Home » Islami » 10 Nama-Nama Malaikat dalam Islam, Sifat dan Tugasnya Lengkap

10 Nama-Nama Malaikat dalam Islam, Sifat dan Tugasnya Lengkap

Iuwashplus.or.id Rukun iman yang kedua adalah beriman kepada malaikat Allah. Bahkan di banyak ayat Al Qur’an dan hadits telah disebutkan mengenai keberadaan malaikat dengan sifat dan tugasnya. Sebagai umat muslim, tentunya sangat penting untuk mengetahui nama-nama malaikat beserta tugasnya.

Dalam Al Qur’an sendiri setidaknya ada 75 ayat yang menyebutkan kata malaikat di dalamnya, baik yang berkaitan dengan hakikat, sifat maupun tugasnya. Untuk mengenal lebih jauh tentang malaikat dalam ajaran Islam, langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Arti Iman Kepada Malaikat Allah SWT

Arti Iman Kepada Malaikat Allah SWT

Malaikat merupakan makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya Allah atau nur Ilahi. Malaikat diciptakan oleh Allah untuk melaksanakan berbagai tugas dan urusan. Meskipun belum pernah bertemu dengan malaikat, namun setiap umat muslim diwajibkan untuk beriman kepada malaikat Allah.

Arti iman adalah percaya adanya malaikat sebagai salah satu ciptaan Allh SWT yang senantiasa patuh kepada Allah dan tidak pernah mendurhakai perintah Allah SWT. Iman kepada malaikat Allah bisa dijabarkan ke dalam beberapa hal seperti berikut:

  1. Beriman atau percaya dengan keberadaan malaikat.
  2. Beriman atau percaya kepada malaikat yang telah diketahui nama-namanya maupun yang tidak diketahui namanya, sehingga percaya kepada malaikat secara keseluruhan.
  3. Beriman kepada apa yang menjadi sifat-sifat malaikat seperti yang sudah diketahui.
  4. Beriman kepada apa yang menjadi tugas malaikat sesuai perintah Allah SWT.

Adapun salah satu ayat Al Qur’an yang menyebutkan tentang iman kepada malaikat Allah terdapat dalam QS. Al Baqarah ayat 285, yang isinya adalah seperti berikut:

اٰمَنَ الرَّسُوۡلُ بِمَاۤ اُنۡزِلَ اِلَيۡهِ مِنۡ رَّبِّهٖ وَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ‌ؕ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰٓٮِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ ۚ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ اَحَدٍ مِّنۡ رُّسُلِهٖ‌ ۚ وَقَالُوۡا سَمِعۡنَا وَاَطَعۡنَا‌ ۖ غُفۡرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيۡكَ الۡمَصِيۡرُ

Aamanar-Rasuulu bimaaa unzila ilaihi mir-Rabbihii walmu’minuun; kullun aamana billaahi wa Malaaa’ikathihii wa Kutubhihii wa Rusulih laa nufarriqu baina ahadim-mir-Rusulihii wa qooluu sami’naa wa ata’naa ghufraanaka Rabbanaa wa ilaikal-masiir

Artinya:

Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali.”

Baca Juga: Urutan Nama-Nama Nabi Yang Tepat: Beserta Kisah Dan Mukjizatnya

8 Sifat yang Dimiliki Malaikat Allah SWT

8 Sifat yang Dimiliki Malaikat Allah SWT

Sebelum membahas tentang nama-nama malaikat Allah dalam Islam, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja sifat-sifat malaikat. Seperti yang diketahui, malaikat merupakan makhluk Allah yang senantiasa patuh. Adapun sifat-sifatnya secara lengkap adalah seperti berikut:

1. Tidak Suka Menyombongkan Diri

Salah satu sifat malaikat yang digambarkan dalam QS. An Nahl ayat 49 adalah tidak suka menyombongkan diri. Sifat ini dikaruniakan Allah SWT kepada malaikat yang senantiasa bersujud kepada Allah.

وَلِلّٰهِ يَسْجُدُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ مِنْ دَاۤبَّةٍ وَّالْمَلٰۤىِٕكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ

Artinya:

“Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para malaikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.” (Q.S. An-Nahl: 49)

2. Selalu Mematuhi Perintah Allah SWT

Malaikat memiliki sifat yang takut kepada Allah dan selalu mematuhi semua perintah yang diberikan. Malaikat adalah satu-satunya makhluk Allah yang sedikitpun tidak pernah membantah dan selalu mengerjakan semua ketetapan yang Allah berikan atas mereka.

Baca Juga  Bacaan Doa Minum Air Zam-Zam Sesuai Sunnah (Arab-Latin-Arti)

يَخَافُوْنَ رَبَّهُمْ مِّنْ فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Artinya:

“Mereka takut kepada Rabb mereka yang berkuasa atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka).” (QS. An Nahl: 50)

3. Tidak Pernah Mendurhakai Allah SWT

Selain patuh dan selalu melaksanakan segala perintah Allah, malaikat juga memiliki sifat yang tidak pernah durhaka kepada Allah. Hal ini seperti yang terdapat dalam QS. At Tahrim ayat 6 yang isinya adalah seperti berikut:

لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya:

“Yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-­Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (Q.S. At-Tahrim: 6)

4. Selalu Bertasbih Tanpa Lelah

Malaikat senantiasa bertasbih setiap saat tanpa lelah. Mereka selalu memuji dan mensucikan nama Allah. Bukan hanya itu saja dengan sifat kepatuhannya yang melekat, malaikat tidak pernah berhenti beribadah kepada Allah SWT. Itulah mengapa malaikat dimuliakan oleh Allah.

5. Tidak Memiliki Nafsu

Salah satu sifat yang dimiliki malaikat adalah tidak memiliki nafsu seperti manusia. Dengan demikian maka malaikat tidak ada keinginan sedikitpun pada kebutuhan fisik atau materi. Malaikat tidak makan dan minum, tidak memiliki nafsu syahwat, dan tidak tidur.

6. Tidak Berjenis Kelamin

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, malaikat adalah makhluk Allah SWT yang diciptakan dari nur atau cahaya. Sehingga mustahil memiliki jenis kelamin. Karena jenis kelamin sendiri hanya ada pada makhluk yang sifatnya materiil dan bukan yang bersifat rohani seperti malaikat.

7. Bisa Berubah Wujud

Sifat lainnya yang dimiliki malaikat adalah bisa berubah wujud, tentunya atas izin dan kehendak Allah. Malaikat diberikan kemampuan untuk mengubah wujudnya sebagai manusia dan menampakan diri di hadapan para nabi, rasul atau manusia yang lain.

Seperti ketika malaikat Jibril yang mendatangi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam dengan menyamar sebagai sahabat beliau. Di dalam Surat Maryam ayat 17, disebutkan pula bahwa Jibril pernah menyamar dalam bentuk manusia yang sempurna ketika menemui Maryam.

فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُوْنِهِمْ حِجَابًاۗ فَاَرْسَلْنَآ اِلَيْهَا رُوْحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا

Artinya:

Lalu dia memasang tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami (Jibril) kepadanya, maka dia menampakkan diri di hadapannya dalam bentuk manusia yang sempurna.

8. Bergerak Secepat Kilat

Berbeda dari manusia, malaikat mampu bergerak secepat kilat saat melaksanakan semua tugas yang diperintahkan oleh Allah SWT. Bahkan digambarkan bahwa malaikat terbang dengan cepat.

Baca Juga: Urutan 99 Asmaul Husna Beserta Dalil-dalilnya

10 Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Islam

10 Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Islam

Meskipun umat muslim tidak bisa melihat malaikat secara kasat mata, namun diwajibkan untuk beriman dan meyakini keberadaannya sebagai makhluk Allah yang diciptakan untuk melaksanakan berbagai tugas. Tentunya ada banyak malaikat yang telah diciptakan Allah dengan tugasnya masing-masing.

Oleh karena itu, sebagai umat muslim sebaiknya mengenal nama malaikat beserta tugasnya sebagai salah satu bentuk keimanan yang telah diwajibkan oleh Allah SWT. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 10 nama-nama malaikat Allah dan tugasnya yang perlu diketahui.

1. Malaikat Jibril

Yang pertama adalah Malaikat Jibril. Yaitu malaikat yang menjadi pemimpin bagi para malaikat yang lain. Malaikat Jibril sendiri disebutkan beberapa kali di dalam Al Qur’an, seperti di QS Al Baqarah ayat 97-98 dan QS. At Tahrim ayat 4.

Malaikat Jibril juga dikenal dengan beberapa julukan. Nama-nama lain dari Malaikat Jibril adalah Ruhul Qudus seperti yang disebutkan dalam QS. An Nahl ayat 102, Ruhul Amin dalam QS. As Syu’ara ayat 192-193, ar Ruh serta Ruh al Haq atau roh kebenaran.

Salah satu tugas yang diberikan kepada Malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu kepada para nabi dan rasul serta mengajarkannya. Selain menyampaikan wahyu, Malaikat Jibril juga memiliki beberapa tugas lainnya, yaitu:

  • Menjadi pemimpin untuk urusan dunia. Dalam menjalankan urusan tersebut Malaikat Jibril dibantu oleh Malaikat Izrail (mencabut nyawa), Malaikat Mikail (mengatur hujan dan tumbuhan) serta Malaikat Israfil (membawa perintah kepada para malaikat).
  • Membawa kehancuran serta kemenangan bagi manusia. Jika Allah berkehendak, maka Malaikat Jibril akan membawa kehancuran pada suatu kaum. Selain itu juga membawa kemenangan saat terjadi perang.
  • Menjadi imam penduduk langit dan menjadi malaikat kepercayaan Allah SWT.
  • Meniupkan ruh ke dalam janin yang ada di kandungan.
Baca Juga  3 Hukum Mim Mati Dalam Ilmu Tajwid Beserta Contohnya

2. Malaikat Mikail

Nama-nama malaikat selanjutnya dikenal di dalam Islam adalah Malaikat Mikail. Tugas utama Malaikat Mikail adalah membagikan rezeki dari Allah SWT kepada seluruh makhluk yang ada di bumi. Rezeki tersebut bisa berupa materi, tumbuhan, hujan, dan lain sebagainya.

Malaikat Mikail juga bertugas mengatur hujan serta angin. Selain itu, Malaikat Mikail membantu Malaikat Jibril ketika membelah dada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam. Yaitu mengambilkan air zam-zam yang digunakan untuk mencuci hati Rasulullah SAW.

Bukan hanya itu saja, dalam perjalanan Isra’ Mi’raj, Malaikat Mikail juga bersama Malaikat Jibril turut mendampingi Rasulullah SAW. Sedangkan bersama Malaikat Izrail, Malaikat Mikail bertugas menyampaikan nama, tempat serta sebab pencabutan nyawa umat manusia.

3. Malaikat Israfil

Nama-nama 10 malaikat Allah berikutnya adalah Malaikat Israfil. Nama ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi umat muslim karena memiliki tugas utama sebagai peniup sangkakala pada hari kiamat. Saat terompet sangkakala ditiup maka hancur leburlah seisi alam semesta.

Sangkakala akan ditiup sebanyak 3 kali pada saat hari kiamat tiba. Pada tiupan yang pertama, alam semesta akan hancur lebur, sementara pada tiupan yang kedua manusia akan dibangkitkan kembali dari alam kubur.

Tiupan yang ketiga adalah mengumpulkan seluruh umat manusia di padang mahsyar untuk dihisab amal perbuatannya. Namun sebelum hari kiamat tiba, Malaikat Israfil memiliki beberapa tugas lainnya, yaitu:

  • Bersama malaikat yang lainnya senantiasa bertasbih, mensucikan dan mengagungkan Allah SWT.
  • Mengayomi seluruh makhluk yang ada di bumi dan juga alam semesta. Hal ini dikarenakan Malaikat Israfil dianugerahi Allah dengan kekuatan 7 langit dan kekuatan 7 lapisan bumi, kekuatan gunung dan angin serta kekuatan lainnya yang sangat besar.
  • Menjadi salah satu malaikat yang memikul Arsy. Para malaikat memikul Arsy sembari bertasbih dan memohonkan ampunan bagi orang-orang yang beriman.

4. Malaikat Izrail

Hafalan nama-nama Malaikat berikutnya yang penting untuk diketahui adalah Malaikat Izrail. Malaikat yang satu ini dikenal juga dengan sebutan malaikat maut. Karena tugas utamanya adalah mencabut nyawa seluruh makhluk hidup.

Dalam melaksanakan tugasnya, Malaikat Izrail dibantu oleh para malaikat lainnya yang bertugas sebagai wakil Malaikat Izrail. Para malaikat akan mencabut ruh dari seluruh anggota badan dan ketika sampai ke pangkal tenggorokan ruh akan diambil oleh Malaikat Izrail.

Hal ini seperti yang terdapat dalam QS. Al An’am ayat 61:

وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهٖ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةً ۗحَتّٰٓى اِذَا جَاۤءَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُوْنَ

Artinya:

Dan Dialah Penguasa mutlak atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila kematian datang kepada salah seorang di antara kamu, malaikat-malaikat Kami mencabut nyawanya, dan mereka tidak melalaikan tugasnya.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar satu diantara nama-nama malaikat yang bertugas memberikan pertanyaan kepada manusia yang sudah meninggal di alam kubur. Munkar digambarkan sebagai sosok yang menyeramkan dengan senjata berupa godam besar di tangannya.

Malaikat Munkar akan menanyakan keimanan manusia yang telah meninggal. Munkar akan mendatangi manusia yang telah berbuat keburukan selama hidupnya. Dia datang ke alam kubur setelah orang terakhir yang datang ke pemakaman tersebut pergi sejauh 7 langkah.

Pertanyaan yang diberikan oleh Malaikat Munkar adalah Siapa Tuhanmu atau Man Rabbuka, Siapa Nabimu atau Man Nabiyyuka, serta Ma Dinuka atau Apa Agamamu. Bagi umat muslim yang beriman, maka akan mudah untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Sementara bagi yang tidak bisa menjawab, maka Malaikat Munkar akan langsung menghantamkan godamnya hingga tubuh orang yang sudah meninggal tersebut hancur berantakan. Kemudian orang tersebut dibangkitkan kembali dan diberi pertanyaan yang sama.

Baca Juga  Al Maidah Ayat 48 Menjelaskan Tentang Apa? Ini Arti dan Tafsirnya

Jika masih belum bisa menjawab, maka Malaikat Munkar akan menghantamkan godamnya lagi dan begitu seterusnya sampai hari kebangkitan tiba.

6. Malaikat Nakir

Nama-nama malaikat selanjutnya yaitu Malaikat Nakir yang juga bertugas mendatangi manusia yang sudah meninggal di alam kubur. Namun berbeda dari Malaikat Munkar, Malaikat Nakir akan mendatangi manusia yang selama hidupnya berbuat kebaikan dan beriman.

Malaikat Nakir datang kepada manusia yang sudah meninggal dalam wujud yang indah dan menanyakan kebaikan. Bagi manusia yang di alam kuburnya didatangi oleh Malaikat Nakir, maka untuk urusan selanjutnya dia akan mendapatkan kemudahan dan masuk ke dalam surga.

7. Malaikat Raqib

Jika membahas tentang Malaikat Raqib, tentu tidak bisa terlepas dari Malaikat Atid. Karena keduanya sama-sama diberikan tugas untuk mencatat amal perbuatan manusia, baik amal yang baik maupun amal yang buruk.

Tugas utama Malaikat Raqib adalah mencatat setiap amal perbuatan baik yang telah dilakukan manusia. Selain itu, tugas Malaikat Raqib adalah mengawasi dan menjaga manusia sehingga bisa selalu berada di jalan yang lurus.

Karena niat buruk tidak akan dicatat sebagai keburukan selama belum dikerjakan. Sementara niat baik akan langsung dicatat sebagai kebaikan meskipun niat tersebut belum dilaksanakan.

8. Malaikat Atid

Yang termasuk nama-nama Malaikat berikutnya adalah Malaikat Atid yang seperti telah dijelaskan sebelumnya selalu berpasangan dengan Malaikat Raqib. Karena Malaikat Raqib mencatat amal perbuatan yang baik dan Malaikat Atid mencatat amal perbuatan yang buruk.

Sama seperti Malaikat Raqib, Malaikat Atid juga akan selalu mengawasi setiap gerak-gerik dan perbuatan manusia. Perbuatan buruk yang dilakukan secara tersembunyi pun tidak akan luput dari pengawasan Malaikat Atid sehingga akan langsung dicatat sebagai perbuatan buruk.

Nantinya semua perbuatan buruk yang telah dilakukan selama hidup di dunia akan dihisab dan diadili di akhirat.

9. Malaikat Ridwan

Salah satu dari nama-nama malaikat Islam selanjutnya adalah Malaikat Ridwan. Tugasnya adalah menjaga pintu surga. Dalam menjaga pintu surga, Malaikat Ridwan dibantu oleh para malaikat yang lainnya. Apakah tugas Malaikat Ridwan hanya menjaga pintu surga saja?

Perlu diketahui bahwa Malaikat Ridwan bukan hanya sekedar menjaga pintu surga saja tetapi juga memiliki tugas penting lainnya. Yaitu menyambut orang-orang bertakwa yang akan masuk ke dalam surga seraya mendoakan kebahagiaan atas diri mereka.

Meskipun wujud malaikat sulit untuk digambarkan secara fisik, namun sosoknya dikatakan sangat ramah dan hangat sehingga mampu menenangkan seluruh penghuni surga. Sosok Malaikat Ridwan juga digambarkan memiliki wujud yang indah dan sangat menyenangkan.

10. Malaikat Malik

Selain dari 9 malaikat yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu dari nama-nama malaikat Allah yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah Malaikat Malik. Tugas utamanya adalah menjaga pintu neraka dan menjadi pemimpin bagi para malaikat Zabaniah yang ada di neraka.

Malaikat penjaga neraka memiliki tabiat yang sangat keras, kasar dan sangat kuat. Mereka hanya patuh kepada Allah SWT dan senantiasa menjalankan tugas yang diberikan tanpa membantah atau durhaka.

Malaikat Zabaniah sendiri digambarkan sebagai sosok malaikat yang tidak memiliki rasa iba dan belas kasihan sedikitpun, tidak tersenyum dan menakutkan. Hal ini karena mereka memang diciptakan dari rasa amarah dan sifat kasih sayang dalam diri mereka sudah dicabut.

Hikmah Beriman Kepada Malaikat Allah

Hikmah Beriman

Setelah mengenal nama-nama malaikat Allah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tentunya ada banyak hikmah yang akan didapatkan jika beriman kepada malaikat. Hikmah tersebut antara lain adalah:

1. Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan

Dengan beriman kepada malaikat Allah dan mengenal nama-nama serta tugasnya, maka hal itu akan meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Karena sebagai makhluk yang diciptakan paling sempurna, seharusnya bisa patuh dan taat kepada Allah seperti para malaikat-Nya.

2. Meneladani Sifat-Sifat Baik Malaikat

Sifat-sifat baik malaikat yang tidak pernah membantah, tidak pernah durhaka dan selalu taat dengan semua perintah yang Allah berikan bisa dijadikan teladan dan bisa diterapkan dalam setiap diri umat muslim agar menjadi hamba yang lebih baik lagi.

3. Mendapatkan Ketenangan Batin

Dengan adanya malaikat yang diberikan tugas oleh Allah untuk selalu menjaga manusia dimanapun berada, maka hal itu akan memberikan ketenangan tersendiri. Sehingga lebih berhati-hati, tidak mudah tergoda atau terjerumus dalam bisikan setan yang menyesatkan.

Selain dari 10 nama-nama malaikat Allah SWT yang telah dijelaskan diatas, tentunya masih banyak malaikat lainnya yang memiliki tugas masing-masing. Dengan mengenal sifat dan tugas yang diberikan, maka sudah seharusnya umat muslim meneladani sifat-sifat malaikat yang dimuliakan Allah tersebut.

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status