Home » Pendidikan » Teks Prosedur: Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap

Teks Prosedur: Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap

Iuwashplus.or.id Dalam ilmu bahasa, Anda mungkin sudah sering sekali mendengar tentang berbagai macam jenis teks. Salah satu jenis teks yang ser9ng dipelajari dalam ilmu bahasa adalah teks prosedur. Teks ini ini sangat berbeda dengan teks atau paragraf padleba umumnya. Terdapat beberapa ciri khusus dari teks jenis ini.

Contoh paling sederhana dari jenis teks ini adalah pada kemasan makanan atau produk. Biasanya di bagian belakang pasti ada tata cara penggunaan produk tersebut. Tata cara yang ada pada kemasan tersebut inilah yang dinamakan dengan teks atau paragraf prosedur.

Memahami Pengertian Teks Prosedur

Memahami Pengertian Teks Prosedur

Sebagaimana sedikit diulas di atas, mungkin Anda sudah punya sedikit gambaran tentang paragraf prosedur. Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan jenis teks atau paragraf prosedur?

Teks prosedur adalah salah satu jenis teks yang isinya menjelaskan tentang tahapan atau cara-cara mengerjakan atau membuat sesuatu. Tujuan dari dibuatnya teks ini adalah agar pembaca lebih memahami tentang pembuatan atau pemakaian sesuatu secara terurut berdasarkan aturan.

Di dalam teks ini ada penjelasan dari setiap tahapan sehingga pembaca bisa lebih paham tentang apa yang harus dilakukan. Meskipun ada penjelasan, namun secara umum paragraf prosedur menggunakan akan gaya bahasa yang lebih singkat namun tetap jelas.

Mulai dari hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas, kebiasaan, atau hal-hal lain yang terdapat cara-cara di dalamnya masuk dalam kategori teks jenis ini. Selain paragraf prosedur, orang juga biasa mengenal jenis teks ini dengan sebutan teks tutorial.

Ciri-ciri Teks Prosedur

Ciri-ciri Teks Prosedur

Setelah memahami apa itu teks prosedur, selanjutnya Anda juga perlu mempelajari tentang ciri-ciri dari teks ini agar nantinya bisa lebih memahami contoh langsung dari bentuk teks tersebut. Seperti yang sedikit disinggung di awal, teks ini memang memiliki ciri-ciri yang tentu saja berbeda dengan teks lain.

Karakteristik atau ciri khas teks ini mungkin sebagian ada pada teks jenis lain, namun sebagian besar ciri-ciri teks ini memiliki keistimewaan sehingga berbeda secara signifikan. Berikut ini detail penjelasan tentang ciri-cirinya:

1. Teks Prosedur Isinya Tentang Tahapan Cara

Ciri khas paling utama yang sudah beberapa kali disinggung di awal adalah soal isi pokok dari teks ini, yaitu terkait prosedur atau tata cara.

Tak hanya tentang bagaimana cara memasak, ada banyak juga contoh paragraf prosedur seperti cara mencuci mobil, cara membuat kerajinan, dan masih banyak lagi. Umumnya teks yang berupa tata cara ini dibuat oleh orang yang sudah benar-benar mengetahui tutorial tertentu.

Artinya seseorang harus benar-benar paham dan pernah mempraktekkan inti isi dari paragraf prosedur yang dibuatnya tersebut.

2. Penulisan Teks Prosedur Berbentuk Poin-poin

Hal lain yang sangat membedakan teks prosedur dengan jenis teks lain adalah soal bentuk paragrafnya. Jika kebanyakan teks bentuknya paragraf biasa, maka pada teks yang satu ini paragraf dibuat dalam bentuk poin-poin atau istilahnya step by step.

Poin-poin pada paragraf prosedur juga bisa diganti dengan menggunakan penomoran secara terurut. Meskipun bentuk paragraf berpoin ini merupakan ciri khas paragraf prosedur, namun ternyata tidak semua paragraf prosedur menggunakan poin.

Baca Juga  Klasifikasi Makhluk Hidup dalam Biologi, Tujuan dan Sistemnya

Terkadang ada juga penulis yang menggunakan bentuk paragraf biasa sebagaimana paragraf narasi dengan menjelaskan rangkaian cara melakukan suatu hal. Jika dibentuk dengan paragraf biasa pun umumnya tetap menggunakan kata urut seperti ‘pertama’, ‘kedua’, dan seterusnya.

Adapun isi dari paragrafnya tetap menjelaskan tentang cara melakukan sesuatu. Jadi bisa dibilang paragraf yang berisi poin-poin atau step-step sudah pasti merupakan teks prosedur. Sedangkan teks paragraf narasi belum tentu paragraf narasi, bisa jadi paragraf prosedur. 

3. Penyusunan Teks Secara Sistematis

Penyusunan teks secara sistematis artinya teks ini memang dibuat secara berurutan sesuai dengan prosedurnya. Teks yang disusun dengan sistematis akan membuat pembacanya jadi lebih mudah memahami isi teks tersebut yang notabennya berupa tahapan cara.

Selain ditulis secara sistematis, teks ini juga dibuat secara detail. Jadi pembaca tak perku khawatir karena penyusunan setiap poin tahapannya akan dijelaskan secara lebih rinci guna dipraktekkan oleh para pembaca.

4. Banyak Penggunaan Kata Saran Maupun Larangan

Dalam setiap penyusunan cara pada paragraf prosedur pasti terdapat saran dan larangan. Adapun yang paling sering digunakan adalah kalimat saran. Ada juga yang tidak menggunakan kata larangan.

Adanya kata atau kalimat saran dan larangan ini bertujuan untuk membuat pembaca bisa melakukan tahapan dengan baik dan benar sesuai petunjuk pada paragraf tersebut.

5. Informasi Yang Disajikan Bersifat Objektif

Informasi yang ada pada teks prosedur umumnya bersumber dari pengalaman, penelitian, dan kegiatan yang berkaitan dengan percobaan penulis secara langsung sehingga yang disampaikan penulis bukan karangan melainkan informasi objektif.

Jadi di dalam paragraf prosedur tidak akan ditemukan adanya kalimat yang berisi pemaparan tentang cara atau percobaan yang salah. Semua informasi sudah dipastikan bersifat fakta.

Jenis Teks Prosedur Lengkap Dengan Contohnya

Jenis Teks Prosedur Lengkap Dengan Contohnya

Pembuatan paragraf prosedur ada yang sangat mudah dibuat ada juga yang agak rumit tergantung dari jenis prosedur yang dibuatnya. Untuk itu paragraf prosedur ini bisa dibedakan dengan beberapa jenis berdasarkan tingkatan kerumitannya. Berikut di bawah ini beberapa jenisnya lengkap beserta contohnya:

1. Teks Sederhana

Pada level paling mudah, ada jenis teks sederhana dalam pembuatan prosedur. Langkah-langkah atau tahapan cara yang ada pada jenis paragraf ini hanya sedikit dan biasanya dibuat dengan bahasa yang lebih sederhana serta mudah dimengerti.

Aktivitas sehari-hari bisa dijadikan salah satu contoh paragraf prosedur sederhana karena umumnya pembaca akan lebih mudah mempraktekkannya. Berikut ini ada beberapa contoh teks prosedur sederhana:

Contoh 1 Teks Sederhana: Cara Membuat Mie Nyemek

  • Mula-mula siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti mie instan varian goreng, telur 1 butir, bawang merah 2 siung dan bawang putih 1 siung dipotong halus, cabe rawit 3 buah dipotong kecil-kecil. Tambahkan sayur sawi sebagai opsi.
  • Panasnya sedikit minyak dalam wajan.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih serta cabe yang sudah dipotong kecil. Masak hingga tercium bau sedap.
  • Masukkan air secukupnya dalam wajan yang berisi tumisan bawang dan cabe.
  • Jika air sudah mendidih, masukkan mie instan dan biarkan hingga setengah matang. Kemudian masukkan telur satu butir, aduk bersama dengan mie hingga mie dan telur hampir matang.
  • Masukkan sayur sawi sesuai opsi, biarkan sebentar saja.
  • Terakhir masukkan semua bumbu mie instan dan aduk hingga mie nyemek siap disajikan.
  • Sajikan dan santap selagi masih hangat.

Contoh 2 Teks Sederhana: Cara Mematikan Laptop

  • Tutup semua program yang menyala dalam laptop.
  • Cari tombol power pada bagian footbar yang ada di laptop tersebut. Umumnya tombol power ini terletak di pojok kiri bawah.
  • Setelah tombol power didapatkan, klik dan pilih aksi. Tombol power umumnya memiliki beberapa pilihan seperti hibernate, sleep dan shutdown.
  • Untuk mematikan laptop secara sempurna, klik shutdown. Namun jika Anda ingin mematikan sementara laptop tersebut, klik pada bagian sleep atau hibernate.

Contoh 3 Teks Sederhana: Cara Membuat Kompres Demam

  • Siapkan wadah kosong yang sudah tidak terpakai atau jika punya tepat khusus untuk kompres bisa gunakan wadah tersebut.
  • Siapkan air hangat dan masukkan dalam wadah tersebut.
  • Ambil kain khusus yang dapat menyerap air atau bisa gunakan handuk kecil khusus.
  • Celupkan handuk kecil tersebut ke dalam air hangat kompres.
  • Air kompres siap digunakan untuk membantu meredakan demam.
Baca Juga  Arti Cashback 100 Persen di Shopee Itu Apa? Penjelasannya Disini

Contoh 4 Teks Sederhana: Cara Ganti Baterai Remote

  • Buka tempat baterai remote.
  • Keluarkan baterai lama yang dayanya sudah habis.
  • Siapkan atau beli baterai baru sesuai dengan jenis baterai untuk remote tersebut. 
  • Masukkan baterai yang baru secara tepat dengan menyesuaikan bagian + dan -.

Anda bisa lihat pada tempat baterai remote, di situ pasti sudah tertera tulisan + dan -.

Kemudian lihat pada bagian ujung baterai juga pasti sudah tertulis + dan -. Tempatkan baterai sesuai tanda tersebut.

  • Tutup kembali tempat baterai remote dan remote siap digunakan lagi.

2. Teks Protokol

Jenis paragraf prosedur selanjutnya adalah teks protokol. Teks prosedur protokol ini sebenarnya bisa tergolong teks sederhana ataupun kompleks. Perbedaannya ada pada proses dalam melakukan tahapan cara.

Pada paragraf protokol ini langkah-langkah yang bisa dilakukan  tidak harus berurutan. Artinya pembaca bisa melakukan langkah ketiga dulu baru melakukan langkah pertama atau urutan lainnya.

Hal ini karena urutan dalam melakukan tahapan cara pada teks protokol tidak akan berpengaruh terhadap hasil pembuatan obyek tersebut. Berikut ini beberapa contoh teks protokol:

Contoh 1 Teks Protokol: Cara Memasak Mie Instan

  • Rebus air secukupnya.
  • Siapkan wadah untuk menaruh bumbu mie.
  • Setelah air mendidih, masukkan mie instan dan masak hingga mie matang.
  • Tiriskan mie dan aduk atau campur dengan bumbu mie yang sudah disiapkan dalam wadah sebelumnya.
  • Mie siap disajikan.

Contoh 2 Teks Protokol: Cara Membuat Salad Buah

  • Potong-potong beberapa jenis buah sesuai selera.
  • Taruh potongan buah di dalam wadah.
  • Taburkan susu kental manis cukup 2 sdm.
  • Tuangkan mayonaise secukupnya atau sesuai selera.
  • Aduk buah yang sudah diberi tambahan susu dan mayonaise tadi.
  • Jika buah sudah teraduk rata, beri topping parutan coklat atau keju sesuai selera.
  • Salqd buah spesial siap disantap.

Contoh 3 Teks Protokol: Cara Membuat Kopi

  • Siapkan kopi, gula, dan gelas sebagai tempat kopi.
  • Masukkan gula 1 sdt ke dalam gelas. Untuk takaran gula ini memang lebuh sedikit dibandingkan kopi agar lebih terasa kopinya. Namun bisa juga takarannta disesuaikan dengan selera.
  • Masukkan kopi 1 sdm. Untuk mendapatkan aroma kopi yang nikmat sebaiknya masukkan kopi sesudah gula.
  • Tutup terlebih dulu gelas sambil merebus air panas.
  • Setelah air mendidih, tuangkan air ke dalam gelas.
  • Aduk dan kopi suap dinikmati.

3. Teks Kompleks

Selanjutnya ada teks prosedur kompleks yang berbanding terbalik dengan teks sederhana. Pada teks sederhana pembahasan berkaitan dengan tahapan cara yang mudah dilakukan dan menggunakan bahasa yang sederhana.

Sedangkan pada teks kompleks ini pembahasan material lebih kompleks. Meski begitu bahasa yang digunakan tetap sesuai dengan kaidah paragraf prosedur, yaitu menggunakan bahasa singkat dan jelas. Berikut ini beberapa contohnya:

Contoh 1 Teks Kompleks: Cara Membuat Nasi Goreng Bumbu Spesial

Bahan yang harus disiapkan:

  • Satu piring atau satu porsi nasi putih.
  • Bawang merah 1 siung yang sudah dicincang halus.
  • Bawang putih 1 siung dicincang halus juga.
  • Cabe rawit dipotong kecil atau tipis 1 buah saja atau bisa sesuai tingkat pedas yang diinginkan.
  • Cabe merah besar 1 buah.
  • Terasi matang secukupnya.
  • Kecap manis secukupnya atau bisa menggunakan takaran 2 sdm.
  • Margarin sebanyak 2 sdm.
  • 1 butir telur ayam.
  • 1 buah sosial ayam atau bisa sebanyak yang diinginkan.

Langkah-langkah Pembuatan:

  • Masukkan bawang merah, bawang putih, cabe merah besar dan cabe rawit ke dalam cobek. Tambahkan terasi matang dan garam secukupnya.
  • Ulek bumbu hingga menjadi adonan bjmim halus siap goreng.
  • Panaskan wajan beserta margarin hingga tekstur margarin jadi leleh seperti minyak goreng.
  • Masukkan bumbu yang tadi sudsh diharuskan dan tumis hingga tercium aroma sedap.
  • Masukkan 1 butir telur ayam yang sudah dikocok dan aduk-aduk bersama bumbu yang tadi sudah ditumis. Telur harus langsung diaduk-aduk agar teksturnya tidak menggumpal dam bisa berbaur dengan bumbu.
  • Masukkan nasi putih ke dalam wajan dan aduk hingga merata bersama bumbu dan telur.
  • Setelah nasi tercampur sempurna dengan bumbu dan telur, masukkan kecap manis dan sedikit garam.
  • Aduk kembali nasi goreng hingga kecap dan garam merata.
  • Masukkan potongan sosial ayam yang sudah disiapkan. Agar nasi goreng terasa sedap, Anda bisa tambahkan potongan daun bawang.
  • Aduk nasi goreng hingga terlihat warnanya seperti nasi goreng pada umumnya. Anda bisa mencicipi nasi goreng tersebut. Jika memang rasanya asinnya dirasa kurang, bisa ditambahkan penyerapan rasa atau garam secukupnya.
  • Nasi goreng spesial siap disajikan dan disantap selagi masih hangat.
Baca Juga  Cara Dan Contoh Menulis Surat Izin Sakit Sekolah Dan Kerja

Contoh 2 Teks Kompleks: Cara Membuat Kue Donat Lezat

Donat merupakan jajanan ringan berbentuk bulat. Kue donat dibuat dengan bahan utama tepung. Selain itu untuk membuat donat ada beberapa bahan yang harus disiapkan, yaitu:

Bahan-bahan:

  • Tepung terigu yang sudah diayak sebanyak 500 gram
  • Ragi instan yang bisa dibeli langsung di toko, sebanyak 10 gram
  • Gula pasir 80 gram
  • Telur ayam 2 butir
  • Baking powder, cukup gunakan sebanyak 1 sdt
  • Susu bubuk rasa vanili sebanyak 2 sdm
  • Margarin 100 gram
  • Vanila bubuk cukup 1 sdt.
  • Garam 1 sdt
  • Coklat batang yang sudah dilelehkan beserta meises sesuai selera.
  • Air sebanyak 175 ml
  • Minyak goreng secukupnya

Tahapan Pembuatan:

  1. Siapkan wadah, taruh tepung terigu, baking powder, ragi, garam, gula, vanili dan susu bubuk. Campurkan semua bahan dalam wadah tersebut dan aduk menggunakan mixer.
  2. Turunkan kecepatan mixer dan masukkan 2 butir telur dan air sesuai takaran. Aduk kembali menggunakan mixer.
  3. Masukkan margarin, aduk hingga adonan tersebut teksturnya menjadi kalis dan elastis.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat dan diamkan dulu kurang lebih selama 30 menit. Proses ini dilakukan agar adonan bisa mengembang dua kali lipat.
  5. Setelah adonan mengembang, kempiskan kembali adonan dan potong-potong dengan berat 30 gram. Adonan yang sudah diimbangi 30 gram tadi, bulatkan lagi dan diamkan hingga 10 menit lamanya.
  6. Buatlah lubang tengah untuk setiap potongan adonan yang tadi sudah disiapkan. Taruh di atas wadah atau piring.
  7. Sambil membuat lubang tengah pada adonan, panaskan minyak goreng secukupnya.
  8. Setelah minyak panas, mulai masukkan adonan kue donat yang sudah dilubangi dan goreng hingga warna adonan menjadi coklat keemasan.
  9. Setelah dipastikan kue donat matang, angkat lalu tiriskan.
  10. Celupkan kue donat yang sudah matang ke dalam coklat leleh yang sebelumnya telah disiapkan.
  11. Taburkan meises ke atas adonan kue donat matang yang sudah berlumuran coklat leleh. Kue donat siap disajikan dan disantap saat santai.

Contoh 3 Teks Kompleks: Cara Membuat Kue Bolu Mentega

Resep kue bolu mentega di bawah ini bisa digunakan untuk 20 potong. Sedangkan waktu memasak yang dibutuhkan adalah sekitar 45 menit. Ini dia bahan kue bolu mentega yang harus disiapkan:

Bahan-bahan Kue Bolu Mentega:

  • Telur ayam 5 butir
  • Mentega 250 gram
  • Tepung terigu 200 gram
  • Gula pasir 150 gram
  • Pasta varian vanila 1 sdt

Langkah-langkah Pembuatan Kue Bolu Mentega:

  1. Tahapan pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan wadah, lalu campirkan mentega dan gula pasir. Kocok adonan tersebut menggunakan mixer hingga teskturhya sangat kental sehingga tidak jatuh saat wadah dibalik.
  2. Setelah tekstur target terbentuk, turunkan kecepatan mixer dan masukkan telur dan pasta rasa vanila ke dalam wadah tersebut. Aduk kembali dengan mixer menggunakan kecepatan sedang atau tinggi.
  3. Turunkan lagi kecepatan mixer dan masukkan tepung terigu secara perlahan. Aduk menggunakan kecepatan mixer sedang atau rendah.
  4. Pastikan semua adonan dalam wadah sudah tercampur dengan sempurna. Kemudian Siapkan loyang bulat yang digunakan khusus untuk kue bolu, lapisi dengan kertas khusus roti. Olesi kertas roti dengan margarin secukupnya.
  5. Tuangkan adonan yang sudah dibuat tadi ke atas loyang. 
  6. Masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven dan panggang menggunakan suhu hingga 180°C. Tunggu hingga kurang lebih 45 menit lalu angkat adonan dari dalam oven.
  7. Biarkan kue bolu dingin dulu sebelum dipotong menjadi beberapa bagian.
  8. Setelah kue dingin, lepaskan kue dari cetakan loyang bolu dan taruh di atas kertas minyak.
  9. Potong-potong kue menjadi beberapa bagian sesuai selera. Umumnya resep ini bisa digunakan untuk 20 potongan kue bolu.

Teks prosedur termasuk jenis yang sebenarnya cukup sederhana dalam ilmu kebahasaan. Setiap kalimat di dalam paragraf ini disusun dengan bahasa yang singkat dan padat namun mudah dipahami. Dengan adanya paragraf prosedur, pembaca jadi lebih mudah membuat sesuatu.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status