Home » Islami » Doa Sayyidul Istighfar: Cara Membaca & Makna Setiap Kalimatnya

Doa Sayyidul Istighfar: Cara Membaca & Makna Setiap Kalimatnya

JAKARTA – Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali melakukan kesalahan dan dosa, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu memohon ampun kepada Allah SWT. Doa Sayyidul Istighfar merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk memohon ampunan dari dosa-dosa yang telah kita lakukan. Artikel ini akan membahas cara membaca, terjemahan, dan makna dari setiap kalimat dalam doa Sayyidul Istighfar.

Cara Membaca Doa Sayyidul Istighfar

Cara Membaca Doa Sayyidul Istighfar

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai makna dan terjemahan dari doa Sayyidul Istighfar, perlu kita ketahui cara membaca doa ini dengan benar. Berikut adalah bacaan doa Sayyidul Istighfar dalam bahasa Arab beserta tulisan latinnya:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Bacaan doa Sayyidul Istighfar latin:

Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika ma astata’tu. A’udzu bika min syarri ma shana’tu. Abu’u laka bini’matika ‘alayya wa abu’u bidzanbi faghfirli fa innahu la yaghfirudz-dzunuba illa anta.

Untuk memahami makna dari doa Sayyidul Istighfar, kita perlu mengetahui terjemahan doa ini dalam bahasa Indonesia. Berikut ini adalah terjemahan dari doa Sayyidul Istighfar:

“Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau, Engkau menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan Engkau, dan aku berjanji untuk melaksanakannya sebaik mungkin. Aku berlindung dengan Engkau dari kejahatan yang telah aku lakukan. Aku mengakui atas nikmat yang Engkau berikan kepadaku, dan aku mengakui atas dosa yang telah aku perbuat. Oleh karena itu, ampunilah aku, karena sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Makna dari Setiap Kalimat dalam Doa Sayyidul Istighfar

Makna dari Setiap Kalimat dalam Doa Sayyidul Istighfar

Untuk lebih memahami doa Sayyidul Istighfar, kita perlu mengetahui makna dari setiap kalimat dalam doa ini. Berikut adalah penjelasan mengenai makna dari setiap kalimat dalam doa Sayyidul Istighfar:

  1. “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku” (Allahumma anta rabbi): Kalimat ini mengungkapkan pengakuan kita terhadap keberadaan Allah SWT sebagai Tuhan yang menciptakan kita dan mengatur segala urusan di dunia ini.
  2. “Tidak ada Tuhan selain Engkau” (la ilaha illa anta): Kalimat ini merupakan inti dari syahadat, yang merupakan pondasi utama ajaran Islam. Kita mengakui bahwa hanya Allah SWT yang berhak disembah.
  3. “Engkau menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu” (khalaqtani wa ana ‘abduka): Kalimat ini mengingatkan kita akan hubungan antara Allah SWT dengan kita sebagai hamba-Nya. Kita diciptakan oleh Allah SWT dan memiliki kewajiban untuk taat dan tunduk kepada-Nya.
  4. “Aku akan setia pada perjanjianku dengan Engkau, dan aku berjanji untuk melaksanakannya sebaik mungkin” (wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika ma astata’tu): Kalimat ini menggambarkan tekad kita untuk menjaga perjanjian kita dengan Allah SWT dan berusaha keras untuk melaksanakan perintah-Nya.
  5. “Aku berlindung dengan Engkau dari kejahatan yang telah aku lakukan” (a’udzu bika min syarri ma shana’tu): Kita memohon perlindungan Allah SWT dari kejahatan yang telah kita lakukan, dan berharap bahwa Allah SWT akan melindungi kita dari akibat buruk yang mungkin ditimbulkan oleh perbuatan tersebut.
  6. “Aku mengakui atas nikmat yang Engkau berikan kepadaku” (abu’u laka bini’matika ‘alayya): Kalimat ini mengajarkan kita untuk selalu bersyukur dan mengakui nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita. Dengan mengakui nikmat tersebut, kita diharapkan semakin menyadari betapa besar kebaikan Allah SWT kepada kita.
  7. “Aku mengakui atas dosa yang telah aku perbuat” (wa abu’u bidzanbi): Mengakui dosa yang telah kita perbuat merupakan langkah awal untuk bertaubat dan memperbaiki diri. Dengan mengakui dosa kita, kita diharapkan dapat memahami betapa pentingnya memohon ampunan kepada Allah SWT.
  8. “Oleh karena itu, ampunilah aku, karena sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau” (faghfirli fa innahu la yaghfirudz-dzunuba illa anta): Kalimat ini merupakan permohonan ampun kepada Allah SWT. Kita meminta ampunan dari Allah SWT karena hanya Dia yang mampu mengampuni dosa-dosa yang kita lakukan. Dengan memohon ampunan, kita mengharapkan rahmat dan kasih sayang Allah SWT untuk menghapuskan dosa kita.
Baca Juga  Arti Syafakallah, Syafakillah, Syafahullah, Syafahallah & Cara Jawabnya

Baca Juga: Manfaat Membaca Doa Qunut dan Doa Sayyidul Istighfar di Pagi Hari

Keutamaan dan Manfaat Doa Sayyidul Istighfar

Keutamaan dan Manfaat Doa Sayyidul Istighfar

Doa Sayyidul Istighfar memiliki keutamaan dan manfaat yang besar bagi umat Islam. Berikut beberapa keutamaan dan manfaat dari doa Sayyidul Istighfar:

  1. Rasulullah SAW bersabda bahwa doa Sayyidul Istighfar adalah doa terbaik untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik doa istighfar adalah doa Sayyidul Istighfar.”
  2. Doa Sayyidul Istighfar membantu kita untuk menyadari dan mengakui dosa-dosa yang telah kita lakukan. Dengan menyadari dan mengakui dosa kita, kita akan lebih termotivasi untuk bertaubat dan memperbaiki diri.
  3. Doa Sayyidul Istighfar membantu kita untuk selalu bersyukur dan mengakui nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Hal ini akan membantu kita untuk lebih menghargai berbagai nikmat yang kita terima dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Mengamalkan doa Sayyidul Istighfar secara rutin akan membantu kita untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Kita akan semakin dekat dengan Allah SWT dan semakin tunduk dalam menjalankan perintah-Nya.
  5. Doa Sayyidul Istighfar juga dapat membantu kita untuk mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Kita memohon perlindungan Allah SWT dari kejahatan yang telah kita lakukan, sehingga kita diharapkan dapat terhindar dari akibat buruk yang mungkin timbul akibat perbuatan tersebut.

Akhir Kata

Doa Sayyidul Istighfar adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk memohon ampunan dari dosa-dosa yang telah kita lakukan. Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membaca, terjemahan, dan makna dari setiap kalimat dalam doa Sayyidul Istighfar. Semoga dengan memahami doa ini, kita dapat lebih khusyuk dalam melantunkannya dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga  Ini Doa Penutup Acara (Singkat) untuk Syukuran, Halal BIhalal, dll

Baca Juga: Kelebihan Doa Sayyidul Istighfar dan Ayat Kursi Setelah Sholat

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status