Home » Islami » Bacaan Doa Turun Hujan Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan

Bacaan Doa Turun Hujan Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan

JAKARTA – Doa turun hujan adalah doa yang dibaca oleh umat muslim ketika hujan turun. Tujuan dari doa ini adalah untuk memohon kepada Allah agar hujan yang turun membawa keberkahan dan manfaat bagi kita semua. Selain itu, doa ini juga merupakan bentuk pengakuan kita bahwa segala yang ada di alam semesta ini adalah milik Allah dan kita memohon agar hujan yang diturunkan-Nya tidak menimbulkan bencana.

Berdoa ketika turun hujan menjadi salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini tercantum dalam beberapa hadits yang menjelaskan tentang keutamaan dan keberkahan hujan.

Dari Sahabat Anas bin Malik RA:

“Tatkala turun hujan, Nabi SAW keluar dan menengadahkan wajahnya ke arah langit sambil berkata, ‘Ya Allah, turunkanlah hujan yang penuh keberkahan untuk kami.'” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Sahabat Jabir bin Abdullah RA:

“Rasulullah SAW bersabda, ‘Apabila kalian melihat hujan turun, hendaklah kalian berdoa, “Ya Allah, jadikanlah hujan ini hujan yang penuh rahmat dan keberkahan.'” (HR. Tirmidzi)

Doa Turun Hujan Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan

Doa Turun Hujan Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan

Bacaan doa turun hujan merupakan salah satu doa yang sangat penting, terutama bagi kita yang tinggal di daerah yang sering dilanda musim kemarau yang panjang. Sebagaimana yang kita ketahui, air hujan adalah salah satu sumber kehidupan yang sangat penting bagi makhluk hidup di bumi ini.

Tanpa basahnya bumi yang diakibatkan oleh turunnya air hujan, kehidupan di bumi ini akan menjadi sangat sulit dan bahkan tidak mungkin untuk berlangsung. Oleh karena itu, kita perlu berdoa kepada Allah SWT agar Dia memberikan kita hujan yang melimpah dan berkah.

Berikut ini adalah bacaan doa turun hujan lengkap dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia:

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Latinnya: “Allahumma shayyiban naafi’an”

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat bagi kami.”

Doa Ketika Turun Hujan Sangat Deras

Doa Ketika Turun Hujan Sangat Deras

Ketika turun hujan sangat deras, kita sering merasa khawatir akan dampak yang mungkin terjadi, seperti banjir atau longsor. Oleh karena itu, kita memerlukan doa khusus untuk meminta perlindungan kepada Yang Maha Kuasa. Berikut adalah bacaan doa ketika turun hujan sangat deras lengkap dengan teks Arab, Latin, dan terjemahannya:

Baca Juga  Al Adlu dalam Asmaul Husna: Arti, Makna, Dalil dan Penerapannya

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Latinnya: “Allohumma hawalaina wala alaina, Allohumma ‘alal akami wadh-dhirabi, wa buthunil awdiyati, wa manabitis syajari.”

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan di atas kami. Ya Allah, turunkanlah hujan di atas bukit, tanah lapang, lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika turun hujan deras. Doa ini berasal dari hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, hadits nomor 3882.

Kalian juga dapat berdoa dengan doa ini ketika turun hujan deras:

اَللّٰهُمَّ اسْقِنَا غَيْثاً مُغِيْثاً مَرِيْئاً مُرِيْعاً نَافِعاً غَيْرَ ضَارٍّ عَاجِلاً غَيْرَ آجِلٍ

Latinnya: Allahumma sqina ghaytham mughiitsan marii’an muriian nafi’an ghaira dzarrin ‘ajilan ghaira ajilin

Artinya: “Ya Allah, berilah kami hujan yang mendatangkan manfaat, tidak membahayakan, serta datangnya cepat dan tidak ditunda-tunda.”

Dalam situasi di mana hujan sangat deras, sangat penting bagi kita untuk mengingat dan meminta pertolongan dari Yang Maha Kuasa. Kedua doa di atas dapat membantu kita untuk merasa lebih tenang dan percaya bahwa Allah akan melindungi kita dari potensi bahaya yang mungkin terjadi akibat hujan deras tersebut.

Doa Ketika Turun Hujan disertai Angin yang Kencang

Doa Ketika Turun Hujan disertai Angin yang Kencang

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali menghadapi berbagai fenomena cuaca, salah satunya yaitu turun hujan disertai angin kencang. Dalam situasi tersebut, sangat penting bagi kita untuk melindungi diri dan memohon perlindungan kepada Yang Maha Kuasa. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membaca doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Berikut ini adalah bacaan doa ketika turun hujan disertai angin kencang dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya.

Doa turun hujan disertai angin kencang yang pertama:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَذِهِ الْغُصُونِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيهَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا أَرْسَلْتَ بِهَا

Latinnya: Allahumma inni a’udzu bika min hadzihig ghusuuni, wa a’udzu bika min syarri maa fiihaa, wa a’udzu bika min syarri maa arsalta bihaa.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari pohon-pohon ini, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan yang Engkau kirimkan dengannya.”

Doa turun hujan disertai angin kencang yang kedua:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Latinnya: Allahumma inni as’aluka khairaha wa khaira ma fiha wa khaira ma ursilat bihi wa a’udzu bika min sharriha wa sharri ma fiha wa sharri ma ursilat bihi

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan (angin) ini, kebaikan yang ada padanya, dan kebaikan yang diperintahkannya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan (angin) ini, kejahatan yang ada padanya, dan kejahatan yang diperintahkannya.”

Kedua doa diatas merupakan doa ketika angin bertiup, untuk memohon perlindungan dan kebaikan dari angin tersebut. Doa ini tidak berasal dari ayat Al-Quran, melainkan merupakan Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah. Hadits ini termasuk hadits hasan (baik) dan diterima oleh para ulama sebagai doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga  Doa Bercermin Sesuai Sunnah Serta Hukum Membacanya

Doa Ketika Turun Hujan yang Lebat disertai dengan Petir

Doa Ketika Turun Hujan yang Lebat disertai dengan Petir

Kita semua pasti pernah mengalami hujan deras yang disertai dengan petir yang cukup mengagetkan. Pada saat seperti itu, kita sering kali merasa takut dan cemas. Namun, sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk selalu berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT dalam setiap kesulitan yang kita alami.

Doa ini sangatlah dianjurkan untuk dibaca pada saat hujan turun dengan lebat disertai dengan petir yang menggelegar. Berikut ini adalah doa lengkapnya dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya:

اَللّٰهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً, اَللّٰهُمَّ لاَعِوَجَ لَهُ وَلاَ غَيْرَهُ, اَللّٰهُمَّ سَقِيَاء رَحْمَةٍ لاَ سَقِيَاء عَذَابٍ وَلاَ هَدْمٍ وَلاَ غَرَقٍ

Latinnya: Allahumma shoyyiban nafi’an, Allahumma la’iwaja lahu wa la ghayrah, Allahumma saqiya rahmatin la saqiya ‘adabin wa la hadmin wa la ghorokin

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah hujan ini sebagai hujan yang bermanfaat. Ya Allah, janganlah Engkau jadikan hujan ini membawa bencana atau kemudaratan. Ya Allah, jadikanlah hujan ini hujan rahmat, bukan hujan azab, kehancuran, atau banjir.”

Doa Setelah Hujan Berhenti

Doa Setelah Hujan Berhenti

Hujan merupakan salah satu nikmat dari Allah yang sangat berharga. Setelah hujan berhenti, dianjurkan untuk berdoa agar kita senantiasa mengingat nikmat yang diberikan oleh Allah dan bersyukur atas segala karunia-Nya. Keutamaan berdoa setelah hujan berhenti juga termasuk dalam mengikuti sunnah Rasulullah SAW.

Berikut ini adalah bacaan doa setelah hujan berhenti dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya:

بِسْمِ اللهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا

Latinnya: Bismillahi majraha wa mursaha.

Artinya: Dengan nama Allah yang menjalankan (hujan) dan menghentikannya.

أَعُوذُ بِاللهِ مِنْ هَذَا الغَيْثِ وَمِنْ شَرِّ مَا فِيهِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ

Latinnya: A’udzu billahi min hadzal ghaytsi wa min syarri ma fiihi wa syarri ma ba’dahu.

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari hujan ini, dari keburukan yang ada padanya, dan keburukan yang ada setelahnya.

Doa setelah hujan berhenti adalah salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini dianjurkan untuk dibaca setelah hujan berhenti guna mengingat nikmat yang diberikan oleh Allah dan menjaga diri dari kemungkinan dampak negatif yang mungkin ditimbulkan oleh hujan tersebut. Doa ini juga merupakan ungkapan syukur kita atas segala karunia yang diberikan oleh Allah.

Baca Juga: Manfaat Membaca Ayat Kursi Ketika Turun Hujan

Keutamaan dan Manfaat Membaca Doa Turun Hujan

Keutamaan dan Manfaat Membaca Doa Turun Hujan

Membaca doa ketika hujan turun adalah salah satu amalan yang sangat disarankan dalam Islam. Alasan di balik ini adalah bahwa hujan merupakan salah satu tanda kebesaran Allah dan merupakan momen yang penuh berkah. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa hadis yang menjelaskan keutamaan membaca doa turun hujan dan manfaatnya.

Baca Juga  Doa Naik Kendaraan Laut: Arab, Latin dan Artinya Sesuai Sunnah

Dari Sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Ketika kalian melihat hujan, bacalah doa ini: اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا (Allahumma shoyyiban nafi’a), yang artinya: ‘Ya Allah, jadikanlah (hujan ini) hujan yang bermanfaat’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Doa yang paling cepat dikabulkan adalah doa yang dipanjatkan saat turun hujan dan saat jihad di jalan Allah.” (HR. Tirmidzi)

Baca Juga: Keutamaan Membaca Doa Qunut Saat Turun Hujan

Manfaat Membaca Doa Turun Hujan

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita peroleh ketika membaca doa turun hujan:

1. Mengakui Kebesaran Allah

Membaca doa ketika hujan turun merupakan bentuk pengakuan kita terhadap kebesaran Allah. Kita mengakui bahwa hujan merupakan salah satu anugerah-Nya yang sangat berharga dan kita berharap agar hujan tersebut bermanfaat bagi seluruh makhluk hidup.

2. Mendapatkan Rahmat dan Berkah

Ketika kita membaca doa turun hujan, kita memohon agar Allah menjadikan hujan tersebut sebagai rahmat dan berkah bagi kita. Dengan demikian, kita akan merasakan manfaat dan kebaikan dari hujan tersebut, baik dalam aspek fisik maupun rohani.

3. Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

Membaca doa turun hujan akan membantu kita untuk selalu ingat kepada Allah dan mengingatkan kita akan kewajiban kita sebagai hamba-Nya. Hal ini akan membantu kita meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah.

4. Membuka Pintu Kabulkan Doa

Seperti yang telah disebutkan dalam hadis di atas, doa yang dipanjatkan saat turun hujan adalah salah satu doa yang paling cepat dikabulkan oleh Allah. Dengan demikian, membaca doa turun hujan akan membuka pintu kabulkan doa bagi kita.

Akhir Kata

Sebagai umat Muslim yang taat, kita harus selalu mengamalkan doa turun hujan dalam kehidupan kita. Hal ini tidak hanya akan membantu kita untuk selalu ingat akan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT, tetapi juga akan meningkatkan keimanan kita kepada-Nya. Jadi, mari kita terus belajar dan mengamalkan doa turun hujan sebagai bagian dari ibadah kita sehari-hari.

Dengan mengamalkan doa turun hujan, kita akan semakin menyadari betapa pentingnya syukur dan doa dalam kehidupan kita. Semoga kita semua selalu diberkahi dengan hujan yang bermanfaat dan terhindar dari hujan yang membahayakan. Aamiin.

Baca Juga: Doa Agar Tidak Hujan: Kunci untuk Menghindari Gangguan Cuaca

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status