Home » Berita » 6 Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan, KKN, Skripsi, dll

6 Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan, KKN, Skripsi, dll

Iuwashplus.or.idLaporan adalah salah tulisan yang berbentuk formal. Tujuannya adalah untuk menyampaikan suatu informasi tertentu secara terstruktur dan sistematis. Untuk bisa membuat laporan yang baik, Anda perlu mengetahui berbagai isi laporan. Salah satunya adalah contoh kata pengantar laporan kegiatan.

Dengan memahami kata pengantar tersebut, Anda akan bisa membuat laporan yang bagus dan mudah dipahami oleh siapapun yang membacanya. Nah, kami menyajikan berbagai contoh kata pengantar dalam laporan pada artikel pendidikan ini untuk membantu orang-orang, terutama pemula, dalam membuat laporan yang baik.

Berikut Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan yang Bisa Ditiru

Berikut Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan yang Bisa Ditiru

Membuat laporan tidak boleh dilakukan asal-asalan. Pasalnya, laporan merupakan dokumen yang disampaikan dalam bentuk tulisan ataupun non-tulisan untuk tujuan formal. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman terkait dengan tata cara penulisan laporan yang tepat.

Nah, salah satu hal terpenting dalam penulisan laporan tersebut adalah kata pengantar. Banyak orang yang menyepelekan hal tersebut. Padahal, kata pengantar yang bagus juga akan meningkatkan kejelasan dari laporan tersebut. Hal itu juga bisa menjadikan para pembaca lebih mudah memahami tujuan dari pembuatan laporan tersebut.

Oleh karena itu, berikut kami berikan beberapa contoh kata pengantar laporan yang mudah untuk dibuat. Jadikan semua contoh berikut ini sebagai referensi untuk membuat kata pengantar laporan lainnya yang lebih bagus lagi. Jadi, simaklah semua contoh berikut hingga akhir.

1. Contoh Kata Pengantar untuk Laporan Praktikum

KATA PENGANTAR

Kami memanjatkan syukur yang sebesar-besarnya kepada Allah, Sang Maha Pengasih dan Penyayang karena dengan kuasa-Nya itulah telah berhasil menyelesaikan laporan praktikum biologi berikut ini yang berjudul “Analisis Enzim Amilase secara Sederhana” sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan.

Kami menulis laporan praktikum ini dengan dua tujuan utama sebagai berikut.

  • Laporan ini ditulis untuk memenuhi tugas pada mata pelajaran Biologi yang diampu oleh Bapak Sarjito, S.Si.
  • Selain itu, laporan ini juga ditujukan untuk memberikan pengetahuan atau wawasan baru bagi pembaca untuk memahami fungsi atau manfaat enzim tersebut.

Di sini, kami juga ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Sarjito, S.Si selaku guru pengajar Biologi di kelas X1 B. Dengan adanya tugas ini, kami semua bisa belajar tentang enzim amilase yang ternyata sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Tak hanya itu saja, kami sebagai penulis laporan ini juga ingin mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang tak bisa kami sebutkan satu per satu. Terima kasih atas semua dukungan dan bantuan untuk kelancaran penulisan makalah ini.

Tugas ini masih belum sempurna, sehingga kami sangat ingin mendapatkan umpan balik dan saran dari pembaca demi kesempurnaan dari laporan ini dan untuk menjadikan kami bisa menulis laporan lain yang lebih bagus nantinya.

Demikian yang bisa kami sampaikan di sini. Kami selaku kelompok atau tim penulis dari laporan ini mengucapkan mohon maaf apabila ada hal dan kata yang salah dalam penulisan laporan ini. Terima kasih.

Malang, 17 Mei 2021

Segenap Tim Penulis Laporan

2. Contoh Kata Pengantar untuk Laporan PKL

KATA PENGANTAR

Segala puji dan rasa syukur kepada Allah SWT kami panjatkan karena Dia sudah memberikan segala karunia-Nya untuk membantu kami dalam kelancaran penyusunan laporan Praktik Kerja Lapang (PKL) ini tanpa halangan apapun yang terjadi.

Baca Juga  Klasifikasi Makhluk Hidup dalam Biologi, Tujuan dan Sistemnya

Kami sebagai tim penulis telah berupaya dengan maksimal untuk menyempurnakan pembuatan laporan ini. Maka dari itu, kami telah mengambil berbagai data lapang selama melakukan PKL di SDN 01 Banyu Urip untuk bisa menyajikan laporan ini demi memberikan beberapa manfaat berikut ini.

  • Membantu para pengajar untuk bisa memberikan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk anak-anak.
  • Mengintegrasikan teknologi terkini dalam proses belajar mengajar.
  • Mampu melakukan evaluasi secara tepat untuk hasil belajar anak-anak agar mereka bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik lagi dalam pembelajaran di sekolah.

Kami masih sangat membutuhkan saran dan kritik yang bersifat membangun agar laporan ini lebih bagus lagi ke depannya dan untuk bekal kami dalam menulis berbagai laporan lain nantinya.

Karena laporan ini sudah terselesaikan dengan baik, kami juga tak lupa untuk memberikan terima kasih kepada berbagai pihak yang sudah membantu untuk menyusun Laporan Praktik Kerja ini.

  • Bapak Tejo, M.Pd., selaku Kepala Sekolah SDN 01 Banyu Urip.
  • Ibu Handani, S.Si., selaku Guru BK di SDN 01 Banyu Urip.
  • Bapak Sandi, M.M., selaku Kepala Bagian Administrasi di SDN 01 Banyu Urip.
  • Bapak dan ibu guru wali kelas 1-6 SDN 01 Banyu Urip.
  • Bapak Trisno, S.Pd., selaku pembimbing lapang kami yang berasal dari pihak SDN 01 Banyu Urip.
  • Ibu Sri Rejeki, S.Si, M.Pd., selaku dosen pembimbing di Universitas Tridharma yang sudah memberikan banyak ilmu dan bimbingan selama kami membuat laporan ini.
  • Rekan-rekan se-angkatan kami di Jurusan PGSD Universitas Tridharma.

Kami sebagai tim penyusun berharap bahwa laporan ini bisa memberikan berbagai manfaat bagi para pembaca dan bisa meningkatkan kemajuan proses belajar mengajar serta prestasi para siswa di SDN 01 Banyu Urip.

Kami sungguh-sungguh meng ucapkan terima kasih untuk semua pihak yang memberikan waktu dan tenaganya untuk membantu. Semoga Allah membalas semua kebaikan tersebut dengan kebaikan berlimpah.

Semarang, 20 September 2020

Tim Penyusun

3. Contoh Kata Pengantar untuk Laporan KKN

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang karena berkat-Nya penulis bisa mendapatkan kesempatan untuk menulis laporan akhir individu KKN ini hingga selesai.

Sholawat dan salam juga penulis ucapkan untuk Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun umatnya menuju hal yang terang benderang serta menjadi penyelamat bagi umatnya.  Semoga syafaat beliau terus diberikan untuk kita semua.

Rasa bangga juga tidak henti-hentinya penulis berikan kepada diri sendiri karena sudah  berhasil menyelesaikan  Laporan Program Kerja Perseorangan untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dengan penuh kejujuran dan tanggung jawab untuk hasil KKN yang optimal dari Tim KKN Jurusan Ekonomi Universitas ABC.

Laporan ini ditulis berdasarkan dengan kegiatan program kerja perseorangan KKN di Desa Wonosari, DIY. Semua hal yang tertulis pada laporan ini berdasarkan hasil penelitian lapan, observasi, dan praktikal di lapangan.

Penulis juga menyadari bahwa semua ini tidak bisa terselesaikan dengan maksimal dan tepat waktu jika tidak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, mulai dari kepala desa dan jajaran pengurus desa, tokoh agama, warga desa, dan Dosen Pembimbing Lapangan dari Jurusan Ekonomi Universitas ABC.

Oleh karena itulah, saya selaku penulis dari laporan ini ingin menyampaikan terima kasih kepada beberapa nama berikut ini:

  • Prof. Hardi selaku rektor dari Universitas ABC.
  • LPPM Universitas ABC.
  • Dr. Roni selaku Dosen Pembimbing Lapangan.
  • Kepala Desa Wonosari beserta semua staff pengurus desa setempat.
  • Bapak Mulyoto selaku Kepala Dukuh dari Desa Wonosari.
  • Para pemuda dan pemudi pengurus kelompok remaja masjid di Desa Wonosari.
  • Seluruh warga Desa Wonosari.
  • Semua rekan Kelompok 357 KKN-97 Universitas ABC.
  • Semua mahasiswa dan mahasiswi peserta KKN angkatan 97 KKN Universitas ABC.
  • Kedua orang tua dan keluarga dari penulis yang selalu memberikan berbagai bentuk dukungan dan doa agar kegiatan KKN dan penyusunan laporan ini bisa selesai dengan baik.
Baca Juga  Wajib Dicoba! Rekomendasi Menu Mixue Paling Best Seller

Penulis sangat berharap bahwa program KKN yang telah dilaksanakan tersebut mampu memberikan manfaat untuk warga desa setempat, masyarakat umum, pihak kampus, dan semua mahasiswa Universitas ABC. Penulis juga tak luput dari kesalahan, sehingga penulis mengharapkan saran untuk perbaikan laporan KKN ini.

Yogyakarta, Juni 2023

Penulis

4. Contoh Kata Pengantar untuk Laporan Magang

KATA PENGANTAR

Kami ingin mengucapkan rasa syukur terlebih dahulu atas segala nikmat yang sudah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa sehingga kami sebagai tim penyusun laporan ini bisa menyelesaikan magang di PT Bintang Bulan dalam kurun waktu 1 bulan dan dengan hasil yang bagus.

Laporan magang ini kami buat untuk memenuhi tugas mata kuliah praktik kerja dari Fakultas Ekonomi Universitas Matahari.

Tujuan utama dari dibuatnya laporan magang ini adalah untuk melaporkan kegiatan operasional dari PT Bintang Bulan dan juga kaitannya dengan teori yang kami peroleh selama di perkuliahan, khususnya saat menempuh mata kuliah Akuntansi Bisnis.

Dalam pembuatan laporan magang ini, kami tak lepas dari arahan, bantuan, dan bimbingan berbagai pihak. Maka tim penulis juga ingin mengucapkan banyak terima kasih untuk semua pihak berikut ini yang telah memberikan bantuannya kepada kami untuk menyusun laporan magang ini.

  • Seluruh dosen dari Jurusan Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Matahari yang sudah memberikan banyak informasi terkait dengan penulisan dan pembuatan laporan magang ini.
  • Bapak Hendri selaku Direktur PT Bintang Bulan yang telah memberikan banyak ilmu praktis kepada kami.
  • Bapak Bagus selaku pembimbing dari tim penulis di PT Bintang Bulan.
  • Jajaran karyawan dari PT Bintang Bulan yang sudah menerima kami dengan tulus dan membantu dengan sepenuh hati demi kelancaran program magang kami.
  • Kedua orang tua kami yang sudah memberikan dukungan dan bantuan secara moril dan materiil agar program magang ini bisa terselesaikan dengan lancar.
  • Teman-teman dari tim penulis yang tidak bisa disebutkan semuanya. Kami sangat berterima kasih kepada kalian karena sudah memberikan dukungan yang berharga.

Semua pihak sudah memberikan banyak kebaikan untuk tim penulis dan itu tak akan bisa kami lupakan. Oleh karena itu, laporan magang ini kami dedikasikan untuk semua orang tersebut dan agar bisa digunakan sebaik-baiknya untuk menambah wawasan para akademisi dan mahasiswa.

Laporan magang ini juga masih belum sempurna, tetapi kami dari tim penulis sudah memberikan usaha yang maksimal untuk menyelesaikannya. Akhir kata, kami tim penulis mengucapkan terima kasih sekali lagi.

Salam Tim Penulis

5. Contoh Kata Pengantar untuk Laporan Skripsi

Kata Pengantar

Rasa syukur tak henti-hentinya saya haturkan kepada Tuhan yang Maha Kuasa karena-Nya saya bisa memberikan dan menyelesaikan laporan skripsi ini dalam waktu yang tepat dan dengan hasil yang bagus.

Skripsi ini diajukan sebagai syarat kelulusan untuk skripsi yang menjadi mata kuliah wajib dari Jurusan Manajemen Pendidikan di Fakultas Pendidikan, Universitas Mulia.

Laporan skripsi ini memang ditulis sendiri oleh penulis. Namun, tak dapat dipungkiri juga bahwa tanpa semua orang yang berperan penting dalam kelancaran skripsi ini, maka laporan skripsi ini tidak akan bisa terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Baca Juga  Biodata Lengkap Habib Zaidan bin Yahya, Silsilah Keluarga, dan Akun Media Sosialnya yang Masih Aktif

Oleh karena itu, saya menyampaikan ribuan rasa terima kasih untuk orang-orang berikut ini. Kalian adalah orang-orang yang tak pernah berhenti mendukung saya dalam penyusunan laporan skripsi ini.

  • Dr. Ani, M.Pd., selaku Rektor dari Universita Mulia yang sudah memberikan izin untuk melakukan penelitian skripsi dan memperlancar segala proses administrasi dalam pembuatan serta pendaftaran skripsi ini.
  • Dr. Hardana, M.Si., selaku Dekan dari Fakultas Pendidikan di Universitas Mulia yang juga sudah memperlancar proses penyusunan dan pendaftaran skripsi ini di tingkat fakultas.
  • Bapak Damiri, M.Si., selaku Dosen pembimbing saya yang sudah banyak meluangkan waktu, pikiran, dan tenaga untuk membimbing saya dalam melakukan penelitian dan penulisan laporan skripsi ini. Tanpa bantuan dari beliau, saya tidak akan bisa menyelesaikan skripsi ini.
  • Semua dosen di Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Universitas Mulia yang selama ini sudah memberikan arahan dan ilmunya selama saya menempuh empat tahun perkuliahan di sana.
  • Orang tua saya, kakak, dan adik yang sudah bersedia untuk meluangkan waktunya dalam memberikan dukungan moril kepada saya.

Saya tidak dapat mengucapkan apapun lagi selain ucapan terima kasih. Semoga semua kebaikan yang sudah kalian berikan kepada saya tersebut bisa menjadi ladang pahala dan dibalas dengan beribu kebaikan lainnya oleh Tuhan.

Skripsi ini juga masih jauh dari kesempurnaan karena keterbatasan pengalaman, pengetahuan, dan ilmu saya. Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan pembaca untuk memberikan saran agar laporan skripsi ini bisa lebih baik lagi nantinya.

Mohon maaf juga apabila saya memberikan kesalahan dalam kata atau hal apapun pada penulisan skripsi ini. Demikian yang bisa saya sampaikan di sini. Terima kasih banyak.

Palembang, Januari 2000

Penulis

6. Contoh Kata Pengantar Laporan Proposal Penelitian

Tidak ada kata yang bisa menggambarkan rasa syukur saya kepada Tuhan atas bantuan-Nya atas kelancaran laporan proposal penelitian ini. Saya sempat mendapatkan kendala dalam menyusun laporan ini, tetapi saya mampu menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu.

Penelitian yang berjudul “Uji Coba Teknik Hidroponik di Desa Agung” ini tak luput dari berbagai pihak yang membantu. Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing dan para warga Desa Sukajadi atas keterlibatan dalam penelitian ini.

Selain itu juga memberikan ucapan terima kasih kepada orang tua, keluarga, dan semua teman kampus saya. Kalian sudah memberikan doa dan semangat agar saya bisa menyelesaikan penelitian dan proposal ini dengan baik.

Saya juga sadar bahwa proposal ini belum lepas dari berbagai kekurangan di dalamnya. Oleh karena itu, saya berharap pembaca laporan ini bisa memberikan saran agar tulisan yang saya buat bisa lebih bagus ke depannya.

Meskipun begitu, saya juga berharap agar laporan ini memberikan manfaat untuk para pembaca. Demikian ucapan dari saya selaku penulis laporan.

Selamat membaca laporan ini dan semoga bisa dimanfaatkan dengan baik.

Penulis

Penutup

Contoh kata pengantar laporan kegiatan tersebut bisa menjadi referensi terbaik untuk menulis laporan berbagai kegiatan. Pastikan juga bahwa penulisan yang dilakukan sudah sesuai dengan tata bahasa yang benar.

Lakukan juga preview dan editing sebelum memberikan laporan itu ke pembaca untuk mengetahui apakah kalimat yang tertulis pada kata pengantar tersebut mudah dipahami atau tidak.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status