika, wa bi mu‘āfātika min ‘uqūbatika. Wa a‘ūdzu bika minka, lā uhshī tsanā’an alayka anta kamā atsnayta ‘alā nafsika

Tuhanku, aku berlindung kepada ridha-Mu dari murka-Mu dan kepada afiat-Mu dari siksa-Mu. Aku meminta perlindungan-Mu dari murka-Mu. Aku tidak sanggup membilang pujian-Mu sebanyak Kau memuji diri-Mu sendiri

9. Membaca Surat Al-Fatihah

   بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الَّمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِ يْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّيْنَ. اَمِينْ

Baca Juga  Bacaan Sholawat Badar (Lirik), Arti dan Keutamaannya Lengkap

Bismillahirrohmanirrohiim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, ar-rahmanir rahim, maliki yawmiddin, iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in, ihdinas siratal mustaqim, siratal ladzina an’amta ‘alaihim ghairil maghdubi ‘alaihim wa lad-dhalin.

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkau kami menyembah dan hanya kepada Engkau kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan orang-orang yang dimurkai, dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat.

10. Membaca Doa Pendek Penutup

Kita bisa menutup doa dengan membaca doa pendek berikut:

Allahumma inni as’aluka min khairi ma sa’alaka minhu nabiyyuka Muhammad, wa a’udzu bika min syarri ma ‘adza minhu nabiyyuka Muhammad. Wa antal musta’aanu wa ‘alikal balaghu, wa laa haula wa laa quwwata illa billah.

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu segala kebaikan yang telah dimohon oleh Nabi-Mu Muhammad, dan aku berlindung kepada-Mu dari segala keburukan yang telah ia berlindung darinya. Engkaulah yang diminta pertolongan, dan kepadamu tempat memohon. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

11. Membaca Niat Puasa Ramadhan

Dan yang terakhir adalah membaca doa niat puasa ramadhan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghodin an adaai fardhi syahri Romadhoona hadzihis-sanati lillahi ta’aala

Saya berniat berpuasa pada hari esok untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta’ala

Baca Juga: Urutan Dzikir Setelah Sholat yang Tepat Lengkap Arab Dan Latin

Akhir kata

Sholat witir adalah sholat sunnah yang dianjurkan. Kita telah mempelajari doa setelah sholat witir dalam bahasa Arab dan Latin beserta artinya, yang mencakup memohon perlindungan dan ampunan dosa.

Kesesuaian doa dengan Sunnah menegaskan pentingnya mengamalkannya. Urutan bacaan dzikir meliputi takbir, tahmid, tahlil, tasbih, dan doa khusus. Semoga informasi ini bermanfaat dalam melaksanakan sholat witir serta doa dan dzikir yang menyertainya. Terus beribadah dan menggali ilmu agama! Wassalamu’alaikum.

Baca Juga: Doa Wudhu Arab Latin Beserta Cara Wudhu yang Benar

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status