Home » Islami » Man Jadda Wajada Artinya Apa? Ini Penjelasan & Tulisan Arabnya

Man Jadda Wajada Artinya Apa? Ini Penjelasan & Tulisan Arabnya

Iuwashplus.or.id Ada banyak kata-kata mutiara yang dapat mendorong keinginan seseorang dalam mencapai tujuan hidupnya, dan salah satu di antaranya adalah man jadda wajada. Kata-kata mutiara ini sering diucapkan oleh banyak orang sebagai pengingat untuk tidak pernah menyerah dan selalu berjuang.

Dengan adanya motivasi yang cukup besar seperti ini, seseorang bisa lebih merasa semangat untuk meraih impian dan tujuan dalam hidupnya. Hal ini berbeda ketika seseorang tidak memiliki motivasi tersebut. Untuk itu, mari kita mengenal lebih lanjut mengenai kata-kata mutiara dalam bahasa Arab itu.

Ketika tekad bertemu dengan semangat, keberhasilan tak lagi menjadi mimpi. - Mario Teguh

Arti Man Jadda Wajada, Penjelasan & Tulisan Arab

Arti Man Jadda Wajada, Penjelasan & Tulisan Arab

Man jadda wajada atau dalam tulisan arab:

مَنْ جَدَّ وَجَدَ

Bacaan Latinnya:Man jadda wajada.”

Artinya:Barang siapa yang bersungguh-sungguh (dalam melakukan suatu hal), Maka ia pasti akan berhasil.

Dalam arti lainnya, ungkapan ini dapat dijadikan sebagai dorongan maupun motivasi bagi seseorang yang ingin mencapai tujuan hidupnya secara lebih mudah.

Untuk membentuk sikap sungguh-sungguh yang ada dalam diri kita, Anda perlu mengawalinya dengan niat yang baik. Mengapa bisa begitu? Karena niat dapat diibaratkan sebagai pondasi terkuat untuk membentuk sebuah komitmen dalam mewujudkan tujuan hidup masing-masing orang.

Penjelasan terkait kata-kata mutiara ini juga pernah disebutkan dalam sebuah buku yang berjudul Big Motivation: Inspirasi Sukses Para Santri karya Akbar Zainuddin. Di dalam buku tersebut dijelaskan bahwa kata-kata mutiara ini memiliki 4 dimensi yang dapat dijadikan sebagai landasan semangat.

Jika dimensi yang pertama adalah dimensi keyakinan, untuk dimensi yang kedua adalah dimensi kerja keras. Sedangkan dimensi yang ketiga dalam kata-kata mutiara ini adalah dimensi totalitas dan dimensi yang keempat merupakan istikamah atau konsisten.

Ketika seseorang telah yakin dengan keberhasilannya, mereka dapat lebih mudah untuk mencapai tujuan hidupnya. Nantinya, mereka harus selalu konsisten dalam berusaha untuk mencapai tujuan awalnya.

Baca Juga: Arti Jazakallah Khairan Katsiran, Keutamaan & Cara Menjawabnya

Khasiat Man Jadda Wajada

Khasiat Man Jadda Wajada

Salah satu alasan mengapa kata-kata mutiara ini masih sering digunakan oleh banyak orang sebagai penyemangat hidupnya adalah, karena ungkapan man jadda wajada memiliki banyak khasiat yang telah dibuktikan oleh sebagian orang. Lantas, apa saja khasiat dari kata-kata mutiara satu ini?

Baca Juga  Doa Wudhu Arab Latin Beserta Cara Wudhu yang Benar

1. Meningkatkan Fokus dalam Diri Seseorang

Khasiat paling utama dari kata-kata mutiara ini adalah untuk meningkatkan fokus yang ada dalam diri seseorang. Ketika seseorang hendak meraih impian maupun tujuan dalam hidupnya, mereka harus memiliki semangat yang tinggi untuk mencapainya.

Semangat yang ada dalam diri Anda itu tidak boleh goyah, agar Anda bisa lebih mudah dan yakin untuk melangkah ke depan. Namun, untuk mempertahankan semangat tersebut dalam jangka waktu yang panjang cenderung tidak mudah.

Maka dari itu, kata-kata mutiara dalam bahasa Arab ini dapat menjadi pengingat bagi banyak orang untuk selalu fokus dalam memperjuangkan cita-cita yang telah ditetapkannya. Selalu ucapkan kata-kata mutiara ini pada saat semangat Anda mulai goyah.

2. Meluruskan Niat dalam Mencapai Tujuan

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, niat adalah langkah awal yang paling penting ketika seseorang hendak mencapai suatu hal tertentu. Tanpa adanya niat yang baik, seseorang tidak akan bisa memulai usaha untuk mencapai tujuannya tersebut.

Man jadda wajada adalah ungkapan yang dapat meluruskan niat seseorang dalam mencapai tujuan dan impian hidupnya. Dengan selalu mengingat ungkapan tersebut, Anda bisa lebih mudah untuk membangun niat yang baik dalam mencapai tujuan hidup.

Jadi, orang-orang yang memiliki impian dan tujuan yang ingin dicapainya wajib selalu mengingat kata-kata mutiara ini.

3. Memberikan Motivasi dalam Diri Seseorang

Kehidupan seseorang yang memiliki motivasi dapat lebih maju dibanding kehidupan seseorang yang tidak memiliki motivasi sedikit pun. Maka dari itu, setiap orang diwajibkan untuk selalu mempertahankan motivasi dalam hidupnya. Lalu, bagaimana jika sejak awal seseorang tidak memiliki motivasi itu?

Mereka bisa menjadikan ungkapan ini sebagai motivasi yang baik dalam hidupnya, karena man jadda wajada memiliki arti yang sangat indah. Sampai saat ini masih ada banyak orang yang menjadikan ungkapan ini sebagai motivasi untuk belajar hidup sukses dan bersungguh-sungguh untuk meraihnya.

4. Membentuk Karakter Pantang Menyerah

Bagi orang-orang yang memiliki karakter mudah menyerah, mereka bisa mengubah karakternya tersebut dengan selalu mengingat arti dari ungkapan ini. Sebab, kata-kata mutiara dalam bahasa Arab ini dapat membuat seseorang pantang menyerah dalam menghadapi berbagai masalah.

Apapun masalah yang sedang dihadapinya, mereka yakin bahwa itu semua akan berlalu. Jadi, dapat dipastikan bahwa ungkapan ini bisa memberikan efek yang positif ke dalam kehidupan seseorang. Maka dari itu, selalu ingat kata-kata mutiara ini ketika sedang menghadapi suatu masalah.

5. Mengusir Rasa Malas

Orang-orang yang ingin segera mewujudkan cita-citanya tentu harus selalu berusaha untuk meraih impiannya tersebut. Namun, ada beberapa orang yang sering malas ketika berusaha mencapai cita-citanya itu. Rasa malas tersebut dapat diusir dengan selalu mengingat arti kata-kata mutiara ini.

Baca Juga  Al Adlu dalam Asmaul Husna: Arti, Makna, Dalil dan Penerapannya

Tidak sedikit orang yang menjadikan ungkapan ini sebagai kalimat penyemangat dalam hidupnya, sehingga mereka bisa lebih merasa mudah dalam mencapai impiannya. Dengan begitu, rasa malas tersebut tidak akan menghambat masa depan Anda lagi.

Baca Juga: Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana, Tulisan Arab & Maknanya

Waktu Terbaik untuk Mengucap Man Jadda Wajada

Waktu Terbaik untuk Mengucap Man Jadda Wajada

Ungkapan yang dapat membangkitkan semangat dalam diri seseorang ini memang bisa selalu diucapkan ketika Anda sedang ingin menyerah.

Namun, ada beberapa waktu tertentu yang membuat ungkapan ini semakin dibutuhkan oleh sebagian orang. Berikut adalah waktu-waktu yang dimaksud:

1. Mengucap Man Jadda Wajada Saat Mengalami Kegagalan

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan. Sebab, kegagalan adalah salah satu tahapan yang harus dilalui seseorang sebelum berhasil ataupun sukses. Ketika Anda mengalami kegagalan dalam kehidupan, jangan langsung menyerah dan putus asa.

Ingatlah makna dari ungkapan ini dan selalu ucapkan kalimatnya di dalam keseharian Anda. Dengan begitu, Anda bisa bangkit kembali dan terus berusaha untuk mencapai impian tersebut. Jadi, jangan jadikan kegagalan sebagai alasan untuk menyerah dalam mencapai impian.

2. Saat Kehilangan Semangat

Kata-kata mutiara ini juga baik diucapkan ketika seseorang merasa kehilangan semangat. Tak sedikit orang yang sering mengalami situasi seperti ini ketika sudah melalui banyak masalah dalam hidupnya. Namun, situasi tersebut tidak boleh dijadikan sebagai alasan untuk menyerah dan putus asa.

Sebab, semangat itu dapat timbul kembali ketika Anda mengingat makna dari ungkapan dalam bahasa Arab ini. Sesuai dengan artinya, kata-kata mutiara ini dapat meyakinkan banyak orang bahwa seseorang yang bersungguh-sungguh dapat meraih kesuksesan secara lebih mudah dan cepat.

3. Saat Memulai Pekerjaan atau Aktivitas Baru

Karena ungkapan positif ini dapat membangkitkan semangat dalam diri seseorang, jadi Anda tidak hanya perlu mengucapkannya ketika sedang ingin menyerah saja. Namun, Anda juga bisa mengucap kalimat ini ketika hendak memulai suatu pekerjaan atau aktivitas baru.

Seseorang yang baru saja mengambil langkah baru dalam hidupnya, mereka membutuhkan penyemangat dan motivasi yang lebih besar. Dalam hal ini, man jadda wajada dapat menjadi dorongan agar seseorang bisa terus berusaha dan bekerja keras dalam mencapai tujuan hidupnya.

4. Mengatakan Man Jadda Wajada Saat Menghadapi Rintangan Besar

Semua orang yang ada di dunia ini pasti pernah dihadapkan oleh situasi yang membuatnya ingin menyerah. Kendati demikian, ada sebagian orang yang tidak menjadikan situasi tersebut sebagai alasan untuk berhenti berusaha, dan ada juga yang menjadikannya sebagai alasan untuk menyerah.

Dengan selalu mengingat makna dari ungkapan ini, Anda bisa menghilangkan keinginan untuk menyerah tersebut. Dengan demikian, Anda tidak akan putus asa hanya karena menghadapi rintangan besar yang ada dalam kehidupan duniawi tersebut.

Baca Juga  Doa Nabi Yunus Arab, Latin, Arti & Hikmah Ditelan Ikan Paus

Baca Juga: Fii Amanillah: Artinya , Cara Menjawab dan Maknanya Lengkap

Contoh Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada beberapa contoh cerita yang dapat membuat Anda semakin yakin bahwa ungkapan ini bisa memberikan pengaruh yang baik terhadap kehidupan seseorang.

Berikut adalah beberapa cerita yang menjadi contoh penerapan kalimat ini dalam kehidupan sehari-hari:

1. Berusaha untuk Bangkit Kembali Saat Bisnis Gagal

Pak Andi membangun sebuah usaha kuliner untuk menafkahi keluarga kecilnya. Saat awal membuka usaha tersebut, pak Andi berhasil mendapat untung yang cukup banyak, sehingga beliau selalu bersemangat untuk menjalankan usahanya tersebut.

Namun, seiring berjalannya waktu semakin ada banyak pesaing yang membangun usahanya di dekat wilayah itu juga. Hal ini membuat usaha kuliner milik pak Andi semakin tertinggal dan menimbulkan sedikit kerugian.

Kendati demikian, pak Andi tidak pernah berhenti berusaha untuk menjalankan bisnis halal demi keluarga tercintanya. Kerugian yang dialaminya itu tidak membuatnya putus semangat namun membuatnya berpikir kembali apa yang kurang dari usahanya tersebut.

2. Belajar dan Menuntut Ilmu untuk Masa Depan

Sejak kecil Santi hidup di keluarga yang tidak terlalu berkecukupan, sehingga hal ini membuatnya memiliki keinginan untuk bisa meningkatkan derajat keluarganya. Untuk mewujudkan impiannya tersebut, Santi terus belajar dan menuntut ilmu setinggi mungkin.

Mulai dari SD, SMP, SMA, hingga kuliah Santi terus mendapat nilai yang bagus, karena dia tidak pernah berhenti belajar demi masa depannya yang lebih baik. Santi tetap percaya bahwa ketika dirinya bersungguh-sungguh, maka kesuksesan yang akan mendatanginya langsung.

Meski sempat tertinggal dan kalah dari teman-temannya, karena dia berkuliah sambil bekerja, tapi Santi tidak pernah menyerah dan terus belajar. Santi terus berusaha untuk mencapai impiannya dengan bersungguh-sungguh dan menghilangkan rasa malas yang sesekali muncul dalam dirinya.

3. Masuk ke Dunia Kerja yang Sangat Baru

Dunia sekolah dan dunia kerja sangatlah berbeda, sehingga hal ini membuat Tiara sering kaget dengan perbedaan tersebut. Jika dulu saat sekolah Tiara bebas menentukan hendak mengerjakan tugasnya atau tidak, sekarang dia harus mengerjakan tugasnya karena itu merupakan tanggung jawabnya.

Tidak hanya itu, dunia kerja yang baru ini juga membuat Tiara harus beradaptasi dengan lingkungan barunya yang lebih sulit. Namun, itu semua tidak membuat Tiara menyerah begitu saja. Sebab, Tiara memiliki dorongan yang kuat untuk terus bekerja keras dalam berusaha mencapai impiannya.

Tiara tidak pernah menyerah meski permasalahan yang dihadapinya terus bertambah, baik di lingkungan kerja maupun rumah. Tiara selalu yakin bahwa orang yang bersungguh-sungguh akan mendapat ridha yang sangat besar dari Allah SWT untuk mencapai kesuksesan yang berharga.

Sekarang Anda sudah tahu betapa besarnya makna ucapan man jadda wajada. Jadi, jangan pernah menyerah ketika sedang dihadapkan langsung dengan permasalahan yang datang bertubi-tubi.

Untuk membangkitkan kembali semangat yang telah hilang, Anda bisa selalu mengingat dan mengucap kata-kata mutiara dalam bahasa Arab satu ini. Sudah ada banyak orang yang dapat membuktikan khasiat dari ungkapan ini, sehingga tidak ada salahnya untuk mencobanya sendiri.

Sumber Refresnsi Artikel:

  • Buku “MAN JADDA WAJADA” oleh Nelyan Saputri
  • Buku “Man jadda wajada” oleh Akbar Zainudin
  • Buku “Man Jadda Wa Jada 1” oleh Khadijah
  • Buku “Man Jadda Wa Jada 3” oleh Nur toibah
  • Buku “Jika Sungguh-sungguh Pasti Berhasil” oleh Amirulloh Syarbini., M.Ag

Baca Juga: Penjelasan 5 Rukun Islam, Urutan, dan Makna Lengkapnya

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status