Home » Pendidikan » Inilah Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaatnya Untuk Diri Sendiri

Inilah Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaatnya Untuk Diri Sendiri

Iuwashplus.or.id Ada banyak sekali jenis puasa sunnah, salah satunya puasa senin kamis. Bahkan Rasulullah sendiri sering menjalankan ibadah sunnah yang satu ini sehingga bagi yang ingin melakukannya harus paham betul bagaimana cara yang tepat. Niat puasa senin kamis juga tak begitu sulit, apalagi ada banyak manfaat dan juga pahala yang akan didapat.

Ibadah ini sendiri merupakan puasa yang dilaksanakan pada hari senin dan kamis dan tentu saja bacaan niatnya pun berbeda. Jika ingin melakukan puasa di hari senin, maka niatnya pun untuk hari senin tersebut begitupun bila ingin melakukannya di hari kamis, maka niat yang dibaca harus untuk hari kamis pula.

Bacaan Untuk Niat Puasa Senin Kamis

Bacaan Untuk Niat Puasa Senin Kamis

Untuk bacaan niatnya sendiri sangat sederhana dan bisa Anda lakukan dengan mudah. Berikut yang harus Anda baca!

Bacaan Untuk Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin: “Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatal lillahi ta’ala.”

Bacaan tersebut memiliki arti, “Saya niat puasa sunnah hari Senin karena Allah Ta’ala.”

Bacaan Untuk Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin: “Nawaitu sauma yaumal khamisi sunnatan lillahi ta’ala.”

Bacaan niat ini memiliki arti, “Saya niat puasa sunnah hari Kamis karena Allah Ta’ala.”

Dalam melaksanakan ibadah satu ini, niat harus dibaca malam hari atau dengan kata lain setelah matahari terbenam dan sebelum terbitnya fajar. Namun, karena ini merupakan sunnah jadi apabila terjadi lupa membaca niat, maka bisa membacanya di pagi hari setelah terbit fajar. Dengan catatan Anda masih belum mengkonsumsi makanan atau minuman apapun.

Baca Juga  Doa I'tidal dan Artinya (versi Muhammadiyah & Sesuai Sunnah)

Hendaknya jika ingin memulai maka sebelum waktunya tiba maka dipersiapkan dulu, mulai dari makan sahur dan lain-lain. Anda juga wajib menahan diri dari segala hal yang membatalkan seperti emosi, nafsu dan sebagainya. Sama halnya ketika berpuasa wajib saat bulan ramadhan tiba. Kemudian setelah seharian menjaga diri dari segala godaan, maka segerakanlah berbuka dan batalkan saat waktunya tiba.

Manfaat Menjalankan Ibadah Puasa Senin Kamis

Manfaat Menjalankan Ibadah Puasa Senin Kamis

Menjalankan ibadah tersebut tak hanya mendapat pahala, tapi ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan. Karena manfaatnya inilah yang membuat banyak orang mau melaksanakannya dengan benar. Apa saja manfaat yang akan didapatkan? Mari simak!

1. Membantu Melatih Kedisiplinan

Melaksanakannya dapat melatih sikap disiplin yang kita miliki menjadi lebih baik. Di awal mungkin akan terasa sangat susah, tapi jika sudah melakukannya berulang kali dan terbiasa maka ini akan menjadi sebuah hal baik yang datang pada diri kita.

Jadi, bagi Anda yang susah untuk bersikap disiplin maka tidak ada salahnya apabila mencoba untuk lakukan puasa senin kamis sebagai cara yang tepat.

2. Membantu Atasi Berbagai Macam Penyakit

Salah satu hal terbaik atau manfaat yang dapat diperoleh adalah bisa membantu kita dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Misalnya saja penyakit jantung yang kerap terjadi jika tidak menjaga pola hidup kita menjadi lebih sehat. Setidaknya dengan ini maka bisa meminimalisir risiko terkena penyakit jantung ini.

Kemudian penyakit lainnya yang sering menyerang baik anak muda atau orang tua adalah diabetes. Menurut sejumlah penelitian, ibadah sunnah yang satu ini dapat mengurangi kadar gula dalam darah sehingga penyakit diabetes ini tidak gampang menyerang.

3. Melatih Daya Ingat

Manfaatnya tentu saja sangat terbukti dalam melatih dan menjaga daya ingat kita tetap bagus. Apalagi jika Anda melakukannya dalam jangka waktu tertentu dan rutin. Misal saat puasa senin kamis ini, maka Anda akan terbiasa mengingat waktunya dengan benar agar tidak terlewat.

Baca Juga  Al Maidah Ayat 48 Menjelaskan Tentang Apa? Ini Arti dan Tafsirnya

Para peneliti bahkan menyatakan bahwa ibadah tersebut mempunyai dampak yang baik untuk saraf. Bahkan Anda yang sering pelupa bisa mencobanya untuk mempertajam daya ingat yang dimiliki.

4. Menjaga Organ Pencernaan

Anda pastinya paham bahwa organ dalam kita terutama pencernaan kerap bekerja keras setiap harinya. Sehingga waktu puasa menjadi salah satu ‘hari libur’ agar organ pencernaan ini bisa beristirahat sejenak. Apalagi khususnya untuk bagian lambung serta usus yang terus-terusan mencerna makanan setiap hari.

Jika organ pencernaan sehat, maka penyakit juga tidak akan mudah untuk datang. Dengan begitu Anda jadi tidak perlu melakukan pengobatan yang menyakitkan sekaligus mahal. Inilah alasan kenapa puasa sangat dianjurkan demi kebaikan organ cerna dalam diri sendiri.

5. Dapat Menurunkan Berat Badan

Mempunyai kelebihan berat badan juga bukan hal yang bagus karena rentan terkena penyakit tertentu. Apalagi bagi Anda yang merasa berat badan telah melebihi yang seharusnya, maka cobalah untuk mulai berpuasa senin kamis. Selain pahala, Anda jadi bisa memperoleh pahala pula.

Setidaknya bahaya lemak yang ada dalam tubuh kita dapat sedikit ditekan sehingga bisa menurunkan berat badan secara bertahap. Daripada mengkonsumsi minuman diet dan sebagainya yang kadang tak dianjurkan alias berbahaya, maka puasa dapat menjadi salah satu alternatif paling bagus untuk menurunkan berat Anda.

6. Meningkatkan Kedamaian Dalam Hati

Anda mungkin sedang sangat stres, merasa lelah dan tidak tenang menjalani kehidupan. Solusi untuk hal tersebut adalah dengan mencoba lebih dekat kepada Allah SWT. Caranya tentu saja dengan menjalankan puasa senin kamis ini. Karena tidak ada hal yang lebih baik selain menggantungkan harapan kepada Allah SWT.

Anda bisa memulai ibadah tersebut selama beberapa waktu, tenangkan hati dan pikiran dari beberapa masalah serta yakin bahwa semuanya akan baik-baik saja. Dengan begitu hati akan menjadi lebih damai dan Anda pun tidak mudah terbawa oleh emosi.

Baca Juga  Doa Niat Mandi Wajib Lengkap Yang Tepat dan Benar

7. Melatih Rasa Bersyukur

Di era modern ini tak sedikit orang yang kurang bersyukur dengan hidup yang telah dilalui. Ada banyak faktor yang membuat hal ini terjadi dan untuk mengatasinya juga ada berbagai macam cara. Paling tepat adalah dengan melaksanakan puasa senin kamis yang memiliki banyak manfaat.

Dengan rasa syukur yang benar, kita tidak akan mudah terjebak dalam berbagai hal buruk atau masalah apapun itu. Sebab di luar sana pun masih banyak sekali orang yang kehidupannya tak lebih baik dari kita.

Akhir Kata

Perlu diketahui bahwa apabila dijalankan dengan rutin maka akan membawa dampak yang baik untuk tubuh serta hati kita. Banyak orang yang sudah merasakan hal tersebut dan memberikan pandangan mereka tentang ibadah sunnah ini. Konon yang paling terasa adalah saat hati mereka menjadi lebih tenang dan bisa lebih bersyukur atas hidup yang dijalani.

Ada banyak informasi yang kurang baik mengenai puasa senin kamis ini. Beberapa bahkan menyatakan jika tidak kuat melaksanakannya maka sebaiknya tidak dilakukan karena akan membuat kita mengalami banyak kejadian buruk. Padahal, tidak seperti itu sama sekali.

Anda bisa menjalankan niat puasa senin kamis asalkan mampu dan tidak sedang dalam kondisi sakit. Raih keberkahan dengan melakukan ibadah puasa sunnah untuk hidup yang lebih baik.

BACA JUGA:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status