Home » Berita » Mengenal Ciri Ular Kobra, Habitat dan Fakta Menariknya!

Mengenal Ciri Ular Kobra, Habitat dan Fakta Menariknya!

Iuwashplus.or.id | Terdapat banyak sekali jenis ular yang bisa kita jumpai di Indonesia, salah satunya ular kobra yang kerap masuk ke pemukiman warga. Datangnya hewan ini harus membuat Anda waspada karena ia memiliki bisa yang cukup beracun dan apabila terkena gigitannya dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Inilah alasan kenapa tak sedikit masyarakat yang menghindari kobra dan cenderung takut apabila berhadapan. Oleh karenanya Anda harus memahami apa saja ciri-ciri ular kobra ini beserta fakta menarik lain agar ketika bertemu Anda tidak panik dan berujung melukai diri sendiri.

Pelajari Ciri-ciri Ular Kobra

Pelajari Ciri-ciri Ular Kobra

Ular kobra atau ada beberapa yang menyebutnya sebagai ular sendok, cukup terkenal di kalangan masyarakat luas. Disebut ular sendok karena itu merupakan nama bagi setiap ular berbisa yang mampu memipihkan leher mereka sehingga serupa sendok. Kata ‘kobra’ sendiri diambil dari bahasa Portugis yang artinya ular.

Terdapat beberapa ciri penting yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi hewan melata satu ini, sehingga saat bertemu Anda bisa bersikap lebih tenang dan tidak khawatir. Adapun ciri-ciri yang dimaksud seperti:

  1. Bentuk Kepala

Salah satu ciri penting yang harus diperhatikan adalah kepalanya. Sebab, beberapa ular yang memiliki bisa beracun bentuk kepalanya segitiga, walau tak sedikit pula yang memiliki kepala oval atau bulat. Namun, bisa dipastikan jika kobra ini bentuk kepalanya segitiga dan ketika merasa terancam maka hewan tersebut akan mengangkat dan mengembangkan bagian lehernya.

Jadi, jangan pernah sembarangan memegang kepala kobra apabila Anda tidak didampingi oleh orang yang profesional. Karena kita tidak pernah tahu apakah hewan itu memiliki bisa yang mematikan atau tidak. Setidaknya kita harus selalu berhati-hati dan lebih baik menghindar daripada menangkapnya.

  1. Terdapat Tudung di Lehernya
Baca Juga  Jenis, Karakteristik, dan Fakta Unik Ular Piton Yang di Indonesia!

Ular kobra memiliki tudung, inilah ciri yang paling bisa dilihat dan cukup mencolok. Anda bisa mengamati di sepanjang area leher sampai kepala, apakah ada tudungnya atau tidak. Tudung ini akan terbuka bersamaan dengan saat mereka mengangkat tubuh dan kepala dengan tatapan mengancam.

Cara membuka tudung ini biasanya dilakukan dengan cara merentangkan tulang rusuk mereka. Nah, bila Anda bertemu hewan melata satu ini dan menunjukkan perilaku yang dimaksud yaitu merentangkan tudung di area leher, maka sebaiknya segera menghindar demi keselamatan.

  1. Perilaku

Anda harus tahu bahwa kebanyakan ular yang berbisa selalu terlihat tenang, dingin dan kalem tapi bisa tiba-tiba menyerang jika dirasa keselamatannya terancam. Mau tidak mau Anda mesti waspada dan tidak sembarangan terutama jika berhadapan sendirian.

Biasanya perilaku mereka saat terancam akan langsung mengembangkan tudung dan mengangkat kepala, kemudian terlihat pada bagian pipi langsung memipih seolah memberikan peringatan terhadap musuh yang ada di hadapannya. Perilaku ini seringnya dilakukan apabila musuh terlihat melawan sehingga kobra pun tinggal menyemprotkan bisa-nya untuk menyelamatkan diri.

  1. Taring yang Panjang dan Berbahaya

Bisa beracun dari kobra biasanya terletak pada bagian taring. Taring ini akan berputar bahkan mencapai 180 derajat ke depan ketika siap melakukan serangan dan menyemburkan bisanya.

Jika di suatu kondisi Anda menemukan ular yang berperilaku seperti ini, maka segeralah pergi dan jangan mendekat supaya tidak menjadi mangsa. Pasalnya, kita tidak tahu seberapa beracunnya bisa yang diproduksi oleh hewan melata satu ini.

  1. Warna Kulitnya

Mungkin Anda akan sedikit kesulitan dengan ciri-ciri yang satu ini, tapi tidak ada salahnya mempelajari untuk berjaga-jaga. Pasalnya, mengidentifikasi ular berbisa hanya dari kulit saja sangatlah tidak mudah.

Baca Juga  8 Romance Anime yang Rilis Sepanjang Musim 2023

Namun, khusus kobra Anda bisa mengetahuinya melalui warna kulit yang sangat khas dan pastinya amat mencolok. Tapi untuk spesies lainnya ada pula yang berwarna cokelat, belang-belang dan lain sebagainya.

  1. Ukuran Tubuh

Biasanya perihal ukuran tubuh ini sesuai dengan spesiesnya, dengan kata lain setiap ular kobra mempunyai ukuran tubuh yang berbeda-beda. Ada yang paling kecil yaitu kobra spitting mozambik yang mempunyai ukuran tubuh sekitar 90cm sampai 150cm saja.

Sementara itu untuk yang paling panjang yaitu jatuh kepada King Kobra di mana kebanyakan ukuran tubuh mereka mencapai 3 atau 4 meter. Bahkan paling maksimal adalah 5 meteran dan mempunyai berat tubuh di kisaran 6-12kg.

Habitat Ular Kobra

Habitat Ular Kobra

Di dunia ini kobra hidup di berbagai benua seperti Asia Tenggara, Afrika Selatan, dan lain-lain. Jadi, ke manapun pergi Anda bisa saja menjumpai hewan melata tersebut. Sebab dari banyaknya spesies yang ada, maka habitat atau tempat tinggal hewan satu ini pun berbeda-beda.

Ada yang hidup di sekitaran hutan hujan, semak belukar, padang rumput, pegunungan dan sejenisnya. Akan tetapi semakin modern zamannya, maka habitat hidup mereka kini juga semakin sedikit hingga banyak yang mulai masuk ke pemukiman warga.

Masyarakat kerap kali menemukan ular jenis ini berada di sawah, pekarangan, rumah bahkan di daerah perkotaan sekalipun. Tempat-tempat seperti hutan yang seharusnya mereka jadikan rumah banyak ditebang dan mau tidak mau membuat berbagai hewan termasuk ular kobra mesti mencari tempat tinggal baru.

Fakta Menarik Terkait Ular Kobra yang Jarang Diketahui

Fakta Menarik Terkait Ular Kobra yang Jarang Diketahui

Terdapat banyak sekali fakta menarik yang bisa dijumpai dari spesies ular yang satu ini. Untuk lebih memahaminya, mari simak beberapa fakta tersebut!

  1. Telurnya Sangat Lentur

Fakta menarik yang pertama adalah dari telurnya yang konon sangat lentur tapi juga kasar. Hal ini dikarenakan telur ular terkenal mempunyai keratin dan juga kolagen. Ada alasan khusus kenapa telur mereka amatlah lentur, salah satunya demi menghindarkan mereka dari kerusakan terutama jika hendak dijatuhkan ke dalam liang.

  1. Fatalnya Gigitan King Kobra Membunuh Gajah
Baca Juga  Kenali Jenis Ular Sawah, Habitat Hingga Cara Mengusirnya!

King kobra memang salah satu jenis yang sangat mematikan dan wajib dihindari. Sebab, terbukti bahwa satu gigitannya dapat membunuh gajah atau sekitar 11 manusia. Dalam satu kali serangan, hewan satu ini menyemburkan sekitar 500 mg bisa yang mana itu sangat besar dan fatal akibatnya.

  1. Bisa-nya Dapat Menyebabkan Kebutaan

Fakta lainnya yang harus Anda ketahui adalah bahwa bisa spitting kobra dapat membuat mangsanya buta. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang melibatkan 9 orang. Selain dua di antaranya yang konon mengalami buta pada mata mereka, semuanya juga mengalami gejala keracunan.

  1. Racun dari Kobra Kaspia Untuk Menyembuhkan Kanker

Teknologi pengobatan kini memang sudah canggih dan banyak keajaiban yang terjadi. Salah satu hal ajaib yang terjadi ini adalah racun dari kobra kaspia di mana dapat membunuh sel-sel kanker. Pastinya penelitian ini masih berlangsung dan banyak yang berharap untuk keberhasilannya, karena dengan begitu setidaknya tak sedikit orang yang memiliki harapan hidup lebih lama apabila sel kanker di tubuh mereka hilang.

  1. King Kobra Penyebab Banyak Kematian di India

Diketahui bahwa ada sekitar 6,4% manusia yang tergigit oleh kobra di India dan banyak yang berakhir pada kematian. Ada berbagai macam faktor yang membuat banyak ular berkeliaran di negara ini. Anda harus senantiasa hati-hati di manapun berada karena ular dengan bisa yang mematikan dapat ditemui di mana saja.

Demikian beberapa penjelasan tentang ular kobra yang harus Anda pahami. Jika tak memiliki pengetahuan untuk menangani ular ini, alangkah baiknya jika Anda menghindar apabila bertemu.

BACA JUGA:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status