Home » Islami » Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana, Tulisan Arab & Maknanya

Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana, Tulisan Arab & Maknanya

Iuwashplus.or.id Anda pasti sudah tidak asing dengan penggalan ayat Al-Qur’an ini, bukan? Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana dapat dijadikan sebagai kalimat yang menghibur, memberi kebahagiaan bagi orang yang sedang bersedih.

Penggalan ayat La Tahzan Innallaha Ma’ana seolah menjadi ramuan tersendiri bagi umat muslim agar kembali semangat dalam menjalani kehidupan meskipun tengah berada dalam kesedihan. Itulah sebabnya mengapa kalimat ini sangat familiar.

Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana dan Tulisan Arab

Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana dan Tulisan Arab

Arti La Tahzan innallaha Ma’ana dalam bahasa Indonesia berarti, ‘Janganlah bersedih, karena sesungguhnya Allah bersama kita’. Kalimat ini seolah mengingatkan kita untuk menerima dan menjalani cobaan dengan lapang dada karena disamping kita selalu ada Allah yang mampu menolong.

Sementara arti La Tahzan Innallaha Ma’ana dalam bahasa Arab ditulis:

لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا

Adapun bacaannya dalam bahasa latin adalah: “La tahzan innallaha ma’ana”.

Kalimat yang populer ini berasal dari penggalan ayat Al-Qur’an, tepatnya surah At-Taubah ayat ke 40. Terdapat cerita mengenai perjuangan islam yang dilakukan Rasulullah dalam ayat ini. Simak cerita lengkapnya di bawah.

Baca Juga: Fii Amanillah: Artinya , Cara Menjawab dan Maknanya Lengkap

Cerita Dari Turunnya Surat At-Taubah Ayat Ke-40

Cerita Dari Turunnya Surat At-Taubah Ayat Ke-40

Penggalan ayat di atas merupakan petikan ayat Al-Qur’an surat At-taubah yang memiliki arti:

“Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: “Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita”. Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”.

Baca Juga  Doa agar Cepat Hamil Menurut Islam, Dzikir dan Sholawatnya

Ayat ini menjelaskan mengenai Rasulullah SAW yang saat itu melakukan perjalanan hijrah atas perintah Allah bersama dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq dan dikejar oleh orang-orang kafir Quraisy. Kaum Kafir Quraisy saat itu melakukan musyawarah dan memutuskan untuk membunuh Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah berhasil pergi dari Mekkah dan kaum kafir tersebut pun gagal dalam menjalankan rencananya. Namun, Rasulullah SAW dan Abu Bakar dikejar oleh kaum kafir Quraisy dengan mengikuti jejak kaki dari keduanya.

Rasulullah dan Abu Bakar pun singgah di Gua Tsur dan bersembunyi di sana sampai keadaannya mereda. Allah telah memberi pertolongan pada Rasulullah saat itu, hingga beliau selamat sampai di Madinah bersama dengan Abu Bakar.

Kemudian, Allah menurunkan ayat ini sebagai pengingat untuk semua umat manusia.Allah mengingatkan untuk tidak berlarut dalam kesedihan dan ketakutan karena Allah selalu membersamai Kaum Muslim.

Ayat ini mampu memberikan ketenangan dan pertolongan pada Rasulullah dan sahabatnya kala itu. Melalui ayat ini pula, Allah menguatkan Rasulullah beserta sahabat ketika dalam situasi yang menegangkan.

Makna dari La Tahzan Innallaha Ma’ana

Makna dari La Tahzan Innallaha Ma’ana

Penggalan ayat ini menjadi pengingat dan penguat bagi muslim yang sedang menghadapi cobaan dan kesulitan dalam hidupnya. Semua manusia pasti akan mengalami kesulitan, merasa sedih dan terpuruk, hingga hampir putus asa.

1. Pertolongan Dari Allah

Dalam ayat ini mengingatkan Anda untuk senantiasa berdoa dan meminta pertolongan dari Allah atas semua kesulitan yang kita hadapi. Karena Allah pasti akan mendengar setiap doa-doa yang Anda panjatkan. Cobaan yang menimpa pasti akan ada jalan keluarnya.

Allah tidak akan meninggalkan hambanya meskipun dalam hamba tersebut keadaan yang terpuruk. Ujian dan cobaan yang diberikan pun tidak akan melebihi batas kemampuan dari seorang hamba, yakinlah bahwa Allah senantiasa akan menolong Anda.

Baca Juga  Arti Jazakallah Khairan Katsiran, Keutamaan & Cara Menjawabnya

Pertolongan Allah dapat melalui banyak cara, bahkan terkadang Allah menolong dengan cara yang tidak pernah terpikirkan oleh hambanya sebelumnya. Allah memiliki kemampuan untuk mengatur segala hal, termasuk keadaan sulit yang Anda hadapi.

2. Pengingat kepada Manusia

La Tahzan Innallaha Ma’ana juga menjadi pengingat akan kehadiran Allah dalam setiap aspek kehidupan. Allah tidak akan meninggalkan seseorang meskipun orang tersebut tengah berputus asa. Ingatlah bahwa di setiap kesulitan pasti ada Allah yang mendampingi.

Juga pengingat agar manusia selalu ingat Allah dan jangan bersedih terlalu berlarut-larut hingga melupakan sang Khalik yang menciptakannya. Ketika bersedih, cobalah untuk bangun dan ingat bahwa akan ada Allah yang selalu mendampingi.

3. Memberi Ketenangan

Allah akan memberi ketenangan kepada siapapun yang meminta pertolongannya dengan berdoa, maka jangan lupa untuk selalu berdoa dalam situasi apapun, karena yang memiliki dan dapat memberi ketenangan hanyalah Allah SWT semata.

Ayat ini juga menjadi penghibur di kala duka, saat Anda merasa sedih ayat ini dapat memberi Anda ketenangan dengan membaca dan merenungkan maknanya. Anda juga bisa membagikannya kepada orang lain agar orang tersebut bisa merasakan ketenangan dari kalimat ini.

Ayat ini juga ditunjukan untuk senantiasa membagikan kebahagiaan kepada orang lain. Karena seseorang yang membagikan kebahagiaannya kepada orang lain akan mendapat pertolongan dari Allah SWT.

Baca Juga: Arti Barakallah Fii Umrik: Hukum dan Cara Mengucapkannya!

Ayat Lain yang Berhubungan dengan La Tahzan Innallaha Ma’ana

Ayat Lain yang Berhubungan dengan La Tahzan Innallaha Ma'ana

1. Surat Al-A’raf (Ayat 168)

Berhubungan dengan kalimat La Tahzan innallaha Ma’ana, Allah juga berfirman dalam surat Al-A’raf ayat 168 yang artinya:

“Dan Kami bagi-bagi mereka di dunia ini menjadi beberapa golongan; diantaranya ada orang-orang yang saleh dan di antaranya ada yang tidak demikian. Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yang baik-baik dan (bencana) yang buruk-buruk, agar mereka kembali (kepada kebenaran)”.

Ayat ini menegaskan bahwa Allah yang memberi cobaan kepada manusia baik berupa nikmat, maupun berupa bencana agar manusia mengingat Allah dan kembali kepada jalan Allah SWT. Hal tersebut karena hanya Allah lah yang dapat menolong hambanya.

Baca Juga  Doa Ziarah Kubur dan Tata Cara Berziarah Sesuai Sunnah

Manusia juga seringkali lalai ketika diberi nikmat oleh Allah, melupakan ibadah dan hanya fokus pada kenikmatan yang dirasakan. Namun, dibalik itu sebenarnya nikmat juga merupakan cobaan untuk manusia untuk mengetahui apakah ia akan lalai atau tetap di jalan Allah.

2. Surat Al-Baqarah (Ayat 286)

Allah juga berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 286 yang artinya, “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya”.

Ayat ini memiliki makna yang menenangkan hati bagi orang yang tengah menghadapi ujian. Allah tidak akan membebani manusia dengan cobaan yang manusia tersebut tidak sanggup untuk melakukannya. Melainkan Allah akan memberikan cobaan sesuai dengan kapasitas masing-masing manusia.

Dengan itu, janganlah bersedih terlalu berlarut karena cobaan yang Anda hadapi pasti bisa dijalani dengan baik. Allah mengetahui kapasitas Anda sebagai manusia dalam menghadapi berbagai cobaan. Ketika merasa kesulitan, yakinlah bahwa apa yang dihadapi pasti sesuai dengan kapasitas.

Manfaat Mengucapkan dan Merenungkan Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana

Manfaat Mengucapkan dan Merenungkannya

Kalimat yang menjadi penguat dan penenang serta motivasi ini memiliki manfaat khusus ketika diucapkan. Terdapat keutamaan yang bisa Anda rasakan dengan kalimat ini, terutama ketika Anda bisa menggunakan kalimat ini untuk menghibur orang lain.

Karena sesungguhnya, Allah akan menolong orang yang sering menolong orang lain. Dijelaskan dalam hadits dari Abu Hurairah:

“Allah senantiasa menolong hamba selama ia menolong saudaranya” (HR. Muslim)

Hadits ini jelas menjelaskan mengenai keutamaan orang yang selalu menolong orang lain, termasuk juga menghibur orang yang sedang bersedih.

Dalam Surat Al-Baqarah ayat 83 juga terdapat perintah Allah untuk senantiasa mengucapkan kata-kata yang baik kepada orang lain. Kata-kata yang baik tersebut bisa berupa kata yang menghibur dan menenangkan seperti La Tahzan innallaha Ma’ana.

Penutup

Bagaimana, Anda sudah mengetahui arti La Tahzan Innallaha Ma’ana, bukan? Cobalah untuk senantiasa merenungkan makna dari penggalan ayat ini agar Anda bisa merasa tenang dan tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

Bagikan kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana ini kepada orang lain yang sedang dalam kesedihan. Jangan lupa untuk tetap menghibur dan berada di sampingnya, ingatkan bahwa Allah akan selalu bersama orang-orang yang sedang dalam kesulitan.

Aktifkan notifikasi untuk berita dan artikel terbaru kami di Google News iuwashplus.or.id

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status