Home » Islami » Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Lengkap Sesuai Sunnah Nabi

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Lengkap Sesuai Sunnah Nabi

Iuwashplus.or.id Untuk menyambut tahun baru yang sudah ditunggu-tunggu oleh banyak orang, umat muslim disarankan untuk membaca doa akhir tahun dan awal tahun yang benar. Sebab, akhir tahun bisa dijadikan sebagai momen terbaik untuk muhasabah diri dan berdoa demi kebaikan masing-masing.

Namun, tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa umat muslim yang belum tahu bacaannya dengan baik. Maka dari itu, di sini kami tidak hanya akan membagikan bacaan dalam bahasa Arabnya saja, tapi juga latin dan artinya secara lengkap. Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini sampai akhir!

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Arab, Latin, Arti, Serta Bantuan Audio MP3

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Arab, Latin, Arti, Serta Bantuan Audio MP3

Doa yang bisa diucapkan ketika hendak menyambut tahun baru ini dapat menambah keberkahan dalam kehidupan masing-masing umat muslim. Oleh karena itu, ada banyak umat muslim yang lebih memilih untuk pergi ke masjid demi bisa membaca doa ini secara lebih khusyuk.

Meski doa ini sebenarnya tidak dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW maupun dalil pada syariat yang menetapkannya, tapi tidak ada salahnya untuk mengucap doa ini demi kehidupan yang lebih baik di masa depan. Lalu, bagaimana bacaan doa akhir tahun dan awal tahun yang benar?

1. Doa untuk Akhir Tahun

1. Doa untuk Akhir Tahun

Untuk doa yang satu ini bisa diucapkan pada malam hari tanggal 31 Desember sebelum masuk ke tanggal 01 Januari. Tahun baru tidak hanya bisa disambut dengan bermain petasan, kumpul keluarga, maupun jalan-jalan saja, tapi juga bisa disambut dengan melakukan muhasabah diri bagi umat muslim.

Doa yang baik untuk diucapkan ketika akhir tahun dan awal tahun saling berbeda, dan berikut adalah bacaan doa untuk akhir tahun yang dapat diucapkan setiap umat muslim ketika tahun baru akan tiba:

للَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Bacaan Latinnya: Allahumma ma’amiltu min’amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani’anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha’alayya bi fadhlika ba’da qudratika’ala uqubari, wa da’autani ilat taubati min ba’di jara’ati’ala ma’shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirlo wa ma’amiltu fiha mimma tardha, wa wa’attani’alaihits tsawaba, fa as’aluka an taqabbal minna wa la taqata’ raja’i minka ya karim.

Artinya: Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatan yang telah kulakukan di tahun ini yang termasuk Kau larang, sementara aku belum sempat untuk bertobat kepada-Mu, perbuatanku yang selalu Kau maklumi karena kemurahan-Mu, sementara kau mampu menyiksaku. Aku meminta ampun atas perbuatan yang Kau perintahkan untuk segera bertobat, sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu.Tuhanku, aku berharap Kau dapat menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala dari-Mu. Janganlah Kau membuatku putus asa, Wahai Tuhan yang Maha Pemurah.

Bacaan doa akhir tahun tahun audio (MP3):

Baca Juga  Arti Syafakallah, Syafakillah, Syafahullah, Syafahallah & Cara Jawabnya

2. Doa untuk Awal Tahun

2. Doa untuk Awal Tahun

Jika doa akhir tahun dapat diucapkan pada saat malam hari tanggal 31 Desember, sedangkan doa awal tahun dapat diucapkan ketika sudah memasuki tanggal baru di tahun yang baru juga. Karena waktu pengucapannya berbeda, tentu artinya pun sedikit berbeda.

Untuk doa awal tahun berikut ini dapat dibaca sebanyak 3 kali, agar para umat muslim dapat menerima lindungan, rahmat, keselamatan, jodoh, rejeki, wafat husnul khotimah, dan berbagai kebaikan dari Allah SWT lainnya. Berikut adalah bacaan Arab, latin, dan arti dari doa awal tahun yang benar:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Latin: Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa ala fadhlikal ‘azhimi wa karimi judikal mu’awwal. Hadza amun jadidun qad aqbal. As’alukal ishmata fihi minas syaithani wa auliya’ih, wal ‘auna ala hadzihin nafsil ammarati bis sul, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya: Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan hati-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru sudah tiba. Aku selalu berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini.

Aku juga mengharapkan pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku untuk melakukan kejahatan. Kepada-Mu aku memohon bimbingan agar kegiatan keseharianku dapat lebih mendekatkanku kepada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Bacaan doa awal tahun audio (MP3):

Waktu Terbaik untuk Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Waktu Terbaik untuk Membaca

Kedua doa yang memiliki makna positif di atas dapat dibaca ketika menyambut tahun baru Hijriyah maupun tahun baru Masehi.

Jika tahun Hijriyah berakhir pada 29/30 Dzulhijjah, untuk tahun Masehi akan berakhir pada tanggal 31 Desember. Jadi, waktu membacanya pun akan berbeda, yaitu:

1. Tahun Hijriyah

Seperti yang sudah kami katakan di paragraf sebelumnya, tahun Hijriyah akan berakhir pada tanggal 29 atau 30 Dzulhijjah. Sehingga ketika adzan ashar telah berkumandang dan mendekati waktu adzan maghrib, umat muslim dapat membaca doa untuk mengakhiri tahun tersebut.

Baca Juga  Doa Untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh Arab dan Latin

Setelah itu, ketika adzan maghrib telah berkumandang dan waktu telah berganti menjadi tanggal 1 Muharram, maka umat muslim dapat membaca doa awal tahun dengan tepat. Mengapa waktu pergantian tahun Hijriyah berbeda dengan waktu pergantian tahun Masehi?

Sebab, perhitungan tahun Hijriyah akan dilihat dari waktu terbenamnya matahari di hari tersebut. Hal ini tentu sangat berbeda dengan perhitungan tahun Masehi yang telah diketahui oleh banyak orang.

2. Tahun Masehi

Karena waktu pergantian tahunnya berbeda dengan tahun Hijriyah, hal ini membuat waktu yang tepat untuk membaca doa akhir tahun dan awal tahun Masehi pun juga berbeda. Umumnya, doa ini akan dibaca oleh umat muslim ketika waktu sudah menunjukkan pukul 22:00 – 23:59.

Sebab, ketika waktu sudah menunjukkan pukul 00:00, maka tahun dinyatakan sudah berganti. Sedangkan untuk doa awal tahun Masehi dapat dibaca ketika hari sudah memasuki tanggal 01 Januaridi tahun selanjutnya.

Dengan membaca kedua doa ini di waktu yang tepat, para umat muslim dapat memperoleh keberkahan yang lebih banyak di tahun barunya itu. Maka dari itu, waktu-waktu terbaik ini sering dianggap sebagai waktu yang mustajab untuk dihafalkan oleh seluruh umat muslim. Baik di Indonesia dan negara lainnya.

Baca Juga: Bacaan Doa Minum Air Zam-Zam Sesuai Sunnah (Arab-Latin-Arti)

Manfaat Membaca Doa Akhir Tahun & Awal Tahun dengan Sungguh-Sungguh

Manfaat Membaca

Sama halnya seperti doa-doa lainnya yang memiliki banyak manfaat bagi umat muslim, kedua doa untuk menyambut tahun baru ini juga memiliki berbagai keutamaan.

Berikut adalah 4 manfaat ketika seseorang membaca doa awal tahun dan akhir tahun:

1. Mendapat Pengampunan dari Allah SWT

Semua orang pasti pernah melakukan dosa yang disesalinya di kemudian hari. Ketika seseorang menyesal telah berbuat dosa, maka dia akan langsung meminta ampun kepada Allah SWT. Dalam hal ini, salah satu manfaat doa awal tahun dan akhir tahun adalah untuk mendapat pengampunan.

Untuk menyambut tahun baru, baik Hijriyah maupun Masehi, umat muslim dapat membaca doa yang ada di atas, agar Allah SWT dapat menerima permintaan maaf tersebut. Namun, doa tersebut harus dipanjatkan dengan hati yang sungguh-sungguh dan penuh harapan yang tulus.

Maka dari itu, ada beberapa umat muslim yang meluangkan waktunya sejenak untuk membaca doa ini di masjid sebelum tahun selanjutnya tiba.

Ketika doa ini dipanjatkan di tempat yang lebih sunyi dan dekat dengan Allah SWT, maka akan lebih besar kemungkinannya untuk Anda bisa membacanya secara lebih khusyuk. Dengan begitu, Allah SWT dapat lebih melihat kesungguhan hati para umatnya yang membaca doa ini.

2. Mendapat Rezeki dan Keberkahan yang Lebih Berlimpah

Manfaat kedua yang dapat diperoleh umat muslim yang membaca doa akhir tahun dan awal tahun adalah akan diberikan rezeki dan keberkahan yang lebih berlimpah. Rezeki dan keberkahan merupakan 2 hal yang sangat dibutuhkan oleh semua umat muslim.

Baca Juga  Kumpulan Doa Pernikahan Sesuai Sunnah Islam Agar Berbahagia

Manfaat ini juga bisa dilihat pada arti kedua doa di atas. Di dalam doa tersebut dikatakan bahwa Anda memohon untuk diberikan rezeki yang lebih berkah di tahun berikutnya. Sebab, tidak ada yang lebih baik lagi dibanding rezeki yang berkah bagi setiap umat muslim.

3. Mendapat Pahala atas Kebaikan yang Telah Dilakukan

Selama setahun itu Anda pasti pernah melakukan berbagai kebaikan dengan penuh kesadaran maupun tanpa sadar. Dengan membaca kedua doa ini untuk menyambut hadirnya tahun baru, Allah SWT dapat menerima semua amal baik yang telah dilakukan oleh seluruh umat-Nya.

Sebagai ganti atas kebaikan yang telah dilakukan oleh semua umat-Nya tersebut, Allah SWT akan memberikan pahala yang berlimpah. Pahala ini nantinya dapat lebih mendekatkan Anda ke pintu surga yang menjadi impian bagi banyak umat muslim.

Namun, hanya umat muslim yang membaca doa secara sungguh-sungguh dan penuh harapan saja yang dapat menerima manfaat ini. Jadi, jika Anda juga ingin mendapat manfaat ini dari Allah SWT, Anda harus membaca doanya dengan khusyuk, sungguh-sungguh, dan lafal yang tepat.

Baca Juga: Sejarah Doa Nurbuat Serta Hukum Membaca dan Manfaatnya

Bacaan Doa Akhir Tahun Lainnya

Bacaan Doa Akhir Tahun Lainnya

Beberapa doa yang akan kami sebutkan di sini bisa dibaca setelah maupun sebelum membaca doa yang ada di atas.

Dengan mengucap doa-doa ini, Anda bisa memperoleh pahala dan keberkahan yang lebih besar. Lantas, apa saja doa yang dapat dipanjatkan untuk menyambut tahun baru?

1. Istighfar Sebanyak 11 Kali

Baik sebelum maupun sesudah membaca doa untuk akhir tahun yang ada di atas, Anda bisa mengucap istighfar sebanyak 11 kali. Sebab, makna dari bacaan ini sendiri adalah untuk memohon ampun kepada Allah SWT atas segala perbuatan yang telah dilakukan oleh diri masing-masing.

Sebelum tahun berganti, ucapkan Astaghfirullahaladziim sebanyak 11 kali, maka Allah SWT dapat memberikan pengampunan yang lebih besar kepada umat-Nya.

2. Sholawat Nabi Sebanyak 11 Kali

Salah satu perintah Allah SWT kepada umat-Nya adalah mengucap sholawat di mana pun dan kapan pun mereka berada. Maka dari itu, Anda juga bisa membaca sholawat Nabi sebanyak 11 kali untuk menyambut pergantian tahun tersebut. Berikut adalah bacaan sholawat Nabi yang benar:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Latin: Allahumma sholli’alaa sayyidinaa Muhammad.

Arti: Ya Allah semoga sholawat tetap kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW.

3. Ayat Kursi Sebanyak 11 Kali

Ayat kursi sering dianggap sebagai salah satu ayat dalam Al-Quran yang dapat menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan yang dirasakan oleh setiap umat muslim. Maka dari itu, ayat kursi juga boleh dibaca sebanyak 11 kali untuk menyambut tahun baru yang lebih baik.

Selain mampu menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan dalam hati seorang umat muslim, ayat kursi masih memiliki berbagai jenis keutamaan yang baik untuk kehidupan manusia. Jadi, tidak ada salahnya untuk membaca ayat kursi pada saat pergantian tahun akan tiba.

Dengan mengucap doa akhir tahun dan awal tahun dengan pelafalan yang tepat dan hati yang penuh harapan, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat yang baik untuk masa depan duniawi maupun akhirat.

Mulailah membiasakan diri untuk menyambut tahun baru dengan berdoa dan bukan bermain maupun berfoya-foya yang tidak ada artinya. Sebab, dosa akan terus bertambah jika Anda tidak kunjung bertobat.

Baca Juga: Doa Sebelum Belajar: Arab, Latin dan Artinya Sesuai Sunnah

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status