Home » Islami » Subhanallah Artinya Apa? Ini Lafadz, Arti dan Keutamaannya

Subhanallah Artinya Apa? Ini Lafadz, Arti dan Keutamaannya

Iuwashplus.or.id Bagi umat Muslim, tentu sudah tidak asing lagi dengan kalimat Subhanallah yang berasal dari Bahasa Arab. Kalimat ini memiliki arti dan makna yang mendalam bagi umat Muslim karena merupakan salah satu bentuk pujian kepada Allah Swt.

Namun, masih banyak yang keliru dan belum memahami dengan baik arti dari kalimat tasbih tersebut dan apa saja keutamaan yang bisa didapatkan. Oleh karena itu, berikut pembahasan seputar arti dan keutamaan membaca tasbih yang wajib dipahami.

Lafadz dan Arti Kata Subhanallah

Lafadz dan Arti Kata Subhanallah

Bagi Anda yang belum tahu, kalimat tersebut merupakan salah satu lafal tasbih yang sering diucapkan oleh umat Muslim. Kalimat ini sering diucapkan pada saat salat, dan sering juga ditemukan pada beberapa surat dalam Al-Qur’an..

Dalam bahasa Arab, kalimat tasbih ini dilafalkan dengan سُبْحَانَ ٱللَّٰهِ yang artinya yaitu “Maha Suci Allah”.

Bacaan tasbih ini mengandung makna mensucikan Allah yang mengandung nilai pahala bagi siapa saja yang melafalkannya.

Kalimat ini memiliki banyak keutamaan bagi para pembacanya karena memiliki makna filosofis yang tidak dapat terpisahkan dari kaum Muslim. Itulah mengapa, umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan tasbih kepada Allah Swt.

Anda bisa melakukan dzikir dan melafalkan kalimat tasbih dimanapun dan kapanpun, khususnya setelah selesai salat. Kebiasaan berdzikir dan bertasbih secara rutin tentunya akan membawa banyak kebaikan dalam hidup seorang Muslim.

Makna Filosofis Dibalik Kalimat Tasbih

Makna Filosofis Dibalik Kalimat Tasbih

Kalimat tasbih bukan hanya merupakan bacaan biasa yang dibaca oleh mayoritas umat Islam. Melainkan sebagai media untuk bisa meningkatkan rasa spiritual kepada Allah Swt. Bacaan tasbih ini mempunyai arti yang sangat mendalam dan luar biasa bagi siapapun yang membaca.

Tidak heran, kalimat ini cukup banyak disebutkan dalam surat Al-Qur’an, maupun dalam bacaan salat. Dalam salah satu kitab karya Sayyid Muhammad bin Ali Ba Alawi Al-Husaini menjelaskan secara detail terkait makna dari kalimat tasbih.

Kalimat Subhanallah dalam bacaan tasbih mempunyai makna yaitu mensucikan dzat Allah Swt. dari segala sifat yang tidak layak disematkan kepada-Nya. Kalimat tasbih ini memuat prinsip utama tauhid yang menempatkan Allah sebagai satu-satunya Tuhan.

Selain itu, kalimat tasbih mengakui bahwa Allah Swt adalah satu-satunya Tuhan yang paling mulia, dan merupakan pernyataan bahwa Allah berada di atas segalanya. Seorang muslim yang membacanya dalam dzikir berarti sedang memuliakan Allah Swt.

Pentingnya Mengucapkan Kalimat Tasbih

Pentingnya Mengucapkan Kalimat Tasbih

Membaca kalimat tasbih ternyata memiliki berbagai makna yang sangat penting bagi setiap umat Islam. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kalimat tasbih dianggap sangat penting untuk dibaca.

1. Menghormati Allah Swt.

Tasbih merupakan rangkaian kata pengagungan terhadap kebesaran Allah, memiliki makna yang  penting. Saat seseorang membaca dan mengulang kalimat tasbih, mereka secara tegas menyatakan pengakuan akan keagungan, kesempurnaan, dan keadilan-Nya yang luar biasa.

Baca Juga  Bacaan Doa Minum Air Zam-Zam Sesuai Sunnah (Arab-Latin-Arti)

Dalam setiap kalimat tasbih yang terucap, seorang mukmin dengan penuh penghormatan dan kesadaran mengakui bahwa Allah adalah zat yang Maha Agung, Maha Sempurna, dan Maha Adil. Itulah mengapa tasbih sangat penting diucapkan untuk menghormati Allah Swt.

2. Sarana Mengingat Allah

Dengan membaca kalimat tasbih, seseorang tidak hanya sekadar mengingat Allah, tetapi juga mampu menghadirkan-Nya dalam setiap detik dan aktivitas kehidupan. Kalimat tasbih menjadi suatu sarana yang memungkinkan kita untuk terus berhubungan dengan-Nya.

Setiap kali kita melafalkan tasbih, seorang muslim dapat menciptakan sebuah momen sakral ketika seluruh perhatian sepenuhnya terfokus pada-Nya, menjauhkan diri dari hiruk-pikuk dan keramaian dunia, sehingga dapat fokus mengingat Allah.

3. Menenangkan Pikiran

Setiap hari, dalam hiruk-pikuk kehidupan yang sering kali membebani dengan tekanan, stres, dan kecemasan, terdapat sebuah cara yang unik dan penuh berkah untuk mencapai ketenangan pikiran dan mengurangi beban emosional tersebut.

Dengan setia melafalkan tasbih, Anda bisa memperoleh kekuatan dan ketenangan yang menakjubkan, menciptakan ruang bagi rasa syukur yang mendalam dan ketentraman yang menyeluruh dalam segala aktivitas yang kita lakukan.

4. Menumbuhkan Rasa Syukur

Membaca kalimat tasbih dengan kesungguhan hati ternyata memiliki keajaiban tersendiri dalam membangkitkan rasa syukur yang mendalam di dalam diri setiap individu yang menjalaninya. Ungkapan tasbih menjadi sarana mengungkapkan rasa syukur yang tulus atas nikmat-Nya.

Ketika seseorang mengucapkan kalimat tasbih dengan penuh kesadaran dan ketulusan, seakan-akan ia membuka pintu gerbang dalam hatinya untuk mengakui dan merenungkan segala karunia serta kebaikan yang deras mengalir dari Allah Swt.

5. Meningkatkan Keimanan

Dalam setiap kalimat tasbih yang diulang, tersembunyi keajaiban yang mampu mengangkat keimanan dan menumbuhkan keteguhan hati. Kalimat tasbih menjadi sebuah fondasi yang dapat menguatkan keyakinan seseorang pada Allah.

Dengan setia membaca tasbih, Anda bisa merasakan kekuatan iman yang tak tergoyahkan, memeluk kepercayaan yang tulus dan mengalami transformasi spiritual yang membuat Anda mampu untuk menghadapi setiap rintangan dan cobaan dengan ketenangan dan kekuatan.

6. Meraih Pahala

Dalam Islam, keyakinan akan pahala dari Allah atas setiap amalan baik yang dilakukan dengan niat tulus menjadi pijakan spiritual yang kuat. Membaca kalimat tasbih merupakan salah satu kegiatan dzikir yang memiliki nilai pahala yang luar biasa.

Dengan mengucapkan tasbih, Anda sudah menjalankan amalan yang diperintahkan oleh agama dan memperoleh pahala yang diberikan oleh-Nya sebagai bentuk rahmat-Nya yang tak terhingga.

7. Memperbaiki Akhlak

Membaca kalimat tasbih tidak hanya memberikan manfaat spiritual, tetapi juga memiliki dampak yang luar biasa dalam meningkatkan akhlak dan perilaku seseorang. Kalimat tasbih menjadi semacam pengingat yang membimbing untuk berperilaku dengan kebaikan dan kebajikan.

Membaca tasbih membantu Anda untuk mengendalikan emosi, menghindari perilaku yang negatif, dan menggantikannya dengan sikap yang lebih bijaksana dan terpuji. Dengan membaca tasbih secara sadar, dapat menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan damai.

Penggunaan Subhanallah dalam Kehidupan Sehari-hari

Penggunaan Subhanallah dalam Kehidupan Sehari-hari

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kalimat tasbih mempunyai makna yaitu mensucikan. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan kalimat ini sesuai dengan fungsinya dengan baik dan benar agar nilai pahalanya tidak hilang.

Kemudian muncul beberapa pertanyaan mengenai waktu penggunaan dari kalimat tasbih ini. Di dalam Al-Qur’an ada banyak ayat yang memuat kalimat tasbih yang mengingatkan manusia untuk tidak membandingkan Allah Swt. dengan tuhan lainnya.

Baca Juga  Bacaan Doa Nabi Ayyub Ketika Sakit Parah dalam Al-Quran

Kalimat tasbih bisa diucapkan kapanpun karena fungsinya untuk berdzikir untuk mengingat nama Allah Swt. Saat Anda melihat suatu hal yang buruk, dianjurkan untuk mengucapkan kalimat tasbih sesuai dengan yang dilakukan Rasulullah Saw.

Meskipun demikian, salah satu lafal dzikir ini tetap bisa digunakan sebagai ekspresi terhadap suatu hal, karena tidak ada larangan khusus yang menjelaskan respon terhadap situasi tertentu. Semua kalimat dzikir berfungsi untuk mengingat adanya kebesaran Allah Swt.

Fungsi Subhanallah dalam Kehidupan Sehari-hari

Fungsi Subhanallah dalam Kehidupan Sehari-hari

Tahukah Anda, kalimat tasbih yang berarti Maha Suci Allah ini memiliki banyak fungsi bagi kehidupan manusia. Kalimat tersebut membawa pengaruh yang positif dan kebaikan bagi pembacanya. Berikut adalah fungsi kalimat tasbih yang wajib Anda ketahui.

1. Membuat Hati Tentram

Dalam Q.S. Thaha ayat 130, Allah memerintahkan Rasulullah Saw. untuk tetap bersabar atas pendustaan kaum kafir terhadap ajaran yang dibawa olehnya. Cemoohan yang ditujukan untuknya dan para pengikutnya diikuti oleh perintah bertasbih dan menyucikan Allah Swt.

Sabar dan bertasbih ini bertujuan agar pembacanya merasa tenang, senang, dan puas atas apa yang terjadi. Ayat di atas menjelaskan bahwa kalimat tasbih bisa digunakan untuk situasi sulit yang akhirnya akan mengantarkan para keridhaan dan kepuasan hati.

Fungsi dari kalimat tasbih di atas yaitu untuk membuat hati merasa tenang, dan tentram walaupun kesulitan datang terus menerus. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk selalu bertasbih untuk mengingat Allah dan menenangkan hati.

2. Mendatangkan Rahmat Allah

Fungsi bertasbih selanjutnya dijelaskan dalam Q.S. Al-Ahzab ayat 41-44. Ayat tersebut menyebutkan bahwa fungsi bertasbih ini adalah untuk mendatangkan rahmat Allah Swt. dan curahan rahmat tersebut akan berlanjut hingga hari akhir (kiamat).

Kalimat tasbih ini juga bisa berfungsi sebagai pujian kepada Allah yang Maha Mengabulkan doa-doa bagi umat-Nya yang bersungguh-sungguh. Allah akan menurunkan curahan rahmat bagi siapa saja yang mau bertasbih kepada-Nya.

Selain rahmat yang tercurah dari Allah Swt., ayat di atas juga menyebutkan fungsi bertasbih yaitu agar didoakan oleh malaikat Allah. Doa dari para malaikat pasti dikabulkan oleh Allah, sehingga semakin bertambah pula rahmat Allah bagi orang yang mau bertasbih.

3. Berfungsi Sebagai Doa

Dalam Q.S. Al-Anbiya ayat 87-88 juga menjelaskan tentang fungsi bertasbih yaitu sebagai doa. Ayat tersebut menceritakan tentang Nabi Yunus yang ditelan oleh seekor ikan paus dan kemudian berdoa kepada Allah melalui tiga hal yaitu tahlil, tasbih, dan juga istighfar.

Doa Nabi Yunus yang disertai dengan kalimat tasbih akhirnya dikabulkan oleh Allah, sebab doanya yang bersungguh-sungguh diiringi oleh pengakuan dosanya. Tasbih inilah yang menjadi penyebab Nabi Yunus as. diselamatkan dari perut ikan paus.

Fungsi tasbih sebagai doa sangat besar pengaruhnya bagi kehidupan manusia. Doa yang bersungguh-sungguh disertai dengan tasbih memiliki peluang yang besar untuk dikabulkan oleh Allah Swt., sebab Allah menyukai hamba yang memuji dan mengagungkan kebesaran-Nya.

4. Sebagai Ungkapan Keagungan Allah

Fungsi kalimat tasbih adalah sebagai sebuah ungkapan akan keagungan Allah sebagai Tuhan Yang Maha Esa. Ketika seseorang mengucapkan kalimat tasbih, maka saat itulah orang tersebut mengakui keagungan Allah Swt.

Kalimat ini juga berfungsi sebagai bentuk penghormatan kepada Allah Swt. sebagai pencipta alam semesta. Kalimat ini membantu umat Muslim untuk memperkuat ikatan spiritual dan keimanan dengan Allah Swt.

Baca Juga  Doa Sebelum Tidur dan Amalan Sunnah Nabi SAW Sebelum Tidur

Hal ini tentu akan mengingatkan mereka akan kebesaran-Nya, dan membantu memusatkan perhatian pada-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Sungguh penting sekali fungsi kalimat tasbih bagi umat muslim, karena dampaknya yang positif untuk kehidupan setiap individu.

5. Sebagai Ungkapan atau Respon Saat Melihat Suatu Hal

Kalimat tasbih biasanya diucapkan saat melihat suatu hal yang buruk sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah Saw. Oleh karena itu, fungsi kalimat tasbih adalah sebagai ungkapan seseorang dalam merespon suatu hal yang dilihatnya.

Dengan mengingat Allah dalam situasi yang buruk, seorang muslim dapat terhindar dari keburukan dan hal-hal yang tidak wajar. Hal ini dikarenakan kebesaran Allah yang melindunginya dari malaikat akan mendoakannya sebagai bentuk rahmat Allah Swt.

Oleh karena itu, saat melihat suatu hal yang buruk, maka biasakan untuk mengucapkan kalimat tasbih agar senantiasa mengingat Allah. Lebih baik lagi jika tasbih ini diiringi dengan istighfar yang berfungsi sebagai pengakuan atas dosa atau kesalahan yang pernah diperbuat.

Perbedaan Masyaallah dan Subhanallah yang Wajib Dipahami

Perbedaan Masyaallah dan Subhanallah yang Wajib Dipahami

Meskipun sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, kalimat masyaallah dan juga tasbih  seringkali masih disalahartikan. Banyak orang yang masih ragu dalam menempatkan kedua kata tersebut saat berada dalam situasi tertentu, sehingga seringkali tertukar.

Meskipun tidak ada aturan yang pasti mengenai hukum penggunaan kedua kalimat ini, namun ada baiknya untuk memahami perbedaan masyaallah dan subhanallah. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan dan menempatkan kalimat tersebut sesuai dengan situasi yang dihadapi.

Perbedaan pertama yaitu ada pada arti kalimat masyaallah yang memiliki arti “Allah telah menghendaki hal itu“. Sementara itu, kalimat tasbih yang telah dibahas tadi mempunyai arti “Maha Suci Allah“. Dari arti di atas bisa langsung dilihat perbedaan keduanya.

Perbedaan lainnya yaitu ada pada penggunaan kalimatnya dalam situasi tertentu. Kalimat masyaallah bisa digunakan sebagai ungkapan yang menunjukkan kekaguman terhadap hal baik. Sedangkan, kalimat tasbih lebih sesuai digunakan saat melihat suatu hal yang tidak baik.

Manfaat dan Keutamaan Membaca Subhanallah

Manfaat dan Keutamaan Membaca Subhanallah

Sebagai salah satu kalimat pujian terhadap kebesaran Allah Swt., tasbih memiliki banyak manfaat dan keutamaan bagi siapapun yang mau membacanya. Berikut manfaat dan keutamaan kalimat tasbih yang sangat luar biasa.

1. Menghapus Dosa

Membaca kalimat tasbih secara rutin dan bersungguh-sungguh dapat menghapuskan dosa, meskipun dosanya sebanyak buih di lautan sekalipun. Hal ini sudah dijelaskan oleh hadits Rasulullah Saw. yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

2. Hidup Menjadi Lebih Mudah

Manfaat selanjutnya dari bacaan tasbih adalah membuat hidup menjadi lebih mudah, baik di dunia maupun di akhirat. Segalanya akan jauh lebih mudah dengan mengingat Allah di setiap proses kehidupan yang sedang dijalani.

3. Merasakan Kedamaian dan Ketentraman Hidup

Membaca kalimat tasbih di pagi hari dengan hati yang ikhlas dan tulus diyakini dapat membawa kedamaian dalam hidup, baik di dunia dan di akhirat. Dengan mengingat Allah, hati menjadi tentram dan membawa dampak positif dalam hidup manusia.

4. Memberikan Pahala yang Besar

Keutamaan membaca kalimat tasbih subhanallah ternyata memberikan dampak pahala yang besar bagi seorang muslim. Hal ini dikarenakan tasbih merupakan kalimat yang paling utama dan dipilih Allah Swt., sebagaimana yang diriwayatkan dalam Hadits Riwayat Muslim.

5. Mendapat Ganjaran Surga

Manfaat yang paling utama dari membaca kalimat tasbih yaitu mendapatkan ganjaran surga yang paling tinggi di akhirat kelak. Dengan mengingat dan memuji kebesaran Allah, seorang muslim akan mendapatkan pahala dan mempermudah jalannya menuju surga.

Penutup

Dari sekian banyak kata dalam Bahasa Arab, subhanallah ternyata menjadi salah satu kalimat yang memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam. Tidak heran, kalimat ini sangat dianjurkan untuk dilafalkan setiap waktu agar senantiasa mengingat Allah Swt.

Meskipun sederhana, tasbih memiliki makna cukup dalam yaitu sebagai pengakuan bahwa Allah Swt. merupakan satu-satunya tuhan yang paling mulia dan berada di atas segalanya. Oleh karena itu, biasakan diri untuk bertasbih dan mengingat Allah dalam setiap situasi.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status