Home » Informasi » Kiyowo Artinya Lucu dalam Bahasa Korea? Ini Makna Sebenarnya!

Kiyowo Artinya Lucu dalam Bahasa Korea? Ini Makna Sebenarnya!

Iuwashplus.or.idSering dengar tapi belum tahu kiyowo artinya apa? Bagi para pecinta K-Drama, istilah ini tentu sudah sangat familiar ya. Berbagai hal dari Negeri Ginseng ini memang cukup populer di Indonesia, mulai dari bahasa, trend fashion dan kecantikan, hingga kulinernya.

Kiyowo sendiri menjadi salah satu istilah dari Korea Selatan yang kini juga sering digunakan dalam keseharian oleh sebagian orang-orang di Indonesia, baik dalam bentuk lisan atau pun tulisan. Buat kamu yang baru pertama mendengar dan belum tahu artinya, cek penjelasannya di bawah ini.

Kiyowo Artinya adalah

Kiyowo Artinya adalah

Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, istilah “kiyowo” bermakna lucu, imut, atau menggemaskan. Jika dalam bahasa Inggris, kiyowo serupa dengan “cute”. Kamu bisa menggunakan kata kiyowo untuk memuji sesuatu (bisa pada benda atau pun orang), dan bisa untuk laki-laki atau perempuan.

Tapi bukan hanya untuk penampilan fisik seperti wajah, kiyowo juga bisa digunakan sebagai salah ungkapan kagum terhadap sikap, sifat, atau karakter seseorang.

Misalnya saat pasangan kamu memberikan hadiah dan coklat dan bunga di hari Valentine. Tindakan romantis ini bisa kamu beri pujian dengan mengatakan “Jeongmal neomu kiyowo”, yang artinya “kamu menggemaskan sekali”, atau mirip dengan “kamu sweet banget deh”.

Berita terkait: Urutan Zodiak Yang Tepat: Sudah Tepatkah Zodiakmu?

Kiyowo adalah Bahasa Gaul

Kiyowo adalah Bahasa Gaul

Tepat sekali, kiyowo adalah bahasa non formal alias casual. Jadi di Korea Selatan, kamu tidak bisa nih mengatakan kiyowo kepada semua orang.

Baca Juga  8 Cara Menyadap WA Tanpa Diketahui Pemiliknya, 100% Berhasil

Sebab di negara ini, ada aturan ketat mengenai bahasa, yaitu harus formal dan sopan kepada orang yang lebih tua, baru dikenal, atau sudah kamu kenal tapi tidak akrab.

Negara ini memang menerapkan tingkatan tata krama yang dibagi menjadi tiga, yaitu menggunakan bahasa formal / resmi, standar, dan non formal. Nah, kiyowo sendiri bisa kamu gunakan hanya kepada orang-orang terdekat kamu, seperti teman, keluarga inti, atau pasangan.

Kiyowo Versi Formal

Kiyowo Versi Formal

Lantas, bagaimana jika ingin mengatakan kiyowo pada orang yang tidak terlalu akrab atau lebih tua? Tenang, kamu tetap bisa melakukannya kok. Karena kiyowo rupanya bisa diubah menjadi lebih formal. Ada dua pilihan cara nih, yaitu:

  • Tambahkan kata “ida” sebagai akhiran. Tapi hati-hati, hasilnya bukan menjadi kiyowoida melainkan “kiyepseumnida”.
  • Akhiran lain yang bisa ditambahkan adalah “eoyo”, dan hasilnya akan menjadi “kiyeowoyo”.

Ada juga istilah “gwiyeowoyo”, yang sebenarnya merupakan salah satu bentuk formal dari kiyowo, tapi sifatnya lebih fleksibel karena cocok untuk suasana semi formal dan casual juga.

Berita terkait: 5 Aplikasi Translate Offline Terbaik Android, IOS, Dekstop

Kiyowo Hangul dan Ejaan Aslinya

Hangul atau hangeul adalah sebutan untuk alfabet yang digunakan di Korea Selatan. Alfabet ini sudah ada sejak tahun 1443 masa Dinasti Joseon, dan nama penciptanya adalah Raja Sejong yang Agung.

Dibanding dengan alfabet internasional, orang-orang di Korea Selatan justru lebih sering menggunakan hangeul di berbagai kesempatan, mulai dari chat, di kantor, dan berbagai pengumuman di tempat umum.

Diketahui bahwa bentuk dasar dari kiyowo adalah “gwiyeopda”, yang pengertian harfiahnya adalah “menjadi imut” dan masuk dalam kategori kata sifat. Tapi dalam bahasa hangul, ejaan aslinya adalah “k/g”, “I”, “Y”, “eo”, “d” dan “a” (giyeopda).

Sementara kata kiyowo, ejaannya hangul-nya adalah “k/g”, “I”, “Y”, “eo”y” dan “eo”. Dua huruf paling belakang dari ejaan ini adalah akhiran atau disebut dengan suffix, yang menjadi salah satu ciri dari istilah non formal.

Baca Juga  170+ Nama Kucing Lucu, Unik, Bagus, Dan Tips Merawat Kucing

Berbagai Variasi Kiyowo 

Seiring waktu, makna kiyowo menjadi lebih luas dan bahkan banyak digabungkan dengan istilah lainnya, baik dalam bahasa Korea sendiri atau pun bahasa asing seperti Inggris. Nah, berikut ini beberapa contoh variasi dari kiyowo paling umum digunakan:

1. Happy Kiyowo Artinya Apa?

Istilah ini muncul dari kreativitas para penggemar idol k-pop terutama kaum muda. Gabungan kata Korea Selatan dan Inggris rupanya membentuk frasa baru yang menarik dan kini semakin populer di media sosial. Kamu bisa menggunakan “happy kiyowo” untuk mengungkapkan rasa bahagia atau senang.

Jadi, artinya bukan menjadi “selamat imut” ya. Kamu juga bisa nih menjadikan istilah ini sebagai penyemangat dan doa karena maknya “Tetap imut / lucu”.

Selain itu, ada juga istilah “Tetap happy kiyowo”, yang biasanya digunakan untuk memberi semangat kepada orang-orang yang sedang sedih, berduka, atau murung.

2. Aigo Kiyowo Artinya

Aigo menjadi salah satu bahasa sehari-hari di Korea Selatan yang biasanya dibaca / diucapkan dengan aigu. Istilah ini bisa kamu pakai saat kaget, mengeluh, panik, atau ketika ada bagian tubuh yang terasa sakit.

Jika dalam bahasa Indonesia, makna dari aigo cukup beragam nih, seperti “astaga”, “aduh”, “ah”, “ya ampun”, dan “ya tuhan”. Ketika dipasangkan dengan kiyowo, kira-kira artinya menjadi “ya ampun imut banget sih”.

3. Neomu Kiyowo Artinya

Neomu kiyowo dan neomu gwiyeowo punya arti yang sama, yaitu “sangat lucu” atau “imut sekali”. Penulisan hangul-nya adalah 너무 귀여워 dan biasanya akan diberi tanda petik sebagai penegas.

Apakah Kiyowo dan Kyeopta Artinya Sama?

Selain kiyowo, masih ada beberapa istilah lain di Korea Selatan yang bermakna “lucu”. Salah satunya adalah “kyeopta” atau “kwiyeopda”, yang penulisan dalam bahasa aslinya adalah 귀엽다. 

Baca Juga  Sinopsis dan 4 Fakta Drama Thriller The Killing Vote

Tapi, istilah ini digunakan pada objek yang berbeda. Jika kiyowo tadi bisa digunakan pada berbagai hal mulai dari benda, binatang, orang, hingga sikap / sifat, maka kyeopta hanya bisa kamu gunakan pada binatang, benda, atau hal lain selain manusia.

Berita terkait: 21 Aplikasi Edit Foto Terbaik di HP Android dan iOS Terbaru 2023

Bahasa Gaul Korea Lainnya

Bahasa Gaul Korea Lainnya

Setelah tahu kiyowo artinya apa, kamu bisa tambah pengetahuan dengan melihat daftar bahasa gaul lain dari Korea Selatan yang kerap dipakai oleh penggemar k-pop di Indonesia, yaitu:

1. Daebak

Daebak adalah kata seruan yang biasanya digunakan saat sedang dalam keadaan marah atau kaget ketika mendengar sebuah kabar. Uniknya, kata daebak berasal dari frasa daebangnada yang sebenarnya bermakna “sukses”. Tapi untuk kata daebak sendiri bermakna “hebat” atau “luar biasa”.

Kamu bisa menggunakannya untuk hal positif seperti pencapaian / prestasi seseorang, dan bisa juga untuk hal negatif seperti saat mendengar berita kriminal.

2. Kkuljaem

Kkuljaem terdiri dari dua suku kata, yaitu “Kkul” yang artinya madu, dan “Jaem” yang sebenarnya merupakan versi pendek dari “jaemiisseoyo” yang bermakna “menyenangkan”. Saat sedang dalam suasana hati senang atau di kondisi yang seru / asik, kamu bisa menggunakan Kkuljaem.

3. Nojaem

Saat teman kamu melempar lelucon garing atau tidak lucu, maka kamu bisa memberi respon dengan mengatakan “Nojaem”. Jadi kata ini sering digunakan oleh orang Korea Selatan saat sedang berada di situasi tidak menyenangkan.

4. Namchin dan Yeochin

Dua kata ini juga cukup populer di kalangan anak muda Indonesia yang penggemar k-pop. Frasa ini berasal dari namja / yeoja, yang artinya adalah laki-laki / perempuan.

Lalu ada tambahan chingu, yang bermakna teman. Nah, sata sudah menjadi Namchin dan Yeochin, maka kata ini berubah menjadi panggilan sayang untuk pasangan.

Jadi, kiyowo artinya imut atau menggemaskan dan bisa digunakan pada berbagai objek. Frasa ini memiliki beberapa varian dan masing-masing bermakna berbeda.

Aktifkan notifikasi untuk berita dan artikel terbaru kami di Google News iuwashplus.or.id

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status