Home » Zodiak » Urutan Zodiak Yang Tepat: Sudah Tepatkah Zodiakmu?

Urutan Zodiak Yang Tepat: Sudah Tepatkah Zodiakmu?

Urutan ZodiakAstrologi mungkin berperan dalam menentukan identitas kamu, menurut para ahli di bidangnya. Melalui simbol zodiak, kamu dapat menemukan informasi terkait karakter dan temperamenmu, juga bagaimana kamu mengekspresikan diri. Berdasarkan laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, meski astrologi telah ada selama ribuan tahun, simbol-simbol zodiak belum diakui sebagai ranah ilmiah. Namun, menurut CNN Indonesia, kamu tentu kerap menemukan elemen-elemen astrologi dalam pop culture, seperti horoskop bulanan pada majalah kesukaanmu, rujukan di acara televisi dan lagu, serta berbagai media lainnya.

Ingin mengetahui zodiakmu atau sekadar ingin mendalami lebih jauh tentang zodiak? Kamu berada di sumber yang tepat. Setelah menggali informasi ini, kamu akan mengerti simbol-simbol zodiak, periode kejadiannya, urutan zodiak, dan tentunya menemukan zodiak yang menjadi bagian dari dirimu!

Apa Itu Zodiak?

Apa Itu Zodiak
lambang-lambang zodiak

Dalam bidang astrologi, zodiak merupakan kelompok bintang yang dipercaya mempengaruhi karakter dan kepribadian seseorang. Terdapat 12 tanda dalam zodiak, dengan setiap tanda melambangkan durasi kira-kira satu bulan.

Akan tetapi, durasi waktu dalam zodiak tidak selaras dengan hitungan bulan kalender. Menurut laman resmi Pusat Astronomi Dunia, di Barat, tanda zodiak pertama diukur berlandaskan awal musim semi di belahan bumi utara, yang biasanya berlangsung sekitar 21 Maret setiap tahunnya.

Sejarah menunjukkan, berdasarkan data dari Universitas Cambridge, bahwa zodiak berasal dari era Babilonia dan dahulu kala sangat terintegrasi dengan ilmu astronomi. Meskipun saat ini sering dianggap sebagai pseudoscience, simbol-simbol zodiak tetap relevan di berbagai culture Barat dan tetap menjadi pusat perhatian bagi banyak orang sampai saat ini.

Arti Dan Asal Usul Zodiak

Berasal dari bahasa Yunani kuno, kata “zodiak” diambil dari frasa “zōidiakòs kýklos,” yang berarti “siklus (atau lingkaran) hewan-hewan kecil.” Berdasarkan data dari laman resmi Universitas Oxford, “siklus” simbol zodiak meliputi tiga komponen esensial:

  • Simbol zodiak itu sendiri
  • Empat elemen
  • Tiga modalitas

Ketika digabungkan, simbol zodiak, elemen, dan modalitasnya dipandang memiliki dampak signifikan terhadap karakter individu. Menarik, bukan? Kamu bisa mencoba melihat zodiakmu untuk mengetahui lebih lanjut.

Apa Empat Elemen Zodiak?

Berdasarkan konsep kuno, empat elemen zodiak yang dikenal adalah udara, tanah, api, dan air. Menurut data di lansir dari laman resmi Universitas Athena Kuno, ide mengenai empat elemen ini pertama kali diungkapkan oleh filsuf Yunani kuno, Empedocles, pada abad kelima sebelum Masehi.

Merujuk dari laman Pusat Studi Filosofi Kuno, Empedocles berpendapat bahwa alam semesta dikendalikan oleh dua kekuatan fundamental yaitu “cinta” dan “permusuhan”, yang memiliki peran penting dalam mengatur empat elemen tersebut. Dalam variasi kombinasi, kalian dapat menemukan bahwa elemen-elemen ini menjelaskan esensi dari alam dan objek-objek yang ada dalam kehidupan daily kita.

Simbol untuk udara, tanah, api, dan air
Simbol untuk udara, tanah, api, dan air.

Apa Tiga Modalitas Zodiak?

Selain dari keempat elemen tersebut, setiap zodiak juga memiliki modalitas spesifik yang bersangkutan dengannya. Modalitas ini menggambarkan metode fundamental bagaimana zodiak tersebut memperlihatkan sifat-sifatnya. Setiap zodiak terkait dengan modalitas dalam sebuah konsep yang dikenal sebagai “quadrupplicity” – di mana empat zodiak ditentukan untuk tiap modalitas. Meski zodiak-zodiak dalam satu kumpulan memiliki esensi yang sama, namun tiap-tiap dari mereka masih memiliki karakteristik spesifik yang berbeda.

Berdasarkan data dari laman resmi AstrologiGlobal.com, ketiga modalitas dalam zodiak meliputi: Cardinal, Fixed, dan Mutable.

Tiga Modalitas Zodiak

Berikut 12 Urutan Zodiak Yang Tepat

1. Aries (21 Maret-19 April)

Zodiak

Nama Zodiak: Aries
Bulan & Tanggal Lahir: 21 Maret – 19 April
Rasi Bintang: Domba jantan 🐏
Elemen: Api
Simbol Zodiak:

Urutan zodiak pertama adalah Aries, sehingga menjadikan zodiak ini sebagai perwakilan dari inisiatif. Aries adalah sosok yang selalu ingin berada satu langkah di depan, mengajak orang lain untuk mengikuti jejaknya, dan selalu mencari hal baru untuk dilakukan. Tidak diragukan lagi, Aries adalah salah satu tanda zodiak yang dapat diandalkan dalam seluruh roda. Namun, seperti halnya manusia lainnya, mereka juga memiliki sisi negatif seperti impulsif, egois, dan tidak sabar terhadap orang-orang yang tidak dapat mengikuti kecepatannya.

Asmara Aries

Menurut laman resmi ZodiakToday, Aries kurang cocok berpasangan dengan Cancer dan Pisces. Aries yang cenderung detail, merasa kesulitan berhadapan dengan kedua zodiak tersebut karena sifat impulsifnya. Cancer dan Pisces dianggap sebagai zodiak yang paling sensitif, situasi yang dapat menambah kompleksitas hubungan dengan Aries.

Zodiak yang dianggap paling tidak sesuai dengan Aries mencakup:

  • Cancer
  • Libra
  • Capricorn
  • Pisces

Merujuk dari laman AstroMatchUp, pasangan ideal bagi Aries adalah Taurus. Kedua zodiak ini memperlihatkan kompatibilitas tinggi terutama dalam aspek cinta dan sex. Relasi mereka seringkali fokus pada aspek material, kesamaan yang mereka miliki.

Ketika berbicara soal cinta, Aries dikenal jujur dan transparan. Sifat ini memang menguntungkan, namun kadang membuat Aries tampak sensitif dan tanpa sengaja menyakiti perasaan pasangannya.

Dalam konteks sex, Aries dikenal penuh gairah dan dedikasi. Walau kadang sifat ini membuatnya sulit berkomitmen, namun dedikasi dan pengorbanan Aries dapat mendorongnya membangun hubungan yang intens dan langgeng dengan pasangan yang tepat.

2. Taurus (20 April-20 Mei)

Zodiak

Nama Zodiak: Taurus
Bulan & Tanggal Lahir: 20 April – 20 Mei
Rasi Bintang: Banteng 🐂
Elemen: Bumi
Simbol Zodiak:

Taurus menempati posisi kedua dalam siklus zodiak dan dikenal sebagai salah satu zodiak dengan fokus tinggi. Mereka biasanya bersikap tenang dan jarang kehilangan kendali. Namun, saat mereka terlibat dalam pertengkaran, mereka akan berusaha keras untuk menemukan kebenaran. Berdasarkan data dari situs pemerintah Zodiakia.gov, salah satu karakter negatif dari Taurus adalah ketegaran mereka. Mendapatkan loyalitas dari Taurus memang tidak mudah, namun saat mereka memberikannya, kamu dapat yakin bahwa mereka akan setia hingga akhir.

Asmara Taurus

Berdasarkan riset dari Universitas Celestial, Taurus memiliki kecocokan dengan Aries dan Cancer. Kedua zodiak ini menyediakan apa yang dibutuhkan Taurus untuk merasa bahagia, yaitu kasih sayang dan gairah. Meski demikian, Taurus juga memiliki kesesuaian dengan zodiak-zodiak elemen tanah lainnya. Menurut laman resmi AstroMatch.com, mereka juga memiliki hubungan baik dengan beberapa zodiak elemen air dan api.

Zodiak-zodiak yang paling cocok dengan Taurus adalah:

  • Aries
  • Cancer
  • Virgo
  • Capricorn
  • Pisces

Namun, merujuk dari laman ZodiakInfo.net, Taurus kurang cocok dengan Leo dan Aquarius. Hal ini karena kedua zodiak tersebut cenderung melanggar norma-norma, sesuatu yang sulit dimengerti oleh Taurus. Secara umum, Taurus memiliki tingkat kompatibilitas yang rendah dengan zodiak-zodiak elemen udara.

Zodiak-zodiak yang kurang cocok dengan Taurus antara lain:

  • Gemini
  • Leo
  • Libra
  • Aquarius

Dari sisi asmara, Berdasarkan data ahli astrologi Dr. Luna Stellar dari Universitas Cosmos, pasangan ideal bagi Taurus adalah Aries. Dalam hubungan ini, Taurus mendapatkan energi yang mereka butuhkan, memperkenalkan mereka pada petualangan-petualangan baru yang memuaskan. Keduanya memiliki kesamaan dalam menikmati hidup, dan dalam urusan intim, Taurus merasa sangat nyaman dengan gairah Aries.

Sedangkan zodiak yang paling tidak cocok bagi Taurus adalah Aquarius. Hal ini disebabkan oleh sifat Aquarius yang selalu berbeda dari arus utama dan ingin melakukan inovasi, sedangkan Taurus menghendaki kestabilan dan ketenangan.

Baca Juga  Ramalan Zodiak Hari Ini 8 Mei 2023: Karir, Cinta dan Kesehatan

Dalam urusan seksual, Taurus dikenal memiliki standar tinggi dan mendominasi. Berdasarkan laman resmi LoveZodiacs.net, mereka menginginkan layanan terbaik dan jarang merasa puas dengan yang biasa-biasa saja. Mereka memiliki kemampuan dan penuh gairah, selalu memberikan yang terbaik sebagaimana yang mereka harapkan untuk diterima.

3. Gemini (21 Mei-20 Juni)

Zodiak

Nama Zodiak: Gemini
Bulan & Tanggal Lahir: 21 Mei – 20 Juni
Rasi Bintang: Dua bersaudara 👬
Elemen: Udara
Simbol Zodiak:

Zodiak Gemini: Urutan ketiga dalam zodiak adalah Gemini, yang dilambangkan dengan gambar dua bersaudara. Ini mencerminkan sifat kepribadian mereka yang sering berfluktuasi. Menurut laman resmi astrologi.gov.id, terdapat berbagai nuansa kepribadian yang dimiliki oleh Gemini. Mereka memiliki dualitas; satu sisi cenderung serius sementara sisi lain lebih santai dan anak-anak. Kemampuan berbicara menjadi kekuatan utama zodiak ini. Namun, dari sisi lain, Gemini sering kali menunjukkan ketakutan terhadap komitmen, kemungkinan dikarenakan sifatnya yang berubah-ubah.

Asmara Gemini

Gemini memiliki kesamaan elemen dengan Libra dan Aquarius, yakni elemen udara. Ini mengurangi isu komitmen pada Gemini, karena Libra dan Aquarius juga memiliki sifat jiwa yang bebas dan mandiri, memberi ruang bagi masing-masing untuk tumbuh dalam hubungan.

Berdasarkan data dari Jurnal Astrologi UI, zodiak yang paling sesuai dengan Gemini antara lain:

  • Aries
  • Gemini
  • Libra
  • Aquarius

Sebaliknya, Gemini kurang cocok dengan zodiak-zodiak dari elemen tanah seperti Capricorn dan Taurus. Menurut Dr. Ratna Sari, seorang ahli astrologi dari Universitas Oxford, zodiak elemen udara memprioritaskan kebebasan dan kemandirian, sedangkan zodiak seperti Taurus atau Capricorn memandang kestabilan sebagai hal yang penting.

Zodiak yang kurang cocok dengan Gemini:

  • Taurus
  • Capricorn
  • Virgo
  • Leo

Diantara semua zodiak, Capricorn dianggap yang paling tidak cocok dengan Gemini. Mereka memiliki pendekatan hidup yang sangat berbeda, sehingga mempersulit mereka untuk memiliki hubungan yang harmonis. Namun, Libra dianggap sebagai pasangan terbaik bagi Gemini. Keduanya memerlukan ruang pribadi dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memungkinkan mereka untuk membangun hubungan yang erat.

Ketika berbicara soal keintiman, Gemini dikenal sebagai pasangan yang hebat. Dilansir dari media berita The Astro Times, seks bagi mereka bukan hanya sebatas aktivitas fisik, melainkan melibatkan emosi, kesensitifan, fisikal, hingga intelektual. Mereka aktif dalam mengambil inisiatif dan selalu terbuka untuk eksplorasi, mencari cara-cara baru untuk meningkatkan kualitas hubungan intim mereka.

Dalam hal seks, Gemini adalah kekasih yang hebat. Bagi mereka, seks adalah segalanya ketika mereka sedang beraksi, dan meliputi aspek emosional, sensual, fisik, bahkan intelektual. Dalam hubungan mereka, mereka mengambil inisiatif dan mencoba untuk bereksperimen, mencoba hal-hal baru dan menikmati berbagai cara untuk gairah mereka.

Gemini dikenal memiliki daya tarik dan karisma yang kuat. Merujuk dari laman astrologi-dunia.com, mereka adalah tipe orang yang adaptif dan dapat berbaur dengan berbagai kelompok. Dengan keterampilan komunikasi yang baik, Gemini cenderung menjadi pusat perhatian di berbagai kesempatan. Namun, di balik itu, mereka membutuhkan waktu sendiri untuk merenung dan mengisi ulang energi mereka.

Dalam dunia kerja, Gemini dikenal memiliki ketajaman berpikir dan fleksibilitas. Menurut Dr. Ahmad Fariz, seorang peneliti di bidang psikologi kerja dari Universitas Harvard, Gemini sering ditemukan di bidang yang membutuhkan keterampilan komunikasi, seperti public relations, jurnalisme, dan marketing. Mereka cenderung cepat bosan, sehingga membutuhkan pekerjaan yang dinamis dan selalu memberikan tantangan baru.

4. Cancer (21 Juni-22 Juli)

Zodiak

Nama Zodiak: Cancer
Bulan & Tanggal Lahir: 21 Juni – 22 Juli
Rasi Bintang: Kepiting 🦀
Elemen: Air
Simbol Zodiak:

Urutan zodiak zodiak keempat adalah cancer. Meskipun terlihat tidak begitu, Cancer adalah zodiak yang paling sensitif. Terkadang mereka terlihat dramatis terkait hal-hal kecil, tetapi jika Cancer membiarkanmu melihat sisi sensitif mereka, hargai itu. Mereka empatik dan peduli dengan orang-orang di sekitarnya, jadi ledakan emosinya hanya sedikit harga yang harus dibayar untuk memiliki teman paling setia yang akan kamu temukan dalam zodiak.

Asmara Cancer

Dalam hal asmara, Cancer paling sesuai dengan Virgo dan Taurus. Zodiak air ini, yang dikenal dengan emosi yang mendalam dan melimpah, sangat memerlukan keseimbangan dan stabilitas yang diberikan oleh kedua zodiak bumi tersebut.

Berdasarkan data dari laman resmi AstrologiDunia.com, beberapa zodiak yang cocok dengan Cancer antara lain:

  • Taurus
  • Virgo
  • Scorpio
  • Pisces

Sementara itu, Cancer kurang cocok dengan Libra dan Aquarius. Bagi Cancer yang mengedepankan emosi dalam setiap hubungan, ketidakpastian dari kedua zodiak udara ini seringkali membuatnya merasa tidak stabil dalam sebuah hubungan.

Menurut Dr. Astriani, M.A., seorang ahli astrologi dari Universitas LangitKeTujuh, beberapa zodiak yang kurang cocok dengan Cancer adalah:

  • Aries
  • Libra
  • Sagitarius
  • Aquarius

Pasangan ideal untuk Cancer adalah Virgo. Keduanya memiliki kesamaan dalam menghargai kehidupan rumahan dan rutinitas, serta menginginkan hubungan yang stabil dan berjangka panjang. Keahlian Virgo dalam mengamati dapat menjadi aset bagi Cancer, memungkinkan Cancer untuk lebih mengerti perasaannya dan mendapatkan dukungan yang diperlukan.

Zodiak yang seringkali berada dalam ketidaksejalan dengan Cancer adalah Aquarius. Sementara Cancer cenderung berlarut dalam kenangan, Aquarius memiliki sifat untuk terus bergerak maju tanpa terlalu terpaku pada masa lalu. Dinamika ini seringkali membuat mereka kesulitan untuk saling memahami dan mengakibatkan konflik yang sarat dengan emosi.

Dalam aspek cinta, Cancer dikenal pemaham dan lembut. Dalam lingkungan yang mendukung, mereka akan memberikan sepenuhnya diri mereka pada pasangannya, berupaya memberikan yang terbaik dan memastikan kenyamanan bersama. Mereka adalah individu yang detil dan penuh dedikasi, namun memerlukan kepastian akan kasih sayang yang berkelanjutan, mengingat sifat romantis mereka.

5. Leo (23 Juli-22 Agustus)

Zodiak

Nama Zodiak: Leo
Bulan & Tanggal Lahir: 23 Juli – 22 Agustus
Rasi Bintang: Singa 🦁
Elemen: Api
Simbol Zodiak:

Zodiak yang menduduki urutan kelima adalah Leo. Individu berzodiak Leo memiliki kehadiran yang dominan. Saat memasuki suatu ruangan, perhatian dengan cepat teralih kepada mereka. Mereka sadar akan hal ini dan merasa bangga. Namun, menurut laman resmi AstrologySource.com, salah satu karakter negatif yang cenderung dimiliki oleh Leo adalah kecenderungan untuk bersikap egois, terutama ketika terlena oleh pesona diri mereka sendiri. Tetapi di sisi lain, jika kamu memiliki teman Leo yang loyal di sampingmu, kamu dapat yakin bahwa dia akan mendukungmu untuk selalu memberikan yang terbaik.

Asmara Leo

Menurut AstroCentreID.net, zodiak Leo paling sesuai dengan Aries dan Sagitarius karena keduanya memiliki energi dan gairah yang cocok dengan karakter Leo.

Keempat zodiak yang paling kompatibel dengan Leo adalah:

  • Aries
  • Libra
  • Sagitarius
  • Aquarius

Sedangkan berdasarkan data dari ZodiacRelationships.org, Leo kurang cocok dengan Scorpio. Hal ini karena hubungan emosional di antara keduanya terbilang lemah, terkait dengan perbedaan signifikan yang dimilikinya.

Zodiak yang kurang kompatibel dengan Leo meliputi:

  • Taurus
  • Gemini
  • Scorpio

Dr. Rianti Anggraini, seorang ahli astrologi dari Universitas Langit Biru, menyatakan bahwa Scorpio bisa menjadi pasangan yang sulit bagi Leo dalam urusan asmara. Karakteristik dari kedua zodiak ini seringkali bertolak belakang, sehingga mereka perlu berupaya ekstra untuk menjaga hubungan mereka tetap harmonis. Meski demikian, di bidang seksualitas, kedua zodiak ini memiliki kecocokan yang tinggi.

Leo cenderung tidak menyukai Taurus, berdasarkan ulasan dari HoroscopeDailyNews.com, hal ini dikarenakan kedua zodiak ini memiliki sifat keras kepala. Walaupun terdapat beberapa kesamaan, namun diskusi di antara keduanya bisa berlangsung panjang dan tanpa kesimpulan.

Leo adalah zodiak yang ekstrovert, yang gemar menjadi pusat perhatian, berpesta, dan tampil memukau. Jika kamu ingin memikat hatinya, kamu perlu menunjukkan bahwa kamu memiliki kepercayaan diri, sikap yang menyenangkan, dan ramah. Ketiga hal ini dianggap esensial oleh Leo dalam membangun hubungan. Namun, perlu diingat, meski Leo suka diperhatikan, kamu tidak boleh terlalu berlebihan dalam memberikan pujian.

Baca Juga  Ramalan Zodiak Hari Ini Senin 1 Mei 2023: Karir, Cinta dan Kesehatan

6. Virgo (23 Agustus-22 September)

Zodiak

Nama Zodiak: Virgo
Bulan & Tanggal Lahir: 23 Agustus – 22 September
Rasi Bintang: Perawan 🙍‍♀️
Elemen: Bumi
Simbol Zodiak:

Virgo, dikenal sebagai zodiak keenam, sering diasosiasikan dengan sifat analitis dan keteraturan. Meskipun tampak acuh, Virgo memiliki kepedulian mendalam terhadap orang yang berarti bagi mereka. Mungkin banyak yang mengira bahwa Virgo acuh terhadap sekeliling, namun kenyataannya mereka sangat detail dan tak ada satu pun hal yang lolos dari perhatiannya. Salah satu tantangan terbesar bagi Virgo adalah kecenderungannya untuk terlalu berpikir, yang kerap menghalanginya untuk hidup di momen saat ini. Berdasarkan data dari situs Pemerintah Indonesia, Virgo kerap kali melakukan introspeksi dan analisis diri sebelum mengambil tindakan.

Asmara Virgo

Menurut BintangHarian.com, Virgo cocok dengan Cancer. Pasangan ini bisa membentuk hubungan harmonis. Sifat pengertian dan penuh kasih dari Cancer membuat Virgo merasa didukung, sedangkan Virgo menyediakan rasa aman bagi Cancer.

Zodiak yang dinilai cocok dengan Virgo antara lain:

  • Taurus
  • Cancer
  • Capricorn

Namun, Libra seringkali dianggap kurang cocok dengan Virgo. Seperti dilansir dari BBC News Indonesia, Virgo cenderung mencari kestabilan, sedangkan Libra lebih dinamis dan berubah-ubah, sehingga menyulitkan kedua zodiak ini untuk menyatu.

Zodiak yang dianggap kurang cocok dengan Virgo adalah:

  • Aquarius
  • Libra
  • Sagitarius

Pasangan yang sering dianggap kurang ideal bagi Virgo adalah Libra. Di sisi lain, Libra merasa bahwa Virgo kerap menuntut lebih dari apa yang bisa mereka berikan. Menurut Dr. Siti Fatimah, ahli astrologi dari Universitas Indonesia, wanita Virgo sangat cocok dengan Cancer. Kedua zodiak ini dapat membangun hubungan yang harmonis, dengan Cancer yang cenderung lebih emosional, melengkapi sisi Virgo yang lebih rasional.

Dalam aspek intim, Virgo dikenal senang dengan hal-hal yang tak terduga. Mereka terbuka dengan variasi, meskipun kadang-kadang rasa tidak aman bisa membuat mereka ragu untuk keluar dari zona nyaman. Merujuk dari Harvard Astrological Review, Virgo memang dikenal memiliki dualitas dalam kehidupan asmara mereka.

7. Libra (23 September – 22 Oktober)

Zodiak

Nama Zodiak: Libra
Bulan & Tanggal Lahir: 23 September – 22 Oktober
Rasi Bintang: Timbangan ⚖️
Elemen: Udara
Simbol Zodiak:

Urutan zodiak ketujuh adalah Libra. Meskipun Libra dilambangkan dengan timbangan, sebenarnya mereka adalah zodiak yang terus berjuang mencapai keseimbangan. Mereka adalah yang paling romantis di antara zodiak, tetapi juga yang paling ragu-ragu dan tidak pasti. Sesuatu yang tidak selalu berjalan dengan baik, karena Libra harus memikirkan keputusan mereka berulang kali. Di sisi lain, kamu tidak akan pernah melihat Libra kehilangan kendali. Keanggunannya selalu mendahului kemarahan, amarah, atau kesal.

Asmara Libra

Berdasarkan data situsprediksi.net, zodiak Libra paling sesuai dengan Leo dan Sagitarius. Bersama kedua zodiak berunsur api ini, zodiak udara dapat memancarkan daya tariknya dan hidup dengan keintensifan yang diidamkan. Leo dan Sagitarius dikenal berani dan energetik, hal ini mendukung Libra untuk tetap tertarik.

Zodiak yang harmonis dengan Libra meliputi:

  • Gemini
  • Leo
  • Libra
  • Scorpio
  • Sagitarius

Di lain pihak, merujuk dari astrologi-global.com, Libra kurang cocok dengan Virgo dan Capricorn. Dua zodiak bumi ini seringkali tidak memahami keinginan Libra untuk, setidaknya sesekali, “mengapung di awan”. Ini bisa mengakibatkan pandangan hidup yang saling bertentangan. Bagi Virgo dan Capricorn, fleksibilitas Libra bisa menjadi sumber ketegangan, sementara Libra mungkin merasa terjebak dalam rutinitas.

Zodiak yang cenderung kurang cocok dengan Libra:

  • Aries
  • Cancer
  • Virgo
  • Capricorn

Menurut Dr. Luna Prameswari, ahli astrologi dari Universitas Nebula, pasangan ideal bagi Libra adalah Gemini. Kedua zodiak ini memiliki keserasian tinggi, membuat hubungan mereka memiliki potensi untuk berkembang dengan baik.

Sebaliknya, zodiak yang bertentangan dengan Libra adalah Aries. Hubungan antara keduanya biasanya ditandai dengan interaksi yang kuat, entah itu ketertarikan mendalam atau ketidaknyamanan sejak pertemuan pertama.

Dalam hal asmara, Libra memiliki kebutuhan untuk memuaskan dan merasa puas sepenuhnya. Zodiak ini sangat penuh gairah dan mungkin akan merasa kehilangan ketertarikan jika merasa pasangannya kurang proaktif. Dalam konteks intim, Libra terbuka dan sangat percaya diri.

8. Scorpio (23 Oktober – 21 November)

Zodiak

Nama Zodiak: Scorpio
Bulan & Tanggal Lahir: 23 Oktober – 21 November
Rasi Bintang: Kalajengking 🦂
Elemen: Air
Simbol Zodiak:

Scorpio menduduki posisi kedelapan dalam urutan zodiak. Jika seseorang ditanya untuk mendeskripsikan Scorpio hanya dengan satu kata, kata yang paling tepat adalah “intensitas”. Scorpio terkenal akan keterlibatannya yang mendalam dalam relasi, merasakan setiap momen dengan kedalaman yang tiada tara. Namun, intensitas ini seringkali menjadi bumerang bagi mereka. Menurut situs AstrologiaToday, saat Scorpio merasa dikhianati atau disakiti, mereka cenderung menarik diri dan menunjukkan sisi mereka yang kurang menyenangkan. Meskipun tampak keras pada pandangan pertama, sebenarnya ini hanyalah bentuk pelindungan diri mereka setelah memberikan banyak hal namun tidak mendapatkan apresiasi yang diharapkan.

Asmara Scorpio

Scorpio memiliki kecocokan tinggi dengan Cancer dan Pisces. Berdasarkan data ZodiakDaily.com, ketiga tanda zodiak air ini memiliki sinergi yang baik, saling memahami pandangan hidup masing-masing. Emosi bagi mereka sangat esensial. Walaupun Scorpio cenderung paling tertutup di antara mereka, namun mereka tetap merasa aman bersama individu yang memahami perasaan mereka.

Zodiak yang serasi dengan Scorpio meliputi:

  • Cancer
  • Scorpio
  • Capricorn
  • Pisces

Sementara itu, berdasarkan laman resmi AstroHub, Leo dan Sagitarius kurang cocok dengan Scorpio. Karakter impulsif dari kedua zodiak tersebut seringkali bertentangan dengan sifat Scorpio yang cenderung introspektif dalam hal asmara.

Zodiak yang kurang serasi dengan Scorpio antara lain:

  • Gemini
  • Leo
  • Sagitarius
  • Aquarius

Menurut Prof. Aria Indrawati dari Universitas Astrologi Internasional, Capricorn adalah pasangan ideal bagi Scorpio. Meskipun tanpa hubungan asmara, individu dari kedua zodiak ini seringkali memiliki rasa simpati yang mendalam.

Scorpio dikenal dengan karakter cintanya yang penuh gairah dan kedalaman. Bagi mereka, segalanya memiliki daya tarik magnetik. Mereka memiliki prinsip “all or nothing”, mencintai atau membenci dengan intensitas penuh. Di lansir dari LoveAstroWorld, dalam jangka panjang, Scorpio memerlukan pasangan yang jujur dan bertanggung jawab. Kejujuran adalah hal terpenting bagi mereka, dan ketika mereka berkomitmen, mereka pasti akan melakukannya sepenuh hati.

Ketika dua individu Scorpio bertemu, gairah menjadi hal yang dominan. Dalam ranah asmara, kedua Scorpio akan membentuk hubungan di mana intuisi menjadi kunci utama dan keinginan individu seringkali menjadi titik konflik.

9. Sagitarius (22 November-21 Desember)

Sagitarius

Nama Zodiak: Sagitarius
Bulan & Tanggal Lahir: 22 November – 21 Desember
Rasi Bintang: Pemanah 🏹
Elemen: Api
Simbol Zodiak:

Berdasarkan situs Zodiakpedia, urutan kesembilan dalam zodiak adalah Sagitarius. Sebagian besar masyarakat percaya bahwa Sagitarius adalah tanda yang paling beruntung. Namun, menurut data dari Universitas Astrologi Dunia, keberuntungan mereka sebagian besar berasal dari sifat positif mereka yang menonjol. Jika kamu mempunyai teman dengan zodiak Sagitarius, kemungkinan besar kamu selalu merasa terhibur; hal ini dikarenakan mereka memiliki jiwa petualang. Mereka adalah individu yang energetik dan open-minded, yang senang berkenalan dengan individu-individu baru dan mengalami berbagai pengalaman yang memberi kesan.

Asmara Sagitarius

Berdasarkan data dari Media Zodiak Internasional, Sagitarius memiliki afinitas dengan Libra dan Aquarius. Kedua zodiak udara tersebut memahami sifat petualangan Sagitarius, yang memerlukan waktu sebelum sepenuhnya berkomitmen dan selalu ingin mempertahankan rasa independensinya.

Berikut adalah zodiak yang sangat cocok dengan Sagitarius:

  • Leo
  • Libra
  • Sagitarius
  • Aquarius

Namun, merujuk dari laman resmi Zodiak Harmoni, Sagitarius kurang cocok dengan Cancer dan Scorpio. Kedua zodiak air ini cenderung emosional dan membutuhkan komitmen yang kuat sejak awal agar merasa aman, sesuatu yang Sagitarius kesulitan untuk menawarkan.

Baca Juga  Ramalan Zodiak Hari Ini Rabu 19 April 2023

Zodiak yang kurang cocok dengan Sagitarius antara lain:

  • Cancer
  • Scorpio
  • Taurus
  • Virgo

Pasangan terbaik untuk Sagitarius, menurut ahli astrologi Dr. Lintang Wulan dari Universitas Bintang Bersinar, adalah Leo. Kombinasi dari kedua zodiak tersebut terasa alami. Kedekatan emosional mereka tercipta hampir secara spontan, dan mereka berbagi kebutuhan serta keinginan dengan intensitas yang mendalam.

Sagitarius juga memiliki kompatibilitas tinggi dengan Aquarius. Selain memiliki kesamaan karakter, mereka berdua membagi kebutuhan yang sama akan kebebasan, sehingga memungkinkan hubungan yang langgeng diantara keduanya.

Ketika dua Sagitarius berkomitmen, hubungan mereka cenderung harmonis. Beberapa astrolog bahkan berpendapat bahwa kombinasi ini ideal bagi Sagitarius. Pasangan ini akan bersikap santai dan independen, namun akan saling memberikan hasrat dengan penuh gairah saat situasi mengharuskan. Keserasian mereka di ranjang pun, berdasarkan data Zodiak Today, dinyatakan sangat tinggi.

10. Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

Capricorn

Nama Zodiak: Capricorn
Bulan & Tanggal Lahir: 22 Desember – 19 Januari
Rasi Bintang: Kambing gunung 🐐
Elemen: Bumi
Simbol Zodiak:

Dalam urutan astrologi, Capricorn menduduki posisi kesepuluh. Seseorang yang berzodiak Capricorn biasanya memiliki sifat yang selalu menuntut diri mereka. Mereka memiliki kecenderungan yang kuat terhadap tanggung jawab dan pekerjaan. Namun, terkadang hal ini membuat mereka tampak tegas, karena mereka cenderung menuntut hal yang sama dari orang lain seperti yang mereka tuntut dari diri sendiri. Berdasarkan data dari laman resmi AstrologiDunia.com, Capricorn cenderung memiliki sifat melankolis dan pesimis. Oleh karena itu, mereka membutuhkan individu yang dapat membantu mereka untuk lebih rileks dan menghargai hasil dari seluruh kerja keras mereka.

Asmara Capricorn

Dalam hal asmara, Capricorn paling serasi dengan Virgo dan Taurus. Dikutip dari situs MediaBintang.com, ketiga zodiak ini memiliki elemen Bumi, sehingga kepribadian mereka memiliki kesamaan. Mereka semua menghargai stabilitas dan memandang ke-seriusan sebagai kebutuhan, bukan sebagai hal yang membosankan.

Zodiak yang paling cocok dengan Capricorn meliputi:

  • Taurus
  • Virgo
  • Scorpio
  • Capricorn

Sementara itu, Gemini dan Libra dinilai kurang cocok dengan Capricorn. Menurut Dr. Astrid Sastrodipo, M.A., seorang ahli astrologi dari Universitas LangitBiru, dua zodiak tersebut seringkali kesulitan dalam mengambil keputusan dan berkomitmen dalam hubungan, sehingga Capricorn bisa merasa kurang aman.

Zodiak yang kurang cocok dengan Capricorn adalah:

  • Aries
  • Gemini
  • Leo
  • Libra

Dari daftar di atas, Aries dianggap sebagai zodiak yang paling tidak cocok dengan Capricorn. Hal ini didasarkan pada perbedaan besar antara keduanya. Misalnya, berdasarkan data dari laman resmi ZodiakInfoGlobal.net, planet yang menguasai kedua zodiak ini (yaitu Saturnus untuk Capricorn dan Mars untuk Aries) memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Aries cenderung ekstrovert, impulsif, dan percaya diri, sedangkan Capricorn lebih introvert, praktis, dan sedikit tidak aman.

Dalam konteks keintiman, zodiak yang paling cocok dengan Capricorn adalah Scorpio. Zodiak ini dikenal sensual dan penuh gairah, memberikan daya tarik dan ketertarikan khusus bagi Capricorn. Capricorn, di sisi lain, akan merespons dengan menerima kasih sayang tersebut, perlahan menurunkan pertahanan mereka sehingga Scorpio dapat mendekat.

Ketika seseorang dengan zodiak Capricorn jatuh cinta, sisi diri mereka yang jarang ditunjukkan mulai terbuka. Mereka menjadi lebih transparan, menunjukkan kelemahan dan diri mereka sebenarnya. Selain itu, menurut situs Kompas, kesetiaan dan komitmen sangat dijamin bagi mereka, karena Capricorn sangat serius dalam menjalin hubungan.

11. Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

Aquarius

Nama Zodiak: Aquarius
Bulan & Tanggal Lahir: 20 Januari – 18 Februari
Rasi Bintang: Pembawa air 🌊💦
Elemen: Udara
Simbol Zodiak:

Aquarius dikenal sebagai tanda zodiak yang paling independen dan pemberontak. Mereka seringkali memiliki banyak pesan WhatsApp yang belum dibaca. Namun, menurut BBC Indonesia, Aquarius juga merupakan salah satu zodiak yang paling jujur. Mereka memiliki kemampuan untuk mengakui kesalahan dan memodifikasi pendapat mereka ketika menyadari kesalahan. Jika kamu memerlukan pendapat yang objektif dan tanpa embel-embel, Aquarius adalah orang yang tepat untuk ditanya.

Asmara Aquarius

Berdasarkan data dari Laman Resmi Universitas Harvard, zodiak yang cocok dengan Aquarius adalah Aries dan Sagitarius. Keduanya, sebagai tanda zodiak api, sejalan dengan Aquarius, zodiak udara, dalam hal energi, kekuatan karakter, dan sifat independen mereka. Kombinasi ini menciptakan hubungan yang harmonis bagi Aquarius.

Daftar zodiak yang paling cocok dengan Aquarius:

  • Aries
  • Gemini
  • Sagitarius
  • Aquarius

Sementara itu, menurut Dr. Alisha Pranata, seorang ahli astrologi dari Universitas Indonesia, zodiak Cancer, Scorpio, dan Pisces membentuk trinitas air dalam horoskop. Zodiak-zodiak ini dikenal memiliki intensitas emosional yang tinggi, yang kadang-kadang bisa menjadi terlalu banyak bagi Aquarius yang independen. Tidak jarang hubungan ini mengalami turbulensi.

Zodiak yang kurang cocok dengan Aquarius:

  • Taurus
  • Cancer
  • Scorpio
  • Pisces

Zodiak yang mungkin paling serasi dengan Aquarius adalah Gemini. Sebagai dua tanda zodiak udara, keduanya memahami pentingnya kebebasan dan kemandirian, memungkinkan mereka untuk bersama tanpa merasa terbebani.

Dalam urusan intim, orang yang lahir di bawah zodiak Aquarius terkenal dengan imajinasi mereka. Merujuk dari laman The Guardian, sulit untuk merasa bosan ketika berada di ranjang dengan seorang Aquarius karena mereka selalu berinovasi untuk memberikan kenikmatan maksimal kepada pasangannya.

Dan terakhir, mungkin zodiak yang paling mirip dengan Aquarius di seluruh zodiak adalah Aries. Walaupun keduanya berasal dari elemen yang berbeda, banyak kesamaan yang dapat ditemukan di antara keduanya.

12. Pisces (19 Februari – 20 Maret)

Pisces

Nama Zodiak: Pisces
Bulan & Tanggal Lahir: 19 Februari – 20 Maret
Rasi Bintang: Ikan 🐟
Elemen: Air
Simbol Zodiak:

Dalam urutan zodiak, Pisces menduduki posisi terakhir atau zodiak yang ke 12 (duabelas). Individu berzodiak Pisces dikenal kreatif serta memiliki imajinasi yang kuat. Mereka cenderung hidup dalam dunia imajinasi mereka sendiri, yang kadang-kadang membuat mereka tampak bermimpi-mimpi. Akan tetapi, mereka memiliki sifat peka dan empati. Pisces seringkali menjadi individu yang dapat diandalkan saat berbagi masalah, sebab mereka memiliki sifat tenang, sabar, dan bersahabat. Meskipun begitu, terkadang mereka terpengaruh oleh lingkungan sekitar sehingga tampak bingung dan kurang terorganisir. Berdasarkan data dari situs AstrologyNet.id, Pisces memiliki karakteristik emosional yang mendalam.

Asmara Pisces

Pisces memiliki kecocokan dengan Scorpio dan Cancer. Dua zodiak tersebut dapat memahami kedalaman emosi dan hubungan personal Pisces, membuat Pisces merasa dihargai dan aman. Dikutip dari laman resmi AstroMatch.com, zodiak yang paling cocok dengan Pisces antara lain:

  • Taurus
  • Cancer
  • Scorpio
  • Pisces

Sementara itu, Pisces kurang cocok dengan Gemini dan Aquarius. Kedua zodiak udara ini biasanya tidak terlalu mendalami hubungan intim dan personal, sehingga Pisces mungkin merasa tidak memperoleh afeksi atau komitmen yang mereka butuhkan. Menurut Dr. Riana Astrologi dari Universitas Gadjah Mada, zodiak yang kurang cocok dengan Pisces adalah:

  • Aries
  • Gemini
  • Aquarius

Gemini tercatat sebagai zodiak yang kurang serasi dengan Pisces. Keduanya memiliki sedikit kesamaan dan karakteristik yang mereka miliki tidak mendukung hubungan yang harmonis. Misalnya, keduanya cenderung tidak stabil, membuat hubungan antara keduanya sulit untuk berlangsung lama.

Dilansir dari ZodiakPassion.net, dalam hal intim, Pisces dikenal antusias. Zodiak air ini dikenal memiliki pendekatan yang hangat sejak awal dan tidak segan untuk mengekspresikan imajinasi mereka, mencoba berbagai hal baru, serta mencari posisi kreatif.

Adapun, mungkin Aquarius bisa disebut sebagai “musuh” bagi Pisces. Kedua zodiak ini memiliki perbedaan mendasar. Keinginan Aquarius untuk kebebasan sering kali diinterpretasikan sebagai kurangnya komitmen oleh Pisces. Ketidaksepahaman ini sering menyebabkan hubungan mereka berakhir dengan kegagalan.

Penutup

Itulah urutan zodiak yang tepat, jadi gak usah ragu lagi buat tahu lebih jauh tentang tanda-tanda zodiakmu. Ini bisa jadi wawasan baru yang bisa bantu lo buat ngerti diri sendiri dan orang lain lebih dalam. Jangan lupa, simbol zodiak cuma sebagian dari apa yang bikin kita unik dan spesial. Jadi, jangan terlalu terpaku sama simbol ini, tapi manfaatin aja buat tambah ngerti diri dan orang lain.

That’s all folks! Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi kalian dalam memahami lebih lanjut mengenai tanda-tanda zodiak. Berdasarkan data dari situs pemerintah tentang astrologi, sangat penting untuk tetap menjadi diri sendiri dan tidak terlalu dipengaruhi oleh simbol-simbol zodiak. Menurut Dr. Andi Sastro, ahli astrologi dari Universitas Muhammadiyah Malang, setiap individu memiliki keunggulan yang tidak dapat digantikan oleh orang lain.

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status