Home » Islami » Arti Jazakallah Khairan Katsiran, Keutamaan & Cara Menjawabnya

Arti Jazakallah Khairan Katsiran, Keutamaan & Cara Menjawabnya

Iuwashplus.or.id Menurut ajaran dalam Islam, ada berbagai macam kata yang punya makna sangat baik untuk diucapkan. Adapun salah satu kalimat atau kata dalam Islam dengan makna yang sangat bagus adalah ‘jazakallah khairan katsiran’. Sebagai umat muslim, tahukah Anda arti jazakallah khairan katsiran?

Bagi seorang umat muslim, kalimat tersebut pasti tidak akan terdengar asing karena pada beberapa kesempatan, orang-orang acapkali mengucapkannya. Namun, apa sih arti dari kalimat tersebut, dan ketika ada umat muslim yang mengatakannya, bagaimana cara untuk menjawabnya dengan tepat?

Arti Jazakallah Khairan Katsiran

Arti Jazakallah Khairan Katsiran

Menjadi salah satu negara yang jumlah penduduk dengan agama Islamnya sangat banyak, tentu tidak mengherankan kalau orang-orangnya sering mencampur bahasa Arab dalam ucapan sehari-hari. Sama halnya dengan bahasa Inggris, maka bahasa Arab juga sering diucapkan di saat -saat tertentu.

Nah, bukan hanya ‘Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh’ saja yang seringnya diucapkan oleh umat muslim, mereka juga kadang mengucapkan kata jazakallah khairan katsiran ketika berbincang-bincang.

Kalau kalimat ‘Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh’ sudah banyak yang tahu artinya, lalu bagaimana dengan ucapan jazakallah khairan katsiran? Apakah Anda tahu maknanya? Jadi, kalimat tersebut seringnya diucapkan oleh seorang muslim sebagai bentuk terima kasih.

Apabila Anda sebagai umat muslim mendapatkan pertolongan atau bantuan, maka Anda bisa mengucapkan jazakallah khairan katsiran atau dalam bahasa Arabnya ditulis:

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا

Inilah arti jazakallah khairan katsiran yang kalimatnya sendiri berasal dari bahasa Arab dengan doa kebaikan yang terkandung di dalamnya untuk seseorang:

  • جَزَا(Jaza) maknanya adalah semoga membalas, memberi atau menambah
  • كَ (Ka) artinya adalah kata ganti tunggal yang artinya kamu (laki-laki)
  • اللهُ (llah) adalah Allah
  • خَيْرًا(Khoiron) artinya adalah kebaikan 
  • كَثِيْرًا (Katsiran) artinya adalah banyak

Apabila digabungkan, maka arti jazakallah khairan katsiran adalah semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang sangat banyak.

Kalimat tersebut adalah sebuah ucapan dalam bahasa Arab yang menggantikan kata terima kasih. Kalimat tersebut bukan sembarang ucapan karena Rasulullah SAW sendiri menganjurkan tersebut dan kerap mengucapkannya ketika beliau diperlakukan baik.

Selain itu, ucapan jazakallah khairan sendiri merupakan wujud dari rasa syukur umat muslim kepada Allah SWT. Baginda Rasul bahkan menetapkan kalimat jazakumullah khairan katsiran sebagai pujian paling tinggi ketika mendapatkan sebuah kebaikan.

Baca Juga  Doa Memakai dan Melepas Pakaian, Serta Adab Berpakaian

Sebagaimana hadis yang dijelaskan oleh Usamah bin Zaid RA, bahwa Rasulullah SAW mengatakan ketika umat muslim mendapatkan perlakukan baik dan ia mengucapkan jazakumullah khoiran kepada orang yang memberikan kebaikan kepadanya, maka Rasulullah sangat menyanyangi orang tersebut.

Baca Juga: Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana, Tulisan Arab & Maknanya

Beda Arti Jazakallah Khairan Katsiran Dengan Jazakumullah Khairan Katsiron

Beda Arti Jazakallah Khairan Katsiran Dengan Jazakumullah Khairan Katsiron

Mungkin Anda pernah mendengar kalimat selain jazakallah khairan katsiran ketika seorang umat muslim mengucapkan rasa terimakasihnya. Ya, ada kalimat lain yang biasanya juga diucapkan seseorang yaitu jazakumullah khairan katsiran. Lalu apa yang membedakan kedua kalimat tersebut? 

Nah, jika di atas Anda sudah tahu apa makna dari jazakallah khairan katsiran, maka selanjutnya bisa pahami arti dari jazakumullah khairan katsiran. Keduanya punya kalimat yang hampir sama, namun ada sedikit perbedaan. 

Meski hampir sama, namun kedua kalimat tersebut perlu diucapkan dalam kondisi yang berbeda. Berikut adalah arti jazakumullah khairan katsiran yang dalam bahasa Arabnya ditulis جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا:

  • جَزَا(Jaza) maknanya semoga membalas
  • كُمُ (Kum) artinya adalah kata ganti jamak yang artinya kalian (laki-laki)
  • اللهُ (llah) adalah Allah
  • خَيْرًا(Khoiron) artinya adalah kebaikan 
  • كَثِيْرًا (Katsiran) artinya adalah banyak

Sudah tahu bedanya bukan? Jika arti jazakallah khoiran katsiran itu kata gantinya untuk satu orang, maka jazakumullah khairan katsiran punya kata ganti jamak atau banyak ke semua orang. Jadi, kalau jazakallah khairan katsiran, Anda bisa mengucapkannya kepada satu orang saja.

Sementara untuk jazakumullah khairan katsiran sendiri bisa Anda ucapkan kepada banyak orang atau bisa ke sekelompok orang yang memberikan kebaikan kepada Anda.

Cara Menjawab Ucapan Jazakallah Khairan Katsiran

Cara Menjawab Ucapan Jazakallah Khairan Katsiran

Setelah Anda tahu apa arti dari jazakallah khairan katsiran, mungkin Anda jadi bertanya-tanya sendiri nih, respon apa yang perlu diucapkan balik saat ada orang yang memberikan ucapan tersebut kepada Anda yang sudah menolongnya?

Nah, supaya Anda tidak bingung bagaimana cara menjawab ucapan jazakallah khairan katsiran, berikut adalah arti jazakallah khairan katsiran dan jawabannya:

1. Wa Jazakallahu Khairan

Ucapan pertama yang bisa Anda sampaikan sebagai balasan dari seseorang yang mengucapkan jazakallahu khairan katsiran adalah ‘Wa Jazakallahu Khairan atau dalam bahasa Arabnya adalah’ وَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا 

Apa arti dari kalimat tersebut? Artinya adalah:

  • Wa= Dan
  • Jaza=Membalas
  • Ka= Kata ganti Anda (laki-laki)
  • Alllahu= Allah
  • Khairan=Kebaikan

Jika dirangkai, artinya adalah ‘Dan semoga Allah membalas kamu dengan kebaikan juga. Anda bisa menjawabnya dengan mendoakannya balik.

2. Wa Jazakallah Ahsanal Jaza

Adapun balasan atau respon balik kedua yang bisa Anda sampaikan kepada orang yang memberikan ucapan jazakallah khairan katsiran adalah wa jazakallah ahsanal jaza yang bahasa Arabnya adalah وَجَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاء.

Baca Juga  7 Mukjizat Nabi Ibrahim A.S Sebagai Ulul Azmi & Bapak Para Nabi

Adapun artinya:

  • Wa= Dan
  • Jaza=Membalas
  • Ka= Kata ganti Anda (laki-laki)
  • Alllahu= Allah
  • Khairan=Kebaikan
  • Ahsanal=Sebaik-baiknya
  • Jaza=Balasan

Apabila dirangkai, maka arti dari wa jazakallah ahsanal jaza adalah ‘Dan semoga Allah pun membalas kebaikanmu dengan sebaik-baiknya balasan atau kebaikan’

3. Wa Iyyaka

Selanjutnya, Anda juga bisa mengucapkan kata وَإِيَّاكَ (Wa Iyyaka) yang maknanya sendiri adalah ‘Dan demikian juga untuk kamu’. Kalau yang mengucapkan banyak orang, maka Anda bisa menggantinya dengan kata ‘Wa iyyakum’. 

4. Na’am, syukron

Terakhir, Anda bisa mengucapkan kata نَعَمْ ,شُكْرًا (Na’am, syukron) kepada umat muslim sebagai respon balik atas doa yang ia sampaikan kepada Anda. Adapun arti dari dari ‘Na’am, syukron’ dalam bahasa Indonesia adalah ‘Ya, terimakasih’. 

Respon ini juga mengucapkan terimakasih kembali atas apa yang sudah didoakan oleh orang yang sudah Anda bantu sebelumnya.

Baca Juga: Fii Amanillah: Artinya , Cara Menjawab dan Maknanya Lengkap

Keutamaan Ucapan Jazakallah Khairan Katsiran

Keutamaan

Ketika Anda mendapat ucapan jazakallah khairan katsiran atau ingin mengucapkan kalimat tersebut karena sudah mendapat kebaikan dari seseorang, ternyata ada banyak sekali keutamaan ketika mengucapkannya.

Apalagi kalimat tersebut juga mengandung doa, harapan, dan pujian. Inilah beberapa keutamaan yang ada ketika mengucapkan kata jazakallah khairan katsiran:

1. Menjadi Salah Satu Satu Ucapan Terima Kasih Terbaik

Ketika menyampaikan rasa terimakasih, memang ada banyak ucapan yang bisa disampaikan. Namun, sebagai umat Islam, mengucapkan ‘Jazakallah khairan katsiran’ adalah salah satu bentuk ucapan terima kasih dengan versi terbaik dibandingkan dengan kata-kata lainnya.

Selain karena dianjurkan dalam Islam, Rasulullah sendiri juga mengucapkan kata tersebut ketika beliau mendapat kebaikan dari orang lain. 

Dibandingkan dengan mengucapkan kata ‘terimakasih’ dalam bahasa Indonesia atau ‘Thanks’, mulai dari sekarang, sebagai umat muslim bisa coba ucapkan jazakallah khairan katsiran agar menjadi kebiasan sehari-hari ketika mendapat kebaikan dari orang lain.

2. Bisa Menjadi Doa

Arti jazakallah khairan katsiran bukan hanya bisa menjadi ungkapan rasa terima kasih dari seorang umat Islam saja, namun juga menjadi doa. 

Baginda Rasul sudah menganjurkan kepada umat muslim untuk ucapkan kalimat tersebut sebagai bentuk untuk membalas kebaikan yang sudah orang lain berikan. Ketika Anda tidak bisa membalas kebaikan tersebut, maka bisa ucapkan kata jazakallah khairan katsiran.

Niscaya, dengan mengucapkan tersebut, maka tersemat doa di dalamnya. Allah yang akan membalas kebaikan tersebut kepada orang yang sudah membantu Anda sekalipun Anda tidak bisa membalasnya sendiri secara langsung.

3. Bentuk Dari Mensyukuri Kebaikan

Arti dari kata jazakallah khairan katsiran juga memiliki keutamaan untuk mengajarkan umat Islam bersyukur atas nikmat apapun yang telah Allah berikan. Ya, jika Anda sebagai umat muslim mau mensyukuri nikmat kebaikan yang Allah sudah limpahkan, maka akan ada kebaikan lainnya muncul.

Baca Juga  Arti Barakallah Fii Umrik: Hukum dan Cara Mengucapkannya!

Orang lain yang membantu Anda atau memberikan kebaikan dengan pertolongan ketika sedang kesusahan hanyalah perantara yang diberikan Allah SWT.  

Nah, dengan Anda mengucapkan kata jazakallah khairan katsiran kepada orang tersebut. maka sama halnya Anda mensyukuri nikmat kebaikan yang Allah SWT berikan. Mengucapkan kata tersebut sama halnya bersyukur. 

4. Menjaga Hubungan Baik 

Keutamaan selanjutnya dengan mengucapkan kalimat jazakallah khairan katsiran adalah bisa menjaga hubungan baik. Artinya, Anda bisa menjalin tali silaturahmi kepada orang lain. Hubungan tersebut bisa semakin terjaga.

Meskipun sebelumnya Anda tidak mengenali orang tersebut, ketika mengucapkan rasa terimakasih dan mendoakannya dengan kalimat jazakallah khairan katsiran, Allah juga turut serta menjaga jalinan hubungan antara sesama umat muslim.

Entah suatu saat, barangkali Allah akan pertemukan Anda kembali dengan orang yang sudah memberikan pertolongan kepada Anda. Menjaga hubungan baik bisa menambah rasa persaudaraan tentunya.

5. Ungkapan Terima Kasih yang Sudah Baginda Rasul SAW Contohkan

Saat seorang muslim mengatakan jazakallah khairan katsiran sebagai wujud dari ungkapan rasa terima kasih kepada orang lain, maka sesungguhnya ia sedang mengikuti sunnah rasul.

Ya, ketika Anda mengucapkan jazakallah khairan katsiran kepada orang yang sudah membantu atau memberi kebaikan kepada Anda, maka sama halnya Anda mencontoh Tindakan Rasulullah SAW. 

Baginda Rasul selalu mengucapkan kata jazakallah khairan katsiran pada siapapun yang sudah memberikan kebaikan kepadanya. Jika Anda ingin menjadi salah satu umat Islam yang mencontoh nabi, maka selalu ucapkan jazakallah khairan katsiran ketika mendapat bantuan dari orang lain.

6. Ucapan yang Mengandung Doa

Keutamaan selanjutnya dari jazakallah khairan katsiran adalah mengandung doa. Ya, kalimat tersebut, ketika diucapkan, mengandung banyak doa. 

Anda mendoakan kebaikan kembali datang ke orang tersebut yang dibalas oleh Allah SWT. Jadi, saat Anda mengucapkannya, maka sama halnya Anda sedang turut mendoakan kebaikan orang tersebut.

7. Menambah Saudara Sesama Muslim

Keutamaan terakhir ketika Anda mengucapkan kata jazakallah khairan katsiran adalah, menambah saudara sesama muslim. Apalagi umat Islam adalah orang yang suka tolong menolong. Kebaikan yang Anda atau orang tersebut berikan bisa menambah jalinan pertemanan atau persaudaraan.

Ingatlah, bahwa semakin banyak teman yang dimiliki, maka akan semakin banyak pula rezeki yang menyertai. Siapa tahu, dari orang yang sudah menolong Anda, ada relasi yang bisa dibangun dan ada rasa persaudaraan yang bisa dijalin.

Sudah tahu apa saja makna dan arti jazakallah khairan katsiran bukan? Anda bisa mengucapkan kalimat tersebut ketika ada orang sesama muslim yang membantu atau memberikan kebaikan, baik Anda mengenalnya ataupun tidak.

Sebaliknya, ketika Anda menolong orang lain dan ia mengatakan jazakallah khairan katsiran, maka jawablah dengan pilihan opsi yang sudah disebutkan sebelumnya. Ya. Anda bisa menjawabnya dengan wa jazakallahu khairan ahsanal jaza’ lalu bisa wa iyyaka dan juga bisa gunakan na’am syukron.

Baca Juga: Arti Barakallah Fii Umrik: Hukum dan Cara Mengucapkannya!

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status