Home » Tutorial » Surat Izin Sakit Dari Dokter: Syarat, Cara Dan Contoh (Gdrive)

Surat Izin Sakit Dari Dokter: Syarat, Cara Dan Contoh (Gdrive)

Surat keterangan sakit atau surat izin sakit menjadi hal yang sangat penting. Yang mana memang sebagian besar perusahaan mewajibkan semua karyawannya memberikan surat izin sakit ketika sedang dalam kondisi tubuh yang tidak fit atau sedang sakit. Dimana untuk mendapatkan surat izin sakit ini, kalian bisa mendapatkannya saat berobat baik itu di rumah sakit, puskesmas ataupun klinik.

Akan tetapi, tidak semua dokter akan langsung memberikan surat keterangan sakit kepada pasiennya. Dokter akan memberikan surat keterangan sakit ataupun izin sakit ketika kalian berobat ditempatnya. Yang memang jika benar-benar pasien harus beristirahat di rumah. Untuk mendapatkan surat izin sakit, maka dari itu iuwashplus.or.id telah memberikan contoh syarat dan ketentuan yang harus terpenuhi. Yang mana semuanya akan diulas sebagai berikut.

Syarat dan Ketentuan Surat Sakit Dari Dokter

Surat Keterangan Sakit dari Dokter, Lengkap dengan Tahapan Pembuatan dan Contoh!

Surat sakit adalah sebuah surat resmi yang dikeluarkan oleh dokter yang memberikan keterangan bahwa seseorang atau pasien tidak dapat bekerja atau melakukan kegiatan lainnya karena sedang sakit. Yang mana memang surat sakit sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena dapat menjadi dasar untuk absen kerja atau keperluan lainnya.

Namun, untuk memastikan keaslian surat sakit tersebut, biasanya ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh orang yang meminta surat sakit. Berikut adalah syarat dan ketentuan yang harus kalian perhatikan dalam pengajuan surat sakit.

Baca Juga  4 Langka Cara Transfer Kuota Indosat Tanpa Pulsa 2023

1. Memiliki Keluhan Kesehatan Yang Memadai

Syarat pertama untuk mendapatkan surat sakit yaitu kalian harus memiliki keluhan kesehatan yang memadai. Dalam artian keluhan kesehatan tersebut harus sesuai dengan gejala dan kondisi yang kalian alami, dan harus diperiksa langsung oleh dokter. Jangan sampai kalian membuat keluhan kesehatan palsu atau berlebihan, karena hal tersebut dapat merugikan pihak lain dan melanggar etika medis.

2. Berkonsultasilah Dengan Dokter

Untuk mendapatkan surat sakit, kalian harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dimana nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menentukan apakah kalian memang sedang sakit atau tidak. Jangan pernah meminta surat sakit tanpa berkonsultasi dengan dokter, karena hal tersebut dapat melanggar etika medis.

3. Menjelaskan Kondisi Kesehatan Dengan Jujur

Saat diperiksa oleh dokter kalian harus menjelaskan kondisi kesehatan dengan jujur kepada dokter. Hal ini penting agar dokter bisa memberikan diagnosis dan perawatan yang tepat. Jangan pernah menyembunyikan informasi atau memberikan informasi palsu kepada dokter.

4. Mematuhi Peraturan Perusahaan

Seperti kalian tahu, setiap perusahaan memiliki peraturan yang berbeda-beda terkait absen kerja. Sebelum mengajukan surat sakit, ada baiknya jika kalian memastikan peraturan perusahaan terlebih dahulu. Dimana memang beberapa perusahaan mungkin meminta karyawannya untuk memberikan surat sakit dalam waktu yang ditentukan, atau membatasi jumlah surat sakit yang bisa diberikan dalam satu tahun.

Panduan Cara Meminta Surat Izin Sakit Dari Dokter

Contoh Surat Keterangan Sakit Pribadi dan Resmi yang Baik dan Benar

Selain syarat dan ketentuan surat sakit, kalian juga harus mengetahui panduan yang benar ketika akan meminta surat izin sakit kepada dokter. Yang mana memang surat izin sakit dari dokter adalah dokumen penting yang diperlukan untuk memberikan alasan resmi mengapa seseorang tidak dapat masuk kerja ataupun sekolah.

Baca Juga  DM Instagram Terhapus? Ini 5 Cara Mengembalikanya!

Biasanya, surat izin sakit diperlukan jika seseorang absen selama lebih dari satu hari karena sakit atau kondisi medis tertentu. Nah, jika kalian membutuhkan surat izin sakit dari dokter, berikut adalah panduan yang bisa membantu kalian meminta surat izin sakit dari dokter.

1. Kunjungi dokter

Yang pertama yaitu kalian harus kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan medis jika merasa sakit atau memiliki kondisi medis tertentu. Pastikan juga kalian menjelaskan gejala sakitnya secara rinci kepada dokter sehingga dokter bisa memberikan diagnosis yang akurat dan tepat.

2. Jelaskan alasan membutuhkan surat izin sakit

Panduan selanjutnya yaitu kalian harus menjelaskan kepada dokter alasan kalian membutuhkan surat izin sakit. Jika memang kalian membutuhkan surat izin sakit untuk bekerja atau sekolah, pastikan kalian memberi tahu dokter tentang kebijakan absen yang berlaku di tempat kerja ataupun sekolah.

3. Mintalah surat izin sakit

Kemudian setelah menjelaskan semuanya, langsung saja kalian minta dokter untuk memberikan surat izin sakit. Pastikan juga untuk memberi tahu dokter tentang tanggal yang kalian butuhkan untuk surat izin sakit dan durasi absen yang diperkirakan.

4. Periksa isi surat izin sakit

Kalian juga harus pastikan untuk memeriksa isi surat izin sakit setelah dokter memberikan surat izin sakit. Selain itu kalian harus memeriksa kembali bahwa surat izin sakit sudah mencantumkan nama lengkap kalian, tanggal absen, alasan absen, dan tanda tangan dokter.

5. Sampaikan surat izin sakit ke pihak yang berwenang

Yang terakhir adalah setelah kalian menerima surat izin sakit dari dokter, pastikan untuk memberikan salinan surat izin sakit kepada pihak yang berwenang. Yang dimaksud pihak berwenang yaitu seperti bos atau kepala sekolah. Jangan lupa juga untuk menyimpan salinan surat izin sakit untuk catatan pribadi.

Baca Juga  Contoh Surat Izin Pramuka Dan Cara Menulisnya Dengan Tepat

Contoh Surat Izin Sakit dari Dokter

Contoh Format Surat Keterangan Sakit Pribadi dan Resmi dari Dokter

Dibawah ini kita akan membagikan salah satu contoh surat izin sakit dari dokter, sebagai berikut :

Nomor : [isi nomor surat]

Kepada Yth,
[isi nama atasan/HRD]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Dokter [isi nama lengkap dokter] memberikan izin sakit kepada [isi nama karyawan] dengan rincian sebagai berikut :

Nama : [isi nama karyawan]
Jabatan : [isi jabatan karyawan]
Perusahaan : [isi nama perusahaan]
Tanggal mulai izin : [isi tanggal mulai izin]
Tanggal akhir izin : [isi tanggal akhir izin]

Saat ini, yang bersangkutan sedang dalam perawatan dan membutuhkan istirahat yang cukup untuk memulihkan kondisi kesehatannya. Oleh karena itu, dengan ini saya memberikan izin sakit untuk yang bersangkutan untuk tidak masuk kerja selama periode yang telah disebutkan di atas.

Demikian surat izin sakit ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan saya harapkan dapat diterima sebagai pengganti kehadiran yang bersangkutan di tempat kerja.

Hormat saya,

[Nama Dokter]

Download contoh surat izin sakit dari dokter yang lengkap dalam bentuk file docx gdrive:

Disini

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja yang dapat dijelaskan mengenai surat izin sakit dari dokter. Baik itu syarat ketentuan dalam pembuatan surat sakit, panduan, ataupun contoh surat izin sakitnya. Semoga ulasan ini bisa membantu kalian ketika membutuhkan surat izin sakit dari dokter.

BACA JUGA:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status