Home » Pendidikan » Contoh Teks Pidato Singkat Berbagai Tema dengan Strukturnya

Contoh Teks Pidato Singkat Berbagai Tema dengan Strukturnya

Iuwashplus.or.id Mendengar kata pidato tentunya Anda sudah sangat familiar dengan kegiatan pidato di sekitar bukan? Pidato sendiri ada yang disampaikan dengan panjang lebar dan juga pidato singkat. Contoh teks pidato singkat adalah seperti teks pidato sambutan ucapan terima kasih pada suatu acara.

Sebenarnya semua tujuan pidato bisa dibuat dengan rangkaian isi yang singkat. Namun tetap harus diperhatikan isi pokok dari pidato itu sendiri. Jadi meskipun pidatonya singkat dan sederhana, namun harus tetap bisa dipahami terkait isi pokok dari pidato tersebut.

Mengenal Pengertian Teks Pidato Singkat

Mengenal Pengertian Teks Pidato Singkat

Sebelum lanjut pada pembahasan contoh-contoh pidato, terlebih dulu ada baiknya Anda memahami pengertian dari pidato itu sendiri. Diambil dari sumber KBBI, pidato memiliki arti penyampaian pikiran yang diwujudkan melalui kata-kata atau kalimat yang targetnya adalah orang banyak.

Pidato juga bisa diartikan dengan kegiatan berbicara di depan umum atau di depan banyak orang untuk menyampaikan suatu pikiran dengan tujuan tertentu. Dalam kegiatan pidato harus ada 3 unsur paling penting, yaitu komunikator, isi atau pesan pidato, dan komunikan.

Komunikator sendiri adalah orang yang berpidato. Isi atau pesan pidato adalah isi dari pidato yang disampaikan tersebut dan komunikan adalah orang-orang yang mendengarkan pidato. Tanpa adanya salah satu dari unsur tersebut maka kegiatan tersebut tidak bisa disebut pidato.

Sedangkan dari penjelasan tersebut teks pidato singkat berarti teks pidato yang isi atau pesannya singkat namun jelas dan memenuhi struktur yang ada serta disampaikan secara sederhana dalam kurun waktu sebentar.

Struktur Dalam Teks Pidato Singkat

Struktur Dalam Teks Pidato Singkat

Setelah memahami arti dari pidato singkat, selanjutnya Anda juga harus paham struktur apa saja yang harus ada dalam sebuah pidato. Berikut di bawah ini adalah beberapa struktur yang harus ada dalam contoh teks pidato:

1. Pembukaan

Bagian paling awal dari sebuah teks pidato singkat adalah pembukaan. Pembukaan ini biasanya berupa salam yang dilanjutkan dengan sedikit kalimat pembuka berupa ucapan syukur kepada Tuhan, penghormatan kepada komunikan khusus seperti tamu, pengambilan awal tujuan pidato.

Pembukaan juga bisa dibuat dengan kalimat yang lebih menarik dengan tujuan agar para penonton atau komunikan jadi lebih tertarik mendengarnya. Namun tekspembukaan yang menarik ini biasanya hanya digunakan pada pidato non formal.

Sedangkan pada pidato formal umumnya menggunakan bahasa yang lebih baku dan terkesan kaku alih-alih pembukaan yang menarik.

2. Isi Pidato

Struktur selanjutnya setelah teks pembukaan, ada teks isi atau pokok dari pidato yang akan disampaikan. Isi pidato ini umumnya harus informatif karena tujuan awal pidato sendiri adalah untuk menyampaikan isi pikiran. Selain informatif, isi pidato juga diharuskan bersifat mendidik.

Dalam beberapa contoh teks pidato singkat, bagian isi ini dibuat secara tersistematis dan jelas alurnya. Terkadang ada pidato yang pembahasannya memang sengaja dibuat bertele-tele agar lebih menarik para penonton.

Namun dalam teks pidato yang singkat biasanya metode ini tidak dipakai dan hanya penyampaian informasi seperlunya saja.

3. Penutupan

Bagian terakhir dalam teks pidato singkat adalah bagian penutupan. Bagian ini berisi kesimpulan dari apa yang sudah disampaikan pada bagian isi. Selain itu pada momen paling lahir komunikator juga harus menyampaikan salam penutup.

Biasanya komunikator pidato juga akan menyampaikan permohonan maaf dan terimakasih terkait kegiatan pidato yang sudah disampaikan olehnya kepada para penonton.

Baca Juga  Jenis, Karakteristik, dan Fakta Unik Ular Piton Yang di Indonesia!

Contoh Teks Pidato Singkat Berbagai Judul

Contoh Teks Pidato Singkat Berbagai Judul

Memahami teks pidato secara teori saja agaknya masih kurang cukup. Untuk itu agar bisa semakin paham dan nantinya bisa membuat teks sendiri untuk pidato, maka berikut di bawah ini ada beberapa referensi teks pidato yang dibuat secara singkat dan informatif:

1. Contoh Teks Pidato Tentang Pentingnya Berbuat Baik

Assalamualaikum wr.wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,

Yang terhormat bapak dan ibu dewan guru

Dan yang berbagai, teman-teman semua

Pada hari yang baik ini marilah kita senantiasa mengungkapkan rasa syukur kita atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nya kita semua hingga kini masih diberikan kesehatan, sehingga kita semua dimampukan untuk hadir dalam majelis ilmu yang berkah ini.

Tak lupa semoga sholawat beriring salam senantiasa terkirim pada baginda suru tauladan kita semua yang tak lain adalah Nabi Muhammad SAW. Berkat beliau kini kita semua bisa terbebas dari jaman yang jahiliyah dan bisa hidup di era yang jauh lebih baik insya Allah.

Selanjutnya saya berdiri di hadapan hadirin semua, ingin meminta izin untuk menyampaikan secuil ilmu yang insya Allah akan bermanfaat untuk kita semua.

Baiklah hadirin yang berbahagia, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sedikit materi terkait pentingnya berbuat baik kepada sesama makhluk.

Hadirin sekalian, seperti yang kita tahu bahwa semua makhluk di muka bumi ini sejatinya adalah makhluk sosial. Apa itu makhluk sosial?

Makhluk sosial merupakan makhluk yang tidak punya kemampuan untuk hidup sendiri. Makhluk sosial pasti membutuhkan bantuan makhluk lain untuk melakukan berbagai hal.

Dalam hal ini kita akan fokus pada makhluk yang bernama ‘manusia’. Manusia sejak dsri Nabi Adam hingga sekarang pasti membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Karena sifatnya yang membutuhkan orang lain, maka sudah barang tentu harus ada sikap tolong menolong.

Sikap tolong menolong akan tumbuh dengan baik jika seseorang memiliki sikap sosial yang baik pula. Rasa peduli terhadal sesama harus dibangun sejak dini agar sikap sosial pada orang tersebut nantinya bisa menjadi hal yang bermanfaat untuk semua orang.

Sebagai makhluk sosial sudah sewajarnya kita berbuat baik kepada orang lain. Hal ini tak lain karena kita suatu saat nanti juga pasti akan membutuhkan orang lain. Bayangkan saja jika kita tidak mau berbuat baik dan tidak peduli pada orang lain, apa yang akan terjadi?

Kemungkinan besar orang-orang di sekitar kita akan menjauhi kita. Orang-orang akan enggan berkomunikasi bahkan bersosialisasi dengan kita. Maka kita secara otomatis akan meras terkucilkan. Jika sudah merasa terkucilkan lantas bagaimana kita bisa hidup di dunia ini?

Sedangkan dari kita lahir hingga kita meninggal saja, kita pasti membutuhkan bantuan orang lain. Saat kita ingin orang lain bisa bersikap baik pada kita, maka hendaklah kita juga berbuat baik pada orang lain. Inilah yang biasa dikenal dengan hukum timbal balik dalam Islam.

Hadirin yang dirahmati Allah, berbuat baik tidak akan merugikan kita selama hidup di dunia. Bahkan Allah mencintai orang-orang yang mau bersikap baik pada sesama. Untuk itu marilah kita tanamkan dan praktikkan sikap baik kepada sesama apapun keadaannya.

Demikianlah isi pidato kali ini yang bisa saya sampaikan. Saya memohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin ditemukan selama penyampaian pidato kali ini.

Tak lupa saya juga mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada hadirin semua yang berkenan mendengarkan pidato saya kali ini. Semoga apa yang saya sampaikan bisa membawa manfaat untuk saya dan hadirin semua. Akhir kata, wassalamualaikum wr.wb.

Baca Juga  Teks Eksplanasi: Penjelasan, Tujuan, Jenis, Struktur, Dan Cirinya

2. Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Sambutan Ketua Panitia Lomba

Assalamualaikum wr.wb

Yang kami hormati, bapak ibu dewan guru.

Yang kami hormati para juri dari berbagai perlombaan acara kali ini.

Dan yang berbahagia teman-teman semua yang akan berkontribusi dalam perlombaan

Pertama, marilah kita semua ucapkan rasa syukur atas rahmat Allah karena berkat-Nya kita semua berhasil menyusun dan kini menjalankan acara kompetisi tahunan sekolah.

Kedua kalinya sholawat dan salam senantiasa kita curahkan pada sang pahlawan Islam, sang suri tauladan bagi semua muslim di muka bumi ini, yang tak lain adalah Nabi Besar Muhammad SAW.

Berkat usaha dan doa beliau kita semua saat ini bisa menjadi manusia-manusia yang berkemajuan dan terhindar dari jaman jahiliyah.

Hadirin yang dirahmati Allah, kami selaku panitia lomba tahunan sekolah ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang bersangkutan dengan persiapan perlombaan pada tahun ini.

Tak lupa kami juga ingin berterima kasih pada para dewas juri yang mau meluangkan waktunya untuk memberikan penilaian terbaik pada setiap anggota perlombaan tahunan sekolah kali ini.

Kepada para dewan guru, kami tentunya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan izin yang diberikan sehingga hari ini hingga beberapa hari kedepan sekolah kami bisa melaksanakan agenda lomba tahunan sekolah.

Hadirin dan teman-teman sekalian, pada tahun ini kami selaku panitia mengadakan beberapa lomba yang mungkin jenis lombanya tidak selengkap tahun kemarin karena satu dan lain hal.

Namun kami harap beberapa lomba tahunan kali ini bisa menjadi hak yang berkesan untuk teman-teman semua. Kami juga mengharap agar teman-teman semua bisa memberikan semangat dan kontribusi besarnya demi jalannya acara lomba tahunan ini.

Selanjutnya kami juga ingin menghaturkan permintaan maaf yang sebesar-besarnya jika selama berjalannya perlombaan nanti masih terdapat kekurangan dalam persiapan lomba. Kami selaku panitia akan terus berusaha memberikan fasilitas terbaik untuk teman-teman semua.

Cukup sekian sambutan atau pidato yang bisa kami sampaikan. Sekali lagi kamu ucapkan terima kasih, dan semangat untuk semua teman-teman yang berpartisipasi dalam kompetisi tahunan 2023. Semoga kita semua dimampukan melaksanakan acara hingga hari penutupan nanti.

Wassalamualaikum wr.wb.

3. Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Menjaga Kebersihan

Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur semoga senantiasa terhaturkan kepada Tuhan kita Allah SWT yang senantiasa memberikan kita kenikmatan yang tiada bisa kita hitung serta memberikan kita kesempatan bernafas sehingg detik ini kita semua masih bisa berkumpul dalam majelis ilmu penuh berkah ini.

Sholawat beriring salam mari senantiasa kita haturkan untuk Nabi tercinta kita Muhammad SAW, sosok yang telah membawa kita semua dari jaman kejahiliyahan menuju jalan yang terang bernama Islam.

Hadirin yang dirahmati Allah, pernahkah kita berfikir bahwa ketika kita sakit, ketika kita ditimpa musibah atau bencana alam, itu semua tak lain adalah ulah dari kita sendiri?

Pernahkah kita berfikir bahwa Allah yang maha baik pada hamba-Nya tidak mungkin dengan teganya menimpakan bencana alam atau sakit keras kepada hamba yang Dia kasih dan sayang?

Dalam suatu ayat yang ada di Al Quran disebutkan bahwa sungguh Allah adalah Tuhan yang maha adil dan maha bijaksana. Allah tidak akan merubah kondisi hamba-Nya melainkan jika hamba itu sendirilah yang membuat perubahan.

Apa maksud dari ayat tersebut? Hadirin yang dirahmati Allah, segala apapun kondisi terburu dalam hidup kita itu adalah akibat dari ulah kita sendiri.

Contohnya seperti saat kita sakit batuk, itu juga karena ulah kita sendiri. Kita yang suka minum es, jajan sembarangan, ada lingkungan penuh asap rokok, itu bisa menjadi sebab mengapa kita sakit batuk. Begitu juga saat kita terserang sakit demam berdarah.

Baca Juga  12 Contoh Alat Musik Ritmis, Penjelasan dan Cara Memainkannya

Kita tidak menjaga kebersihan sehingga mengundang nyamuk malaria dan membuat kita terserang sakit tersebut. Allah memang yang menciptakan sakit dan sembuh. Namun ketika kita sakit jangan semerta-merta menyalahkan Allah karena itu semua tak lain adalah ulah kita.

Maka hadirin semua, marilah kita senantiasa menjaga kebersihan sebagai salah satu bentuk ikhtiar kita agar tetap sehat dan terhindar dari sakit. Allah adalah sang maha pengendali kehidupan.

Ketika kita mau berusaha untuk menjaga kebersihan, niscaya Allah juga akan membalas ikhtiar kita dengan menjadikan kita senantias sehat. Wallahu alam bishhowaab.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang saya sampaikan tidak hanya sampai di telinga hadirin semua, namun juga bisa masuk ke dalam hati dan pikiran serta bisa terwujud melalui perbuatan.

Akhirul kalam, wassalamualaikum wr.wb.

4. Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Bulan Ramadhan

Assalamualaikum wr.wb

Yang saya hormati, bapak ibu beserta teman-teman sekalian.

Sebelum menyampaikan pidato kali ini, izinkan saya untuk mengucap syukur terlebih dulu kepada Tuhan kita Allah SWT atas segala limpahan nikmat dan rahmat-Nya sehingga pada kesempatan kali ini saya masih bisa berdiri tegak menyampaikan sedikit ilmu.

Selanjutnya saya juga ingin menghaturkan sholawat beserta salam tak lain kepada Nabi kita semua yang merupakan nabi akhir zaman, sang penyelamat umat Islam dari buruknya zaman jahiliyah hingga sampai di zaman berkemajuan saat ini yang tak lain adalah Nabi Muhammad SAW.

Bapak, ibu dan teman-teman yang saya cintai. Allah selalu mengajarkan kita hidup dengan cara yang istimewa. Salah satu contohnya adalah dengan adanya perintah puasa di bukan suci Ramadhan. Allah tidak serta merta menyiksa hamba-Nya dengan rasa lapar dan haus.

Justru perintah puasa ini Allah berikan agar kita semua meningkatkan rasa syukur kita selama.hidup di dunia ini. Pernahkah kita berfikir bahwa setiap harinya, bahkan di luar bulan Ramadhan ada banyak sekali orang-orang yang tetap kelaparan dan keharusan?

Di situlah kita semua diuji oleh Allah agar kita juga merasakan apa yang orang-orang itu rasakan. Dengan begitu kita bisa meningkatkan rasa syukur dan keimanan kita sebagai umat muslim. Rasa syukur sendiri tak hanya berupa ucapan hamdalah.

Kita bisa mengungkapkan rasa syukur kita dengan memperbanyak sedekah dan mengeluarkan zakat sebagaimana aturannya.

Dengan begitu saudara-saudara seiman kita yang setiap harinya merasa lapar dan haus karena kekurangannya, akan menerima bentuk berbagi dari kita yang mampu ini. Dengan mengeluarkan zakat dan sedekah, Allah tidak akan menjadikan kita miskin.

Justru di bulan Rahmadhan, apa yang kita keluarkan akan dibalas Allah dengan balasan yang berkali-kali lipat. Bahkan Allah sendiri yang membuka kesempatan pintu syurga seluas-luasnya bagi orang yang mau berbuat baik di bulan suci Ramadhan.

Untuk itu marilah kita manfaatkan kesempatan bulan Ramadhan ini untuk senantiasa berbuat baik dan menyiapkan diri sebaik mungkin agar bisa menjalankan puasa dengan baik sampai akhir nanti. Demikian secuil ilmu yang dapat saya sampaikan.

Apabila ada salah kata saya memohon kelonggaran hati hadirin sekua untuk memaafkan. Bila ada lebihnya itu semata-mata datangnya dari Allah. Akhir kata, wassalamualaikum wr.wb. 

Penutup

Dari berbagai penjelasan hingga contoh teks pidato singkat di atas, bisa dijadikan referensi pembelajaran tentang bagaimana membuat naskah pidato yang baik sesuai dengan struktur yang ada. Teks pidato sendiri bisa dibuat dengan bahasa yang disesuaikan atau tidak harus formal.

Penyesuaian teks pidato bisa melibatkan tamu yang datang pada acara tersebut. Selain itu, jenis acara yang sedang berlangsung juga bisa disesuaikan dengan isi teks pidato.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status