Home » Pendidikan » Jumlah Pemain Sepak bola Dan Peranannya Dalam Pertandingan

Jumlah Pemain Sepak bola Dan Peranannya Dalam Pertandingan

Iuwashplus.or.id Euforia sepakbola memang selalu menarik untuk diikuti baik tim nasional Indonesia maupun Internasional. Namun sayangnya, euphoria ini kadang tidak diimbangi dengan pengetahuan tentang peraturan, jumlah pemain sepak bola bahkan mungkin tentang cara bermainnya.

Untuk itu, artikel ini akan menjelaskan tentang berapa jumlah pemain dalam olahraga sepak bola baik dunia maupun nasional. Tak hanya itu, kami juga akan membahas tentang peran dari masing-masing tim hingga tata cara permainan.  

Jumlah Pemain Sepak Bola Ada Berapa?

Jumlah Pemain Sepak Bola Ada Berapa

Sepak bola merupakan olahraga beregu yang terdiri dari dua tim di dalam satu lapangan berukuran. Masing-masing tim memiliki misi sama yaitu membobol gawang lawan serta menjaga keamanan gawang dari serangan lawan. Tim yang berhasil mencetak gol terbanyak maka akan keluar sebagai pemenang. 

Lalu, berapa jumlah pemain sepak bola dalam satu tim? Jumlah pemain sepak bola dalam satu tim adalah 11 orang. Sedangkan untuk cadangan ada sekitar 15 pemain. Pemain cadangan ini berguna untuk menggantikan pemain inti yang biasa dipilih oleh pelatih.

Peran Dari Masing-Masing Posisi Pemain Sepak Bola

Peran Dari Masing-Masing Posisi Pemain Sepak Bola

Dalam permainan bola kaki, masing-masing pemain memiliki peran penting untuk kemenangan tim. Dalam satu tim umumnya terbagi dalam empat posisi yaitu penjaga gawang, bek, gelandang dan striker.

Baca Juga  Nepotisme: Arti, Ciri-ciri, Dampak Negatif Dan Tips Menghindarinya

Keempat posisi tersebut mempunyai peran dan tugas masing-masing baik bertahan maupun menyerang. Agar lebih jelas, berikut tugas dari pemain sepak bola mulai dari kiper, gelandang, bek hingga penyerang utama:

1. Pemain Penyerang

Penyerang adalah pemain dengan tugas menyerang ke dekat gawang lawan. Tugas utama mereka adalah mencetak gol sebanyak mungkin yang didapat dari umpan mandiri ataupun dari tim lain. 

Penyerang sendiri terbagi dalam beberapa kategori salah satunya striker atau target man. Striker adalah penyerang yang biasanya mendapat umpan bola dari pemain gelandang.  Selain striker ada juga jenis penyerang dengan tugas mencari umpan sampai turun ke lini pertahanan jika memang dibutuhkan. 

2. Bek Tengah Atau Center Back

Center back atau bek tengah adalah pemain dengan tugas menjaga daerah tengah pertahanan supaya tidak tersentuh lawan. 

Bek tengah biasanya ada dalam formasi pemain empat sejajar yang juga memiliki peran untuk membantu kiper dalam mengecoh lawan. Ia juga kerap memotong umpan, duel umpan lambung, menggiring bola hingga mungkin bisa mencetak gol. Center back sendiri terbagi dalam empat macam yaitu sweeper, full back, quarterback dan stopper. 

3. Bek Sayap

Selanjutnya ada bek sayap yang juga berada di area belakang namun di sisi kiri lapangan. Sama seperti sebelumnya, tugas dari pemain ini adalah untuk menjaga area pertahanan namun dari sisi sayap. 

Untuk dapat melaksanakan tugas dengan maksimal, bek sayap harus mempunyai keterampilan overlap, membantu serangan dari sisi sayap serta mengembalikan serangan balik dari lawan.

4. Gelandang Bertahan

Berada di bagian depan dari bek, gelandang bertahan mencegah lawan (pemain tengah) untuk mendistribusikan bola ke area pertahanan. Sebagai gelandang bertahan, pemain harus memiliki kemampuan memotong bola, duel udara dan kemampuan untuk tekel lawan. Posisi ini juga bertugas menjaga kendali bola serta menyusun serangan balik jika tim gagal melakukan serangan.

Baca Juga  Ukuran Kertas F4 dalam Cm, Mm, Inch, Pixel & Cara Settingnya

5. Pemain Sayap

Sayap masuk dalam bagian gelandang, tapi posisinya berada di tepi kanan kiri lapangan. Pemain sayap harus memiliki kecepatan untuk menyerang dari samping, tak jarang pemain ini langsung menusuk ke pertahanan lawan. Dia juga harus mempunyai akurasi dalam umpan silang.

6. Gelandang Serang Atau Playmaker

Playmaker atau gelandang serang bertugas untuk mengkoordinasikan serangan dari posisi lini tengah serta menciptakan peluang ke kandang lawan. Tugas lain dari gelandang serang yaitu mendistribusikan bola dari belakang ke arah penyerang, mengatur laju atau tempo permainan hingga menciptakan peluang atau assist ke kandang lawan. 

7. Kiper Atau Penjaga Gawang

Terakhir ada kiper yang mengemban tugas mengamankan posisi gawang dari gempuran musuh. Dari sebelas orang pemain, penjaga gawang atau kiper ini adalah satu-satunya pemain yang boleh memegang bola. 

Kiper juga identik dengan seragam berbeda dengan pemain lain dan pastinya mengenakan sarung tangan. Tak hanya menjaga gawang, kiper kadang juga mempunyai peran untuk mengkoordinasi sistem pertahanan, membangun serangan dari arah belakang bahkan menyerang kedepan.

Baca Juga: Ini Dia Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional

Durasi Waktu Permainan Sepak Bola

Durasi Waktu Permainan Sepak Bola

Berapa lama waktu main sepakbola? Menurut beberapa sumber terpercaya, sepak bola terbagi dalam dua babak yang masing-masing memiliki durasi 45 menit. Jadi untuk satu kali permainan dalam dua babak membutuhkan waktu sekitar 90 menit. 

Selama bertanding, pemain akan mendapat jatah istirahat 15 menit jika babak pertama selesai. Selain itu, ada juga perpanjangan waktu selama 1 sampai 5 menit di akhir babak kedua yang diberikan oleh wasit.

Lalu jika skor masih imbang hingga babak terakhir, maka permainan akan dilanjutkan dengan extra time selama kurang lebih 15 menit. Dan jika skor belum berubah, wasit akan memutuskan untuk adu penalti dengan masing-masing tim memiliki kesempatan sebanyak 5 kali atau hingga ditemukan pemenangnya. 

Baca Juga  Arti Cashback 100 Persen di Shopee Itu Apa? Penjelasannya Disini

Berapa Pemain Cadangan dalam Pertandingan Sepak Bola?

Dilansir dari laman fifa.com, pemain cadangan dalam permainan sepak bola berjumlah 15 orang. Sedangkan untuk jumlah pergantian pemain maksimal 5 kali pergantian. 

Peraturan ini merupakan pembaruan yang dilakukan pada Juni tahun lalu oleh International Football Association Board (IFAB) dan mungkin akan berubah atau mengalami pembaruan di masa-masa mendatang.

Baca Juga: Kuasai 10 Teknik Dasar Bola Basket: Buat Kamu Jadi Jago Main!

Pelanggaran yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Pemain Sepak Bola Selama Permainan Berlangsung

Dalam bermain sepak bola, ada pelanggaran yang tidak boleh dilakukan oleh pemain. Jika terbukti melanggar, pemain akan diberikan sanksi mulai dari kartu kuning sampai kartu merah. Untuk lebih jelasnya, berikut pelanggaran yang tidak boleh dilakukan oleh pemain sepak bola selama permainan: 

  1. Dengan sengaja menendang atau mencoba menendang lawan main 
  2. Menjatuhkan atau menjegal lawan dengan sengaja dengan kaki atau mendorong lawan dari belakang
  3. Melempar bola ke arah lawan dengan sengaja 
  4. Melakukan serangan ke arah lawan secara kasar dan sengaja
  5. Memukul lawan, menarik lawan atau memegang salah satu tubuh anggota lawan dengan sengaja 
  6. Melakukan tackle ke lawan sebelum menyentuh bola
  7. Selain kiper berusaha memegang bola dengan tangan 

Jika pelanggaran sengaja dilakukan di area pertahanan sendiri, maka pemain lawan akan mendapatkan sanksi maka akan mendapatkan sanksi berupa penalty kick. Dalam melakukan tendangan pinalti ini, pemain lawan harus berada di jarak 9,15 dari posisi bola. Selain penalti, sanksi yang diberikan juga bisa berupa kartu kuning hingga kartu merah yang artinya pemain dikeluarkan dari arena permainan. 

Akhir Kata

Demikian pembahasan terkait jumlah pemain sepak bola lengkap dengan tugas dan hal yang tidak boleh mereka lakukan selama bertanding.

Semoga bermanfaat, terima kasih sudah membaca artikel ini.

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status