Home » Pendidikan » Doa Keluar Masuk Rumah Arab, Latin dan Artinya Sesuai Sunnah

Doa Keluar Masuk Rumah Arab, Latin dan Artinya Sesuai Sunnah

JAKARTA – Kita seringkali melupakan hal-hal sederhana yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika kita masuk dan keluar rumah. Berdoa saat keluar dan masuk rumah merupakan salah satu adab yang diajarkan dalam Islam dan memiliki peranan yang sangat penting. Berdoa dapat melindungi kita dari berbagai macam gangguan dan membawa keberkahan dalam kehidupan.

Dalil mengenai berdoa saat keluar dan masuk rumah bisa kita temukan dalam Al-Qur’an dan Hadits. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

فَإِذَا دَخَلْتُم بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَىٰ أَنفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِندِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً ۚ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Maka apabila kamu memasuki rumah, maka ucapkanlah salam kepada dirimu sendiri sebagai ucapan selamat dari Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang” (Q.S An-Nur: 61).

Sedangkan dalam Hadits, Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَسَلَّمَ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ (رواه مسلم)

“Apabila seseorang masuk ke rumahnya lalu ia mengucapkan salam, maka setan berkata: Tidak ada tempat tinggal bagi kita di sini” (HR. Muslim).

Mari kita simak dan praktikkan doa-doa ini agar kita selalu dalam lindungan Allah SWT di mana pun kita berada.

Doa Keluar Rumah Arab, Latin, dan Artinya

Doa Keluar Rumah Arab, Latin, dan Artinya

Doa keluar rumah merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk melindungi kita dari berbagai bahaya dan kesulitan saat berada di luar rumah. Selain itu, doa ini juga berfungsi sebagai bentuk penghormatan kepada Allah SWT yang senantiasa melindungi kita dalam setiap langkah yang kita ambil.

Baca Juga  Subhanallah Artinya Apa? Ini Lafadz, Arti dan Keutamaannya

Berikut adalah lafadz doa keluar rumah yang perlu kita hafalkan agar mudah diamalkan:

.اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

“Allohumma innii a’uudzu bika an adhilla au udholla, au adzilla au udzalla, au azhlima au uzhlama, au aj’hala au yuj’hala alayya.”

Lafadz doa keluar rumah dalam bahasa Indonesia:

“Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Doa Keluar Rumah Naik Kendaraan Darat, Laut, Udara

Doa Keluar Rumah Naik Kendaraan Darat, Laut, Udara

Sebelum kita deep dive ke pembahasan utama, mari kita kenali dulu apa itu doa keluar rumah naik kendaraan darat, laut, dan udara. Doa ini merupakan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya sebagai bentuk permohonan perlindungan dan keselamatan saat kita berpergian menggunakan berbagai jenis transportasi.

Kendaraan darat, seperti mobil atau motor; kendaraan laut, seperti kapal atau perahu; dan kendaraan udara, seperti pesawat atau helikopter, tentunya memiliki risiko yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu mengucapkan doa ini sebelum memulai perjalanan, agar kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

Baca Juga: Doa Qunut Untuk Melindungi Rumah

Doa Keluar Rumah Naik Kendaraan Darat Arab, Latin, dan Artinya

Doa ini berguna agar kita selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT ketika bepergian menggunakan kendaraan darat. Selain itu, dengan mengucapkan doa ini, kita menunjukkan rasa syukur kepada-Nya atas segala nikmat yang telah diberikan, termasuk kendaraan yang kita gunakan.

Berikut ini adalah teks doa keluar rumah naik kendaraan darat dalam bahasa Arab dan Latin:

Baca Juga  Doa Setelah Sholat Witir Arab, Latin, Arti dan Sesuai Sunnah

بِسْمِ اللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَّامُ عَلَى رَسُولِ اللهِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَرَحْمَتِكَ، فَإِنَّهُ لا يَمْلِكُهَا إِلا أَنْتَ

Bismillaahi wa sholaatu wa salaamu ‘alaa Rasuulillaah, Allaahumma innii as’aluka min fadhlika wa rohmatika, fa innahu laa yamlikuhaa illaa anta.

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah dan salawat serta salam kepada Rasulullah, ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dari keutamaan dan rahmat-Mu, karena sesungguhnya tidak ada yang menguasainya kecuali Engkau.”

Doa Keluar Rumah Naik Kendaraan Laut Arab, Latin, dan Artinya

Doa keluar rumah naik kendaraan laut merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya agar selalu mengingat Allah SWT dan memohon perlindungan serta keselamatan saat berada di tengah lautan. Seperti yang kita tahu, lautan adalah tempat yang penuh dengan tantangan dan bahaya, sehingga doa ini sangat penting bagi kita yang ingin bepergian menggunakan kapal atau speedboat.

Berikut ini adalah teks doa keluar rumah naik kendaraan laut dalam bahasa Arab dan Latin:

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Bismillahi majraha wa mursaha, inna rabbi laghafuurur-rahiim.

Artinya:

“Dengan nama Allah yang menjalankan (sebutkan nama kendaraan lautnya) dan yang menahannya, sesungguhnya Tuhanku adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Baca Juga: Ayat Kursi Bermanfaat Melindungi Keluar Rumah

Doa Keluar Rumah Naik Kendaraan Udara Arab, Latin, dan Artinya

Membaca doa sebelum naik kendaraan udara adalah hal yang sangat penting, karena kita akan memohon perlindungan dari segala bahaya yang mungkin terjadi selama perjalanan.

Sebelum kita naik kendaraan udara, baik itu pesawat atau helikopter, kita perlu membaca doa keluar rumah naik kendaraan udara. Berikut ini adalah teks doa dalam bahasa Arab dan Latin:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

Bismillaahi tawakkaltu ‘alallooh, wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaah

Artinya:

Baca Juga  Bacaan Doa Turun Hujan Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan

“Dengan menyebut nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.”

Doa Masuk Rumah Arab, Latin, dan Artinya

Doa Masuk Rumah Arab, Latin, dan Artinya

Doa Masuk Rumah adalah sebuah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW sebagai amalan ketika kita hendak memasuki rumah kita. Doa ini berguna untuk mengusir setan dan mengundang keberkahan dalam rumah kita, sehingga rumah menjadi tempat yang nyaman dan penuh dengan kebahagiaan.

Lafadz doa masuk rumah dalam bahasa Arab dam Latinnya adalah sebagai berikut:

.اللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَ خَيْرَ المَخْرَجِ, بِاسْمِ اللّٰهِ وَ لَجْنَا، بِاسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا، وَ عَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma inni as’aluka khaira al-mawlij wa khaira al-makhraj, bismillahi walajna, bismillahi kharajna, wa ‘ala Allahi Rabbina tawakkalna.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama Allah kami masuk, dengan menyebut nama Allah kami keluar, dan kepada Allah Tuhan kami kami bertawakal.”

Dengan mengamalkan doa ini, semoga kita selalu dilindungi dari segala marabahaya dan diberkahi oleh Allah SWT di dalam rumah kita. Selalu ingatlah untuk mengucapkan doa ini dengan khusyuk dan keyakinan agar kita selalu mendapat perlindungan dan keberkahan-Nya.

Akhir Kata

Kita telah membahas doa keluar-masuk rumah dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya sesuai sunnah serta pentingnya berdoa untuk perlindungan dan petunjuk dari Allah SWT.

Berdoa ketika keluar-masuk rumah adalah cara meminta perlindungan Allah SWT dan mengakui kekuasaan-Nya dalam kehidupan kita.

Mari mengamalkan doa keluar-masuk rumah sesuai sunnah agar mendapatkan keberkahan dan perlindungan Allah SWT serta menjaga keharmonisan keluarga.

Baca Juga: Dzikir Setelah Sholat Untuk Keselamatan Keluar Rumah

Faq

Mengapa doa keluar rumah sangat penting?

Selain melindungi kita dari bahaya, doa ini juga memiliki keutamaan yang luar biasa. Keutamaan doa keluar rumah antara lain:

  1. Membawa berkah dalam aktivitas kita.
  2. Melindungi kita dari godaan setan.
  3. Menjaga kita dari bahaya yang tak terduga.

Apa keutamaan doa masuk rumah?

Doa Masuk Rumah memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  1. Mengusir setan dan melindungi rumah dari gangguan mereka.
  2. Mengundang keberkahan dan menciptakan suasana yang harmonis dalam rumah.
  3. Menumbuhkan rasa syukur dan kebersamaan di antara penghuni rumah.

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status