Home » Pendidikan » Doa Ziarah Kubur dan Tata Cara Berziarah Sesuai Sunnah

Doa Ziarah Kubur dan Tata Cara Berziarah Sesuai Sunnah

JAKARTA – Ziarah kubur adalah salah satu ibadah yang dianjurkan dalam Islam umtuk mengunjungi makam orang-orang yang telah meninggal dunia, baik yang masih ada hubungan darah maupun tidak, dengan tujuan untuk mengingat mati, mendoakan mereka, dan mengambil pelajaran dari kehidupan mereka. Ziarah kubur bukanlah sekedar ritual yang dilakukan tanpa makna, melainkan memiliki banyak manfaat dan hikmah bagi orang yang melakukannya.

Pentingnya ziarah kubur dalam Islam adalah karena ziarah kubur dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT, mempererat tali silaturahmi antara sesama muslim, dan menumbuhkan rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita. Ziarah kubur juga dapat menghapus dosa-dosa kita dan mendapatkan pahala dari Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

مَنْ زَارَ قَبْرَ أَخِيهِ الْمُسْلِمِ فَأَنْعَشَهُ فَقَدْ أَحْيَاهُ وَكَانَ لَهُ كَفَّارَةٌ مِنْ ذُنُوبِهِ

“Barangsiapa yang mengunjungi kubur saudaranya yang muslim dan menyegarkan (mendoakan) dia, maka dia telah menghidupkan dia dan menjadi penghapus dosa-dosanya.” (HR. Al-Baihaqi)

Doa Ziarah Kubur Arab, Latin dan Artinya Lengkap Sesuai Sunnah

Doa Ziarah Kubur Arab, Latin dan Artinya Lengkap Sesuai Sunnah

Doa ziarah kubur merupakan rangkaian doa dan bacaan yang dibacakan saat kita mengunjungi kuburan. Praktik ini dilakukan untuk mendoakan para almarhum dan almarhumah agar mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT. Selain itu, ziarah kubur juga merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada orang yang telah meninggal. Doa ziarah kubur mencakup beberapa bacaan, seperti membaca Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas, dan doa khusus untuk orang yang telah meninggal.

Berikut adalah doa ziarah kubur Arab, Latin dan artinya lengkap sesuai sunnah Nabi Rasulullah SAW:

اللّهُـمِّ اغْفِـرْ لِحَيِّـنا وَمَيِّتِـنا وَشـاهِدِنا ، وَغائِبِـنا ، وَصَغيـرِنا وَكَبيـرِنا ، وَذَكَـرِنا وَأُنْثـانا . اللّهُـمِّ مَنْ أَحْيَيْـتَهُ مِنّا فَأَحْيِـهِ عَلى الإِسْلام ، وَمَنْ تَوَفّـيْتَهُ مِنّا فَتَوَفّـهُ على الإيمان ، اللّهُـمِّ لا تَحْرِمْنـا أَجْـرَه ، وَلا تُضِـلّنا بعْـدَه

Baca Juga  Subhanallah Artinya Apa? Ini Lafadz, Arti dan Keutamaannya

Allahumma ghfir lihayyina wa mayyitina wa syahidina wa gha’ibina wa shaghirina wa kabirina wa dzakarina wa untsana. Allahumma man ahyaitahu minna fa ahyihi ‘ala al-Islam wa man tawaffaitahu minna fa tawaffahu ‘ala al-iman. Allahumma la tahrimna ajrahu wa la tudillana ba’dahu.

Artinya: Ya Allah, ampunilah orang-orang yang hidup dan yang mati di antara kami, yang hadir dan yang tidak hadir di antara kami, yang kecil dan yang besar di antara kami, yang laki-laki dan perempuan di antara kami. Ya Allah

Doa Ziarah Kubur Untuk Orang Tua Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Doa Ziarah Kubur Untuk Orang Tua Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Sebelum membaca doa ziarah kubur untuk orang tua, kita harus mempersiapkan diri dengan bersuci, berpakaian rapi dan sopan, serta membawa bunga atau air untuk disiramkan ke makam. Kita juga harus menghormati penghuni kubur lainnya dengan tidak berisik, menginjak-injak atau merusak makam mereka.

Kemudian, kita mendekati makam orang tua kita dengan mengucapkan salam dan memohon izin untuk ziarah. Kita juga dapat mengucapkan salam kepada penghuni kubur lainnya yang ada di sekitar makam orang tua kita. Setelah itu, kita berdiri di depan makam dengan menghadap ke arah kiblat lalu membaca doa ziarah kubur untuk orang tua dalam bahasa Arab, latin dan artinya lengkap sesuai sunnah Nabi Rasulullah SAW:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحِقُونَ نَسْأَلُ اللَّهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَة

Assalamu ‘alaikum ahlad diyari minal mu’minina wal muslimin wa inna in sya Allah bikum lahiqun. Nas’alullaha lana wa lakumul ‘afiyah.

Artinya: Semoga keselamatan terlimpahkan kepada kalian, wahai penghuni kubur dari orang-orang yang beriman dan muslim. Dan sesungguhnya kami insya Allah akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allah untuk kami dan kalian keselamatan.

Kemudian dilanjutkan membaca doa untuk kedua oran tua:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Robbi ghfir lii wa liwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaniy shaghiro.

Artinya: “Ya Tuhan, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan kasihanilah mereka sebagaimana mereka mendidik aku ketika aku masih kecil.”

Doa Ziarah Kubur Singkat atau Pendek Arab, Latin dan Artinya Lengkap Sesuai Sunnah

Doa Ziarah Kubur Singkat atau Pendek Arab, Latin dan Artinya Lengkap Sesuai Sunnah

Salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah ziarah kubur. Ziarah kubur adalah mengunjungi makam orang-orang yang telah meninggal dunia, baik yang masih ada hubungan darah maupun tidak, dengan tujuan mengingat kematian dan mengirimkan doa untuk mereka. Ziarah kubur juga merupakan bentuk penghormatan dan kasih sayang kepada orang-orang yang telah berpulang.

Baca Juga  Sejarah Doa Nurbuat Serta Hukum Membaca dan Manfaatnya

Berikut ini adalah doa ziarah kubur singkat atau pendek dalam bahasa Arab, Latin dan artinya lengkap sesuai sunnah:

1. Doa ketika sampai di pemakaman

أَسْـلَمُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لاحِقُونَ نَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ العَافِيَة

As-salamu ‘alaikum ahlad-diyari minal-mu’minina wal-muslimina wa inna in sya Allah bikum lahiquna nas-alullah lana wa lakumul-‘afiyah.

Artinya: “Semoga keselamatan terlimpahkan kepada kalian, wahai penghuni kuburan dari orang-orang yang beriman dan muslim. Dan sesungguhnya kami insya Allah akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allah untuk kami dan kalian keselamatan.”

2. Doa ketika berdiri di sisi kuburan

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ يا أهْلَ القُبُورِ يغْفِرُ اللهُ لنا ولكُم أنتُم سلفُنا ونحن بالأثر

As-salamu ‘alaikum ya ahlal-quburi yaghfirullah lana wa lakum antum salafuna wa nahnu bil-atsar.

Artinya: “Semoga keselamatan terlimpahkan kepada kalian, wahai penghuni kuburan. Semoga Allah mengampuni kami dan kalian. Kalian adalah pendahulu kami dan kami adalah pengikut kalian.”

Tata Cara Berziarah Sesuai Anjuran Sunnah Nabi

Tata Cara Berziarah Sesuai Anjuran Sunnah Nabi

Berziarah merupakan tradisi sunnah Nabi Muhammad SAW yang bertujuan mengunjungi makam orang yang telah wafat dengan niat baik. Berziarah bukan bentuk penyembahan, melainkan mengingatkan kita akan kematian dan kefanaan dunia. Manfaat berziarah meliputi meningkatkan rasa cinta, keimanan, dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Untuk berziarah sesuai sunnah Nabi, pilih waktu yang tepat seperti hari Jumat, bersuci sebelumnya, dan menjaga adab saat berziarah. Jangan lupa membaca doa masuk kuburan dan mendoakan orang-orang yang telah meninggal. Ingatlah, berziarah sejatinya mengajarkan kita untuk lebih menghargai kehidupan dan waktu yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Untuk melakukan berziarah yang benar sesuai dengan sunnah Nabi SAW, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu:

1. Niat

Niatkan berziarah hanya karena Allah SWT, bukan karena riya, takhayul, atau mengharap sesuatu dari orang yang telah meninggal. Nabi SAW bersabda: “Janganlah kalian berziarah kecuali ke tiga masjid: Masjidil Haram, Masjidku ini (Masjid Nabawi), dan Masjid Al-Aqsha.” (HR. Bukhari dan Muslim). Ini menunjukkan bahwa berziarah ke makam bukanlah tujuan utama ibadah kita, melainkan hanya sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga  Doa Sebelum Belajar: Arab, Latin dan Artinya Sesuai Sunnah

2. Memilih waktu yang tepat untuk berziarah

Waktu yang disunnahkan untuk berziarah adalah pada hari Jumat, karena hari itu adalah hari yang paling mulia di sisi Allah SWT. Selain itu, juga boleh berziarah pada hari-hari lainnya, seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, atau hari-hari istimewa lainnya.

3. Bersuci sebelum berziarah

Kita harus membersihkan diri dari najis dan hadas, serta memakai pakaian yang bersih dan sopan. Kita juga harus menjaga adab dan akhlak kita saat berziarah, seperti tidak berbicara keras-keras, tidak tertawa terbahak-bahak, tidak mengotori atau merusak makam, dan tidak melakukan hal-hal yang tidak pantas di tempat suci.

4. Membaca doa dan salam masuk kuburan

Ketika kita memasuki area pemakaman, kita harus membaca doa masuk kuburan sebagai bentuk penghormatan kepada penghuni kubur dan permohonan perlindungan kepada Allah SWT dari segala keburukan.

Doa masuk kuburan adalah:

“Assalamu ‘alaikum ahlad diyaar minal mu’minina wal muslimin wa inna in syaa Allah bikum laahiqun nas’alullaha lana wa lakumul ‘aafiyah.”

Artinya: “Semoga keselamatan terlimpahkan kepada kalian wahai penghuni rumah dari orang-orang mukmin dan muslim, dan sesungguhnya kami insya Allah akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allah untuk kami dan kalian keselamatan.” (HR. Muslim).

5. Membaca ayat-ayat Al-Qur’an

Membaca surat Al-Fatihah dan ayat-ayat Al-Quran lainnya yang bermanfaat bagi orang yang telah meninggal, seperti surat Yasin, Al-Mulk, atau Al-Ikhlas. Nabi SAW bersabda: “Bacalah Yasin di sisi mayit-mayit kalian.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi). Ini menunjukkan bahwa membaca Al-Quran dapat memberikan manfaat bagi orang yang telah meninggal.

6. Mendoakan orang-orang yang telah meninggal

Mendoakan orang yang telah meninggal dengan doa-doa yang baik dan sesuai dengan ajaran Islam, seperti memohon ampunan, rahmat, maghfirah, syafaat, dan surga bagi mereka. Nabi SAW bersabda: “Apabila kalian mendoakan mayit-mayit kalian maka hendaklah kalian membuat doa yang baik untuk mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim).

7. Menghormati makam

Menghormati makam dan tidak merusak atau mengotorinya dengan cara apapun. Nabi SAW bersabda: “Janganlah duduk di atas kuburan dan janganlah shalat menghadapnya.” (HR. Muslim).

Ini menunjukkan bahwa kita harus menghargai tempat pemakaman dan menjaga adab serta sopan santun ketika berziarah

Baca Juga: Manfaat Ayat Kursi Saat Berziarah Kubur

Penutup

Berziarah kubur merupakan kegiatan penting dalam Islam yang mengingatkan kita akan kematian dan memotivasi untuk meningkatkan amal kebajikan. Selama berziarah, kita diingatkan untuk mengenang kebaikan orang yang telah meninggal dan melanjutkan perjuangan mereka.

Untuk menjalankan ibadah berziarah kubur sesuai anjuran Sunnah Nabi, kita perlu memperhatikan tata cara dan adab, seperti bersuci sebelum berziarah, mengucapkan salam ketika memasuki kawasan pemakaman, berdoa untuk orang yang telah meninggal, tidak menginjak kuburan, dan menjaga sikap sopan dan tenang.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat dan membantu kita melaksanakan ibadah berziarah kubur dengan baik dan benar. Wallahu A’lam

Baca Juga: Kelebihan Doa Qunut Untuk Berziarah Kubur

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status