Home » Berita » Daftar Final Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023 di Thailand

Daftar Final Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023 di Thailand

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong telah resmi memilih 23 pemain untuk ajang Piala AFF U-23 2023. Dari nama-nama tersebut, terlihat kombinasi muka lama dan baru.

Ada pemain langganan Timnas baik kelompok usia maupun senior, seperti Ernando Ari, Muhammad Ferarri, Alfeandra Dewangga, Beckham Putra dan Ramadhan Sananta. 

Selain itu, pelatih asal Korea Selatan itu juga tak segan memanggil nama baru. Mereka dipanggil karena dianggap bersinar di awal musim BRI Liga 1 2023/2024 seperti Esal Sahrul dan Salim Tuharea.

Namun, Shin Tae-yong tak bisa membawa skuad pilihan pertamanya di Piala AFF U-23 2023. Seperti halnya Rizky Ridho dari Persija dan Dzaky Asraf PSM Makassar yang tidak dilepas klubnya. Alasannya adalah karena Piala AFF tak masuk kalender FIFA.

Piala AFF U-23 2023 kali ini digelar di Thailand pada 17-26 Agustus 2023. Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam Grup B bersama Malaysia dan Timor Leste.  

Daftar Pemain Final Timnas Indonesia U-23 Untuk Piala AFF 2023

Daftar Pemain Final Timnas Indonesia U-23 Untuk Piala AFF 2023

Berikut daftar final 23 pemain Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong untuk Piala AFF U-23 2023 di Thailand:

Penjaga Gawang

Shin Tae-yong memanggil tiga nama untuk menjaga pertahanan terakhir Timnas Indonesia U-23. Penjaga gawang muda yang dipanggil antara lain Ernando Ari Sutaryadi, Daffa Fasya, dan Nuri Agus.

Nuri Agus masuk daftar pemain Timnas Indonesia U-23 karena menggantikan Adi Satryo. Kiper PSIS Semarang itu batal gabung Timnas karena sakit.

“Adi Satryo sakit tipes menurut keterangan tim medis. Diganti sama Nuri Agus dari Bekasi FC,” kata Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, dikutip dari Bola.net.

Baca Juga  Advan Work Pro, Laptop Ramah di Kantong yang Cocok untuk Pekerja Online atau Kuliah 

Belakang

Di sektor belakang, ada enam pemain yang Shin Tae-yong bawa ke Thailand. Mereka adalah Haykal Alhafiz, Muhammad Ferarri, Alfeandra Dewangga, Bagas Kaffa, Komang Teguh dan Frengky Missa.

Shin Tae-yong berniat memadukan pemain andalannya saat Piala AFF 2020, skuad emas SEA Games 2023 dan muka baru. Namun, tidak ada Rizky Ridho yang tidak dilepas Persija.

Muhammad Ferarri, Bagas Kaffa, dan Komang Teguh adalah pemain SEA Games 2023 yang berhasil membawa pulang medali emas. Selain itu ada Frengky Missa dari Timnas Indonesia U-20 yang seharusnya berlaga di Piala Dunia U-20 2023 lalu.

Ada juga Alfeandra Dewangga yang sudah menghiasi line up Timnas Indonesia sejak Piala AFF 2020. Ditambah nama Haykal Alhafiz yang juga punggawa Timnas Indonesia pada SEA Games 2023 lalu.

Tengah

Sektor tengah menyumbang paling banyak pemain. Shin Tae-yong memanggil delapan pemain yang mengisi lini bertahan Timnas Indonesia U-23.

Mereka adalah Mohammad Kanu, Beckham Putra Nugraha, Robi Darwis, Rifky Dwi, Esal Sahrul, Arkhan Fikri, Jeam Kelly Sroyer, dan Salim Tuharea.

Beckham Putra, Robi Darwis, dan Arkhan Fikri merupakan pemain yang sering bercokol di Timnas Indonesia. Sementara Esa Sahrul adalah pemain baru yang dicoba pelatih Shin Tae-yong.

Depan

Untuk lini serang, Shin Tae-yong memanggil lima pemain. Mereka yaitu Irfan Jauhari, Ramadhan Sananta, Abdul Rahman, Muhammad Ragil, serta Titan Agung.

Irfan Jauhari dan Ramadhan Sananta adalah alumni Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023. Sementara sisanya merupakan pemain muda yang mampu memperlihatkan performa cukup baik di BRI Liga 1 2023/2024.

Ramadhan Sananta tampaknya bisa menjadi penyerang tunggal jika Shin Tae-yong menggunakan formasi 4-3-3. Namun jika pelatih menggunakan duet penyerang maka Irfan Jauhari dan Abdul Rahman bisa menjadi pilihan.

Baca Juga  26 Pemain Timnas Indonesia Dipanggil Untuk Melawan Argentina

Daftar Final 23 Pemain Timnas U-23 di Piala AFF U-23 2023

Setelah Rizky Ridho dan Dzaky Asraf dipastikan tak bergabung, Shin Tae-yong memanggil dua nama penggantinya. Berikut daftar final 23 pemain Timnas U-23 di Piala AFF U-23 2023:

Penjaga Gawang: Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya), Nuri Agus (FC Bekasi City), Daffa Fasya (Borneo FC)

Belakang: 

  • Haykal Alhafiz (PSIS Semarang)
  • Muhammad Ferarri (Persija Jakarta)
  • Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)
  • Bagas Kaffa (Barito Putera)
  • Komang Teguh (Borneo FC)
  • Frengky Missa (Persikabo 1973)

Tengah: 

  • Mohammad Kanu (Persis Solo)
  • Beckham Putra Nugraha (Persib Bandung)
  • Robi Darwis (Persib Bandung)
  • Rifky Dwi (Persita Tangerang)
  • Esal Sahrul (Persita Tangerang)
  • Arkhan Fikri (Arema FC)
  • Jeam Kelly Sroyer (Persik Kediri)
  • Salim Tuharea (Madura United)

Depan: 

  • Irfan Jauhari (Persis Solo)
  • Ramadhan Sananta (Persis Solo)
  • Abdul Rahman (RANS Nusantara FC)
  • Muhammad Ragil (Bhayangkara FC)
  • Titan Agung (Bhayangkara FC)

Itulah daftar final pemain Timnas U-23 di Piala AFF U-23 2023 di Thailand. Harapannya, punggawa Garuda Muda dapat menampilkan permainan terbaiknya pada ajang tersebut.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status