Home » Berita » Cara Serta Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Tulis Tangan

Cara Serta Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Tulis Tangan

JAKARTA – Daftar Riwayat Hidup, yang dikenal juga sebagai Curriculum Vitae atau CV, merupakan salah satu dokumen esensial ketika kita ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Terkadang, ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan calon pelamar untuk membuat CV dengan tulisan tangan.

Bagi kamu yang merasa kebingungan dalam menyusun CV tulis tangan, di bawah ini kita akan mengulas secara lengkap cara menulisnya beserta contoh yang dapat dijadikan referensi.

Apa saja yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup?

Sekilas Tentang Daftar Riwayat Hidup (CV)

Curriculum Vitae (CV), atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Daftar Riwayat Hidup, merupakan dokumen penting yang berisikan informasi mengenai riwayat pendidikan, pengalaman kerja, kegiatan, dan pencapaian individu. CV biasa digunakan sebagai alat promosi diri ketika melamar pekerjaan atau mendaftar untuk studi lanjutan.

Berikut ini beberapa elemen penting yang perlu dicantumkan dalam Daftar Riwayat Hidup (CV):

  1. Informasi pribadi: Sertakan informasi dasar tentang diri kamu, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan informasi ini mudah dibaca dan jelas.
  2. Objektif karir: Jelaskan secara singkat tentang tujuan karir kamu dan posisi yang kamu inginkan. Hal ini akan membantu perusahaan memahami keinginan dan ekspektasi kamu.
  3. Pendidikan: Daftarkan riwayat pendidikan formal yang telah kamu jalani, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Sertakan juga tahun masuk dan lulus serta nama lembaga pendidikan.
  4. Pengalaman kerja: Sebutkan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jelaskan tanggung jawab dan pencapaian yang telah kamu capai selama bekerja di perusahaan tersebut.
  5. Keterampilan: Tuliskan skill-set yang kamu miliki, seperti kemampuan berbahasa asing, komputer, atau keterampilan interpersonal. Ini akan membantu perusahaan menilai kecocokan kamu dengan posisi yang ditawarkan.
  6. Prestasi dan penghargaan: Jika kamu memiliki prestasi atau penghargaan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, sertakan dalam CV. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang berprestasi dan memiliki nilai tambah.
  7. Kegiatan dan organisasi: Cantumkan pengalaman dalam kegiatan ekstrakurikuler atau organisasi yang pernah kamu ikuti. Ini akan menunjukkan bahwa kamu adalah individu yang aktif dan memiliki kemampuan untuk bekerja dalam tim.
  8. Referensi: Jika diperlukan, sertakan nama dan kontak orang yang dapat memberikan rekomendasi mengenai kinerja dan karakter kamu.
  9. Penutup: Akhiri CV dengan mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, serta harapan untuk dapat berkontribusi dalam perusahaan yang kamu lamar.

Jangan lupa untuk mengecek kembali CV yang telah kamu susun. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan atau informasi yang tidak akurat. CV yang rapi dan informatif akan meningkatkan peluang kamu untuk dipanggil ke tahap wawancara oleh perusahaan.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Membuat Daftar Riwayat Hidup (CV) tulis tangan memang terkesan old-school, namun masih diperlukan oleh beberapa perusahaan atau program studi tertentu. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyusun CV menggunakan tulis tangan:

  1. Persiapan: Siapkan kertas berukuran A4 yang berkualitas dan alat tulis seperti pulpen atau pena yang nyaman digunakan. Pilih tinta yang gelap dan jelas untuk memastikan tulisan mudah dibaca.
  2. Tata letak: Buat sketsa ringan atau garis bantu untuk memandu penulisan informasi, seperti kolom dan baris. Ini akan membantu dalam menciptakan tampilan yang rapi dan terstruktur.
  3. Informasi pribadi: Tuliskan informasi dasar tentang diri kamu, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan informasi ini mudah terbaca dan jelas.
  4. Objektif karir: Jelaskan secara singkat mengenai career goal kamu dan posisi yang kamu inginkan. Hal ini akan membantu perusahaan memahami keinginan dan ekspektasi kamu.
  5. Pendidikan: Sebutkan riwayat pendidikan formal yang telah kamu jalani, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Sertakan juga tahun masuk dan lulus serta nama institusi pendidikan.
  6. Pengalaman kerja: Cantumkan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jelaskan tanggung jawab dan pencapaian yang telah kamu capai selama bekerja di perusahaan tersebut.
  7. Keterampilan: Tuliskan skill-set yang kamu miliki, seperti kemampuan berbahasa asing, komputer, atau keterampilan interpersonal. Ini akan membantu perusahaan menilai kecocokan kamu dengan posisi yang ditawarkan.
  8. Prestasi dan penghargaan: Jika kamu memiliki prestasi atau penghargaan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, sertakan dalam CV. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang berprestasi dan memiliki nilai tambah.
  9. Kegiatan dan organisasi: Cantumkan pengalaman dalam kegiatan ekstrakurikuler atau organisasi yang pernah kamu ikuti. Ini akan menunjukkan bahwa kamu adalah individu yang aktif dan memiliki kemampuan untuk bekerja dalam tim.
  10. Referensi: Jika diperlukan, sertakan nama dan kontak orang yang dapat memberikan rekomendasi mengenai kinerja dan karakter kamu.
  11. Penutup: Akhiri CV dengan mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, serta harapan untuk dapat berkontribusi dalam perusahaan yang kamu lamar.
  12. Penyempurnaan: Setelah selesai menulis CV, bacalah kembali secara menyeluruh untuk memeriksa kesalahan ejaan, tata bahasa, atau informasi yang mungkin terlewatkan. Jangan ragu untuk meminta saran dari teman atau keluarga yang memiliki pengalaman dalam menulis CV.
  13. Penampilan: Meskipun CV ditulis dengan tangan, tampilan tetap harus profesional dan rapi. Pertimbangkan untuk menggunakan kertas berwarna putih atau krem dengan ketebalan yang cukup agar tulisan tidak tembus. Jangan lupa untuk menambahkan tanda tangan di bagian bawah CV sebagai bentuk validasi informasi yang kamu tuliskan.
  14. Kelengkapan dokumen: Jika perusahaan meminta dokumen pendukung lainnya seperti fotokopi ijazah, sertifikat, atau foto, pastikan kamu menyertakannya bersama CV yang telah kamu tulis tangan. Jangan lupa untuk mengecek persyaratan yang diminta oleh perusahaan atau institusi yang kamu lamar.
Baca Juga  Tingkatkan Keamanan Smartphone Anda dari Ancaman Hacker dengan 4 Cara Mudah Ini!

Terakhir, pastikan untuk mengecek kembali CV yang telah kamu tulis. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan atau informasi yang tidak akurat. CV yang rapi dan informatif akan meningkatkan peluang kamu untuk dipanggil ke tahap wawancara oleh perusahaan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan mampu menyusun Daftar Riwayat Hidup (CV) tulis tangan yang menarik dan efektif. Ingatlah bahwa kesabaran dan ketelitian dalam menulis CV tulis tangan akan mencerminkan dedikasi dan keseriusan kamu dalam melamar pekerjaan atau program studi.

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Tulis Tangan

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV)

Contoh daftar riwayat hidup yang akan dibagikan dibawah ini bisa dijadikan sebagai acuan saat kalian akan membuat CV. Pastikan informasi yang kalian berikan sesuai dengan kebutuhan dan posisi yang akan kalian lamar. Selain itu, pastikan juga untuk mengecek ejaan dan tata bahasa yang benar agar CV kalian terlihat profesional dan terpercaya.

Berikut ini adalah contoh daftar riwayat hidup yang bisa menjadi acuan untuk pembuatan CV kalian sendiri :

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Tulis Tangan 1:

Data Pribadi

Nama Lengkap : Jane Doe
Alamat : Jl. Gajah Mada No. 123, Jakarta Pusat
Nomor Telepon : 0812-345-678
Email : [email protected]

Pendidikan

  • Sarjana Sains Komputer, Universitas Indonesia, 2015-2019
  • SMA Negeri 1 Jakarta, 2012-2015
  • SMP Negeri 1 Jakarta, 2009-2012
  • SD Negeri 1 Jakarta, 2003-2009

Pengalaman Kerja

  • Junior Software Engineer, PT XYZ, Jakarta, 2019-sekarang
  • Bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi
  • Memastikan keamanan dan keandalan sistem
  • Menyediakan solusi atas masalah yang muncul pada sistem
  • Magang, PT ABC, Jakarta, 2018
  • Membantu tim dalam pengembangan aplikasi mobile
  • Mempelajari proses pengembangan aplikasi yang benar

Keahlian

  • Bahasa Pemrograman : Java, Python, C++
  • Basis Data : MySQL, Oracle
  • Framework : Spring, Django
  • Sistem Operasi : Windows, Linux
  • Bahasa Inggris : Lancar
Baca Juga  Download Lagu Mp3 Mudah, Cepat, Gratis Tanpa Ribet Terbaru

Prestasi

  • Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional, 2017
  • Mendapat Beasiswa Prestasi dari Universitas Indonesia, 2016-2019
  • Menjadi Koordinator Lomba Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kota, 2014

Hobi

  • Bermain basket
  • Menonton film
  • Bermain game online

Referensi

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Tulis Tangan 2:

I. Informasi Pribadi Nama Lengkap: Budi Prasetyo Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 3 Maret 1996 Alamat: Jl. Kebon Jeruk Raya No.32, Jakarta Barat Telepon: 0812-3456-7890 Email: [email protected]

II. Objektif Karir Mencari posisi sebagai Marketing Executive di perusahaan yang dinamis dan inovatif, di mana saya dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan saya dalam bidang marketing untuk mencapai target penjualan dan pertumbuhan bisnis.

III. Pendidikan

  • SMA Negeri 1 Jakarta, Jurusan IPA, 2011-2014
  • S1 Manajemen, Universitas Indonesia, 2014-2018

IV. Pengalaman Kerja

  • Marketing Intern, PT XYZ, Jakarta (Juni – Agustus 2017): Membantu tim marketing dalam merencanakan strategi promosi, mengelola media sosial, dan melaksanakan event promosi.
  • Marketing Executive, PT ABC, Jakarta (Januari 2019 – Sekarang): Mengelola kampanye pemasaran, meningkatkan brand awareness, dan mencapai target penjualan yang ditetapkan.

V. Keterampilan

  • Kemampuan berkomunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris
  • Berpengalaman dalam penggunaan Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint)
  • Keterampilan interpersonal dan kemampuan bekerja dalam tim
  • Kemampuan analisis dan pengambilan keputusan yang tajam

VI. Prestasi dan Penghargaan

  • Juara 1 Lomba Debat Nasional, 2016
  • Beasiswa Prestasi, Universitas Indonesia, 2015-2018

VII. Kegiatan dan Organisasi

  • Anggota aktif Himpunan Mahasiswa Manajemen, Universitas Indonesia (2015-2018)
  • Ketua Panitia Seminar Nasional Manajemen, Universitas Indonesia (2017)

VIII. Referensi Drs. Iwan Setiawan, MBA – Dosen Pembimbing, Universitas Indonesia Telepon: 021-1234-5678 Email: [email protected]

Penutup

Sangat penting untuk kalian ingat bahwa daftar riwayat hidup (CV) harus disesuaikan dengan pekerjaan atau studi yang kalian lamar. Pastikan juga informasi yang kalian cantumkan relevan dengan kebutuhan dari pekerjaan atau studi yang akan dilamar. Selain itu, pastikan CV yang sudah kalian susun dengan baik dan mudah dibaca. Dengan membuat CV yang baik dan relevan, peluang untuk mendapatkan pekerjaan atau studi yang diinginkan akan semakin besar.

Demikian contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) yang dapat dijadikan acuan dalam pembuatan CV kalian sendiri. Ingatlah untuk menyesuaikan informasi yang dicantumkan dengan kebutuhan dan posisi yang kalian lamar. Selamat berkreasi dan semoga sukses!

Faq

Apa yang dimaksud dengan daftar riwayat hidup?

Daftar Riwayat Hidup, yang sering disingkat menjadi CV (Curriculum Vitae), merupakan sebuah dokumen yang mencakup informasi mengenai background pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, prestasi, dan kegiatan seseorang. CV biasanya digunakan sebagai alat untuk melamar pekerjaan atau mengajukan diri untuk program studi lanjutan.

Baca Juga  7 Cara Cek Paket Telkomsel Mudah, Cepat dan Praktis

Tujuan utama dari CV adalah untuk memberikan gambaran singkat tentang kualifikasi dan kompetensi seseorang kepada pihak penerima, seperti perusahaan atau institusi pendidikan. Dengan demikian, mereka dapat menilai apakah kamu cocok untuk posisi atau program yang ditawarkan.

Dalam menyusun CV, penting untuk memastikan informasi yang disajikan relevan, akurat, dan up-to-date. Sebuah CV yang baik akan mencerminkan karakter dan dedikasi seseorang dalam mencapai kesuksesan di bidang yang diinginkan.

Untuk apa biasanya daftar riwayat hidup digunakan untuk menyertai surat?

Biasanya daftar riwayat hidup digunakan untuk menyertai surat lamaran kerja ketika seseorang melamar posisi di perusahaan atau organisasi. Surat lamaran kerja berfungsi untuk menyampaikan minat dan kualifikasi seseorang untuk posisi yang dilamar, sedangkan CV menyediakan informasi detail mengenai riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, serta prestasi yang relevan.

Selain itu, CV juga kerap digunakan dalam konteks akademik, seperti melamar program beasiswa, magang, atau studi lanjutan di universitas. Dalam situasi ini, CV akan disertakan bersama dengan surat motivasi atau personal statement yang menjelaskan alasan mengapa seseorang tertarik dan layak untuk program yang bersangkutan.

Dalam menyusun CV, penting untuk memastikan informasi yang disampaikan relevan dengan posisi atau program yang dilamar. Hal ini akan membantu penerima CV, seperti HRD atau panitia seleksi, untuk menilai kesesuaian kandidat dan memutuskan apakah mereka layak untuk dipanggil ke tahap selanjutnya, seperti wawancara atau tes.

Apa tujuan kita membuat daftar riwayat hidup ?

Tujuan utama dari Daftar Riwayat Hidup (CV) adalah untuk menyajikan informasi mengenai latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, serta prestasi seseorang dalam bentuk ringkas dan sistematis. CV biasanya digunakan ketika kamu melamar pekerjaan, mengajukan diri untuk program studi lanjutan, atau memperoleh kesempatan lain yang memerlukan evaluasi terhadap kualifikasi dan kompetensi kamu.

CV memudahkan pihak penerima, seperti perusahaan atau institusi pendidikan, untuk mengidentifikasi kemampuan dan kualifikasi yang kamu miliki sehubungan dengan posisi atau program yang ditawarkan. Dengan demikian, mereka dapat menilai apakah kamu cocok untuk posisi atau program tersebut.

Selain itu, CV juga berfungsi sebagai alat promosi diri yang efektif. Dengan menyusun CV yang baik, kamu dapat menonjolkan kelebihan dan pencapaian kamu, serta menunjukkan dedikasi dan komitmen terhadap bidang yang kamu minati. CV yang baik akan meningkatkan peluang kamu untuk dipanggil ke tahap selanjutnya, seperti wawancara atau tes, dalam proses seleksi.

Mengapa data yang tercantum dalam daftar riwayat hidup berbeda-beda?

Data yang tercantum dalam CV berbeda-beda karena setiap individu memiliki latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan prestasi yang unik. Selain itu, perbedaan dalam data juga disebabkan oleh variasi posisi atau program yang dilamar, serta kebutuhan dan preferensi pemberi kerja atau institusi pendidikan yang menerima CV tersebut.

Ketika menyusun CV, penting untuk menyesuaikan informasi yang dicantumkan sesuai dengan posisi atau program yang kamu lamar. Kamu harus memastikan bahwa data yang disampaikan relevan dan menarik bagi pihak penerima. Dengan demikian, kamu dapat meningkatkan peluang untuk dipanggil ke tahap selanjutnya dalam proses seleksi, seperti wawancara atau tes.

Misalnya, jika kamu melamar pekerjaan di bidang IT, kamu mungkin akan menekankan keterampilan teknis yang relevan, seperti pemrograman atau pengelolaan basis data. Sementara itu, jika kamu melamar posisi di bidang pemasaran, kamu mungkin akan fokus pada pengalaman dan keterampilan dalam strategi pemasaran, komunikasi, dan analisis data.

Intinya, data yang tercantum dalam CV akan berbeda-beda tergantung pada latar belakang, minat, dan tujuan karir seseorang, serta kebutuhan dan ekspektasi pihak penerima.

BACA JUGA:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status