Home » Islami » Fii Amanillah: Artinya , Cara Menjawab dan Maknanya Lengkap

Fii Amanillah: Artinya , Cara Menjawab dan Maknanya Lengkap

Apakah Anda pernah mendengar ucapan fii amanillah atau ada yang memberi ucapan tersebut ketika ingin bepergian ke suatu tempat? Anda mungkin merasa bingung ketika ada yang mengucapkan kata tersebut dan merasa asing. Namun tenang saja karena sebenarnya arti dari kata itu sangat bagus.

Nah, ketika diberi ucapan tersebut, umat Islam juga bisa menjawabnya. Sama seperti dengan salam, ternyata ketika umat muslim diberi ucapan tersebut, ada jawaban tersendiri yang bisa dijadikan sebagai balasan. Lalu kalimat apa yang bisa diucapkan ketika mendengar kalimat fi amanillah tersebut?

Arti Fii Amanillah dan Tulisan Arabnya

Arti Fii Amanillah dan Tulisan Arabnya

Kamu mungkin sering mendengar kata ‘hati-hati di jalan’ ketika hendak berpamitan pada seseorang. Bagi, umat muslim, ternyata kata tersebut bisa diganti dengan kalimat fii amanillah dalam bahasa Arab. Kata tersebut bisa digunakan untuk melepas seseorang yang ingin pergi.

Bahkan, fi amanillah ini merupakan ucapan yang mengandung doa dalam Islam atau bisa disebut dengan tahiyyah. Ya, arti dari kalimat tahiyyah sendiri adalah ucapan sekaligus ada doa kebaikan yang tersemat di dalamnya.

Ketika ada seseorang yang mengucapkan salam tahiyyah ini, maka orang tersebut turut mendoakan apa yang menjadi kebaikan bagi orang lain.

Namun pengertian fii amanillah itu sendiri apa? Cara menuliskannya ke dalam bahasa Arab, adalah:

فِيْ اَمَانِ الله

Bacaannya dalam bahasa latin: “fii amanillah”.

Adapun artinya sendiri adalah: “Semoga kamu berada dalam perlindungan Allah”.

Maka dari kalimat tersebut sudah jelas bahwa maknanya sendiri adalah doa.

Jadi, ketika diucapkan, harapannya orang tersebut diberi oleh Allah SWT keselamatan. Ketika ada orang lain yang mengucapkannya kepada Anda, maka secara tidak langsung keselamatan Anda turut didoakan olehnya.

Baca Juga: Arti Barakallah Fii Umrik: Hukum dan Cara Mengucapkannya!

Cara Penggunaan Kata Fii Amanillah

Cara Penggunaan Kata Fii Amanillah

Kalimat fi amanillah pada umumnya akan diucapkan apabila dua orang hendak berpisah melakukan perjalanan dan tidak diketahui kapan pastinya bisa bertemu lagi.

Ya, biasanya kalimat ini diucapkan ketika umat Islam hendak melakukan sebuah perjalanan. Entah jaraknya dekat atau jauh, kalimat ini bermaksud untuk mendoakan keselamatan orang yang akan melakukan berpergian,

Baca Juga  Bacaan Sholawat Jibril, Arti, Keutamaan dan Asal Usulnya Lengkap

Ketika ucapan ini disampaikan kepada orang lain disertai dengan keikhlasan, maka Allah SWT pastinya akan mengabulkan doa yang telah dipanjatkan tersebut.

Jadi, ketika ada saudara, keluarga maupun kerabat Anda yang bepergian, sebaiknya sampaikan kalimat ini. Harapannya, agar mereka berada dalam naungan atau perlindungan Allah dan bisa sampai ke tujuan.

Jika Anda bingung bagaimana cara untuk menggunakan kalimat tersebut untuk diucapkan kepada sesama umat muslim, jangan panik!

Contoh Penggunaan Kata Fii Amanillah Dalam Percakapan Sehari-hari

Berikut adalah beberapa contoh dari penggunaan kata fi amanillah:

  • Fii amanillah, ukhti. Aku berdoa semoga penerbanganmu ke Samarinda aman dan kamu bisa bertemu dengan kedua orang tuamu!
  • Selamat malam, Hadi. Fi amanillah, berkabar kalau sudah sampai rumah.
  • Fi amanillah, aku mendoakan dengan tulus agar perjalanan kamu ke Rembang hari ini aman, tidak ada apapaun masalah di jalan. Sampai jumpa lagi Ratih, Insya Allah kita akan kembali dipertemukan di kesempatan lainnya.
  • Semoga Allah senantiasa menyertai langkah kita semua dan menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih jujur, baik dan amanah. Saya juga berdoa semoga Allah melindungi kita semua dari apapun segala jenis kejahatan. Semoga Allah memberkahi ke manapun langkah kita. Fi amanillah!
  • Fi amanillah, Ukhti Wati! Sampai jumpa lagi ya minggu depan, insya Allah. Jangan lupa untuk kabari aku jika sudah sampai di kos!
  • Fi amanillah ayah Gibran, semoga perjalanan dinasmu dipermudah dan tidak ada masalah selama perjalanan. Aku di sini senantiasa mendoakan semoga Allah permudah dan perlancar urusan apapun. Jangan lupa segera kabari aku dan anak-anak sesampainya di Bandung, ya!
  • Hati-hati selama perjalanan ke Palangkaraya, doaku semoga ayah ibu selamat hingga landing dan ke rumah. Fi amanillah. Maaf Putri tidak bisa mendampingi ayah ibu.
  • Fi amanillah anakku, ibu selalu mendoakan keselamatanmu dan semoga Allah berikan kelancaran pada perjalanan hajimu. Semoga engkau bisa menjadi seorang haji yang mabrur, anakku sayang.

Bagaimana Cara Menjawaban Fii Amanillah?

Bagaimana Cara Menjawaban Fii Amanillah

Ketika Anda mendapat ucapan fi amanillah, jawaban apa yang bisa diberikan kepada orang yang telah mengucapkannya? Berikut adalah jawaban yang tepat ketika Anda mendapat ucapan fi amanillah:

1. Ma’assalamah

Ketika Anda mendapat ucapan fi amanillah, maka bisa ucapkan kata ma’assalamah. Arti dari kata ini juga sama-sama mengandung doa. Arti dari ma’asalamah sendiri adalah ‘Semoga kamu juga selalu disertai oleh keselamatan’.

Contoh mengucapkan balasan dengan kata ini adalah:

-Ma’assalamah ustaz Fariz, semoga perjalanan saya ke Cigobang lancar

2. Syukron

Selain ma’assalamah, Anda juga bisa mengucapkan kata syukron sebagai balasannya. Syukron sendiri adalah kata dalam bahasa Arab yang artinya adalah terima kasih.

Baca Juga  190 Nama Bayi Laki-laki Islami Modern, Keren, dan Dalam Al-quran

Kalau yang mengucapkan perempuan, maka Anda bisa tambahkan kalimat ‘Syukron ya Ukhti’ yang artinya adalah ‘terimakasih saudariku’. Contoh kalimatnya:

-Syukron ya Ukhti’ atas doanya. Insya Allah besok saya akan berkabar sampai mananya.

Namun, kalau yang menyampaikan adalah laki-laki, maka kamu bisa berikan jawaban ‘Syukron ya akhi’ yang maknanya adalah ‘terimakasih saudaraku’. Berikut contoh kalimat menjawab fi amanillah dengan kata ini:

-Syukron ya akhi’ doanya, semoga perjalanan kali ini Allah berikan kelancaran.

3. Menjawab Fii Amanillah dengan Ucapan Terimakasih

Selain mengucapkan dengan kalimat bahasa Arab, Anda juga bisa menggunakan kata ‘Terimakasih’ untuk membalas seseorang yang mengatakan fi amanillah. Tidak masalah jika kalimat doa tersebut dibalas dengan bahasa Indonesia karena apapun bahasanya, semua punya makna yang sama.

Dengan Anda didoakan supaya selamat dan dilindungi ketika hendak melakukan perjalanan, maka kata yang tepat untuk membalasnya adalah dengan sampaikan terimakasih.

Makna Mendalam Tentang Fii Amanillah

Makna Mendalam Tentangnya

Setelah mengetahui apa arti fii amanillah dan bagaimana cara untuk menjawabnya, ternyata kalimat tersebut bisa menumbuhkan silaturahmi dan persaudaraan. Inilah makna yang mendalam dari kalimat fi amanillah ketika diucapkan oleh seorang umat muslim:

1. Fii Amanillah Menumbuhkan Rasa Saling Mencintai Pada Sesama Umat Muslim

Ketika seorang umat muslim menguapkan kalimat fi amanillah kepada temannya yang sesama muslim, maka disadari atau tidak bahwa kalimat tersebut bisa menunjukkan rasa saling sayang dan mencintai. Ya, ketika diucapkan, maka kalimat itu wujud sebagai rasa cinta pada sesama Hamba Allah.

Ketika sesame umat muslim saling menumbuhkan rasa mencintai, tentu saja Allah SWT akan sangat menyukai apa yang dilakukan oleh Allah. Jadi, ada baiknya sebagai sesama umat muslim untuk senantiasa menjalin silaturahim dan mempererat rasa cintanya kepada sesamanya.

2. Fii Amanillah Termasuk Dalam Doa Keselamatan

Ketika umat muslim hendak meninggalkan rumah dan melakukan perjalanan, baik jauh maupun dekat, tidak ada yang tahu ke depannya, selama perjalanan tersebut, musibah apa yang mungkin akan menimpa kepada dirinya.

Oleh sebab itu dengan umat Islam mengatakan fi amanillah, maka hal itu adalah wujud atau manifestasi untuk mendoakan keselamatan sesama umat muslim. Apalagi jika Anda membalasnya dengan ‘ma’assalamah’ yang mendoakan keselamatan balik kepada si pengucap.

Apa yang Anda dan umat muslim tersebut lakukan sangat mulia karena saling mendoakan satu sama lain. Jadi, ketika diucapkan sebelum melakukan perjalanan, Anda akan disertai dengan keselamatan oleh Allah SWT.

Saat orang lain sudah mendoakannya, maka jawaban fii amanillah adalah balasan doa terbaik yang bisa Anda berikan kepadanya.

Baca Juga  Doa Setelah Sholat Hajat Mustajab Serta Tata Cara Sholat Hajat

3. Menumbuhkan Rasa Saling Peduli Sesama Muslim

Ketika sesama umat muslim mendoakan kebaikan, maka secara tidak langsung apa yang sudah dilakukan itu akan menumbuhkan rasa peduli. Ya, mengucapkan fi amanillah bisa turut menumbuhkan rasa peduli bagi sesama muslim.

Apalagi ketika Anda juga mengucapkan jawaban yang tepat ketika didoakan dengan kalimat fi amanillah, maka yang terjadi adalah, kalian sama-sama saling mendoakan. Doa umat muslim yang bertaqwa akan kembali lagi kepadanya dalam bentuk kebaikan.

Allah akan senantiasa melindungi umatnya yang berdoa dengan tulus ketika meminta perlindungan dan keselamatan.

4. Mempererat Rasa Persaudaraan

Ketika Anda mengucapkan kalimat fii amanillah atau orang lain mengucapkannya dan kalian saling membalas satu sama lain, maka apa yang sudah kalian lakukan bisa mempererat rasa persaudaraan. Apalagi menjaga persaudaraan antara umat muslim sangat dianjurkan dalam Islam.

Menjaga dan mempererat rasa persaudaraan antara sesama umat muslim bisa menambah rasa taqwa kepada Allah SWT. Semakin banyak Anda menjalin persaudaraan kepada sesama umat muslim, maka semakin banyak pula rezeki yang Anda dapatkan.

Ingat, bahwa rezeki tidak melulu soal harta, karena banyak teman yang dianggap saudara sesama muslim juga bisa menjadi bentuk rezeki. Siapa tahu, ada rezeki yang tidak terduga datang dari teman tersebut, yang senantiasa Anda doakan keselamatannya.

5. Menjaga Hubungan

Biasanya, fi amanillah ini diucapkan ketika seseorang hendak melakukan perjalanan, bisa kembali lagi ke tempat tersebut atau tidak. Dengan mengucapkan kata tersebut kepada sesama umat Islam, maka sama halnya Anda menjaga hubungan tetap berjalan baik.

Mengucapkan hal tersebut bisa menjadi doa dan sarana untuk menjaga hubungan berjalan baik dan harmonis. Anda mengucapkan kalimat tersebut yang artinya meminta perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT.

Dengan demikian, maka hubungan antara Anda dan teman akan tetap berjalan dan terjaga meski terpisahkah oleh jarak. Saling mendoakan walau terpisah jarak yang jauh bukan lagi menjadi soal.

6. Belajar untuk Saling Mendoakan Kebaikan Pada Siapapun Orangnya

Mengucapkan fi amanillah juga mengajarkan umat Islam untuk senantiasa berdoa demi kebaikan siapapun. Baik Anda kenal orang tersebut atau tidak, fi amanillah ini sama dengan kata ‘assalamualaikum’ yang juga mengandung doa.

Tidak peduli Anda mengucapkannya kepada orang yang dikenal atau tidak, namun kalimat fi amanillah yang diucapkan tersebut mengandung doa permohonan dan perlindungan dari keselamatan. Dengan mengatakan fi amanillah, Anda jadi belajar tentang saling mendoakan kebaikan.

Ya, siapapun orangnya, mengucapkan kalimat tersebut bisa menjadi wasilah atau sarana Anda untuk berdoa pada Allah atas keselamatan orang yang Anda berikan ucapan fi amanillah tersebut.

Setelah memahami pengertian dari fi amanillah, maka setiap kali ada orang yang mungkin berpamitan kepada Anda untuk pergi ke suatu tempat, baik jauh atau dekat sekalipun, jangan lupa untuk ucapkan kata tersebut yang mengandung doa baik.

Demikian juga ketika Anda mendapatkan ucapan fii amanillah ketika hendak melakukan perjalanan, maka jangan lupa untuk balas ucapan tersebut dengan ma’assalamah. Bisa juga Anda balas dengan kata syukron maupun terimakasih.

Aktifkan notifikasi untuk berita dan artikel terbaru kami di Google News iuwashplus.or.id

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status