Home » Pendidikan » Ini Dia Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional

Ini Dia Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional

Iuwashplus.or.idFutsal adalah salah satu olahraga yang sangat populer dan banyak digemari. Jika dilihat sekilas, olahraga futsal ini tampak sama seperti olahraga sepak bola pada umumnya, namun nyatanya kedua cabang olahraga ini memiliki cukup banyak perbedaan. Perbedaan pertama yang bisa diamati ialah ukuran lapangannya, dimana ukuran lapangan futsal jauh lebih kecil dibandingkan dengan sepakbola.

Ukuran lapangan olahraga futsal yang kecil ini juga dipengaruhi oleh perbedaan pemain yang turun di lapangan. Jika dalam sepakbola terdapat 11 pemain dari masing-masing tim, futsal hanya memakai 5 pemain saja pada masing-masing tim.

Perbedaan Ukuran Lapangan Futsal Berstandar Nasional dan Internasional

Perbedaan Ukuran Lapangan Futsal Berstandar Nasional dan Internasional

Berbeda dengan olahraga sepakbola yang memiliki kesamaan antara ukuran lapangan standar nasional dan internasional, untuk futsal tidak demikian.

Sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh International Federation de Football Association (FIFA), bentuk ukuran lapangan untuk futsal berstandar internasional dan nasional berbeda.

Perbedaan dari keduanya terdapat di bagian panjang dan lebar minimal, namun panjang dan lebar maksimal dari keduanya masih sama.

Agar lebih jelas tentang ukuran lapangan futsal standar nasional dan internasional, berikut adalah rangkuman yang bisa Anda simak selengkapnya.

Baca Juga: Kuasai 10 Teknik Dasar Bola Basket: Buat Kamu Jadi Jago Main!

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

Untuk ukuran lapangan futsal standar nasional, memiliki panjang lapangan 25 – 42 meter dengan lebar lapangan 15 – 25 meter. Untuk jarak jari-jari dengan garis lingkaran yang ada di tengah adalah 3 meter.

Di area penalti terdapat dua garis berbentuk seperempat lingkaran dan memiliki jarak sejauh 6 meter dengan garis gawang. Apabila salah satu pemain tim melakukan pelanggaran di sini, maka wasit akan mengambil tindakan berupa tendangan penalti pada tim yang telah dilanggar. Jarak antara tendangan penalti dengan gawang nantinya adalah 10 meter.

Baca Juga  10 Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat yang Mudah Dihapal

Lapangan futsal memiliki tempat sendiri untuk tim yang akan melakukan pergantian pemain. Area dengan lebar 5 meter ini berada di jarak 5 meter dengan dari garis tengah dengan. Saat melakukan pergantian pemain baik yang keluar maupun masuk harus melewati area ini.

Lapangan futsal juga mempunyai bagian tersendiri untuk melakukan tendangan sudut. Tendangan sudut ini biasanya dilakukan jika bola keluar dan melewati garis gawang baik itu disengaja maupun tidak. Jika hal ini terjadi, maka wasit akan memberi tendangan sudut bagi tim lawan.

Seperti halnya lapangan sepakbola, dalam lapangan futsal juga terdapat 4 spot untuk tendangan sudut. Tempat untuk tendangan sudut ini memiliki garis berbentuk seperempat lingkaran dengan jari-jari 25 cm dari area sudut lapangan. Saat melakukan tendangan sudut, maka bola harus diletakkan di sana.

Nah, ukuran gawang futsal sendiri juga lebih kecil dibanding dengan gawang sepabola. Ukuran tinggi gawang futsal adalah 2 meter dengan lebar 3 meter.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional

Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional

Seperti yang sudah disinggung di atas, perbedaan yang cukup terlihat dari ukuran lapangan futsal standar nasional dan internasional terletak pada ukuran lapangan, dimana untuk ukuran lapangan yang berstandar internasional sedikit lebih besar. Panjang lapangan futsal standar internasional ini adalah 38 – 42 meter dan lebarnya adalah 18 – 23 meter.

Meski memiliki ukuran yang berbeda, namun untuk area tendangan sudut, area penalti dan lingkar tengah lapangan memiliki ukuran yang sama dengan lapangan standar nasional. Begitu juga dengan ukuran gawang dari keduanya, tidak ada perbedaan.

Umumnya, lapangan berstandar internasional menggunakan bahan dari interlock. Bahan ini biasa dijumpai pada pertandingan kelas internasional atau di stadion yang benar-benar khusus untuk olahraga futsal. Lapangan dari bahan interlock ini berbentuk seperti plastik yang nantinya akan disusun layaknya bermain puzzle.

Baca Juga  8 Contoh Pidato Persuasif Singkat Tema Pendidikan, Narkoba, dll

Lapangan interlock juga memiliki beberapa keunggulan seperti bisa dibongkar pasang, permukaan lapangan yang rata dan yang terpenting adalah tidak mudah mengelupas, sobek atau rusak. Bahan interlock juga bisa membuat daya lekat sepatu lebih halus, sehingga pemain jadi semakin nyaman ketika bertanding.

Meski memiliki kelebihan yang cukup menguntungkan, namun biaya dari pembuatan lapangan interlock ini terbilang mahal. Selain itu, apabila lapangan terkena air walaupun dengan jumlah sedikit, maka bisa terasa sangat licin.

Selain dari bahan interlock, masih ada banyak pilihan bahan yang sudah umum digunakan untuk lapangan olahraga futsal seperti, lantai vinyl, lantai karpet dari rumput sintesis dan lantai polypropylene. Setiap jenis lapangan ini tentu saja akan membawa sensasi yang berbeda-beda bagi pemain.

Jenis-jenis Lapangan Futsal

Jenis-jenis Lapangan

Setelah mengetahui perbedaan dari ukuran lapangan futsal standar nasional dan internasional di atas, selanjutnya Anda juga patut mengetahui beberapa jenis lapangan futsal yang umum digunakan dalam pertandingan.

Beberapa jenis lapangan ini juga bisa dijadikan referensi untuk bermain bersama rekan-rekan Anda.

1. Lapangan Futsal Berjenis Lantai Vinyl

Lapangan futsal yang menggunakan lantai vinyl ini juga bisa disebut dengan rubber yang terbuat dari bahan menyerupai karet.

Jenis lapangan tersebut cukup digemari para pemain futsal karena memiliki tekstur yang empuk dengan permukaan yang halus, sehingga jika pemain terjatuh tidak terlalu merasakan sakit.

Lantai vinyl yang digunakan untuk futsal ini memiliki ketebalan yang beragam, yaitu 5, 6 dan 8 milimeter. Dengan permukaan yang rata, bola futsal bisa menggelinding lancar tanpa hambatan.

2. Lapangan Futsal dengan Lantai Karpet Dari Rumput Sintesis

Jenis lapangan lantai karpet dari rumput sintesis mungkin jenis lapangan yang paling banyak dijumpai.

Baca Juga  Ukuran Lapangan Bola Basket FIBA dan NBA Beserta Aturannya

Ini karena banyak yang menganggap jenis lapangan ini sangat nyaman dan pemain tidak merasa sakit jika terjatuh saat bertanding.

Biasanya, biaya sewa untuk lapangan jenis ini sedikit lebih mahal dibanding lainnya.

3. Lapangan Futsal dengan Lantai Polypropylene

Lantai polypropylene ini terbuat dari bahan plastik PP. Lapangan jenis ini bisa dibongkar pasang dan dipindah-pindah.

Meski demikian, lapangan jenis ini terbilang kuat dan tahan lama. Dari segi keselamatan juga tidak perlu diragukan lagi, lantai ini memiliki tekstur yang kesat sehingga tidak menyebabkan rasa sakit berlebih apabila pemain terjatuh.

Baca Juga: Ukuran Kertas A4 Yang Tepat Lengkap Dari (inci) Maupun (mm)

Ukuran Bola Futsal dan Durasi Permainan

Ukuran Bola dan Durasi Permainan

Umumnya, ukuran bola untuk futsal jauh lebih kecil dibanding dengan sepakbola. Standar ukuran bola yang digunakan futsal ialah bola nomor 4 yang memiliki keliling 62 – 64 centimeter dengan berat 0,4 – 0,44 kilogram. Tinggi lambung bola futsal ini juga bisa mencapai 55 – 56 centimeter untuk pantulan pertama. Bola futsal ini biasanya terbuat dari bahan kulit.

Durasi permainan futsal juga berbeda dari sepakbola. Lama pertandingan futsal ialah 2 kali 20 menit dengan perpanjangan waktu 2 kali 5 menit dan waktu istirahat selama 15 menit. Pelatih masing-masing tim diberi kesempatan meminta waktu time-out kepada time keeper (pencatat waktu) selama 1 menit pada babak pertama.

Time out hanya bisa diminta pelatih saat tim menguasai bola. Nantinya, time keeper akan memberikan time-out ketika bola keluar lapangan melalui isyarat peluit. Ketika waktu time-out ini diberikan, pemain masing-masing tim harus tetap berada di lapangan. Bagi tim yang tidak meminta time-out pada babak pertama, maka di babak kedua hanya akan mendapat satu kali time-out.

Untuk menambah wawasan para pecinta olahraga futsal, sebaiknya mengetahui informasi terkait ukuran lapangan futsal dan berbagai hal terkait olahraga ini. Memilih jenis lapangan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan juga perlu dipertimbangkan agar bisa bertanding dengan nyaman dan maksimal.

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status