Home » Aplikasi » 8 Aplikasi Convert PDF ke Word Gratis Terbaik Online dan Offline

8 Aplikasi Convert PDF ke Word Gratis Terbaik Online dan Offline

Iuwashplus.or.idAplikasi convert PDF ke Word tentu akan sangat dibutuhkan terutama untuk urusan-urusan penting mulai dari pekerjaan hingga sekolah. PDF (Portable Document Format) sendiri merupakan salah satu format dokumen yang sering digunakan untuk beberapa pertukaran dokumen secara digital.

Format ini menjadi pilihan banyak orang karena tampilannya yang tidak mudah berubah saat dibuka melalui perangkat lain yang berbeda. Ini berbeda dengan format Word atau PPT yang tatanannya berubah ketika versi aplikasi perangkat penerima berbeda dengan perangkat yang mengirimkannya.

Sebagai alternatif, file tersebut akan diubah menjadi PDF terlebih dahulu. Selanjutnya penerima bisa mengubah PDF ke Word atau format lainnya melalui aplikasi hingga situs online. Ingin menggunakan aplikasi convert PDF to Word gratis namun bingung memilih di antara banyaknya aplikasi yang ada?

Jangan bingung lagi karena berikut akan diberikan berbagai rekomendasi aplikasi pengubah PDF ke Word terbaik yang bisa kamu coba. Simaklah penjelasan beserta kelebihan masing-masing aplikasi di bawah ini agar bisa memilih puluhan aplikasi yang ada dengan lebih mantap!

8 Aplikasi Convert PDF ke Word yang Wajib Dicoba

8 Aplikasi Convert PDF ke Word yang Wajib Dicoba

Dalam suatu hal pekerjaan, pendidikan, atau bahkan kehidupan sehari-hari, mengubah file PDF menjadi Word merupakan kepentingan yang tidak bisa dihindari. Adanya berbagai urusan yang dikerjakan secara digital di era modern ini menjadi sebabnya.

Apabila kamu dihadapkan dalam situasi tersebut, maka jangan khawatir karena terdapat banyak sekali aplikasi hingga situs online yang bisa digunakan untuk mengubah format file. Seiring dengan banyaknya aplikasi yang tersedia, tentu masing-masing dihadirkan dengan keunggulan serta kelemahannya sendiri.

Ada beberapa aplikasi yang mengharuskan penggunanya untuk berlangganan, sebagian lagi juga ada yang menerapkan batasan dalam konversi file. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi yang tidak berbayar atau bahkan bisa digunakan secara offline, maka cobalah untuk melakukan riset kecil terkait fitur aplikasi.

Untuk memudahkan kamu dalam memilih aplikasi file converter terbaik, berikut ini akan diberikan daftar berbagai aplikasi convert PDF ke Word dengan fitur unggulan dan link downloadnya:

1. Adobe Acrobat Standard DC

1. Adobe Acrobat Standard DC

Adobe Acrobat menjadi software yang direkomendasikan terutama jika kamu perlu mengkonversi file di PC. Tidak hanya bisa convert PDF to Word tanpa batasan, software yang dikembangkan Adobe System ini juga bisa digunakan untuk melihat, mencetak, hingga memasukkan tanda tangan di file PDF.

Sebaliknya, Adobe Acrobat juga dapat dimanfaatkan untuk mengubah berbagai format file menjadi PDF. Semua fitur ini bisa digunakan secara gratis pada PC. Namun sayangnya untuk bentuk aplikasi yang digunakan di ponsel, terdapat beberapa fitur yang baru bisa digunakan dengan berlangganan.

Untuk mendapatkan versi aplikasinya, cukup ketikkan ‘Adobe Acrobat Reader’ di Play Store ataupun App Store. Jika tertarik menginstal dan menggunakannya di HP, inilah beberapa fitur yang bisa digunakan secara gratis:

  • Melihat dan mencetak file PDF
  • Liquid Mode untuk mengubah ukuran font dan mencari teks dalam file PDF dengan cepat
  • Memberikan keterangan di file PDF berupa komentar, catatan, serta sorotan teks
  • Mengisi formulir PDF tanpa mengkonversi file menjadi Word terlebih dahulu
  • Mengisi tanda tangan secara digital

Sementara itu, beberapa fitur premium yang baru bisa digunakan dengan berlangganan terlebih dahulu pada aplikasi ini di antaranya sebagai berikut:

  • Mengedit PDF berupa autocorrect, menambahkan atau menghapus gambar, serta mengedit teks melalui OCR
  • Menggabungkan beberapa file sekaligus menjadi satu dengan fitur konverter PDF
  • Menyusun ulang, memutar, menghapus, atau menambahkan halaman pada file PDF
  • Mengubah berbagai jenis file (Microsoft, gambar, Google Document) menjadi PDF
  • Mengekspor serta mengkonversi file PDF ke format lain seperti Word, PowerPoint, JPG, hingga Excel
  • Melindungi privasi dokumen PDF dengan sandi
  • Mengkompres file PDF akan berukuran lebih kecil hingga bisa lebih mudah dibagikan atau disimpan dalam perangkat
Baca Juga  X8 Speeder, Aplikasi Buat Modifikasi Game Domino 100% WORK

2. WPS Office: Aplikasi Convert PDF ke Word

2. WPS Office: Aplikasi Convert PDF ke Word

Rekomendasi aplikasi convert PDF ke Word selanjutnya yang wajib dicoba adalah WPS Office. Aplikasi ini bahkan bisa dikatakan sebagai aplikasi yang menyaingi Microsoft karena fiturnya sukses membuat para pengguna puas.

Tingkat kepuasan pengguna terlihat jelas dengan jumlah unduhan WPS di Play Store yang mencapai lebih dari 500 juta kali unduhan. Di antara jutaan penggunanya, rating aplikasi satu ini begitu tinggi, yaitu 4,7 dari 5 poin.

Dirilis secara resmi di Play Store pada 2011 lalu, inilah berbagai fitur yang ditawarkan oleh WPS Office:

  • Aplikasi dapat convert PDF ke Word offline
  • Mengubah gambar (JPG atau PNG) menjadi PDF
  • Mengisi tanda tangan digital pada PDF
  • Membaca dan memberikan komentar di file PDF secara gratis
  • Menggabungkan serta memisahkan file PDF
  • Aplikasi mendukung hingga 51 bahasa untuk berbagai keperluan termasuk autocorrect dan keperluan lain
  • Mendukung semua format file termasuk PDF, Word, Excel, hingga PowerPoint
  • Menyediakan banyak template yang bisa digunakan untuk mengerjakan tugas, membuat CV, hingga mengerjakan proyek dengan lebih efisien
  • Membuat, mengedit, dan membagikan berbagai format dokumen
  • Mengkonversi semua jenis file Office meliputi Word, Sheet, Teks, hingga PowerPoint menjadi file PDF

Sekarang bahkan WPS juga telah tersedia secara gratis bagi kamu yang ingin menggunakannya di PC ataupun MAC.

3. Aplikasi SmallPDF Convert PDF ke Word

3. Aplikasi SmallPDF Convert PDF ke Word

Bagi pengguna yang sering mengkonversi file PDF melalui situs online pasti sudah tidak asing dengan nama aplikasi satu ini. Dulunya SmallPDF merupakan situs website yang bisa digunakan untuk mengkonversi file PDF ke Word dan sebaliknya dengan mudah dan gratis.

Mungkin karena memiliki jutaan pengguna, akhirnya sekarang telah terdapat versi aplikasi dari SmallPDF. Aplikasi convert PDF ke Word yang baru dirilis 2020 lalu kini sudah diunduh hingga 5 juta lebih pengguna. Tidak mengecewakan, rating aplikasi ini juga mencapai 4,9/5 di Play Store.

Merupakan pengguna situs website SmallPDF dan penasaran dengan fitur-fitur yang dihadirkan dalam versi aplikasinya? Langsung saja simak poin-poin berikut untuk mengetahui berbagai fitur yang disematkan dalam aplikasi satu ini!

  • Bisa mengkonversi PDF ke Word, PPT, JPG hingga Excel
  • Bisa mengkonversi berbagai format file (Word, PPT, JPG, Excel) ke PDF
  • Mengkompres ukuran file PDF (kompres dasar untuk memperkecil hingga 40%, kompres kuat untuk memperkecil file hingga 75%)
  • Mengedit file PDF dengan menggambar, menambahkan teks, hingga menyoroti teks
  • Memutar file PDF ke kanan, kiri, hingga membaliknya
  • Menghapus, menambahkan, serta menggabungkan halaman pada file PDF
  • Membubuhkan tanda tangan digital pada file PDF
  • Mode baca untuk membaca file PDF dengan lebih nyaman

Dengan ukuran 41 MB, kamu bisa download aplikasi convert word ke pdf satu ini secara langsung di Google Play Store.

4. iLove PDF

4. iLove PDF

Hampir sama dengan SmallPDF, mungkin ada banyak pengguna yang sebelumnya telah mengetahui iLove PDF melalui situs websitenya. Tidak hanya terkenal melalui situsnya saja, iLove PDF juga tersedia dalam aplikasi yang bisa diunduh secara mudah di Play Store.

Baca Juga  Ukuran Kertas F4 dalam Cm, Mm, Inch, Pixel & Cara Settingnya

Melihat angka unduhan yang mencapai 5 juta kali dengan rating aplikasi 4,7/5 menunjukkan bahwa aplikasi satu ini patut untuk dicoba. Sesuai namanya, iLove PDF tidak hanya bisa digunakan untuk convert file PDF ke Word saja, namun juga bisa sekaligus digunakan untuk mengedit atau sekadar membaca PDF.

Keunggulan fitur utama dari iLove PDF yang belum tentu bisa ditemukan pada aplikasi lain terdapat pada kemampuan pengenalan teks (OCR) yang dimilikinya. Dengan fitur satu ini, pengguna bisa mengubah gambar atau bahkan teks yang dipindai menjadi file PDF dengan akurasi yang cukup tinggi.

Selain fitur unggulan di atas, iLove PDF juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti berikut:

  • Mengambil gambar dokumen dan menyimpannya dalam bentuk PDF
  • Mengubah PDF menjadi file Office (Word, PowerPoint, dan Excel)
  • Mengisi formulir, anotasi PDF, dan membubuhkan tanda tangan dalam PDF
  • Membaca, mengedit, memodifikasi, dan menyimpan hasil suntingan PDF ke perangkat
  • Mengkompres ukuran PDF tanpa mengurangi kualitas visual file
  • Menggabungkan, memutar, serta memisahkan halaman yang ada di PDF
  • Melindungi PDF dengan menambahkan kata sandi

5. Xodo PDF

5. Xodo PDF

Rekomendasi aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan convert PDF ke Word adalah Xodo PDF. Aplikasi yang sudah dirilis sejak 2014 lalu ini saat ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store. Ratingnya pun cukup bagus dengan nilai 4,6/5.

Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengkonversi PDF ke Word saja, Xodo PDF juga diklaim menjadi aplikasi all-in-one yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan menyangkut PDF. Namun sayangnya kamu harus berlangganan terlebih dahulu untuk bisa mengkonversi PDF ke Word, Excel, atau PowerPoint.

Meski begitu Xodo menawarkan uji coba gratis dalam beberapa waktu untuk para penggunanya jika ingin mencoba fitur pro yang dimilikinya. Setelah uji coba berakhir pengguna bisa memilih meneruskan atau berhenti berlangganan premium.

Beberapa fitur pro atau premium yang disediakan aplikasi satu ini diantaranya:

  • Convert format PDF ke Word, PowerPoint, atau Excel
  • Menggunakan alat redaksi PDF untuk menghapus konten sensitif yang ada di dokumen PDF
  • Memfilter anotasi pada tingkat lanjut

Sementara itu, beberapa fitur gratisnya terangkum dalam poin-poin berikut:

  • Konversi PDF ke JPG
  • Konversi format file Word, Excel, dan PowerPoint ke PDF
  • Konversi format file Word, PowerPoint, dan Excel ke JPG
  • Bisa memangkas, menghapus, memutar, mengatur ulang, serta menambahkan halaman PDF secara mudah
  • Mengkompres ukuran file PDF
  • Bisa menandai halaman, menggunakan mode gelap, hingga menggunakan reflow mode untuk pengalaman membaca yang baik
  • Bisa dikombinasikan dengan S Pen atau stylus lainnya
  • Mengisi formulir dan membubuhkan tanda tangan elektronik
  • Memindai halaman menggunakan kamera dan menyimpannya menjadi PDF
  • Menghapus atau menambahkan sandi pada file PDF

6. CS PDF

6. CS PDF

Mendengar aplikasi CS PDF, mungkin ada banyak pengguna yang mengira ini merupakan aplikasi CamScanner. Meski sama-sama berada di bawah naungan CamSoft Information, kedua aplikasi ini berbeda dan memiliki fitur fungsi yang juga berbeda.

Sesuai namanya, CS PDF merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membaca, mengedit, sekaligus mengkonversi dokumen PDF. Uniknya, aplikasi satu ini bisa disinkronkan dengan CamScanner. Dengan begitu para pengguna dapat memindai berbagai dokumen offline untuk dijadikan file PDF.

Tidak hanya itu saja, aplikasi convert PDF ke Word online ini juga bisa digunakan untuk beberapa hal seperti di bawah ini:

  • Scan dokumen fisik menggunakan CamScanner dan disinkronkan dengan CS PDF
  • Mengkonversi PDF menjadi file Word, gambar, Excel, serta PowerPoint
  • Mengkonversi file Word, gambar, Excel, serta PowerPoint menjadi PDF
  • Membagikan PDF ke berbagai sosial media atau untuk dicetak
  • Pengalaman membaca yang memuaskan dengan adanya tampilan halaman tunggal, PDF beresolusi tinggi, serta mode baca gulir
  • Menandai informasi penting dalam PDF dengan mencoret teks, menyoroti, mengomentari, hingga menggaris bawah kalimat teks
Baca Juga  12 Aplikasi Live Bar Bar Mod Download Gratis Masuk Room Parah

Tertarik menggunakan aplikasi CS PDF untuk convert file PDF ke word? Kamu bisa langsung mencarinya di Play Store.

7. Nitro Office PDF

7. Nitro Office PDF

Jika kamu merupakan pengguna setia Microsoft, maka Nitro Office merupakan salah satu aplikasi converter yang direkomendasikan untuk dicoba. Selain bisa mengkonversi file PDF, Nitro Office juga hadir dengan tools yang bisa dimanfaatkan untuk membaca serta mengedit dokumen PDF.

Sebagaimana berbagai software yang dikeluarkan oleh Microsoft, software satu ini juga bisa dinikmati secara gratis. Artinya pengguna tidak perlu melakukan sejumlah pembayaran atau berlangganan untuk bisa menggunakan beberapa fitur yang disediakan di dalamnya.

Membahas tentang fitur yang disediakan di dalamnya, kamu bisa melakukan berbagai rangkaian hal yang tercantum dalam poin-poin di bawah ini:

  • Mengkonversi file PDF dalam format Word, GIF, TIFF, JPEG, hingga PNG
  • Bisa diakses menggunakan perangkat komputer ataupun seluler
  • Membaca serta mengedit dokumen PDF dengan mudah
  • Membuat file PDF dari halaman kosong
  • Memisahkan atau menggabungkan halaman-halaman pada PDF
  • Menambahkan tanda tangan digital pada dokumen PDF

Aplikasi convert PDF ke Word untuk PC satu ini bisa didapatkan di Microsoft Store. Seiring dengan itu, sayangnya masih belum terdapat versi aplikasi dari Nitro Office yang bisa ditemukan di Play Store.

Jadi, jika kamu tertarik menggunakannya, langsung saja akses melalui Microsoft Store yang ada di perangkat.

8. UniPDF

8. UniPDF

UniPDF adalah aplikasi converter PDF yang cocok digunakan untuk pengguna yang masih awam dengan berkas-berkas digital. Pasalnya aplikasi ini memang diakui memiliki UI yang di desain sedemikian rupa agar bisa dipahami oleh pengguna pemula sekalipun.

Petunjuk yang diberikan serta peletakan berbagai tools di dalamnya diatur sedemikian rupa agar tidak terlihat rumit dan mudah dipahami. UniPDF juga akan sangat berguna terutama untuk pengguna yang membutuhkan alat konversi PDF ke berbagai format dokumen lain yang lebih bervariasi.

Bagaimana tidak, dengan aplikasi satu ini kamu bisa mengkonversi file PDF ke format Word, Gambar (JPG atau PNG), PCX, TGA, BMP, bahkan hingga HTML. Sayangnya, untuk versi gratisnya pengguna hanya bisa melakukan konversi PDF sebanyak 3 kali saja di tiap harinya.

Perlu diketahui bahwa aplikasi satu ini hanya bisa dipasang di perangkat PC dan belum terdapat versi yang memungkinkannya untuk dipasang di ponsel. Namun UniPDF bisa dijalankan di berbagai versi Windows dengan sistem operasi Windows XP, 7, 8, 10, 11, dan Vista.

Penutup

Ulasan di atas menunjukkan bahwa terdapat cukup banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengkonversi PDF ke Word. Tentu masing-masing aplikasi ataupun software memiliki berbagai keunggulannya tersendiri yang beberapa di antaranya mungkin tidak bisa ditemui di aplikasi lain.

Karena itulah, cukup baca rangkuman di atas untuk mendapatkan aplikasi convert PDF ke Word dengan fitur yang paling kamu butuhkan. Kamu juga bisa melihat beberapa ulasan pengguna lain untuk mengetahui kualitas aplikasi tersebut.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status