Home » Berita » Review Vivo Y30 Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Review Vivo Y30 Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Iuwashplus.or.id Menyamai pabrikan smartphone lain yang rajin mengeluarkan produk terbaru, Vivo juga melakukan hal yang sama. Hal ini membuat semakin bertambahnya rekomendasi smartphone dari Vivo di pasaran, salah satunya ialah Vivo Y30.

Dari segi kualitas, Vivo memang sudah tidak diragukan karena selalu mengedepankan kualitas pada setiap produk elektroniknya.

Spesifikasi Smartphone Vivo Y30

Spesifikasi Smartphone Vivo Y30

Dalam smartphone Vivo Y30 telah disematkan berbagai fitur unggulan yang bisa memudahkan setiap penggunanya. Jika Anda ingin membeli smartphone dari vendor China ini, ketahui terlebih dahulu terkait spesifikasi, kelebihan, kekurangan hingga harga yang dibanderol agar tidak kecewa.

1. Desain

Kehadiran smartphone Vivo Y30 ini cukup menyita perhatian bublik karena tampilannya yang menawan. Meskipun dibalut dengan body plastik, namun jika dilihat sekilas tampilannya begitu mirip dengan smartphone dengan body full glass yang membuatnya jadi tampak mewah. Terlebih lagi, smartphone ini juga menampilkan desain minimalis dan futuristik.

Layar yang ditawarkan pada ponsel ini juga sangat lebar hampir 80% dari body, sehingga tampilan layarnya terlihat begitu luas. Ukuran layar Vivo Y30 adalah 6,5 inci dengan mengusung jenis layar IPS LCD. Tampilan layarnya cukup mengagumkan sehingga bisa memudahkan para penggunanya saat melakukan aktivitas video streaming maupun browsing dengan kualitas visual yang epik.

2. Prosesor

Di era digital ini keberadaan smartphone tidak hanya dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas komunikasi saja, tetapi juga beragam aktivitas multimedia lainnya. Oleh sebab itu, diperlukan mesin yang gahar agar bisa memberikan performa yang baik dengan melihat CPU dan GPU yang dimiliki sebuah smartphone.

Untuk mendukung aktivitas luar biasa dari penggunanya, Vivo Y30 sudah mengusung sejumlah hardware yang berkualitas. CPU yang disematkan adalah chipset mediatek jenis MT6765 Helio P35 yang mampu mendukung kecepatan prosesor octa core yang mencapai 2,3 GHz.

Untuk GPU, Vivo Y30 menggunakan GPU PowerVR GE8320. Kinerja GPU ini sudah sangat mumpuni dalam memberikan kualitas grafik dengan tampilan visual yang memikat, dan yang terpenting adalah hemat energi.

3. Kapasitas RAM

Vivo Y30 juga menawarkan kapasitas memori sebesar 4GB, yang bisa mendukung kinerja aplikasi dalam smartphone bisa berjalan secara optimal. Dukungan kapasitas RAM yang cukup besar ini juga untuk mendukung kinerja aplikasi agar lebih responsif.

Baca Juga  Tingkatkan Keamanan Smartphone Anda dari Ancaman Hacker dengan 4 Cara Mudah Ini!

Selain kapasitas RAM yang sudah mumpuni, kapasitas ROM yang disematkan pada ponsel ini juga terbilang menjanjikan. Kapasitas ROM dari Vivo Y30 cukup besar, yaitu mencapai 128 GB.

4. Kamera

Jika Anda ingin mencari smartphone yang memiliki kualitas foto layaknya bidikan kamera profesional, maka Vivo Y30 bisa memenuhi harapan Anda. Dalam ponsel ini disematkan 4 buah kamera yang bisa digunakan untuk berfoto dan merekam dengan resolusi 8 MP, 18 MP serta dua kamera kembar yang beresolusi 2 MP.

Selain kamera utama yang telah dilengkapi fitur LED flash, kamera depan ponsel Vivo Y30 ini memiliki resolusi 8 MP. Dengan demikian, kamera depan juga bisa menghasilkan kualitas gambar FHD layaknya kamera utama.

Baca Juga: Xiaomi Note 7: Review Fitur, Spesifikasi, dan Harga

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y30

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y30

Meskipun spesifikasi dari Vivo Y30 ini terbilang cukup mumpuni, tentunya juga tidak terlepas dari kekurangan.

Sebelum Anda benar-benar membelinya, simak terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan dari ponsel Vivo seri Y30 berikut ini.

Kelebihan Vivo Y30

Berikut adalah kelebihan dari vivo y30:

1. Desain Menarik

Beberapa orang beranggapan, jika estetika juga sama pentingnya dengan spesifikasi perangkat keras. Kebanyakan smartphone yang dikeluarkan Vivo memang memiliki desain yang cantik dan menarik. Untuk Vivo Y30 memiliki body yang cukup apik dengan susunan kamera yang berbentuk vertikal di pojok kiri atas, namun untuk desain modul kamera di ponsel ini tidak rata.

Model smartphone ini terdapat dua pilihan warna, yaitu emerald black dan moonstone white. Versi body warna hitam ponsel ini bisa seolah-olah mengeluarkan cahaya dari kamera ketika terkena sinar matahari.

Pilihan warna putih dari body ponsel ini juga tidak kalah cantik. Ketika Anda melihat dari sudut yang berbeda, maka body warna putih ini bisa merepresentasikan efek layaknya gelombang cahaya. Bingkai dan body ini juga menjadikannya bebas dari bekas sidik jari karena terbuat dari material plastik.

2. Memiliki Kamera AI

Memenuhi kebutuhan fotografi yang semakin tinggi, maka para vendor ponsel juga meningkatkan kualitas kameranya, tak terkecuali dengan Vivo Y30 ini. Smartphone Vivo seri ini juga dibekali kamera AI yang terbilang andal saat mengambil sebuah gambar.

Kamera yang disematkan dalam ponsel ini memiliki resolusi setara 13 MP, bahkan kamera ini jadi lensa utama. Selain menyematkan AI, terdapa lensa ultrawide dengan kekutan resolusi 8 MP sehingga bisa mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih lebar.

Baca Juga  Daftar Panggilan Sayang Unik untuk Kekasih, Teman atau Keluarga

Konfigurasi kameranya tidak berhenti di situ saja. Smartphone dari Vivo ini juga disematkan sensor lain seperti lensa makro dan depth, dimana masing-masing memiliki kekuatan 2 MP yang berada di belakang ponsel. Sensor ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan foto close up atau bokeh yang cukup detail. Keempat konfigurasi kamera ini disusun dalam sebuah modul dengan bentuk persegi panjang.

3. Layar HD Plus

Kelebihan lain yang diusung Vivo Y30 adalah di sektor layarnya yang memiliki ukuran display 6,47 inci dengan panel IPS LCD. Desain layarnya menggunakan konsep Ultra O screen dan memiliki rasio ke body sebesar 90,7% sehingga membuat layar jadi semakin luas. Tidak hanya itu, resolusi dari display juga sudah HD plus. Dengan begitu, pengalaman multimedia para pengguna jadi meningkat secara maksimal.

4. Fitur Audio Jack

Bagi Anda yang masih setia menggunakan earphone kabel, tentu tidak akan kecewa menggenggam ponsel Vivo Y30 ini karena memiliki fitur audio jack. Saat ini kebanyakan vendor menghilangkan fitur ini agar body smartphone lebih tipis atau supaya harganya bisa lebih terjangkau.

Sebagian orang yang menyayangkan kenapa fitur ini dipangkas karena beralasan tidak terbiasa dengan wireless earphone, terlebih harga earphone tanpa kabel ini terbilang mahal. Selain masih setia berdampingan dengan jack audio, ponsel ini juga telah disematkan port USB tipe C yang bisa berfungsi mengisi daya ataupun mengirim data.

5. RAM Besar

Tidak hanya andal di kamera saja, ponsel Vivo Y30 juga memiliki penyimpanan RAM maupun internal berkapasitas besar. Ini membuat pengoperasian ponsel bisa berjalan lancar, sebab apabila berkapasitas kecil bisa menyulitkan penggunanya karena butuh waktu lebih lama saat membuka aplikasi. Selain itu, kapasitas kecil juga membuat program yang sudah ditutup akan mengulang kembali dari awal ketika dibuka lagi.

RAM dan penyimpanan internal Vivo seri Y30 ini hanya disematkan satu varian. Dimana kapasitas RAM yang dimiliki adalah 4 GB dengan penyimpanan internalnya sebesar 128 GB. Untuk storage, ponsel ini sudah memakai teknologi eMMC 5.1 dan masih bisa diperbesar dengan menggunakan microSD.

6. Baterai Awet

Kelebihan yang ditawarkan hp Vivo seri ini adalah baterainya yang sangat awet. Ponsel ini disematkan baterai dengan kapasitas 5000 mAh yang bisa digunakan seharian. Pihak vendor Vivo juga mengklaim jika baterai yang disematkan pada ponsel tersebut bisa bertahan selama 27 hari dalam keadaan stand by.

Berdasarkan tes yang dilakukan oleh pihak PhoneYear melalui Youtube-nya, ponsel Vivo Y30 ini bertahan 14 jam dan 12 menit untuk melihat video dengan posisi WiFi mati, pencahayaan diatur 50 % dan volume penuh. Ponsel ini juga memakan daya hingga 33% setelah dipakai seharian bermain beberapa media sosial seperti TikTok, Instagram dan bermain game selama kurang lebih 4 jam.

Baca Juga  Investasi Saham: Jenis, Tujuan, Cara, Hingga Proses Pembelian Saham

Kekurangan Vivo Y30

Dimana ada kelebihan selalu ada kekurangan, istilah ini juga berlaku di bidang teknologi. Dari banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh ponsel Vivo seri Y30 ini, nyatanya ada beberapa kekurangan yang wajib Anda ketahui. Inilah daftar beberapa kekurangannya.

1. Layar Tidak Terlindung Antigores

Hp Vivo seri ini tidak memiliki antigores sehingga sangat rawan retak dan pecah ketika jatuh. Ini menjadi salah satu kekurangan ketika bersaing, karena di kelas yang sama, ponsel dari vendor lain sudah memiliki perlindungan kaca corning gorilla glass 5. Meski begitu, Anda masih bisa mengakalinya dengan membeli antigores sendiri di konter-konter terdekat.

2. Belum Berpanel OLED

Untuk memberikan sensasi bermain game atau memutar video yang baik, ponsel tentu memerlukan konfigurasi layar OLED ataupun AMOLED. Konfigurasi ini diperlukan karena panel IPS LCD masih berupa pancaran cahaya berwarna gelap sehingga tidak bisa menampilkan kontras warna layaknya display yang sudah berpanel OLED. Panel ini juga hemat daya karena memiliki dark mode.

Sayangnya, untuk Vivo seri ini masih menggunakan panel IPS pada layarnya. Sebenarnya kekurangan ini masih bisa dimaklumi, mengingat panel IPS LCD juga masih banyak ditemukan pada ponsel di kelas yang sama.

3. Tidak Ada Fitur Pengisian Cepat

Kekurangan lain yang dibawa ponsel ini adalah tidak adanya fitur fast charging. Tidak adanya fitur ini membuat pengisian baterai ponsel membutuhkan waktu lama sampai baterai bisa terisi penuh. Inilah masalah yang cukup mengganggu oleh para pengguna Vivo Y30.

Baterai ponsel Vivo seri ini hanya bisa diisi melalui charger standar 5W dan membutuhkan waktu sekitar 3 jam 30 menit. Tentu saja waktu ini sangat lama dan mungkin bisa sangat mengganggu bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. jika dibanding dengan Vivo Y50, smartphone itu justru lebih diunggulkan karena mendukung pengisian cepat 18W.

4. Kinerja Mesin Kurang Maksimal

Kekurangan Vivo Y30 yang terakhir terletak pada kinerja mesin yang kurang maksimal. Mesin yang digunakan ponsel ini ditenagai MediaTek Helio P35, yang kemampuannya setara dengan Snapdragon 625. Hanya saja, chipsetnya di ponsel Vivo seri Y30 ini terasa kurang optimal.

Ketika ponsel digunakan untuk bermain game berat seperti PUBG Mobile dengan grafik Balane, pengguna ponsel hanya bisa menggunakan setelan frame rate maksimal di Medium, selebihnya dengan membuat frame drop.

Meskipun memiliki kekurangan, nyatanya ponsel Vivo Y30 ini masih bisa bersaing dengan ponsel dari pabrikan lain, terlebih harganya yang cukup terjangkau. Saat rilis saja, ponsel ini dibanderol dengan harga di angka 2 jutaan. Seiring waktu, tentu saja ponsel ini sudah turun harga. Jika Anda ingin membeli ponsel baru, pertimbangkan terlebih dahulu terkait kebutuhan dan dana yang ada.

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status