Home » Islami » Doa Agar Cepat Melahirkan Selamat, Tips, Amalan dan Ikhtiarnya

Doa Agar Cepat Melahirkan Selamat, Tips, Amalan dan Ikhtiarnya

Iuwashplus.or.id Jika Anda sedang cemas menunggu kelahiran si bayi, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bacaan doa agar cepat melahirkan. Dalam Islam, kita dianjurkan agar selalu membaca doa saat sedang melakukan aktivitas apapun, begitu pula ketika mengharapkan kelahiran bayi.

Tidak hanya doa akan melahirkan anak, Anda juga perlu melakukan beberapa amalan agar cepat melahirkan. Amalan ini juga bisa menologi para ibu hamil agar mampu melahirkan secara normal. Simak doa mustajab ini agar Anda atau istri cepat melahirkan beserta amalannya!

Kumpulan Doa agar Cepat Melahirkan

Kumpulan Doa agar Cepat Melahirkan

Saat ingin mempercepat proses melahirkan dan kontraksi, bacaan doa agar bayi cepat lahir terdiri dari membaca ayat kursi, surat Al-A’raf ayat ke-54, surat Al-Falaq, surat An-Nas, dan surat Maryam ayat ke 23 sampai dengan ayat ke 25.

1. Membaca Ayat Kursi agar Cepat Melahirkan

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُههُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْددِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Al-lāhu lā ilāha illā huwa al-ḥayyu al-qayyūm. Lā ta’khudhuhu sinatun wa lā nawmun. Lahu mā fi as-samāwāti wa mā fi al-ard. Man dhā al-ladhī yashfa’u ‘indahu illā bi-idhnihi. Ya’lamu mā bayna aydīhim wa mā khalfahum. Wa lā yuḥīṭūna bi-shay’in min ‘ilmihi illā bimā shā’a. Wa si’a kursiyyuhu as-samāwāti wa al-ard. Wa lā ya’ūduhu ḥifẓuhumā. Wa huwa al-‘aliyyu al-‘aẓīm.

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah, melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Baca Juga: Ayat Kursi: Arab, Latin, Arti dan Waktu Terbaik Membacanya

2. Membaca Surat Al-Falaq

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَق مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Qul a’ūdhu birabbi al-falaq min sharri mā khalaq wa min sharri ghāsiqin idhā waqab wa min sharri an-naffāthāti fil-‘uqad wa min sharri ḥāsidin idhā ḥasad.

Artinya: “Katakanlah, aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar) dan kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

Baca Juga  Doa Wudhu Arab Latin Beserta Cara Wudhu yang Benar

3. Membaca Surat An-Nas

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ مَلِكِ النَّاسِ إِلَٰهِ النَّاسِ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Qul a’ūdhu birabbin-nās malikin-nās ilāhin-nās min sharri al-waswāsil-khannās alladhī yuwaswisu fī ṣudūrin-nās mina al-jinnati wan-nās.

Artinya: “Katakanlah, aku berlindung kepada Tuhannya manusia, raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

4. Membaca Surat Al-A’raf

فَاَجَاۤءَهَا الْمَخَاضُ اِلٰى جِذْعِ النَّخْلَةِۚ قَالَتْ يٰلَيْتَنِيْ مِتُّ قَبْلَ هٰذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَّنْسِيًّا فَنَادٰىهَا مِنْ تَحْتِهَآ اَلَّا تَحْزَنِيْ قَدْ جَعَلَ رَبُّكِ تَحْتَكِ سَرِيًّا وَهُزِّيْٓ اِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا ۖ

Fa-ajā’ahā al-makhāḍu ilā jiẓ’i al-nakhlati. Qālat yā laytanī mittu qabla hādhā wa kuntu nasyan mansiyyā. Fanādāhā min taḥtiha allā taḥzanī, qad ja’ala rabbuki taḥtaki sariyyā. Wa huzzī ilayki bi jiẓ’i al-nakhlati tusāqiṭ ‘alayki ruṭaban janiyyā.

Artinya: “Kemudian rasa sakit akan melahirkan memaksanya (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia (Maryam) berkata, “ Wahai, betapa (baiknya) aku mati sebelum ini, dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan. Maka dia (Jibril) berseru kepadanya dari tempat yang rendah, “ Janganlah engkau bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.”

Manfaat Membaca Doa agar Cepat Melahirkan

Manfaat Membaca Doa agar Cepat Melahirkan

Terdapat beberapa manfaat ketika membaca doa agar cepat melahirkan dalam konteks keyakinan dan tradisi masyarakat Islam. Keyakinan ini telah diwarisi secara turun-temurun dan menjadi kepercayaan para Muslim. Adapun manfaat membaca doa ketika ingin cepat melahirkan adalah sebagai berikut:

1. Memohon Pertolongan Allah

Membaca doa agar cepat melahirkan adalah bentuk memohon pertolongan dan rahmat Allah. Ibu yang sedang menghadapi proses persalinan dapat memohon kepada Allah untuk memberikan kelancaran, kekuatan, dan perlindungan dalam proses tersebut.

Sebagai seorang muslim, sudah sepatutnya meminta keberkahan dari Allah sekaligus meminta bantuan dalam segala urusan. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda memang menjadikan aktivitas berdoa ini sebagai kebiasaan yang dilakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

2. Menenangkan Pikiran dan Hati

Membaca doa dapat membantu ibu hamil merasa tenang dan damai di tengah situasi yang mungkin menegangkan. Fokus pada doa dan berhubungan dengan Yang Maha Kuasa dapat memberikan ketenangan pikiran dan ketenangan hati.

Doa akan melahirkan ini pada akhirnya akan mempengaruhi suasana hati serta keadaan fisik para ibu agar tidak terlalu cemas. Saat pikiran dalam kondisi tenang, maka proses persalinan juga akan dilancarkan alias cepat melahirkan.

3. Meningkatkan Ikhtiar Spiritual

Membaca doa adalah salah satu bentuk ikhtiar spiritual yang dapat dilakukan oleh ibu hamil.

Ia mengandung makna dan harapan bahwa dengan menghubungi Allah, ibu hamil dapat mendapatkan berkah, perlindungan, dan bimbingan-Nya dalam proses kelahiran.

4. Memperkuat Ikatan dengan Allah

Membaca doa dapat memperkuat ikatan spiritual dan hubungan dengan Allah. Saat ibu hamil mengalami ketidakpastian dan tantangan selama persalinan, membaca doa dapat mengingatkan dan memperkuat hubungan dengan Allah, memberikan keyakinan bahwa Dia adalah sumber kekuatan dan pertolongan.

5. Menjaga Fokus dan Kesadaran

Membaca doa secara sadar dan khusyuk dapat membantu ibu hamil menjaga fokus dan meningkatkan kesadaran dalam momen yang kritis seperti proses persalinan.

Baca Juga  Al Maidah Ayat 48 Menjelaskan Tentang Apa? Ini Arti dan Tafsirnya

Doa dapat menjadi pengingat untuk tetap fokus pada tujuan, menenangkan pikiran, dan mengarahkan energi positif ke dalam kelahiran bayi.

Baca Juga: Doa agar Cepat Hamil Menurut Islam, Dzikir dan Sholawatnya

Tips agar Doa Anda Dikabulkan

Tips agar Doa Anda Dikabulkan

Saat hendak membaca doa agar cepat melahirkan, mungkin Anda akan berpikir tentang apakah doa tersebut akan dijawab secepat kilat oleh Allah atau justru khawatir tidak segera dikabulkan. Maka berikut beberapa tips untuk Anda:

1. Niatkan secara Tulus

Bagian terpenting dari sebuah doa adalah ketulusan hati. Sertakan niat yang tulus dan ikhlas dalam doa Anda.

Doa yang dilakukan dengan niat yang baik dan tulus memiliki kekuatan yang lebih besar untuk dikabulkan.

2. Patuhi Perintah Allah

Usahakan untuk hidup dalam ketaatan terhadap perintah Allah dan menjauhi yang dilarang-Nya.

Kehidupan yang taat dan benar dapat memperkuat hubungan spiritual dengan Allah, sehingga doa Anda lebih berpeluang untuk dikabulkan.

3. Konsistensi dan Kesabaran

Teruslah berdoa dengan konsistensi dan kesabaran. Jangan putus asa atau terburu-buru dalam mengharapkan jawaban.

Allah mendengar doa setiap hamba-Nya dan memberikan jawaban pada waktu yang tepat menurut hikmah-Nya.

4. Berdoa dengan Yakin

Yakin adalah kunci dari segala keajaiban Allah. Percayalah bahwa Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.

Berdoalah dengan keyakinan penuh bahwa Allah akan mengabulkan doa Anda jika itu yang terbaik bagi Anda.

5. Berserah Diri

Berdoalah dengan cara merendah kepada Allah, lalu sertakan dalam doa Anda permohonan agar kehendak Allah terjadi dalam hidup Anda.

Berserah diri kepada kehendak-Nya dan menerima apa pun hasil yang Allah takdirkan.

6. Berbuat Baik dan Bersedekah

Berbuat baik kepada sesama dan bersedekah dapat meningkatkan keberkahan dalam hidup Anda. Perbuatan baik dan bersedekah menjadi amal yang dapat memperkuat doa Anda.

Jika syarat ini telah dipenuhi, maka Anda akan mendapatkan kemudahan pada saat melantunkan bacaan doa.

7. Doa dalam Waktu Mustajab

Manfaatkan waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa, seperti di waktu tahajud atau sepertiga malam. Berdoa di waktu yang tepat diyakini akan langsung mendapatkan jawaban dari Allah.

Oleh karena itu, pastikan Anda membaca doa agar cepat melahirkan pada waktu-waktu tersebut.

8. Mengulangi Doa

Jangan patah semangat dalam berdoa. Teruslah mengulangi doa Anda dengan tekun dan mendalami hubungan spiritual dengan Allah.

Melalui perenungan, zikir, dan ibadah lainnya, Anda dapat memperdalam hubungan dengan Allah dan memperkuat doa.

Amalan dan Ikhtiar agar Cepat Melahirkan

Amalan dan Ikhtiar agar Cepat

Amalan adalah tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dalam konteks keagamaan, spiritual, atau moral. Hal ini sering kali merujuk pada praktik atau perbuatan yang dijalankan untuk mencapai tujuan tertentu, seperti ibadah, perbuatan kebajikan, atau pelaksanaan ajaran agama.

Melakukan ikhitiar agar cepat melahirkan tertentu agar bayi cepat lahir juga termasuk ke dalam amalan atau upaya manusia dari sisi non spiritual. Pasalnya, baik itu amalan maupun ikhtiar tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Berikut adalah beberapa amalan agar cepat melahirkan atau ikhtiar yang perlu dilakukan:

1. Membaca Doa agar Cepat Melahirkan

Amalan pertama yang harus Anda lakukan agar cepat melahirkan adalah membaca doa. Doa adalah sebuah pengharapan kepada Allah agar mendapatkan perlindungan serta dipermudah dalam segala urusan.

Dalam beberapa kasus tertentu, seorang ibu bisa jadi mengalami kesulitan saat hendak melahirkan sehingga menjadi kecemasan bagi sebagian besar orang. Melakukan amalan seperti membaca doa agar cepat melahirkan ini diyakini sebagai jalan keluarnya.

Baca Juga  Tahiyat Akhir dan Tahiyat Awal Serta Hukum Membaca Tahiyat

2. Merangsang Bayi agar Cepat Melahirkan

Dalam upaya merangsang bayi, diperlukan beberapa tindakan untuk dicoba. Di antaranya adalah melakukan stimulasi pada payudara, bergerak secara aktif, dan rileks.

  • Stimulasi pada payudara diyakini secara medis akan merangsang produksi oksitosin, suatu hormon yang memicu kontraksi rahim dan keluarnya ASI. Dengan melakukan pijatan atau memutar dengan lembut, maka dapat memicu pelepasan oksitosin dari payudara.
  • Bergerak secara aktif dapat merangsang ibu hamil agar cepat kontraksi, membenarkan posisi bayi, dan mengurangi risiko tidak kuat saat mendorong bayi. Dengan rutin bergerak secara aktif, ibu hamil tidak akan mudah lelah dan akan tetap bugar.
  • Rileks adalah poin paling penting dari semuanya, yaitu tetap menjaga pikiran agar tidak stres dan tidak mengumpulkan perasaan-perasaan negatif. Perasaan rileks akan membantu Anda untuk berpikir secara jernih dan melakukan upaya rasional untuk mempercepat proses persalinan.

3. Memakan Kurma

Kurma merupakan sumber energi yang baik bagi ibu hamil karena mengandung karbohidrat. Selain mudah dicerna, buah ini juga memberikan tambahan energi yang diperlukan selama kehamilan. Kandungan serat dalam kurma membantu menjaga pencernaan yang sehat dan mencegah masalah sembelit selama hamil.

Kurma kaya akan zat besi, vitamin, dan mineral yang penting bagi ibu hamil, seperti zat besi untuk mencegah anemia, vitamin A dan K. Fungsinya adalah untuk perkembangan yang baik, serta kalium dan magnesium untuk fungsi otot dan tekanan darah yang sehat sehingga dapat mempermudah persalinan.

Kandungan asam folat dalam kurma penting bagi ibu hamil, karena membantu pembentukan sistem saraf pada janin dan mencegah cacat tabung saraf. Meskipun demikian, penting untuk mengonsumsi kurma dengan porsi yang sesuai.

Olahraga agar Melancarkan Persalinan

Olahraga agar Melancarkan Persalinan

Olahraga selama kehamilan dapat memiliki banyak manfaat, termasuk menjaga kebugaran fisik, meningkatkan kesejahteraan mental, memperbaiki sirkulasi darah, dan mengurangi risiko komplikasi. Tapi, olahraga yang dilakukan hanya berupa aktivitas kecil dan ringan saja agar tidak mengganggu si bayi.

Pada dasarnya, melakukan olahraga juga termasuk ke dalam jenis ikhtiar ibu hamil ketika hendak melahirkan. Usaha ini dilakukan agar tidak terjadi risiko atau faktor yang mempersulit selama kehamilan berlangsung hingga tiba waktu persalinan.

Selain itu, aktivitas fisik selama kehamilan perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan individu dan persetujuan dari dokter atau profesional medis. Inilah deretan aktivitas olahraga ringan sekaligus aman bagi ibu hamil:

1. Berjalan

Berjalan adalah olahraga yang rendah dampak dan dapat dilakukan hampir oleh semua ibu hamil.

Ini membantu meningkatkan sirkulasi, menjaga kebugaran jantung, dan menjaga otot tubuh tetap aktif.

2. Renang

Renang adalah olahraga non-beban yang ringan pada sendi dan memberikan dukungan bagi tubuh.

Ini membantu mengurangi ketidaknyamanan pada tubuh yang sedang mengandung, meningkatkan kekuatan otot, dan membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

3. Yoga Prenatal

Peregangan dan yoga prenatal membantu memperbaiki fleksibilitas, memperkuat otot inti, mengurangi ketegangan dan kecemasan, serta meningkatkan kesadaran tubuh dan pernapasan.

Namun, pastikan mengikuti kelas yang dipimpin oleh instruktur yang terlatih dalam mengajar yoga prenatal.

4. Latihan Kekuatan Ringan

Latihan kekuatan ringan dengan menggunakan beban tubuh atau dumbbell yang ringan dapat membantu mempertahankan kekuatan otot, memperbaiki postur, dan mempersiapkan tubuh untuk beban ekstra saat kehamilan dan proses persalinan.

5. Senam Kehamilan

Senam kehamilan adalah program latihan yang dirancang khusus untuk ibu hamil. Ini biasanya mencakup kombinasi latihan kardiovaskular, kekuatan, dan peregangan yang aman untuk ibu hamil. Pastikan untuk mengikuti kelas yang dipandu oleh instruktur yang berpengalaman dalam bekerja dengan ibu hamil.

Bacaan doa agar cepat melahirkan di atas dapat Anda jadikan patokan dalam memohon perlindungan dari Allah. Tentu saja tetap harus diikuti oleh beberapa amalan dan ikhtiar agar doa tersebut segera dikabulkan oleh Allah. Cukup percayakan semuanya pada pertolongan Allah, maka semuanya akan baik-baik saja.

Tentunya, akan sangat baik sekali jika Anda berdoa sambil lalu melakukan ikhtiar-ikhtiar lainnya sesuai dengan preferensi Anda. Misalnya, melakukan pemeriksaan atau konsultasi rutin bersama dokter kandungan.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status