Home » Berita » Contoh Surat Lamaran Kerja: Struktur, Format & Tips (DOCX)

Contoh Surat Lamaran Kerja: Struktur, Format & Tips (DOCX)

Iuwashplus.or.idSurat lamaran kerja merupakan dokumen penting yang menunjukkan minat dan kualifikasi kamu dalam melamar posisi pekerjaan yang diinginkan. Surat ini menjadi kesempatan pertama kamu untuk menarik perhatian pihak perusahaan atau HRD (Human Resources Department) dan memberikan gambaran mengapa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menyusun surat lamaran kerja dengan format yang baik, struktur yang jelas, dan informasi yang relevan serta menarik.

Setelah memahami pengenalan mengenai surat lamaran kerja, kamu dapat melanjutkan untuk menyusun surat lamaran kerja sesuai dengan format yang telah dijelaskan sebelumnya. Pastikan untuk menyesuaikan isi surat lamaran dengan kebutuhan perusahaan dan posisi yang kamu lamar agar lebih efektif dalam menyampaikan pesan serta meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan panggilan wawancara.

Dalam menulis surat lamaran agar bisa mendapatkan posisi impian, kita perlu sangat teliti dan detail. Kesalahan sekecil apapun dapat membuat rekruter mempertimbangkan kandidat lain daripada kamu. Oleh karena itu, sebagai pencari kerja, kamu harus memahami struktur, format serta tips yang tepat ketika hendak bikin surat lamaran kerja.

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Format Surat Lamaran Pekerjaan

Struktur surat lamaran pekerjaan adalah susunan elemen-elemen penting yang perlu disertakan dalam surat lamaran agar surat tersebut informatif, efektif, dan profesional. Struktur ini mencakup beberapa bagian utama, seperti kop surat, informasi kontak, salam pembuka, paragraf pendahuluan, paragraf isi, paragraf penutup, dan tanda tangan.

Struktur surat lamaran pekerjaan umumnya terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

1. Kop Surat

Pada bagian atas surat, tuliskan informasi kontak kamu, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Selanjutnya, tulis tanggal pengiriman surat, diikuti oleh informasi kontak penerima (rekruter atau perusahaan), seperti nama perusahaan, alamat, dan kontak person (jika ada).

2. Informasi kontak

Bagian ini mencakup informasi kontak kamu, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email, serta informasi kontak penerima surat (jika diketahui), seperti nama perusahaan, nama HRD, dan alamat perusahaan.

3. Salam Pembuka

Gunakan salam yang sopan dan profesional untuk menyapa penerima surat. Jika kamu mengetahui nama kontak person, gunakan “Yth. Bapak/Ibu [Nama]” sebagai salam pembuka. Jika nama kontak person tidak diketahui, kamu dapat menggunakan “Yth. HRD [Nama Perusahaan]” atau “Yth. Tim Rekrutmen [Nama Perusahaan]”.

4. Paragraf Pendahuluan

Di paragraf ini, sampaikan tujuan kamu mengirimkan surat lamaran, posisi yang kamu lamar, serta sumber informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut (misalnya dari website, iklan, atau referensi).

5. Paragraf Isi

Dalam satu atau dua paragraf, jelaskan mengapa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Sampaikan pengalaman, keterampilan, dan pencapaian yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jelaskan bagaimana background kamu akan membantu kamu sukses dalam posisi tersebut dan memberi nilai tambah bagi perusahaan.

6. Paragraf Penutup

Pada bagian ini, sampaikan terima kasih atas perhatian penerima surat dan ajak mereka untuk menghubungi kamu untuk diskusi lebih lanjut mengenai kesesuaian kamu dengan posisi yang dilamar. Jangan lupa untuk menyertakan informasi kontak, seperti nomor telepon dan alamat email, sebagai cara mudah untuk menghubungi kamu.

7. Tanda Tangan

Akhiri surat lamaran dengan kata penutup yang sopan, seperti “Hormat Saya” atau “Salam Hormat,” diikuti oleh tanda tangan dan nama lengkap kamu.

Format Surat Lamaran Pekerjaan

Format surat lamaran kerja adalah tata cara penyusunan surat yang bertujuan untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan atau organisasi. Format ini mencakup elemen-elemen penting yang harus ada dalam surat lamaran, seperti informasi kontak, salam pembuka, paragraf pendahuluan, paragraf isi, paragraf penutup, dan tanda tangan. Dalam menyusun surat lamaran kerja, penting untuk memastikan bahwa format yang digunakan telah sesuai dengan standar yang berlaku dan mencerminkan profesionalitas kamu sebagai calon karyawan.

Memahami format surat lamaran kerja yang baik akan membantu kamu untuk menyampaikan informasi tentang diri kamu, keahlian, dan kualifikasi dengan jelas dan efektif. Hal ini akan memberikan kesan yang baik pada pihak penerima surat dan meningkatkan peluang kamu untuk dipertimbangkan dalam proses seleksi pekerjaan. Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti format yang telah dijelaskan sebelumnya dan menyesuaikan isi surat lamaran dengan kebutuhan perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

Baca Juga  3 Cara Mencari Grup di Telegram dan Channel di HP atau PC

Format surat lamaran kerja meliputi:

Kop Surat
Nama Lengkap
Alamat Lengkap
Kota, Kode Pos
Nomor Telepon
Alamat Email

Tanggal

Nama Perusahaan
Alamat Perusahaan
Kota, Kode Pos

Salam Pembuka
Yth. Bapak/Ibu [Nama kontak person, jika diketahui]
atau
Yth. HRD [Nama Perusahaan]
atau
Yth. Tim Rekrutmen [Nama Perusahaan]

Paragraf Pendahuluan: Dalam paragraf ini, sampaikan tujuan kamu mengirimkan surat lamaran, posisi yang kamu lamar, serta sumber informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut (misalnya dari website, iklan, atau referensi).

Contoh: Saya menulis untuk melamar posisi [Nama Posisi] yang saya temukan di [Sumber Informasi]. Sebagai lulusan [Jurusan] dari [Universitas] dengan pengalaman [Jenis Pengalaman], saya percaya bahwa saya memiliki kualifikasi yang sesuai untuk posisi ini.

Paragraf Isi: Dalam satu atau dua paragraf, jelaskan mengapa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Sampaikan pengalaman, keterampilan, dan pencapaian yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jelaskan bagaimana background kamu akan membantu kamu sukses dalam posisi tersebut dan memberi nilai tambah bagi perusahaan.

Contoh: Sepanjang karir saya, saya telah menunjukkan kemampuan untuk [Sebutkan Kemampuan atau Keterampilan Spesifik]. Di posisi sebelumnya sebagai [Nama Posisi Sebelumnya] di [Nama Perusahaan Sebelumnya], saya berhasil [Sebutkan Pencapaian atau Proyek Penting]. Saya yakin bahwa pengalaman ini akan membantu saya untuk memberikan kontribusi yang signifikan pada [Nama Perusahaan] sebagai [Nama Posisi yang Dilamar].

Paragraf Penutup: Pada bagian ini, sampaikan terima kasih atas perhatian penerima surat dan ajak mereka untuk menghubungi kamu untuk diskusi lebih lanjut mengenai kesesuaian kamu dengan posisi yang dilamar. Jangan lupa untuk menyertakan informasi kontak, seperti nomor telepon dan alamat email, sebagai cara mudah untuk menghubungi kamu.

Contoh: Terima kasih atas pertimbangan dan perhatian Anda. Saya dengan senang hati akan membahas lebih lanjut mengenai kesesuaian saya untuk posisi ini. Silakan hubungi saya melalui telepon di [Nomor Telepon] atau melalui email di [Alamat Email] untuk mengatur wawancara. Saya menantikan kesempatan untuk berbicara dengan Anda.

Tanda Tangan
Hormat Saya,
atau
Salam Hormat,

[Tanda Tangan]

[Nama Lengkap]

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

[Informasi Kontak Kamu] Nama: Alamat: No. Telepon: Email:

[Informasi Kontak Perusahaan] Nama Perusahaan: Alamat Perusahaan:

[Tanggal]

Yth. Bapak/Ibu HRD [Nama Perusahaan],

Dengan hormat,

Saya, [Nama Lengkap Kamu], tertarik untuk melamar posisi [Nama Posisi] yang baru saja saya temukan melalui [Sumber Informasi Lowongan, misalnya: situs web perusahaan, job portal, atau rekomendasi teman]. Sebagai lulusan [Jurusan] dari [Nama Universitas], saya percaya bahwa saya memiliki kualifikasi dan pengalaman yang relevan untuk menjadi kandidat yang ideal dalam posisi ini.

Selama masa studi, saya telah mengembangkan kemampuan [Sebutkan skill terkait, seperti: analisis data, komunikasi, atau manajemen proyek] melalui berbagai proyek dan kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu prestasi yang saya banggakan adalah [Sebutkan prestasi atau penghargaan, seperti: meraih juara dalam kompetisi atau menjadi ketua organisasi].

Sebagai seorang yang proaktif, inovatif, dan berdedikasi, saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi [Nama Perusahaan] dan membantu mencapai visi dan misi perusahaan. Saya siap untuk meningkatkan skill dan pengetahuan dalam bidang [Bidang Pekerjaan] dan berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang bersama perusahaan.

Saya lampirkan curriculum vitae (CV) saya sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut. Saya sangat berharap bisa diberikan kesempatan untuk menjelaskan lebih detail mengenai potensi dan kemampuan saya dalam wawancara.

Terima kasih atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu. Saya menantikan kesempatan untuk bergabung dan tumbuh bersama [Nama Perusahaan].

Hormat saya,

[Tanda Tangan] [Nama Lengkap Kamu]

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

[Your Contact Information]
Name: Address:
No. Telephone:
E-mail:

[Company Contact Information]
Company name:
Company’s address:

[Date]

Dear [HRD Manager’s Name],

I am writing to apply for the [Job Position] at [Company Name], which I recently discovered through [Source of Job Vacancy, e.g., company website, job portal, or friend’s recommendation]. As a graduate of [Major] from [University Name], I believe I possess the necessary qualifications and experience to be an ideal candidate for this position.

During my academic career, I developed skills in [Mention relevant skills, such as: data analysis, communication, or project management] through various projects and extracurricular activities. One of my proudest achievements is [Mention achievement or award, such as: winning a competition or being the head of an organization].

As a proactive, innovative, and dedicated individual, I am confident that I can make a significant contribution to [Company Name] and help achieve the company’s vision and mission. I am ready to enhance my skills and knowledge in the field of [Job Field] and committed to continuous learning and growing alongside the company.

Baca Juga  12 Cara Mengunci WA Pakai Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

I have attached my curriculum vitae (CV) for your further consideration. I sincerely hope to be given the opportunity to elaborate on my potential and capabilities in an interview.

Thank you for your attention and consideration. I look forward to the possibility of joining and growing with [Company Name].

Sincerely,

[Signature]
[Your full name]

Contoh Surat Lamaran Kerja Pt

[Informasi Kontak Kamu] Nama: Alamat: No. Telepon: Email:

[Informasi Kontak PT] Nama PT: Alamat PT:

[Tanggal]

Yth. Bapak/Ibu HRD [Nama PT],

Dengan hormat,

Saya, [Nama Lengkap Kamu], ingin mengajukan diri sebagai kandidat untuk posisi [Nama Posisi] yang tersedia di PT [Nama PT]. Informasi mengenai lowongan ini saya peroleh melalui [Sumber Informasi Lowongan, misalnya: situs web perusahaan, job portal, atau rekomendasi teman]. Sebagai lulusan [Jurusan] dari [Nama Universitas], saya yakin bahwa saya memiliki kualifikasi dan pengalaman yang relevan untuk menjadi kandidat yang ideal dalam posisi ini.

Selama masa studi dan pengalaman kerja sebelumnya, saya telah mengembangkan kemampuan [Sebutkan skill terkait, seperti: analisis data, komunikasi, atau manajemen proyek] melalui berbagai proyek dan kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu prestasi yang saya banggakan adalah [Sebutkan prestasi atau penghargaan, seperti: meraih juara dalam kompetisi atau menjadi ketua organisasi].

Sebagai seorang yang proaktif, inovatif, dan berdedikasi, saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi PT [Nama PT] dan membantu mencapai visi dan misi perusahaan. Saya siap untuk meningkatkan skill dan pengetahuan dalam bidang [Bidang Pekerjaan] dan berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang bersama perusahaan.

Saya lampirkan curriculum vitae (CV) saya sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut. Saya sangat berharap bisa diberikan kesempatan untuk menjelaskan lebih detail mengenai potensi dan kemampuan saya dalam wawancara.

Terima kasih atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu. Saya menantikan kesempatan untuk bergabung dan tumbuh bersama PT [Nama PT].

Hormat saya,

[Tanda Tangan] [Nama Lengkap Kamu]

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Fresh Graduate

Jakarta, 10 Maret 2022
Kepada Yth
Bapak/Ibu Pimpinan (tulis nama perusahaan)

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapat melalui Facebook pada tanggal 9 Maret 2022 lalu, melalui surat ini saya bermaksud untuk melamar sebagai Content Creator di perusahaan Bapak/Ibu.

Berikut adalah biodata pribadi saya:

Nama: xxxx
Alamat: xxxx
Pendidikan terakhir: xxxx
Telepon: xxxx
Email: xxxx

Saya memiliki kemampuan dalam hal editing video, menyukai belajar hal-hal baru, mampu beradaptasi dengan cepat dan siap untuk menyelesaikan setiap tugas dengan sebaik mungkin. Sebagai pertimbangan saya juga melampirkan beberapa dokumen yakni CV dan Ijazah dalam bentuk softcopy di bawah ini.

Terima kasih untuk waktu luang yang Bapak/Ibu berikan dan besar harapan saya agar bisa lolos untuk tahap selanjutnya.

Salam hormat

(Tanda Tangan)

(Nama Anda)

Download Dalam Bentuk File Docx Disini

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk yang Berpengalaman

Jakarta, 10 Maret 2022
Kepada Yth
Bapak/Ibu Pimpinan (tulis nama perusahaan)
Jln. xxxxx

Dengan hormat

Sehubungan dengan lowongan pekerjaan yang dibagikan melalui website XXXX saya bermaksud untuk melamar dan bergabung dalam perusahaan Bapak/Ibu sebagai Content Writer.

Adapun untuk data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama: xxxx
Tempat/tanggal lahir: xxxx
Alamat: xxxx
Nomor telepon: xxxx
Email: xxxx

Saya telah berpengalaman selama 3 tahun dalam menulis berbagai jenis artikel dan menguasai berbagai topik. Selain itu, saya juga mampu mengerjakan sesuai dengan deadline yang ditentukan. Sebagai pertimbangan saya telah melampirkan CV, softcopy ijazah, serta portofolio yang Bapak/Ibu butuhkan.

Atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih serta besar harapan saya agar dapat lolos ke tahap selanjutnya.

Salam hormat

(Tanda tangan)

(Nama Anda)

Download Dalam Bentuk File Docx Disini

Contoh Surat Lamaran Untuk Bekerja di Bank

Jakarta, 10 Maret 2022
Kepada Yth
Manager HRD Bank XXXX
Jln. XXXXX

Dengan hormat

Berdasarkan pada informasi yang saya dapat melalui situs resmi Bank XXXX saya bermaksud untuk melamar sebagai (sebut posisi yang Anda tuju).

Berikut adalah data pribadi saya:

Nama lengkap:
Tempat/tanggal lahir:
Alamat:
Pendidikan terakhir:
Nomor telepon:
Email:

Bersamaan dengan ini saya juga telah melampirkan sejumlah dokumen yakni:

  • Curriculum Vitae
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi ijazah
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi SKCK
  • Pas foto 4×6
  • Portofolio
  • Surat pengalaman kerja

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan besar harapan saya agar bisa bergabung dengan Bank XXXX dan lolos ke tahap berikutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Salam hangat

(Tanda tangan)

Download Dalam Bentuk File Docx Disini

Tips Sebelum Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

Tips Sebelum Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

Ketika hendak menulis surat untuk melamar sebuah pekerjaan, wajib untuk memperhatikan beberapa tips di mana nantinya akan membantu dan memperbesar peluang agar dilirik oleh rekruiter. Apa saja tips yang sekiranya berguna ini?

  1. Pastikan terhindar dari typo. Typo atau salah dalam penulisan dapat berakhir fatal, sehingga Anda harus menulis dengan cermat. Apabila menulis dengan tangan, maka persiapkan dulu apa yang akan ditulis pada kertas lain baru menulisnya kembali di kertas yang akan dikirimkan untuk melamar pekerjaan tersebut.
  2. Baca ulang setiap kata dengan baik dan pastikan sudah benar-benar yakin tidak ada kesalahan apapun. Baik dalam penulisan, penyebutan nama perusahaan dan lain sebagainya.
  3. Gunakan bahasa baku singkat, padat dan jelas. Anda harus langsung mengutarakan maksud dan tujuan dengan benar, jangan sampai kalimatnya justru terlihat sangat bertele-tele dan panjang sehingga membuat rekruiter tidak paham dengan apa yang telah ditulis.
  4. Lampirkan syarat-syarat atau dokumen yang dibutuhkan. Periksa kembali perihal isi dokumen seperti CV, portofolio, transkrip nilai dan lain sebagainya. Jangan sampai ada kesalahan mengirim dokumen yang akan membuat malu diri sendiri.
  5. Tulis kemampuan Anda dan tentu saja harus berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Anda tidak bisa menulis kemampuan pintar memasak untuk melamar di posisi staf marketing karena itu tidak ada hubungannya sama sekali.
  6. Menulis di kertas harus pastikan tidak ada coretan atau bekas tipe-x yang cukup mengganggu kerapian. Sebab, ini bisa juga menjadi nilai plus agar kita diterima untuk posisi yang dimaksud. Tips ini hanya berlaku jika menulis di kertas, karena beberapa perusahaan ada yang lebih suka jika para pelamar mengirimkan surat lamaran menggunakan email saja.
Baca Juga  Script HTML Bucin Sinkronin Romantis, Lucu, Sedih, Dan Galau

Nah, jadi itulah sekilas informasi tentang contoh surat lamaran kerja hingga tips-tipsnya yang bisa langsung diterapkan. Semoga bermanfaat!

Faq

Apa hal yang diperlukan dalam sebuah surat lamaran pekerjaan?

Dalam sebuah surat lamaran pekerjaan, kamu perlu mencantumkan informasi kontak diri dan perusahaan, tanggal pengiriman, salam pembuka, serta paragraf pengantar yang menjelaskan alasan melamar posisi tersebut. Kemudian, sampaikan kualifikasi pendidikan, pengalaman kerja, dan skill yang relevan. Pada bagian kesimpulan, ungkapkan minat kuat untuk bergabung dengan perusahaan dan kontribusi yang bisa diberikan, serta lampiran dokumen pendukung jika ada. Akhiri dengan ucapan terima kasih, harapan untuk wawancara, dan tanda tangan di atas nama lengkap. Dengan demikian, surat lamaran pekerjaanmu akan terlihat profesional dan informatif.

Apa saja sistematika surat lamaran pekerjaan?

Sistematika surat lamaran pekerjaan umumnya meliputi beberapa bagian berikut ini:

  1. Informasi kontak: Berisi data diri pengirim, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email, serta informasi perusahaan penerima, seperti nama perusahaan, alamat, dan kontak person jika ada.
  2. Tanggal pengiriman: Tanggal ketika surat lamaran dikirimkan kepada perusahaan.
  3. Salam pembuka: Sapaan yang sopan dan formal untuk memulai surat lamaran, misalnya “Yth. Bapak/Ibu HRD [nama perusahaan]”.
  4. Paragraf pengantar: Berisi penjelasan mengenai alasan melamar posisi tersebut, sumber informasi lowongan, dan ringkasan singkat mengenai diri kamu.
  5. Paragraf kualifikasi: Menyampaikan pendidikan, pengalaman kerja, dan skill yang relevan untuk posisi yang dilamar.
  6. Paragraf penutup: Mengungkapkan minat kuat untuk bergabung dengan perusahaan, kesediaan untuk wawancara, serta kontribusi yang dapat diberikan jika diterima bekerja.
  7. Lampiran (jika ada): Menyebutkan dokumen pendukung yang dilampirkan, seperti CV, portofolio, atau sertifikat.
  8. Ucapan terima kasih: Mengakhiri surat lamaran dengan ucapan terima kasih dan harapan untuk mendapatkan kesempatan wawancara.
  9. Tanda tangan: Tanda tangan di atas nama lengkap sebagai penutup surat lamaran pekerjaan.

Dengan sistematika yang jelas dan rapi, surat lamaran pekerjaanmu akan lebih mudah dipahami dan meninggalkan kesan positif pada penerima.

Apa fungsi surat lamaran pekerjaan?

Fungsi surat lamaran pekerjaan adalah untuk menyampaikan minat dan niat kamu dalam melamar posisi tertentu di suatu perusahaan. Surat ini memberikan kesempatan bagi kamu untuk memperkenalkan diri, menjelaskan kualifikasi yang relevan, serta menggambarkan bagaimana skill dan pengalaman kamu cocok untuk posisi yang dituju. Surat lamaran juga berfungsi sebagai langkah awal dalam proses seleksi calon karyawan, di mana pihak perusahaan akan menilai apakah kamu layak untuk dipanggil wawancara atau tidak. Dengan demikian, surat lamaran pekerjaan menjadi elemen penting dalam meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Mengapa surat lamaran pekerjaan sangat penting untuk melamar pekerjaan?

Surat lamaran pekerjaan sangat penting untuk melamar pekerjaan karena ia berfungsi sebagai ‘jembatan’ antara kamu dan perusahaan yang kamu inginkan. Surat ini memungkinkan kamu untuk menunjukkan minat, kualifikasi, serta skill yang kamu miliki dan relevan dengan posisi yang kamu lamar. Selain itu, surat lamaran juga menciptakan kesan pertama yang baik bagi pihak perusahaan terhadap diri kamu, yang akan mempengaruhi langkah selanjutnya dalam proses rekrutmen.

Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, penting bagi kamu untuk menonjol dari para kandidat lainnya. Surat lamaran yang baik dan efektif akan membantu kamu untuk menarik perhatian perekrut dan meyakinkan mereka bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk dipertimbangkan lebih lanjut. Oleh karena itu, penulisan surat lamaran pekerjaan yang menarik dan profesional menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam mencari pekerjaan yang diinginkan.

BACA JUGA:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status