Home » Berita » Lowongan Magang Kementerian Sekretariat Negara RI (Kemensetneg)

Lowongan Magang Kementerian Sekretariat Negara RI (Kemensetneg)

Lowongan Magang Menarik dari Kementerian Sekretariat Negara RI bagi Mahasiswa S1/D3 dan Siswa SMK Tahun 2023

JAKARTA – Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Kemensetneg RI) kembali membuka kesempatan bagi kita yang sedang mencari pengalaman magang dalam lingkungan pemerintahan. Pendaftaran telah dibuka untuk Mahasiswa S1/D3 serta Siswa SMK yang ingin mengembangkan kompetensi mereka. Sebagai latar belakang, Kemensetneg merupakan institusi yang berfokus pada pemberian dukungan teknis, administrasi, dan analisis kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam menjalankan kekuasaan negara.

Dalam mewujudkan visinya, Kemensetneg berkomitmen menjadi institusi yang handal dalam memberikan pelayanan kepada Presiden dan Wakil Presiden demi terciptanya Indonesia yang berdaulat, mandiri, berkepribadian, dan berasaskan gotong royong. Berbagai misi telah ditetapkan untuk mencapai tujuan tersebut, meliputi dukungan teknis, administrasi, pelayanan kerumahtanggaan, keprotokolan, pengawasan, serta pengembangan sumber daya manusia dan prasarana.

Sebagaimana diumumkan melalui akun Instagram resmi @kemensetneg.ri, pendaftaran magang (internship) ini akan berakhir pada tanggal 15 Mei 2023. Kamu jangan sampai ketinggalan! Periode magang sendiri akan dilaksanakan mulai dari 1 Juni hingga 30 September 2023. Ini adalah peluang yang sangat berharga bagi kita untuk memperoleh pengalaman dan mengasah keterampilan di dunia kerja.

Magang (Internship) Humas Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg)

Magang (Internship) Humas Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg)

Apakah kalian tertarik untuk mengembangkan kompetensi profesional di bidang Kehumasan dan Media? Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) membuka peluang bagi kita untuk mengikuti program magang atau internship di bidang Pengelolaan Informasi Publik dan Diseminasi Informasi (PIP-DISFO) dan Monitoring dan Analisis Media (MONALISA). Berikut penjelasan mengenai kegiatan magang tersebut.

Baca Juga  Hotel.co.id: Situs Cari Hotel Termurah dan Terbaik 2023

1. Magang di PIP-DISFO

Pertama, kita akan membahas mengenai magang di PIP-DISFO. Program ini menawarkan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin mengasah kemampuan mereka dalam pengelolaan konten digital, seperti website dan media sosial, serta pelayanan informasi publik. Sebagai seorang praktisi di bidang ini, kamu diharapkan untuk dapat memahami dan menguasai berbagai aspek yang terkait dengan pengelolaan informasi publik.

Kriteria untuk bergabung dalam program ini:

  1. Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi (Kehumasan dan Komunikasi Massa).
  2. Mahasiswa S1 Ilmu Administrasi Negara/Publik.
  3. Mahasiswa D3 Manajemen Kebijakan Publik, Ilmu Hukum, Psikologi, Desain Komunikasi Visual, dan Animasi.
  4. Mahasiswa Berketerampilan dalam pembuatan konten media sosial.
  5. Mahasiswa menguasai aplikasi Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop.

2. Magang di MONALISA

Selanjutnya, MONALISA merupakan program magang yang fokus pada kegiatan monitoring dan analisis media. Di dalam program ini, kamu akan diberikan kesempatan untuk mempelajari isu pemberitaan media serta kebijakan publik yang relevan. Oleh karena itu, kemampuan mengolah dan menganalisis data isu pemberitaan media menjadi sangat penting.

Kriteria untuk dapat berpartisipasi dalam program MONALISA:

  1. Mahasiswa S1 dari jurusan Ilmu Komunikasi (Kehumasan dan Komunikasi Massa).
  2. Mahasiswa S1 dari jurusan Ilmu Ekonomi/Studi Pembangunan.
  3. Mahasiswa S1 dari jurusan Ilmu Politik/Pemerintahan, Ilmu Hubungan Internasional.
  4. Mahasiswa S1 dari jurusan Ilmu Administrasi Negara/Publik/Manajemen Kebijakan.
  5. Mahasiswa S3 dari jurusan Sekretaris.
  6. Lulusan SMK dari jurusan Administrasi Perkantoran.
  7. ketertarikan pada isu pemberitaan media dan kebijakan publik.
  8. kemampuan komunikasi, ramah, dan penguasaan aplikasi Microsoft Office.

3. Magang di PELDOK

Di era globalisasi saat ini, kemampuan di bidang peliputan dan dokumentasi menjadi sangat penting. Untuk itu, Peldok menghadirkan kesempatan terbaik bagi kalian yang ingin mengembangkan bakat di bidang ini. Sebagai bagian dari divisi PEL, kalian akan bertugas melakukan dokumentasi serta penyusunan berita, mengedit konten video dan foto, hingga mengoperasikan aplikasi live streaming.

Baca Juga  8 Romance Anime yang Rilis Sepanjang Musim 2023

Dalam rangka mengoptimalkan potensi talenta, Peldok menetapkan kualifikasi tertentu bagi para pelamar:

  1. Mahasiswa D3/S1 jurusan Ilmu Komunikasi, seperti Penyiaran, Komunikasi Massa, atau Jurnalistik.
  2. Menguasai perangkat lunak Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Lightroom, dan Adobe Premiere.
  3. Kemampuan menulis berita sesuai kaidah jurnalistik juga menjadi syarat penting yang harus dipenuhi oleh kalian.
  4. Mampu mengoperasikan aplikasi live streaming, seperti vmix dan obs, juga menjadi keahlian yang sangat dibutuhkan dalam industri ini.
  5. SMK jurusan Administrasi Perkantoran.

Dalam kesempatan ini, kalian akan diberi kesempatan untuk mengasah kemampuan, mempraktikkan teori yang telah dipelajari, serta berkolaborasi dengan tim yang berdedikasi tinggi. Dengan bergabung di Peldok, kita akan menjadi bagian dari sebuah tim yang mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia.

Penutup

Tidak bisa dipungkiri bahwa magang telah menjadi salah satu pilihan yang diidamkan oleh mahasiswa untuk menambah pengalaman dan mengembangkan kemampuan profesional. Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia kembali membuka kesempatan bagi kalian yang ingin menjajal dunia profesional melalui program magang. Berikut ini adalah informasi terkait persyaratan administrasi, tata cara pendaftaran, dan periode magang yang perlu kalian ketahui.

Mengenai persyaratan administrasi, terdapat beberapa dokumen yang harus kalian siapkan sebelum mendaftar:

  1. Surat pengantar dari kampus menjadi bukti bahwa kalian merupakan mahasiswa yang aktif dan telah mendapat persetujuan untuk mengikuti magang ini.
  2. Transkrip nilai akademik akan menunjukkan capaian prestasi yang telah kalian raih selama masa perkuliahan.
  3. KTP.
  4. CV dan portofolio (jika ada) akan menjadi dokumen pendukung yang mencerminkan kemampuan serta pengalaman kerja yang telah kalian miliki sebelumnya.

Apabila dokumen telah lengkap, segera daftarkan diri melalui link berikut:

https://olimpus.setneg.go.id/

Saat mengunggah dokumen ke dalam sistem Olimpus, pastikan untuk memberikan kode penempatan (PIP/MON/PDK) pada awal nama file. Contohnya, PIP_Surat Pengantar_Nama Lengkap. Jangan lupa untuk memperhatikan batas akhir pendaftaran yang ditetapkan pada tanggal 15 Mei 2023.

Baca Juga  Review Pantai Menganti, Alamat, Harga Tiket dan Rute

Setelah pendaftaran, program magang akan dimulai pada periode 1 Juni hingga 30 September 2023. Oleh karena itu, bagi kalian yang tertarik, persiapkan diri dan dokumentasi dengan baik agar tidak kehilangan kesempatan emas ini.

Sumber: https://www.instagram.com/p/Cr0FKAeORQN/
Instagram: @kemensetneg.ri

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status