Home » Aplikasi » 11 Aplikasi Kredit HP Murah Bunga Rendah, Bisa Tanpa DP!

11 Aplikasi Kredit HP Murah Bunga Rendah, Bisa Tanpa DP!

Pada era serba digital hari ini, hampir semua orang membutuhkan smartphone yang mumpuni. Bahkan, beberapa orang memerlukan smartphone dengan spesifikasi tinggi untuk menunjang pekerjaannya. Namun, tidak semua orang memiliki uang cash untuk membeli sehingga membeli lewat aplikasi kredit HP.

Aplikasi kredit HP sering dipilih oleh masyarakat yang membutuhkan smartphone canggih dengan harga mahal namun tidak memiliki dana tunai. Tapi, meskipun aplikasi yang menyediakan layanan kredit smartphone sudah banyak, tidak semua aplikasi yang beredar di pasaran tersebut bisa dipercaya.

Tidak sedikit aplikasi yang menyediakan kredit HP tersebut adalah aplikasi bodong yang berisiko menyebabkan kerugian finansial. Jadi kamu harus memastikan bahwa aplikasi tersebut sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga lebih terjamin.

Beberapa aplikasi yang menyediakan kredit smartphone bahkan menawarkan fasilitas kredit HP online tanpa survey tanpa DP. Sehingga para pengguna dapat mengajukan pinjaman online hanya bermodalkan kartu identitas diri tanpa harus bertatap muka dengan petugas.

Daftar Aplikasi Kredit HP Terpercaya yang Banyak Digunakan

Daftar Aplikasi Kredit HP Terpercaya yang Banyak Digunakan

Ada beberapa keunggulan kredit HP melalui aplikasi dibandingkan kredit HP tanpa aplikasi seperti kemudahan pengajuan, lebih cepat dan bisa dilakukan dimana saja. Di bawah ini adalah beberapa aplikasi kredit kredibel yang bisa kamu gunakan dengan berbagai ketentuan dan cara pengajuan yang berbeda.

1. Kredivo

1. Kredivo

Kredivo adalah aplikasi kredit HP yang populer sebagai penyedia pinjaman online untuk kredit aneka barang dengan cicilan fleksibel sehingga lebih ringan. Tidak sekedar menyediakan layanan cicilan HP ringan, Kredivo juga sering memberikan aneka diskon dan cashback yang menarik.

Apabila pengguna sudah memiliki dana dan ingin melunasi cicilan lebih awal maka terdapat fitur khusus seperti fitur pelunasan dunai. Selain itu, juga terdapat fitur lain seperti pencairan tunai, tukar poin reward, hingga sebagai dompet digital untuk pembayaran di e-commerce.

Apalagi Kredivo saat ini bisa diakses di lebih dari 150 merchant seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan sebagainya. Syarat untuk bisa mengajukan pinjaman kredit HP di aplikasi Kredivo yaitu:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimal 18 tahun
  • Akun Kredivo harus terhubung ke akun Facebook
  • Minimal pendapatan per bulan Rp3 juta
  • Kredit online hanya akan diberikan kepada pengguna yang berlokasi di daerah Jabodetabek, Medan, Semarang, Surabaya, Palembang, Bandung, dan Denpasar

Aplikasi kredit HP Kredivo menawarkan dua pilihan ketentuan cicilan yakni cicilan express dan cicilan reguler sebagai berikut:

a) Cicilan Reguler

Jika kamu memilih jenis cicilan reguler, maka ada dua dokumen yang harus diupload yakni bukti penghasilan dan dokumen yang menyatakan domisili. Untuk bukti penghasilan dapat dinyatakan menggunakan slip gaji, laporan pajak terbaru, atau rekening koran

b) Cicilan Express

Jika memilih jenis cicilan express maka pengguna tidak harus memberikan dokumen berisi slip gaji dan keterangan tempat tinggal. Sebagai gantinya, peminjam harus memberikan akses ke 1 akun e-commerce yang bisa digunakan transaksi serta akses ke 1 akun internet banking yang dipakai untuk menerima gaji.

2. Aplikasi Akulaku

2. Aplikasi Akulaku

Aplikasi kredit HP dari Akulaku menawarkan kemudahan dalam pembayaran cicilan ponsel dalam jangka waktu 30 hari, atau bisa juga dicicil selama 3, 6 hingga 1 tahun. Sebelum mengajukan pinjaman online melalui aplikasi Akulaku, kamu harus mengetahui persyaratan pengajuannya terlebih dulu sebagai berikut:

  • Pengguna merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia dari 18 tahun sampai 50 tahun
  • Tinggal di Pulau Jawa
  • Memiliki penghasilan setiap bulan
Baca Juga  3 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Pinjam Online

Seluruh persyaratan tersebut harus dibuktikan menggunakan dokumen pendukung seperti KTP, akun media sosial seperti LinkedIn, Facebook dan juga slip gaji sebagai bukti penghasilan.

Nantinya setelah melakukan pendaftaran melalui aplikasi, pihak Akulaku akan memberikan notifikasi hasil pengajuan kredit apakah diterima atau ditolak. Akulaku juga akan memberikan informasi limit pinjaman yang disetujui berdasar data yang diinput. Limit pinjaman biasanya dari mulai 2 juta hingga 9 juta Rupiah.

Langkah untuk mengajukan kredit HP secara online melalui aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Download dan instal aplikasi Akulaku yang ada di Google Play Store maupun App Store
  • Lakukan registrasi dengan membuat akun baru di aplikasi
  • Upload dokumen yang dipersyaratkan seperti kartu identitas, slip gaji, dan sebagainya
  • Tim Akulaku akan melakukan verifikasi data dan menentukan limit pinjaman sesuai biodata peminjam
  • Setelah mendapatkan notifikasi limit pinjaman, kamu sudah bisa memilih produk yang ingin dibeli. Ada banyak pilihan produk HP yang tersedia di Akulaku
  • Selanjutnya bayar uang muka
  • Tim Akulaku akan melakukan verifikasi data. Jika pengajuan disetujui, maka produk HP akan segera dikirim oleh Akulaku ke alamat yang tertera

3. KreditPlus

3. KreditPlus

Aplikasi fintech yang juga banyak dipakai oleh masyarakat untuk mengajukan kredit cicilan barang elektronik seperti HP adalah KreditPlus. Aplikasi fintech ini pada awalnya didesain hanya untuk melayani kredit mobil, motor serta kendaraan berat.

Namun, saat ini KreditPlus sudah terhubung dengan beragam platform e-commerce untuk menyediakan layanan cicilan mudah. Sebagaimana aplikasi kredit HP lainnya, KreditPlus memiliki keunggulan dari segi kemudahan pengajuan kredit karena pengguna tidak perlu ke kantor cabang apa pun.

Keunggulan yang ditawarkan oleh KreditPlus yaitu proses persetujuan pinjaman cepat, layanan pelanggan, fleksibilitas untuk melakukan pembayaran, serta kemudahan akses informasi cicilan. Tenor cicilan yang diberikan juga cukup lama mulai dari 3 sampai 12 bulan.

Untuk bisa menggunakan KreditPlus maka peminjam harus memenuhi syarat berikut:

  • Berpenghasilan tetap minimal Rp3 juta setiap bulan
  • Pengguna merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki email dan nomor HP aktif

4. Adira Finance

4. Adira Finance

Adira Finance sudah sejak lama dikenal sebagai perusahaan fintech yang menyediakan layanan pembiayaan berbagai produk konsumen Indonesia. Aplikasi kredit barang elektronik online ini digunakan oleh masyarakat Indonesia di berbagai daerah.

Fitur yang tersedia pada aplikasi Adira Finance adalah layanan pembiayaan, pembayaran, lokasi cabang, informasi akun, dan notifikasi. Limit pembiayaan yang disediakan oleh Adira mulai dari Rp1 juta hingga Rp100 juta bergantung kepada kriteria pengguna.

Tidak hanya peralatan elektronik, Adira juga melayani pembelian produk konsumen seperti furniture, kendaraan dan lainnya. Untuk mengajukan pinjaman melalui Adira, maka konsumen harus melengkapi data diri sebagai berikut:

  • Salinan KTP
  • Salinan kartu NPWP (wajib untuk mereka yang mengajukan pinjaman lebih dari Rp50 juta)
  • Salinan slip gaji atau salinan rekening koran tabungan untuk bukti penghasilan
  • Formulir aplikasi pembiayaan

5. OVO PayLater

5. OVO PayLater

Jika kamu ingin membeli barang yang dijual di e-commerce dan marketplace namun tidak punya dana untuk membayar tunai, maka OVO PayLater bisa menjadi pilihan. OVO pada awalnya sebenarnya bukan aplikasi kredit HP melainkan lebih kepada penyedia layanan fintech untuk pembayaran digital.

Namun, sekarang pengguna bisa mengajukan cicilan dengan tenor hingga mencapai 12 bulan. Untuk bisa mengakses OVO PayLater, maka kamu harus bertransaksi di e-commerce yang sudah bekerjasama dengan OVO seperti Tokopedia.

Baca Juga  14 Aplikasi Penghasil Uang Termudah yang Bisa Bayar Per Hari

OVO PayLater menjadi opsi mencicil barang tanpa menggunakan kartu kredit. Limit plafon yang disediakan platform ini mencapai Rp10 juta.

6. My Home Credit Indonesia

6. My Home Credit Indonesia

Aplikasi kredit HP selanjutnya adalah My Home Credit Indonesia yang bekerja sama dengan berbagai toko HP besar di seluruh Indonesia. Kamu bisa menggunakan Home Credit untuk mencicil barang di Blibli, Tokopedia dan e-commerce lainnya.

Dengan menggunakan My Home Credit Indonesia, pengguna bisa mengajukan kredit untuk berbagai merk dan spesifikasi HP. Jika menggunakan platform ini, maka pengguna harus mengisi formulir pengajuan kredit setelah check-out barang di e-commerce yang bekerja sama dengan My Home Credit.

Dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit adalah kartu identitas diri (KTP), Kartu Keluarga, scan kartu BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan, SIM, NPWP, dan foto selfie. Limit kredit HP maksimum yang disediakan oleh platform My Home Credit Indonesia mencapai Rp10 juta.

Tenor kredit yang tersedia yaitu 3 bulan, 6 bulan hingga maksimal 12 bulan. Pengajuan kredit akan langsung diproses dengan durasi waktu hanya 2 x 24 jam saja.

7. Indodana

7. Indodana

Indodana merupakan aplikasi kredit HP bebas uang muka yang menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk membeli perangkat elektronik secara kredit. Perusahaan berbasis finansial teknologi ini sebenarnya tidak hanya menyediakan layanan kredit barang namun juga pinjaman uang tunai tanpa perlu jaminan.

Limit pinjaman yang bisa diajukan oleh pengguna Indodana mulai dari Rp500 ribuan sampai Rp20 jutaan. Pilihan tenor pinjaman yang ditawarkan Indodana mulai dari 3 bulan sampai 1 tahun. Ada berbagai merk HP ternama yang bisa dicicil melalui platform fintech ini.

Syarat untuk mengajukan kredit HP melalui Indodana sebagai berikut:

  • Pengguna merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Foto selfie langsung melalui aplikasi Indodana
  • Scan kartu BPJS Kesehatan
  • Berdomisili di area pelayanan Indodana yang ada di Jabodetabek, Palembang, Batam, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali, Jawa Timur dan Pontianak.
  • Rekening bank atas nama pribadi
  • Salinan slip gaji

Langkah untuk mengajukan kredit HP melalui aplikasi Indodana:

  • Pertama-tama unduh dan instal aplikasi Indodana di smartphone
  • Lakukan pendaftaran akun baru dengan menginputkan informasi identitas diri
  • Masukkan OTP dan password
  • Cari smartphone yang ingin dibeli melalui halaman Smartphone Smart Deal
  • Pilih opsi Cicil untuk kredit smartphone
  • Pilih opsi tenor kredit yang diinginkan
  • Jika sudah memastikan seluruh data yang diinputkan benar, klik tombol Konfirmasi
  • Lengkapi data pribadi tambahan yang dibutuhkan
  • Tunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh tim Indodana
  • Jika pengajuan cicilan sudah disetujui oleh Indodana, smartphone pesanan kamu akan dikirim ke alamat tertera

8. BRI Ceria

8. BRI Ceria

Salah satu lembaga perbankan BUMN tanah air, yaitu BRI juga turut meramaikan aplikasi kredit HP di tanah air. Dengan aplikasi BRI Ceria, pengguna bisa mengajukan kredit online untuk berbelanja di berbagai e-commerce dan merchant.

Waktu pengajuan pendanaan hingga disetujui oleh pihak BRI hanya sekitar 10 menit saja. Bunga cicilan aplikasi BRI Ceria lebih rendah karena melalui lembaga perbankan resmi. Untuk melakukan pengajuan juga sangat simpel karena bisa melalui aplikasi Ceria tanpa harus mendatangi kantor cabang bank BRI.

Limit kredit yang ditawarkan oleh BRI Ceria mulai dari Rp500 ribuan hingga Rp20 jutaan. Masa tenor kredit bisa dipilih mulai dari 1 bulan hingga 1 tahun. Cara kerja aplikasi BRI Ceria hampir mirip seperti kartu kredit, yakni limit kredit akan kembali ke limit semula ketika tagihan sudah selesai dibayar.

Baca Juga  Ternyata Begini Cara Download YouTube Lagu dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Syarat untuk mengajukan kredit melalui aplikasi kredit HP BRI Ceria adalah sebagai berikut:

  • Dokumen data diri berupa e-KTP
  • Slip rekening gaji yang ada di BRI
  • Informasi kartu ATM rekening BRI
  • Penghasilan atau gaji lebih dari Rp3.000.000

9. Aplikasi Awan Tunai

9. Aplikasi Awan Tunai

Satu lagi aplikasi kredit HP yang bisa digunakan untuk mengajukan cicilan smartphone tanpa uang muka yakni Awan Tunai. Aplikasi ini menyediakan limit kredit hingga sebesar Rp5 juta dengan bunga pinjaman sebesar 3% setiap bulannya.

Layanan dari aplikasi Awan Tunai disediakan khusus untuk pengguna yang berdomisili di area Jabodetabek dengan usia 21 hingga 55 tahun. Syarat untuk mengajukan kredit melalui aplikasi Awan Tunai adalah scan e-KTP, foto selfie melalui aplikasi dan beberapa biodata yang dibutuhkan.

Kamu juga diharuskan mengupload dokumen untuk menunjukkan besar penghasilan per bulannya seperti slip gaji. Jika data kamu sudah diverifikasi, maka tim Awan Tunai akan menetapkan berapa limit pinjaman maksimalmu.

Jika dana pinjaman sudah masuk ke akun Awan Tunai, tahap berikutnya adalah membeli smartphone menggunakan dana yang sudah dikirimkan di toko yang bekerjasama dengan aplikasi.

10. FIF Spektra

10. FIF Spektra

FIF Group merupakan salah satu perusahaan fintech yang sudah sejak lama menyediakan layanan pembiayaan cicilan perabotan rumah, furniture, perangkat elektronik, komputer, hingga smartphone. Layanan FIF Spektra tersedia di berbagai toko dan merchant seluruh Indonesia.

Berbeda dengan beberapa aplikasi kredit HP lainnya, FIF Spektra bisa digunakan untuk mengkredit HP yang dijual di toko offline. Syarat untuk menggunakan layanan kredit FIF Spektra sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan dokumen data diri seperti KTP
  • Minimal usia 21 tahun dan maksimal 60 tahun
  • KTP pasangan dan persetujuan pasangan jika harga barang melebihi Rp10 juta

Jika menggunakan FIF Spektra, kamu harus membayar uang muka sejumlah 10% harga barang. Selain uang muka, kamu juga harus membayar biaya angsuran pertama dan biaya admin di awal setelah pengajuan disetujui. Untuk mengajukan pinjaman uang, isi formulir secara online di aplikasi.

11. Lazada Paylater

11. Lazada Paylater

Lazada adalah salah satu platform e-commerce yang sangat populer di tanah air. Platform e-commerce ini lebih dikenal sebagai tempat untuk membeli beragam produk fashion branded dengan harga murah. Namun, saat ini Lazada juga menyediakan layanan kredit HP yang bisa diakses para pengguna.

Layanan cicilan ini tidak hanya bisa digunakan untuk membeli HP namun juga barang lainnya seperti produk elektronik, furniture dan fashion.

Ada dua pilihan tenor yang tersedia yakni tenor reguler dan bayar nanti. Khusus untuk opsi bayar nanti maka pengguna diberi waktu 30 hari untuk membayar tagihan barang. Minimum pemesanan sebesar Rp10 ribu dengan bunga 0% saja dan tidak perlu DP.

Sementara untuk cicilan tenor maksimal 1 tahun maka diharuskan bayar uang muka sebesar 20% dengan minimal pembelian Rp1 juta. Maksimum limit cicilan adalah Rp20 juta.

Penutup

Meskipun pilihan aplikasi yang menawarkan kredit HP ada beragam, namun pastikan kamu memilih yang benar-benar terpercaya. Apalagi hari ini ada banyak kasus penipuan yang menawarkan pinjaman online namun ternyata justru memeras para korbannya.

Kamu juga harus berhati-hati ketika memberikan informasi data pribadi di aplikasi kredit HP. Oleh karena itu, pastikan aplikasi tersebut sudah berada di bawah pengawasan OJK. Selain itu, karena kredit HP sebenarnya adalah hutang maka sesuaikan dengan kemampuan dan jangan berlebihan.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status