Home » Pendidikan » 8 Doa Kedua Orang Tua Lengkap Arab, Latin dan Tarjamhannya

8 Doa Kedua Orang Tua Lengkap Arab, Latin dan Tarjamhannya

JAKARTA – Orang Tua merupakan orang-orang paling penting dalam kehidupan kita. Allah-lah yang menyerahkan tanggung jawab pemberian kehidupan kepada setiap anak kepada mereka berdua. Dalam mendidik kita, ayah dan ibu menghadapi banyak tantangan.

Islam adalah agama kasih sayang dan kebaikan, dan orang pertama yang layak mendapat penghormatan istimewa adalah orang tua, berkat usaha mereka, kita bisa terlahir ke dunia ini atas kehendak Yang Maha Kuasa. Allah Yang Maha Kuasa mengajak umat Muslim untuk menunjukkan akhlak terbaik dan melakukan amal-amal baik terhadap orang tua kita.

Menghargai dan berbakti kepada orang tua merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam. Salah satu ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan mengenai hal ini adalah surat Al-Isra’ ayat 23-24.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا ﴿٢٣﴾ وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Artinya:

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau keduanya sampai usia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil. (QS. Al-Isra’: 24)

Doa Kedua Orang Tua Arab, Latin dan Terjamahannya

Doa Kedua Orang Tua Arab, Latin dan Terjamahannya

Suatu ketika, Nabi ditanya, “Amalan apa yang paling dicintai oleh Allah?” Jawabannya, “Shalat yang dilaksanakan tepat waktu.” “Lalu amalan apa yang paling dicintai setelah itu?” “Taat kepada orang tua dan berusaha untuk berbuat baik kepada mereka,” jawab Nabi, dan menambahkan bahwa setelah itu adalah jihad – berjuang di jalan Islam.

Baca Juga  Bacaan Sholawat Jibril, Arti, Keutamaan dan Asal Usulnya Lengkap

Baik ketika masih hidup maupun setelah meninggal, kewajiban seorang Muslim adalah untuk menghormati orang tua mereka, melakukan kebaikan, mengingat dan merawat mereka, serta memohon kepada Allah untuk kebaikan mereka. Doa yang dipanjatkan untuk orang tua diterima oleh Allah dengan segera dan memberikan berkah kepada umat yang beriman.

Doa Untuk Kedua Orang Tua Pertama

Bacaan doa kedua orang tua pertama bahasa arab:

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِيْ صَغِيْرًاۗ

Bacaan latin doa kedua orang tua pertama:

Waghfidh lahumaa janaahadz-dzulli minar-rohmati wakul robbi irhamhumaa kamaa robbayanii soghiiroo.

Terjamahannya:

Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya (orang tua) dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya (orang tua) sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.

Doa Untuk Kedua Orang Tua Kedua

Bacaan doa kedua orang tua kedua bahasa arab:

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Bacaan latin doa kedua orang tua kedua:

Rabbanaghfir lii waliwaalidaiyya walil-muminiina yauma yaḱuumu-l-hisaabu.

Terjamahannya:

Tuhan kami! Ampunilah aku dan orang tuaku serta orang-orang beriman pada hari penghitungan dosa. (Qs. Ibrahim’: 4).

Doa Untuk Kedua Orang Tua Ketika Menjadi Imam Sholat

Doa Untuk Kedua Orang Tua Ketika Menjadi Imam Sholat

Bacaan doa kedua orang tua ketika menjadi imam sholat bahasa arab:

اللَّهُمَّ اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارً

Bacaan latin doa kedua orang tua ketika menjadi imama sholat:

Allohummaghfirlanaa dzunuubanaa waliwaalidinaa warhamhumaa kamaa robbayaanaa shigooro.

Terjamahannya:

Ya Allah! ampunilah dosa kami dan kedua orang tua kami, Serta Sayangilah Mereka Sebagaimana Mereka Menyayangi Kami ketika kami anak kecil.

Doa Untuk Kedua Orang Tua Ketika Berdoa Seorang Diri

Doa ini merupakan salah satu doa yang diajarkan dalam ajaran Islam untuk memohon ampunan dan rahmat Allah SWT bagi diri kita dan orang tua kita. Doa ini juga yang paling umum digunakan oleh umat muslim indonesia.

Baca Juga  Bacaan Doa Dzikir Pagi dan Petang Pembuka Rezeki

Bacaan doa kedua orang tua ketika berdoa seorang diri bahasa arab:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Bacaan latin doa kedua orang tua ketika berdoa seorang diri:

Robbighfir-lii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shogiiroo.

Terjamahannya:

Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan kasihanilah mereka sebagaimana mereka telah mendidikku sejak kecil.

Doa untuk Orang Tua yang Telah Meninggal: Mengenang dan Mendoakan

Doa untuk Orang Tua yang Telah Meninggal

Ketika orang tua kita telah meninggal dunia, salah satu cara untuk mengenang dan tetap berbakti kepada mereka adalah dengan mendoakan mereka. Berikut ini beberapa doa yang bisa kita panjatkan untuk orang tua yang telah meninggal:

  1. Doa untuk orang tua yang telah meninggal:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا وَوَسِّعْ قَبْرَهُمَا وَنَوِّرْ لَهُمَا فِيْهِ

“Allahumma ghfir li-walidayya warhamhuma kama rabbayani shaghiran wawassi’ qobrohuma wa nawwir lahum fih.”

“Ya Allah, ampunilah dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah mereka sebagaimana mereka mendidikku ketika aku masih kecil, luaskanlah kubur mereka dan berilah cahaya di dalamnya.”

  1. Doa untuk arwah orang tua:

اللَّهُمَّ ارْحَمْ عَبْدَكَ (nama ayah) وَعَبْدَتِكَ (nama ibu) وَاغْفِرْ لَهُمَا وَعَافِهِمَا وَاعْفُ عَنْهُمَا وَأَكْرِمْ نُزُلَهُمَا وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُمَا وَاغْسِلْهُمَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِمَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ

“Allahummarham ‘abdaka (nama ayah) wa ‘abdatika (nama ibu) waghfir lahuma wa ‘afihima wa ‘fu ‘anhum wa akrim nuzulahuma wa wassi’ mudkhalahuma waghshilhum bilma’i waththalji walbaradi wa naqqihima minal khataya kama yunaqqa ath-thawbul abyadu minad danas.”

“Ya Allah, kasihanilah hamba-Mu (nama ayah) dan hamba-Mu (nama ibu), ampunilah mereka, berilah keselamatan kepada mereka, maafkanlah mereka, muliakan tempat mereka, luaskan pintu masuk mereka, bersihkanlah mereka dengan air, salju, dan es, serta sucikanlah mereka dari dosa sebagaimana kain putih dibersihkan dari kotoran.”

  1. Doa untuk kedua orang tua yang telah tiada waktu sholat:
Baca Juga  3 Hukum Mim Mati Dalam Ilmu Tajwid Beserta Contohnya

Pada saat kita melaksanakan shalat, khususnya dalam sujud terakhir, kita bisa memanjatkan doa untuk kedua orang tua yang telah meninggal. Doa yang bisa kita panjatkan adalah:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ

“Allahummaghfir li wa liwalidayya wa lil-mu’minina wal-mu’minat wal muslimina wal muslimat, al-ahya’i minhum wal-amwat.”

“Ya Allah, ampunilah aku, orang tuaku, dan seluruh kaum muslimin dan muslimat, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal.”

Mendoakan kedua orang tua dalam shalat merupakan salah satu cara untuk senantiasa mengenang dan menghargai jasa-jasa mereka. Doa yang kita panjatkan dalam shalat memiliki keutamaan yang lebih besar, karena kita berdoa dalam kondisi khusyuk dan dekat dengan Allah SWT.

  1. Doa untuk orang tua setelah sholat:

Setelah melaksanakan shalat, kita juga bisa memanjatkan doa khusus untuk orang tua yang telah meninggal. Doa ini bisa kita ucapkan setelah mengucapkan salam:

اللَّهُمَّ ارْزُقْ وَالِدَيَّ الْجَنَّةَ وَاجْعَلْ قَبْرَهُمَا رَوْضَةً مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ

“Allahumma arzuq walidayyal-jannah wa’j’al qobrohuma rawdatan min riyaadil-jannah.”

“Ya Allah, berilah surga kepada kedua orang tuaku dan jadikanlah kubur mereka taman dari taman-taman surga.”

Melalui doa-doa ini, kita dapat mengekspresikan rasa cinta dan bakti kepada orang tua yang telah meninggal. Selalu ingat untuk mendoakan mereka dalam berbagai kesempatan, agar kita dapat menjadi anak yang berbakti dan diberkahi oleh Allah SWT.

Akhir Kata

Sejak kecil, orang tua adalah sosok yang paling berperan dalam membentuk karakter dan pribadi kita. Mereka mengajarkan kita tentang nilai-nilai luhur, etika, dan cara bergaul dengan sesama.M

Menghormati dan berbakti kepada orang tua juga merupakan bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang telah kita terima. Kita harus mengakui bahwa tanpa keberadaan mereka, kita tidak akan bisa menjadi pribadi yang baik dan sukses seperti sekarang ini.

Maka dari itu alangkah baiknya kita sebagai seorang anak yang sholeh untuk selalu mendoakan mereka disetiap saat kita ingat mereka dan ketika sholat serta selesai sholat.

Baca Juga: Ayat Kursi Untuk Meringkan Dosa Kedua Orang Tua

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status